6 Manfaat Penggunaan Kualitas Standard Internasional Atau ISO

Kualitas standard internasional umumnya diukur dengan menggunakan ISO atau International Organization for Standardization. Jika ditelusuri secara lebih lanjut maka akan diketahui lebih jelas bahwa kualitas yang sesuai dengan standard internasional ini memiliki kaitan yang erat dengan ISO. ISO sendiri sebenarnya merupakan organisasi internasional yang berguna untuk melakukan proses standardisasi. Dalam hal ini ISO menetapkan standar internasional terutama di bidang industri dan komersial. Hal ini biasanya berkaitan dengan tujuan untuk meningkatkan perdagangan antara beberapa negara yang ada di dunia.

Pada dasarnya ISO merupakan salah satu badan yang mengatur standar internasional. Badan ini terdiri dari perwakilan badan standardisasi nasional dari masing-masing negara. Keberadaannya umumnya bertujuan untuk melakukan pengukuran kualitas organisasi. Sebenarnya organisasi ini sendiri merupakan pihak yang berperan dalam hal memberikan fasilitas perdagangan internasional sehingga segalanya bisa berjalan secara lebih baik dan lancar. Jadi sebuah perusahaan yang telah memiliki sertifikat ISO berarti telah memenangkan persaingan pasar global. Sebab ISO memberikan spesifikasi kelas dunia untuk segala hal termasuk pula mengenai kualitas produk atau perusahaan.

Jadi bila sebuah perusahaan telah memiliki sertifikat ISO maka Anda bisa memastikan bahwa perusahaan tersebut telah memenuhi standard internasional dan memiliki kualitas yang dinilai baik. Demikian pula dengan berbagai produk yang dihasilkan atau dikeluarkannya tentu saja juga memiliki kualitas yang baik dan bahkan bisa bersaing dengan produk lain yang sekelas dengannya. Dengan adanya kualitas yang telah memenuhi standard internasional maka suatu produk bisa lebih dijamin kualitasnya. Setidaknya Anda bisa menggunakannya dengan lebih aman karena kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Menggunakan kualitas standard internasional ini sebenarnya membawa beberapa manfaat penting, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Kualitas Standard Internasional Meningkatkan Kredibilitas

Sebuah perusahaan yang telah memiliki sertifikat ISO tentu akan memiliki kredibilitas yang lebih meningkat. Setidaknya kredibilitas perusahaan ini akan lebih terjamin. Termasuk pula jika produk yang dikeluarkannya mendapatkan sertifikat ISO maka perusahaan ini akan semakin dikenal dan dipercaya oleh konsumen. Kredibilitas suatu perusahaan tentunya akan lebih terjamin dan semakin meningkat bila perusahaan tersebut menetapkan sistem manajemen mutu yang tentunya sesuai dengan standard internasional. Jadi dalam hal ini seluruh kegiatan yang akan dilakukan oleh perusahaan bisa dipercaya memiliki standard yang terbaik. Pada akhirnya sebuah perusahaan dengan sistem manajemen yang baik akan menghasilkan segala nilai positif. Berbagai nilai yang dihasilkan oleh perusahaan ini nantinya akan memberikan hal terbaik sehingga bisa meningkatkan kepuasan konsumen atau pelanggan.

2. Kepercayaan konsumen meningkat

Saat sebuah perusahaan mendapatkan sertifikat ISO maka bukan hanya kredibilitas perusahaan saja yang akan meningkat melainkan juga hal lainnya yang berkaitan dengan perusahaan. Salah satunya adalah kepercayaan konsumen kepada perusahaan tersebut juga menjadi hal yang akan terus meningkat. Memang setiap konsumen tentu akan lebih percaya dan yakin pada berbagai macam produk yang dikeluarkan atau dihasilkan oleh sebuah perusahaan berstandard internasional. Dengan adanya kualitas yang diakui secara dunia atau global maka konsumen tentu akan merasa lebih yakin untuk menggunakan berbagai produk yang diluncurkan oleh perusahaan berstandar ISO. Tidak hanya itu saja tetapi para konsumen dan pelanggan juga akan menjadi lebih loyal pada perusahaan.

3. Kualitas Standard Internasional Pasti Terjamin

Adanya standardisasi yang diterapkan melalui perolehan sertifikat ISO tentu menunjukkan adanya kualitas yang bisa dibilang baik dan tinggi. Kualitas produk dari perusahaan yang memenuhi standar internasional sudah tentu bisa lebih dijamin. Terlebih lagi untuk mendapatkan sertifikat ISO sebuah perusahaan haruslah melalui sebuah siklus. Siklus ini pada dasarnya diterapkan untuk semua jenis industri. Dalam hal ini proses identifikasi dan analisis serta penyelesaian masalah dilakukan dengan tujuan untuk menjamin kualitas produk atau perusahaan agar bisa sesuai dengan standard internasional.

4. Berkat Kualitas Standard Internasional Biaya lebih hemat

Umumnya setiap perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat berstandar ISO akan menerapkan suatu sistem manajemen khusus. Adanya sistem manajemen khusus ini lebih ditujukan untuk dapat turut membantu menentukan kinerja dari sebuah perusahaan. Dengan adanya sistem ini maka perusahaan bisa lebih waspada. Kinerja perusahaan yang cenderung menurun akan segera diberikan upaya pencegahan atau antisipasi dengan sesegera mungkin sehingga kinerja bisa lebih meningkat lagi. Upaya ini dipercaya menjadi suatu hal yang tepat karena dapat berfungsi untuk mencegah adanya pemborosan. Dengan adanya sistem ini maka pemborosan anggaran bisa dicegah dan dihindari sehingga kinerja perusahaan dan hasil produk tidak sampai bernilai buruk.

5. Kinerja karyawan optimal

Adanya standard internasional juga bisa bermanfaat untuk membuat kinerja seluruh karyawan di sebuah perusahaan menjadi semakin optimal. Umumnya proses kinerja disesuaikan dengan prosedur yang diberlakukan di perusahaan. Hal ini tentu mengacu pada manajemen mutu sehingga seluruh standard yang telah ditetapkan harus dijalankan oleh para karyawan. Dengan adanya standard internasional maka para karyawan akan terpacu untuk bisa mengantarkan perusahaan hingga bisa memperoleh sertifikat ISO. Maka secara otomatis para karyawan akan bekerja secara lebih giat lagi dan berupaya sekeras mungkin sehingga perusahaan bisa memenuhi kualifikasi untuk memperoleh standard internasional. Hal ini akan memicu semangat para karyawan sehingga kinerja karyawan semakin optimal.

kualitas standard internasional

6. Citra perusahaan meningkat

Setelah sebuah perusahaan mendapatkan sertifikat ISO maka tak perlu diragukan lagi bahwa kualitas perusahaan tersebut dapat disejajarkan dengan perusahaan sekelasnya di dunia. Tentu saja perusahaan yang telah dinilai berkualitas ini akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Namanya akan semakin terkenal dan berbagai produknya akan digunakan oleh para konsumen. Dengan demikian maka citra perusahaan akan semakin meningkat. Citra perusahaan yang telah memenuhi kualifikasi standard internasional ini akan menjadi jauh lebih baik di mata dunia. Meningkatnya citra perusahaan ini tentu akan berdampak secara langsung pada perusahaan terkait. Salah satunya adalah adanya perluasan usaha hingga peningkatan pendapatan atau keuntungan perusahaan.

Penggunaan kualitas standard internasional rupanya memang dapat memberikan banyak manfaat pada penggunanya. Sama halnya jika memutuskan untuk menggunakan sistem payroll yang tepat dan efektif. Salah satunya dengan penggunaan JojoPayroll. Yang mana produk ini sanggup memberikan manfaat misalnya meliputi:

  • Perhitungan pajak secara otomatis dari besaran payroll setiap karyawan.
  • Sistem pencetakan slip gaji otomatis yang dapat diatur kapan saja.
  • Pengiriman dan pembayaran payroll melalui bank secara otomatis.

Tentunya aneka manfaat ini berkat fitur-fitur menarik pada JojoPayroll. Misalnya yaitu fitur-fitur berikut ini:

  • Adjustable Payday & Working Period
  • Adjustable Tax Configuration
  • Automatic Prorate for New Joiners
  • Customized Allowance Component
  • Allowance by Organization Chart

Dengan fitur-fitur tersebut, tentu perusahaan tidak perlu meragukan manfaat dan kredibilitas dari JojoPayroll di kemudian hari. Jadi, segera saja dapatkan coba gratis produk ini di perusahaan Anda sekarang juga. Tinggalkan sistem payroll manual yang lama dan membosankan, gantilah dengan sistem yang lebih baik dan efektif serta efisien ini.