Hybrid Thinking, Pola Pikir Modern Pada Bisnis Dan Usaha

Hybrid thinking atau berpikir hibrid tampaknya saat ini menjadi sebuah metode yang digunakan dalam menjalankan sebuah usaha. Metode ini dianggap bisa memberikan keuntungan karena kemudahan dan efektivitas yang diberikan pada jalannya sebuah bisnis atau usaha. Pada dasarnya metode ini menggunakan pemikiran yang berpusat pada kreativitas Anda. Tentunya inovasi sangat diperlukan dalam pengelolaan usaha dengan menggunakan metode ini.

Adanya penerapan sistem berpikir hibrid ini cenderung lebih banyak memberikan keuntungan pada Anda selaku para pelaku usaha. Bahkan untuk membantu pelaksanaan atau penerapan metode ini maka Anda bisa menggunakan bantuan IT yang sekarang ini telah dirancang dengan sangat canggih. Penggunaan metode berpikir hibrid ini bisa dengan mudah digunakan sehingga usaha yang sedang Anda jalani ini bisa semakin maju dan berkembang.

Manfaat Hybrid Thinking

Melalui pelaksanaan pola pikir hybrid thinking ini, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh. Beberapa manfaat tersebut meliputi sebagai berikut:

1. Penggunaan IT yang tepat

Setiap pemikiran hibrid tentu akan diterapkan dengan menggunakan bantuan kecanggihan teknologi. Hal ini dilakukan tidak lain agar penerapan metode ini bisa dilakukan dengan langkah yang tepat sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal. Pemikiran yang terpusat pada kreativitas dan inovasi akan membuat usaha yang dijalankan bisa berlangsung dengan lancar dan menguntungkan. Untuk itu Anda bisa menjalankan usaha dengan menggunakan sistem komputasi beserta beberapa software yang bisa mendukung segala pekerjaan Anda. Dengan menggunakan IT yang tepat maka penerapan metode berpikir hibrid ini bisa disertai dengan adanya pengontrolan yang lebih besar. Dengan demikian maka efisiensi dan fleksibilitas dalam usaha Anda bisa diperoleh untuk segala kebutuhan yang berbeda.

2. Sistem komputasi tepat

Pemikiran hibrid bisa pula didukung oleh adanya software hibrid yang menggunakan teknologi IT canggih. Misalnya saja dengan menggunakan hybrid cloud sehingga metode berpikir hibrid yang menjadi metode Anda dalam menjalankan usaha bisa terlaksana dengan lebih baik lagi. Software yang dibutuhkan dalam hal ini bisa mendukung usaha Anda dengan segala kelebihan yang dimilikinya. Misalnya data menjadi lebih aman sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan data dalam menjalankan usaha. Data yang dimaksud bersifat umum dan bisa saja meliputi data perusahaan atau data pegawai. Atau mungkin Anda juga memiliki data klien dan pembeli yang kesemuanya ini perlu untuk dijaga demi mendukung kelancaran usaha Anda.

3. Mengutamakan kreativitas

Penggunaan pemikiran hibrid sangatlah bermanfaat bagi usaha yang mungkin sedang Anda jalani. Metode pemikiran ini memang lebih berfokus pada pengembangan kreativitas yang perlu dimiliki oleh setiap pelaku usaha. Segala inovasi juga sebaiknya semakin dikembangkan sehingga bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda. Penggunaan IT dan software di dalamnya juga bisa dilakukan dengan adanya pengembangan yang cenderung bersifat kreatif. Pada intinya usaha bisa menjadi semakin maju dan berkembang dengan adanya sistem penerapan metode hibrid ini. Bahkan Anda juga bisa membangun sebuah sistem dengan desain yang Anda lakukan sendiri. Sistem tentunya dapat berfungsi untuk mendukung segala kinerja Anda.

Kelebihan Hybrid Thinking

Tentu saja menggunakan hybrid thinking ini dapat memberikan berbagai macam kelebihan yang optimal. Seperti misalnya yaitu kelebihan berikut:

1. Lebih aman

Berbagai kelebihan dari penggunaan sistem hibrid bisa Anda peroleh terutama untuk kemajuan dan perkembangan usaha Anda. Salah satu kelebihan tersebut adalah adanya keamanan pada segala hal yang berkaitan dengan usaha Anda. Termasuk di dalamnya adalah sistem pengelolaan usaha serta penyimpanan dan penggunaan berbagai data untuk keperluan usaha Anda. Berpikir hibrid selain lebih mudah untuk dilakukan rupanya juga dapat menjamin keamanan proses berjalannya usaha Anda. Penerapan metode ini pada dasarnya berkaitan dengan cara berpikir kritis yang dirasa dapat membuahkan hasil berupa kinerja yang efektif. Pengembangan metode ini juga seharusnya dilakukan dengan cara berpikir yang aktif dan menyenangkan serta dapat menjawab segala permasalahan yang ada.

2. Hemat biaya

Selain efektif rupanya penerapan metode berpikir hibrid ini juga bisa membuat usaha Anda berjalan secara lebih efisien. Dalam hal ini bisa dilakukan penghematan biaya sehingga pengelolaan usaha tidak memerlukan biaya yang sangat besar. Maka pada akhirnya usaha yang dijalankan ini bisa memberikan hasil berupa keuntungan yang cukup besar. Berpikir hibrid memang pada dasarnya menggunakan sistem yang mempercayakan adanya inovasi berkelanjutan. Dalam hal ini perusahaan dibangun dan dijalankan dengan adanya beberapa pendekatan yang inisiatif dan dimulai dari bawah hingga ke atas. Solusi pada setiap permasalahan akhirnya bisa dicapai dengan baik dan inovatif serta bisa lebih irit dalam hal pengeluaran.

Kelemahan Hybrid Thinking

Meski memiliki kelebihan, sebaiknya pahami juga potensi kelemahan dari hybrid thinking tersebut, misalnya yaitu sebagai berikut.

1. Peraturan ketat

Pemikiran hibrid yang mungkin saja diterapkan pada suatu perusahaan memungkinkan para atasan untuk menerapkan sistem kerja yang lebih ketat. Termasuk pula dalam penggunaan teknologi canggih yang memerlukan adanya software hibrid pula di dalamnya. Tentunya penggunaan teknologi ini akan berjalan dengan adanya peraturan yang ketat agar penggunaannya bisa berfungsi dengan baik. Proses operasional perusahaan bisa berjalan dengan adanya ketentuan yang diberikan oleh pihak atasan atas saran dan kritik yang mungkin saja datang dari bawahan. Segala peraturan yang mengikat ini ditetapkan dengan tujuan yang tidak lain untuk memberikan kemudahan bagi jalannya usaha. Di samping itu pergerakan dan perkembangan usaha bisa berjalan sesuai dengan peraturan yang dibangun secara kreatif dan inovatif.

2. Ketergantungan pada sistem IT

Sebuah perusahaan yang dibangun dengan adanya penerapan sistem dan metode berpikir hibrid maka akan membuat para pekerja di sebuah perusahaan semakin tergantung pada sistem IT. Sebab pengelolaan usaha yang menggunakan sistem berpikir hibrid ini akan memerlukan IT dan teknologi canggih untuk membantu proses jalannya usaha. Oleh karena itu hal ini pada akhirnya akan membuat para pekerja menjadi lebih tergantung pada IT. Segala inovasi mungkin bisa dituangkan dengan menggunakan IT namun ketergantungan pada sistem IT akan semakin bertambah. Terutama di era digital yang tentunya IT sudah umum digunakan di setiap perusahaan.

Hybrid thinking memang bisa membawa perubahan yang positif, meskipun tetap ada sisi lemah dari pola pikir tersebut. Sama halnya saat perusahaan memutuskan untuk menggunakan sistem payroll dari JojoPayroll. Melalui produk tersebut, maka pemotongan pajak maupun BPJS bisa dilakukan secara otomatis. Demikian halnya pembayaran payroll karyawan bulanan serta pencetakan slip yang terkait.

Semua manfaat yang menarik ini bisa didapatkan berkat beberapa fitur yang ada di dalam JojoPayroll. Misalnya yaitu fitur Customized Deduction Component, Multiple Deduction Type, Government Standard BPJS Calculation, Customized BPJS Calculation, BPJS Ketenagakerjaan with 5-tier Risk Level Calculation, dan beberapa fitur tambahan yang lain. Jadi, jangan ragu dan dapatkan coba gratis sekarang juga. Jadikan sistem payroll perusahaan Anda lebih optimal hanya bersama dengan JojoPayroll.