Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Ketika kita ngomongin tentang pekerjaan pasti sering banget dikaitkan sama peran kecerdasan emosional juga pengaruh nya terhadap kesuksesan seseorang. Salah satu hal yang paling sering di bahas pasti tidak jauh-jauh dari peran kecerdasan emosi di pekerjaan. kecerdasan emosional pasti 

pajak timbal balik

Apa itu kecerdasan emosional?

Kecerdasan emosional merupakan sebuah kemampuan seseorang dalam menerima,menilai,berinterakis hingga mengelola emosi nya sendiri dan orang lain yang ada disekitar nya.  

Konsep ini pertama kali dibukukan oleh Daniel Goleman. Ia sendiri mengartikan Kecerdasan Emosional menjadi 5 bagian yaitu kesadaran diri,manajemen diri,motivasi,empati dan keterampilan sosial. 

Realitas kehidupan,pekerjaan serta keadaan diri merupakan faktor yang sangat penting dalam mempraktekan kecerdasan emosional. Serta ada juga peran pola pikir yang menjadi penentu bagi keberhasilan dalam mewujudkan kecerdasan emsi seorang karyawan.

Biasanya pada saat di tempat kerja karyawan yang memiliki kecerdasan emosional yang baik akan dengan mudah beradaptasi dengan perilaku orang lain.

Kesadaran diri yang baik akan mempermudah seorang individu dalam bereaksi serta merespon realitas yang ada. Mereka akan jadi lebih mudah untuk mengkontrol emosi mereka sehingga akan mendorong pencapaian kinerja yang lebih baik. Sedangkan bagi mereka yang sulit mengontrol dirinya akan lebih mudah merasakan putus asa dan antusiasme yang berkurang.

Pemimpin yang baik adalah individu yang dapat mengkontrol diri nya sendiri dengan baik sehingga  menjadi kekuatan bagi setiap karyawan nya dan akan menguntungkan perusahaan. Karena dia tau bahwa apabila karyawan memiliki kecerdasan emosional yang baik merupakan kekayaan yang akan menguntungkan.

Pada umum nya setiap individu memiliki tingkatan emosional yang berbeda-beda sehingga terkadang sulit bagi beberapa orang untuk menjalin komunikasi antara satu dengan yang lain. Ketika seseorang mengelola kecerdasan emosional dengan baik maka biasanya akan menghasilkan kemampuan akademik yang baik juga. 

Hal tersebut berbanding lurus dengan riset yang diteliti oleh beberapa peneliti. Yang dimana menyatakan bahwa kecerdasan emosi yang dijaga dengan baik akan membuat hidup menjadi lebih produktif. Selain itu juga apabila kecerdasan emosi diatur sedemikian rupa menjadi lebih baik akan menghasilkan kesehatan fisik dan mental yang meningkat.Kecerdasaan emosional sendiri terdiri dari beberapa bagian. 

exit interview terbaik

Kira kira apa saja bagian dari kecerdasan emosi ?

   1. Kesadaran terhadap diri sendiri

Teori konsep Self Awareness sendiri adalah suatu keadaan yang dimana kita dapat memahami mengenai emosi yang sedang terjadi. Selain itu self awareness juga lebih menonjolkan rasa empati terhadap orang lain.

   2. Kontrol diri 

Konsep self regulation merupakan sebuah  kemampuan seseorang dalam mengkontrol diri nya sendiri terhadap suatu perilaku diri sendiri.

   3. Stimulan diri 

Motivasi diri merupakan suatu kemampuan yang dimana berkaitan dalam mengambil suatu keputusan. Biasanya kemampuan ini bersamaan dengan rasa optimisme dan ras keingintahuan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

   4. Empati diri

Empati sendiri merupakan suatu kemampuan dalam kecerdasan emosional yang dimana seorang individu mudah mengerti keadan emosi individu lain. 

   5. Kemampuan sosial

Merupakan kemampuan seseorang yang dimana dapat bersosialisasi dengan lingkungannya. Kemampuan ini juga dirasa sangat penting untuk menjalin komunikasi antar individu.

Hal-hal diatas merupakan bagian bagian dari kecerdasan emosional. Kemampuan tersebut penting untuk anda menjalin hubungan dengan rekan kerja maupun atasan.

konflik karyawan yang rawan

Selain itu ada beberapa hal yang meningkatkan kemampuan kecerdasan emosi ini yaitu:

   1. Kepedulian

Sikap peduli ini asli nya merupakan sifat dasar setiap manusia yang muncul dari dalam lubuk hati. Namun beberapa individu tidak menunjukkan hal ini karena ada rasa ego yang muncul akibat alasan alasan tertentu.

   2. Peka 

Dengan terlalu fokus terhadap suatu pekerjaan akan membuat seseorang menjadi kurang peka terhadap lingkungan sekitar nya. Hal ini bisa dilatih dengan menawarkan bantuan kepada rekan kerja anda yang terdekat. Maka dengan hal tersebut rekan anda akan merasa terbantu.

Nah hal hal diatas adalah cara agar menumbuhkan kecerdasan emosional individu. Jika hal ini terus menerus dilakukan maka akan banyak manfaat yang kamu dapatkan. Selain bisa dapat menjadi rekan kerja yang lebih baik kamu juga bisa dapat lebih produktif.

Apa saja si manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mulai terbiasa menumbuhkan kecerdasan emosional?

   1. Produktivitas meningkat

Ketika kamu membiasakan membantu sesama reka kerja kamu dalam kesusahan. maka ketika kamu sedang membutuhkan bantuan teman kamu pun akan mudah membantu kamu. Nah pekerjaan kamu akan lebih mudah bukan sehingga jadi lebih produktif?

   2. Membuat keputusan lebih baik

Ketika kamu mulai terbiasa menjalankan kecerdasan emosional tentu saja akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan kamu. Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih bijak dalam mengambil sebuah keputusan karena kamu diiringi oleh rasa empati. 

   3. Relasi yang baik

Ketika kamu mulai menyebarkan hal-hal yang positif bagi lingkungan sekitar kamu maka akan jadi lebih mudah untuk kamu berinteraksi. Ketika hal itu terjadi maka sekitar kamu akan menjadi lebih senang di dekat kamu sehingga terjalin relasi yang baik antar kalian.

Karena kecerdasan emosional ini penting sekali terutama di dalam dunia pekerjaan sehingga perlu waktu untuk mempelajari nya sedikit demi sedikit. Ketika kita mulai tidak produktif karena kenyamanan bekerja di kantor tentu nya akan berpengaruh terhadap kinerja kita. 

Ketika produktivitas kurang maka kualitas kerja pun menurun sehingga akan berpengaruh ke perusahaan. Perusahaan juga akan berdampak menurun kualitas nya. Jojonomic membuat suatu sistem yaitu JojoTimes yang dimana membuat atasan perusahaan dapat dengan mudah mengontrol tiap karyawan nya.  

solusi mengatur pensiun

Apa itu JojoTimes?

JojoTimes sendiri mempunyai berbagai fitur yang dimana dapat memudahkan perusahaan dalam meningkatkan kinerja nya. Fitur-fitur yang dimiliki JojoTimes akan mendeteksi secara cepat dan efektif mengenai keberadaan dan kinerja setiap karyawan hanya dengan menggunakan ponsel genggam. Sehingga HR dan atasan tidak perlu lagi repot untuk memantau satu satu karyawan nya.