Industri Kreatif yang Bermanfaat

Industri kreatif saat ini tampaknya semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Berbagai kumpulan dari segala aktivitas ekonomi kini memang semakin berkembang termasuk di tanah air. Banyak orang terutama generasi milenial yang melakukan berbagai kegiatan demi menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi atau daya ciptanya. Maka tak heran bila saat ini semakin banyak dijumpai berbagai inovasi yang kreatif di berbagai sektor. Rupanya generasi masa kini tak ketinggalan untuk selalu memanfaatkan kreativitas dan keterampilan serta bakat yang dimilikinya untuk menciptakan sesuatu yang baru. Pada akhirnya kehadiran industri kreatif ini diharapkan dapat selalu memberikan kontribusi baik bagi masyarakat luas maupun bagi negara.

Industri Kreatif menggunakan kreativitas, keterampilan dan bakat individu untuk pekerjaan dan penciptaan kekayaan melalui generasi dan eksploitasi kekayaan intelektual. Bantuan ITC di Industri Kreatif menyasar pada sektor produk artisanal, seni visual dan musik dalam ekonomi berkembang dan transisi dengan menambah dimensi kewirausahaan dan memberikan bantuan teknis untuk mempromosikan peluang perdagangan dan mengembangkan kemampuan ekspor produsen.

Sambil bekerja secara langsung dengan pengrajin, seniman dan musisi untuk meningkatkan keuntungan mereka dengan memasukkan kreasi mereka ke dalam rantai nilai domestik dan internasional, ITC meningkatkan layanan dari asosiasi sektor tersebut kepada klien mereka dan mendorong integrasi industri kreatif ke dalam strategi pengembangan perdagangan nasional.

Informasi Industri Kreatif

Industri Kreatif semakin diakui di seluruh dunia karena memiliki potensi yang sangat besar sebagai mesin penggerak pembangunan ekonomi dan sosial. Tidak hanya mereka menyumbang tingkat pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja yang lebih tinggi dari rata-rata, tetapi mereka juga merupakan saluran identitas budaya yang memainkan peran kunci dalam mempromosikan keragaman budaya. Perluas bagian ini untuk mengakses tautan ke sumber daya online yang terkait dengan Industri Kreatif.

Sektor industri kreatif menyumbang 7% dari PDB dunia, tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 8,7%. Meski begitu, sebagian besar barang budaya diekspor oleh negara maju, dengan negara berkembang hanya menyumbang 1% dari total ekspor meskipun warisan budaya mereka kaya dan bakat berlimpah. Perkembangan sektor industri kreatif tidak hanya menjadi mesin untuk meningkatkan pangsa negara berkembang dalam perdagangan dunia, tetapi juga dapat secara langsung menguntungkan masyarakat miskin dengan menghasilkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja dan memberdayakan seniman dan masyarakat.

Publikasi Creative Industry

Kerajinan Pemasaran dan Seni Visual: Peran Kekayaan Intelektual – Panduan Praktis : Panduan

ini membahas hubungan antara pemasaran kerajinan tangan dan seni visual yang berhasil, dan penggunaan yang tepat atas instrumen sistem kekayaan intelektual (KI):

  • Mengidentifikasi situasi di mana mendapatkan perlindungan IP formal harus dipertimbangkan
  • Menjelaskan bagaimana menerapkan strategi pemasaran dan kekayaan intelektual dalam kerangka bisnis dan proses manajemen pemasaran
  • Dan menyajikan studi kasus dan contoh pengelolaan aset kekayaan intelektual dalam pemasaran dari sektor kriya dan seni visual di negara berkembang.

Pameran Dagang Kerajinan Internasional: Panduan Praktis

Cara mengidentifikasi, memilih, menganggarkan, dan merencanakan partisipasi dalam pameran kerajinan internasional:

  • membahas keuntungan berpartisipasi dalam pameran
  • berurusan dengan produk dan desain stand
  • penetapan biaya dan harga produk
  • operasi dan materi promosi
  • manajemen stand
  • berinteraksi dengan pengunjung stand
  • masalah yang harus diselesaikan sebelum dan setelah kembali ke negara asal
  • termasuk daftar periksa dan bahan referensi terkait sektor
  • mempersembahkan dan merekomendasikan pameran internasional terpenting di sektor ini.

Publikasi Forum Perdagangan Internasional tentang Industri Kreatif

Data dan Riset Creative Industry

Bantuan ITC menyasar sektor kerajinan, seni visual dan musik di negara berkembang dan ekonomi transisi. ITC menyediakan informasi pasar, pelatihan dan layanan konsultasi untuk membantu Lembaga Dukungan Perdagangan (TSI) untuk mendukung sektor ini dengan lebih baik, dan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) agar mereka dapat meningkatkan daya saing mereka. ITC juga bekerja sama dengan pembuat kebijakan untuk mendorong integrasi dimensi budaya ke dalam kebijakan pembangunan perdagangan nasional.

Untuk mencapai tujuan ini, ITC meningkatkan keterampilan manajemen, pemasaran dan desain produk dari mitra proyek, LSM dan perusahaan. ITC selanjutnya memfasilitasi pelatihan produsen dalam aspek produksi teknis, pembentukan asosiasi, pengendalian kualitas dan penetapan biaya / harga. Untuk menjalin hubungan dengan pembeli internasional, ITC menawarkan program pelatihan partisipasi pameran dagang, mulai dari persiapan sampel, materi promosi, daftar harga, kapasitas produksi, dll., Hingga berpartisipasi dalam pameran itu sendiri hingga pasca acara tindak lanjut dengan menemui pembeli. Kunjungan studi ke negara-negara pengimpor kerajinan diselenggarakan untuk memungkinkan penerima manfaat memahami tren, pesaing dan presentasi produk serta wisata pemasaran langsung ke pembeli terpilih.

TSI dan asosiasi sektor melayani klien mereka dengan lebih baik ketika mereka memiliki informasi terbaru dan jaringan yang luas. ITC menyediakan akses ke jaringan dan pelatihan untuk TSI dan asosiasi sektor pada struktur mereka sendiri, tentang promosi perdagangan dan layanan lain yang ditawarkan kepada klien mereka.

Silakan merujuk ke daftar publikasi dan perangkat layanan konsultasi dan pelatihan untuk industri kreatif.

Proyek Industri Kreatif

Untuk informasi lebih lanjut tentang proyek-proyek Industri Kreatif ITC, perluas bagian ini.

Mengembangkan dan melaksanakan proyek

Melalui bantuan teknis yang disesuaikan dengan kebutuhan, ITC memungkinkan seniman, pengrajin dan musisi dari negara berkembang dan ekonomi transisi untuk memenuhi persyaratan pasar internasional dan dengan demikian memasuki rantai nilai ekspor. Tujuan pembangunan keseluruhan dari proyek dan program ini adalah untuk mengurangi kemiskinan, menghasilkan peluang kerja dan pendapatan, serta memberdayakan perempuan untuk menciptakan mata pencaharian yang berkelanjutan.

ITC juga memberikan nasihat hukum tentang bagaimana menyusun kontrak dengan pembeli dan / atau agen yang berkaitan dengan peraturan internasional dan khusus negara untuk memberdayakan pengrajin dan musisi untuk menjual produk mereka secara berkelanjutan dan dapat hidup dari hasil kreasi mereka. ITC berkolaborasi dalam aspek-aspek ini dengan Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) untuk menjelaskan hubungan yang menentukan antara pemasaran yang sukses dan penggunaan Hak Kekayaan Intelektual secara tepat oleh pengrajin, pengusaha kerajinan, seniman visual, dan musisi.

ArtisanConnect

artisanconnect.net adalah portal web yang didedikasikan untuk mendukung perdagangan kerajinan dari negara berkembang. Tujuan dari portal ini adalah untuk memungkinkan sektor kerajinan mendapatkan keuntungan dari peluang perdagangan. Ini menawarkan sumber tentang pasar, desain, teknik dan proyek kepada pengrajin dan membuat organisasi tetap up-to-date mengenai pameran dagang dan acara terkait lainnya di seluruh dunia.

Portal ini menampung database organisasi, glosarium, dan tautan berguna yang ekstensif. Dengan database organisasinya yang besar, ia berusaha untuk menciptakan hubungan intra-industri, terutama antara negara maju dan berkembang. Artisanconnectmemungkinkan pengguna untuk menyoroti atau berbagi keahlian mereka dan memperluas jaringan mereka. Seseorang dapat menyumbangkan konten ke situs, mendiskusikan dan mengomentari dokumen tertentu, menemukan kontak dan mitra baru.

Program Bersama Mozambik tentang Industri Kreatif

Program Bersama untuk Penguatan Industri Budaya dan Kreatif dan Kebijakan Inklusif di Mozambik adalah program 3 tahun yang didanai oleh UNDP / Spanyol Millennium Development Goals Achievement Fund (MDG-F). Ini bertujuan untuk memperkuat peran budaya dalam proses pembangunan Mozambik melalui pembangunan ekonomi dan melalui peran lintas sektor budaya di bidang pembangunan lainnya. UNESCO adalah badan utama bersama dengan lembaga peserta lainnya ITC, ILO, FAO, UNHCR, dan UNFPA. Program ini berlangsung di provinsi Inhambane, Maputo dan Nampula. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat ringkasan proyek .

Promosi industri kreatif CARIFORUM

Tujuan proyek ini adalah untuk

  1. membangun kapasitas di antara usaha mikro, menengah, dan kecil yang dipilih untuk menanggapi permintaan pasar internasional, terutama yang berkaitan dengan desain dan pengembangan produk
  2. meningkatkan kapasitas Ekspor Karibia; organisasi Unit Pengembangan Ekspor Negara Karibia Timur (OECS EDU) dan lembaga pendukung kerajinan nasional untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada sektor CI dan
  3. meningkatkan kesadaran sektor industri kreatif CARIFORUM.

Sektor Industri Kreatif

Ada beberapa sektor yang dapat dianggap sebagai bagian dari industri kreatif. Sektor-sektor tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut:

Periklanan

Iklan yang mencakup seluruh kegiatan kreatif berkaitan degan jasa periklanan. Misalnya seperti iklan di media cetak dan pemasangan berbagai macam poster. Termasuk pula di dalamnya penyebaran brosur serta pamflet dan sejenisnya.

Arsitektur

Merupakan kegiatan kreatif berkaitan dengan jasa desain bangunan serta perencanaan biaya konstruksi. Biasanya di lapangan sering dijumpai adanya arsitektur taman dan juga desain interior. Jasa tersebut juga termasuk ke dalam sektor arsitektur.

Pasar seni

Berkaitan dengan seluruh kegiatan perdagangan berbagai barang seni yang biasanya unik dan menarik. Bahkan ada pula barang langka yang juga diperdagangkan. Misalnya jual lukisan atau mungkin jual berbagai macam hasil kerajinan dan seni rupa.

Kerajinan

Umumnya berkaitan dengan proses kreasi dan produksi serta distribusi suatu produk. Biasanya produk tersebut dihasilkan oleh pengrajin mulai dari proses desain produk hingga proses pembuatan dan penyelesaiannya. Produk kerajinan biasanya diproduksi dalam jumlah yang relatif terbatas.

Desain

Umumnya meliputi desain grafis dan desain interior. Ada pula desain produk dan desain industri. Kegiatan desain juga meliputi konsultasi identitas perusahaan dan juga jasa produksi kemasan atau pengepakan serta jasa riset pemasaran.

Fashion

Sudah tentu disukai oleh banyak konsumen. Termasuk di dalamnya yaitu desain busana dan desain aksesoris mode lainnya. Sektor fashion ini juga mencakup jasa konsultasi produk fashion serta distribusi produk fashion itu sendiri.

Fotografi dan video

Berkaitan dengan kreasi produksi video dan film. Selain itu sektor ini juga berkaitan dengan adanya jasa fotografi yang sekarang ini semakin banyak diminati oleh masyarakat. Kegiatan ini juga berkaitan dengan tata artistik dan tata suara serta sejenisnya.

Permainan interaktif

Umumnya berkaitan dengan segala hal yang bersifat hiburan dan ketangkasan serta edukasi. Dalam hal ini permainan interaktif tidak hanya berfungsi sebagai hiburan semata tetapi juga berfungsi sebagai alat bantu proses pembelajaran yang bersifat edukatif.

Musik

Tentu saja meliputi segala hal yang berkaitan dengan nada dan irama. Misalnya saja seperti komposisi dan pertunjukan serta rekaman suara. Selain itu sektor ini juga meliputi distribusi dari rekaman suara.

Pertunjukan seni

Misalnya seperti pertunjukan tari baik tradisional maupun kontemporer serta balet. Pertunjukan drama dan musik tradisional juga menjadi bagian dari pertunjukan seni. Tata panggung dan tata pencayahaan juga termasuk pula di dalam sektor ini.

Penerbitan dan percetakan

Mencakup penerbitan buku dan jurnal serta sejenisnya. Sektor ini juga meliputi penulisan konten dan konten digital. Berbagai barang cetakan dan penerbitan perangko serta materai sebenarnya juga menjadi bagian dari sektor ini.

Komputer dan peranti lunak

Berhubungan dengan kegiatan pengembangan teknologi informasi. Termasuk di dalamnya yaitu jasa layanan komputer dan pengembangan database serta desain arsitektur dan prasarana peranti lunak.

Televisi dan radio

Berkaitan dengan acara televisi dan radio. Misalnya saja seperti acara reality show dan games atau bahkan infotainment yang muncul di televisi. Sektor ini termasuk pula penyiaran dan siaran radio.

Riset dan pengembangan

terkait dengan segala usaha inovatif yang mengandung penemuan dan penerapan imu serta teknologi di dalamnya. Penggunaan teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan manusia memang berkembang pesat saat ini dan hal ini merupakan salah satu bentuk pengembangan di bidang riset dan pengembangan.

Kuliner

Termasuk sektor baru namun berkembang dengan sangat pesat di tengah masyarakat masa kini. Pengembangan makanan khas dari berbagai daerah di tanah air juga menjadi andalan bagi sektor kuliner.

Manfaat Industri Kreatif

Dengan melaksanakan usaha industri kreatif, tentu saja ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Mungkin banyak yang belum mengetahuinya dengan jelas, tetapi secara garis besar berikut ini manfaat dari adanya jenis industri tersebut.

1. Membuka lapangan kerja

Adanya pengembangan berbagai ide dan inovasi tampaknya semakin memunculkan banyak pengusaha atau pebisnis yang membuka lapangan kerja baru. Banyaknya lapangan kerja ini tentu saja bisa mengurangi jumlah pengangguran di tanah air. Lapangan kerja baru yang menyerap banyak tenaga kerja memang menjadi semacam solusi bagi masyarakat luas terutama masyarakat yang berhadapan dengan kemiskinan.

2. Mengembangkan potensi SDM

Tak terasa bahwa zaman ini memasuki zaman milenial dengan ciri adanya masyarakat yang semakin kreatif. Penciptaan berbagai macam produk barang maupun jasa semakin meramaikan dunia perdagangan. Berbagai hasil produksi yang beraneka ragam ini mencerminkan adanya bakat dan keahlian serta keterampilan yang dimiliki oleh setiap orang. Hal ini cukup menunjukkan bahwa potensi sumber daya manusia saat ini semakin berkembang dengan baik.

3. Meningkatkan perekonomian rakyat

Adanya industri kreatif yang semakin berkembang di negara ini sebenarnya turut memberikan dampak positif bagi perekonomian rakyat. Dengan adanya berbagai macam usaha baru maka perekonomian rakyat akan semakin meningkat. Meningkatnya perekonomian rakyat ini diindikasikan dengan berkurangnya pengangguran dan meningkatnya kesejahteraan hidup rakyat.

Berbagai macam industri kreatif memang harus diakui dapat memberikan banyak manfaat bagi perekonomian negara. Demikian halnya pengaturan keuangan perusahaan yang tepat dan sesuai. Sebaiknya gunakan produk yang dapat membantu penataan keuangan perusahaan secara maksimal. Misalnya melalui penggunaan JojoExpense. Dengan penggunaan produk tersebut, maka sistem reimburse keuangan perusahaan maupun rincian besarnya pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan dapat tercatat secara detil. Selain itu juga dengan penggunaan produk ini dapat membantu penyediaan kas yang lebih efektif dan efisien.

Tentunya berbagai macam manfaat ini didapat dari adanya fitur-fitur yang disematkan pada JojoExpense. Beberapa fitur yang ada di dalam produk tersebut termasuk antara lain yaitu Custom Expense Categories, Expense Plafond, Add on Description Form to verify Expense, Multiple Disbursed Transaction by Finance, Specific Finance Approval Assignment, Export Expense Report (Excel/CSV and PDF), serta masih banyak fitur lainnya yang bermanfaat. Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada JojoExpense. Segera dapatkan coba gratis produk ini pada perusahaan Anda sekarang juga. Biarkan sistem keuangan perusahaan Anda jauh lebih efektif dan efisien dengan mempercayakan pada JojoExpense.