Firma Dan Tujuan Didirikannya Sebagai Suatu Bentuk Badan Usaha

Firma atau yang sering juga disebut Fa merupakan jenis dari badan usaha yang ada di tanah air. Pada dasarnya badan usaha ini merupakan suatu persekutuan antara dua orang atau lebih. Dua orang atau lebih ini kemudian menjalankan badan usaha dengan nama bersama. Tidak hanya nama badan usahanya saja yang sama tetapi tujuan dari masing-masing orang yang tergabung ke dalam firma ini juga umumnya sama. Badan usaha ini diharapkan agar dapat berhasil sehingga hasilnya bisa dibagi dan dirasakan bersama. Pembagian hasil yang diperoleh dari menjalankan usaha bersama atau persekutuan inilah yang akan menjadi penghasilan atau keuntungan bagi masing-masing orang yang tergabung ke dalam firma tersebut.

Tujuan Firma

Ada beberapa tujuan yang sejatinya ingin diraih dari pembentukan sebuah firma. Biasanya hal tersebut dilandasi oleh tujuan-tujuan sebagai berikut.

1. Memperluas usaha

Setiap badan usaha atau perusahaan tentu berdiri dengan tujuan untuk bisa memperoleh keuntungan. Keuntungan ini semakin berpeluang untuk diperoleh melalui adanya usaha untuk memperluas usaha. Perluasan usaha bagaimanapun juga menjadi harapan dari seluruh usaha yang ada. Dengan adanya perluasan usaha maka sebuah usaha dinilai telah berhasil dalam mencapai target. Bahkan perluasan usaha sering kali dinilai sebagai suatu hal yang dilakukan apabila hasil usaha telah mencapai target. Bila usaha semakin luas maka badan usaha dinilai telah mencapai tujuan yang sebelumnya telah ditetapkan.

2. Memperkuat modal

Firma pada dasarnya terdiri dari lebih dari satu orang pemimpin. Hal ini berarti bahwa badan usaha tersebut didirikan dan dikelola secara bersama sekalipun masing-masing pimpinan dalam badan usaha ini bertanggung jawab penuh terhadap kekayaan dan pekerjaannya. Dengan adanya beberapa orang sebagai pendiri dan pengelola badan usaha maka modal yang terkumpul untuk mendukung berdirinya badan usaha bisa semakin besar. Adanya beberapa orang yang mendirikan firma tentu dapat memperkuat modal sehingga badan usaha tersebut bisa berdiri dan berkembang dengan lebih baik lagi.

3. Meningkatkan daya saing

Semakin banyaknya perusahaan yang ada dan semakin berkembang sekarang ini tampaknya membuat berbagai badan usaha saling bersaing. Tentunya badan usaha yang satu tidak ingin tenggelam. Setiap badan usaha tentu menginginkan eksistensinya yang lebih sehingga mampu bersaing dengan badan usaha lainnya. Bahkan jika bisa sebaiknya suatu badan usaha bisa tampil lebih unggul bila dibandingkan dengan badan usaha yang lainnya. Oleh karena itu setiap badan usaha tentu bertujuan untuk meningkatkan daya saingnya sehingga bisa berkompetisi dengan badan usaha lainnya. Pada kompetisi ini tentunya setiap badan usaha ingin memiliki nilai unggul sehingga bisa lebih unggul dari badan usaha pesaing lainnya.

Kelebihan Firma

Memastikan pembuatan sebuah firma memang dapat memberikan kelebihan yang positif. Berikut ini beberapa kelebihan yang diperoleh dengan menjalankan sebuah firma.

1. Lebih mudah memperluas usaha

Sebuah firma memang didirikan oleh lebih dari satu orang. Maka biasanya jumlah modal yang diperoleh bisa lebih besar daripada sebuah perusahaan perseorangan. Dengan adanya modal yang lebih besar ini maka lebih mudah bagi badan usaha tersebut untuk semakin memperluas dan mengembangkan usahanya. Modal yang mudah diperoleh pada akhirnya akan membuat badan usaha bisa memiliki kemampuan finansial yang lebih besar. Tentunya dengan adanya modal atau pinjaman modal yang lebih banyak maka badan usaha bisa melakukan perluasan usaha dengan lebih mudah. Perluasan usaha bisa dilakukan dengan banyak cara. Tentunya berbagai cara yang bisa dilakukan tersebut dapat dirundingkan bersama sehingga bisa dicapai sebuah kesepakatan untuk kepentingan badan usaha.

2. Adanya pembagian kerja

Pembagian kerja yang ada di firma sebenarnya cukup jelas. Setiap orang memiliki peranan yang penting dalam hal pengembangan usaha tersebut. Pekerjaan yang ada pada badan usaha tersebut tentunya jelas sehingga setiap orang bertanggung jawab atas pekerjaannya sendiri. Pada dasarnya setiap orang bisa menjadi pemimpin dan mengerjakan tugasnya masing-masing. Setiap tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing pihak menjadi tanggung jawabnya secara penuh. Hanya saja mengenai kemajuan usaha dan permasalahan modal bisa dirundingkan secara bersama-sama. Adanya pembagian kerja pada badan usaha ini tentu akan mempermudah masing-masing pekerja. Masing-masing pekerja bisa memaksimalkan kemampuannya sehingga badan usaha yang dikelola secara bersama tersebut bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Kekurangan Firma

Meski ada kelebihan, namun tetap ada kekurangan yang juga harus diperhatikan, misalnya saja yaitu berikut ini:

1. Pimpinan dipegang oleh lebih dari seorang

Tidak hanya kelebihan saja tetapi badan usaha berupa firma juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kelemahan atau kekurangan dari badan usaha tersebut yaitu pembagian kepemimpinan. Pada badan usaha ini rupanya pimpinan dipegang oleh lebih dari satu orang. Jadi bisa saja beberapa orang yang bergabung mendirikan badan usaha tersebut pada akhirnya menjadi pimpinan sendiri bagi setiap pekerjaannya.

Tentu saja hal ini bisa menjadi kelemahan bagi sebuah usaha. Sebab kepemimpinan bersifat tidak terpusat sehingga pengelolaan usaha cenderung berjalan secara sendiri-sendiri. Demikian pula suatu kerugian yang dialami oleh seseorang bisa saja menjadi tanggung jawabnya secara penuh sebab setiap pemimpin bertanggung jawab atas pekerjaan dan hartanya masing-masing. Namun hal yang lebih merugikan adalah kesalahan seseorang akan menjadi tanggungan bersama. Bahkan bila salah seorang pendiri badan usaha tersebut mengundurkan diri maka umur badan usaha tersebut tidak akan bisa bertahan lebih lama.

2. Tidak ada pemisah antara hak milik pribadi dengan firma

Tidak jarang sebuah badan usaha mengalami kebangkrutan karena adanya kerugian yang terjadi. Kerugian bisa saja terjadi secara terus-menerus hingga usaha menjadi bangkrut. Pada badan usaha firma rupanya peristiwa bangkrut bisa membuat pimpinan mengalami kerugian yang berlipat. Sebab dalam hal ini kekayaan pribadi dan kekayaan badan usaha tidak dapat dipisahkan.

Kondisi ini sebenarnya tidak begitu baik bagi sebuah badan usaha. Sebab eksistensi badan usaha bisa semakin memudar karena tidak adanya modal untuk bisa tetap mempertahankan kelangsungan usaha. Terlebih lagi jika pemilik sudah menghabiskan harta atau kekayaan pribadinya demi mempertahankan kelangsungan usaha. Maka pada akhirnya hal ini akan membuat pemilik berhenti bergabung dengan badan usaha tersebut.

Mendirikan firma memang bisa memberikan keuntungan maupun kelemahan bila tidak berhati-hati. Lain halnya saat menggunakan sistem payroll yang tepat untuk perusahaan. Misalnya saja JojoPayroll yang dapat memberikan berbagai macam manfaat. Mulai dari sistem pembayaran payroll yang lebih efektif, hingga pencetakan slip gaji yang otomatis kapan saja.

Semua kemudahan ini memang berkat adanya fitur menarik dari JojoPayroll. Yang paling banyak disukai misalnya yaitu fitur

  • Adjustable Payday & Working Period
  • Adjustable Tax Configuration
  • Automatic Prorate for New Joiners
  • Customized Allowance Component
  • Allowance by Organization Chart

Serta masih banyak fitur lain yang tak kalah menariknya. Jika ingin membuktikan sendiri, segera saja dapatkan coba gratis hari ini juga. Dijamin produk ini akan dapat membuktikan kehebatannya tanpa ada rasa penyesalan dari yang memilihnya.