Pahami Lebih Lanjut Market Analysis Untuk Menembus Pasar

Kata analisis sangat dekat dengan pekerjaan detektif. Para detektif akan melakukan analisis terhadap informasi yang sudah ia kumpulkan, kemudian hasil analisis tersebut dijadikan sebuah kesimpulan terkait kasus yang ia hadapi. Agar mendapat analisa yang tepat detektif  memerlukan informasi yang saling berkaitan dan menuju kepada satu tujuan seperti pelaku atau barang hilang.

Detektif akan mengamati apa saja kejanggalan-kejanggalan yang terjadi, lalu mengumpulkan dan menyimpulkan masalahnya dan penyelesaiannya. Begitu juga di dalam dunia usaha, dikenal dengan marketing analysis.

Dalam perusahaan atau bank pasti memerlukan strategi pemasaran yang jitu untuk dapat bersaing mendapatkan client baru atau nasabah baru dan tetap mempertahankan nasabah lamanya. Analisa pasar atau market analysis merupakan salah satu hal yang penting dilakukan dalam hal strategi pemasaran.

Oops! We could not locate your form.

Analisa pasar tidak hanya dilakukan untuk mengetahui besarnya potensi keuntungan yang bisa diraih, namun analisa juga mencakup berbagai macam faktor pendukung yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen yang akan menjadi target produk tersebut. Namun, apakah kalian mengetahui apa arti dari market analysis? Sebelum membahas lebih jauh yuk kita kenali dulu apa arti market analysis dibaca ya!

Apa Itu Market Analysis?

Menurut bussinesdictionary.com dalam websitenya, Marketing Analysis adalah penyelidikan ke dalam pelaksanaan marketing untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi didapatnya hasil maksimal dan apa efek dari hasil tersebut dalam marketing.

Analisis pemasaran adalah bagaimana cara kita memahami kondisi pasar. Mulai dari naik turunnya kondisi pasar hingga bagaimana psikologis konsumen untuk menyikapinya. Pada dasarnya, analisis pasar berguna untuk memahami bagaimana pasar yang kita tekuni.

Apa faktor dari Market Analysis

Faktor yang paling umum adalah SWOT yang merupakan akronim untuk; (Strength) Kekuatan, (Weakness) Kelemahan, (Opportunities) Peluang dan (Threats) Ancaman. Dengan menilai kekuatan dan kelemahan kamu, kamu dapat membuat strategi pada faktor mana yang menjadi fokus kamu.

Misal kamu ahli dalam public relation atau hal-hal yang berkaitan dengan interaksi maka hal ini yang perlu kamu fokuskan sedangkan jika kamu lemah dalam penggunaan internet atau gadget maka hal ini perlu kamu hindari.

Kamu juga perlu melihat faktor-faktor eksternal seperti situasi yang dapat memberikan kamu kesempatan atau ancaman. Seperti misalnya faktor ekonomi, ketidakstabilan politik atau bahkan perubahan sosial, semuanya dapat memberikan peluang yang dapat kamu ambil dan meningkatkan keuntungan kamu.

Tapi mereka juga dapat membuat ancaman yang akan menghambat transaksi bisnis kamu. Dengan mempertimbangkan semua faktor ini akan memberikan hasil analisa pemasaran untuk dapat memposisikan dimana sebaiknya kamu menerapkan strategi.

Apa Tujuan dari Market Analysis?

Tujuan dari melakukan Market Analysis adalah untuk menarik atau tidaknya pasar, mengetahui kesempatan serta ancaman yang ada. Dan bagaimana hal-hal tersebut dapat mempengaruhi kekuatan dan kelemahan usaha kamu.

Terdapat Assement dalam melakukan kebutuhan seperti berikut ini:

Compelling Unmet Needs

apakah pembeli akan bergegas membeli produk kamu?

Uniqeness

Bisakah kamu menjelaskan bahwa produk kamu beda dari kompetitor Kamu? Bagusnya dimana?

Market size and Growth

Seberapa besar peluang market dan seberapa cepat berkembangnya.

Competition

Dengan berapa orang/perusahaan kamu harus berbagi pasar.

Poin diatas tersebut adalah poin untuk mendapat hasil market analysis yang baik. Mulai dari keunikan produk itu sendiri dan lain sebagainya.

Dimensi Analisis Pemasaran

Ada dimensi tertentu yang membantu kita untuk melakukan analisis pemasaran. Semua elemen tersebut kamu dapatkan dengan melakukan marketing research terlebih dahulu. Dengan hal-hal ini akan membantu kita memahami apakah pasar kita beroperasi lebih baik. Dimensi ini meliputi;

Ukuran Pasar

Mengetahui ukuran pasar merupakan faktor kunci dalam analisis pemasaran. Semakin besar pasar, semakin besar persaingan yang akan anada hadapi. Untuk pasar yang besar, kamu perlu memastikan produk dan jasa yang kamu tawarkan menonjol dan menarik.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jika tidak, pelanggan dapat dengan mudah beralih ke produk pesaing. Tidak hanya itu, pasar yang lebih besar membuat kamu perlu memikirkan kembali kebijakan harga kamu.

Menetapkan harga yang terlalu tinggi akan membuat kamu kehilangan pelanggan karena mereka beralih ke pesaing kamu yang menawarkan harga lebih murah. Ketika menetapkan harga terlau rendah orang-orang akan berpikir kalau barang yang kamu jual itu adalah barang murah berkualitas jelek. Tapi jika ukuran pasar kecil maka kamu bisa melakukan penetapan harga yang tinggi. Nah semua fakta ini tersimpan dalam analisis pemasaran dan dengan fakta ini kamu dapat meneruskan rencana pemasaran kamu

Tingkat pertumbuhan pasar

Tingkat pertumbuhan pasar adalah faktor besar dari semua faktor dalam analisis pemasaran. Hal ini karena kamu mendapatkan ide dari berapa lama pasar tersebut akan bertahan. Sebelum kamu melakukan investasi kamu perlu menganalisis tingkat pertumbuhan pasar.

Jika ada kemungkinan pasar untuk tumbuh dari waktu ke waktu maka kamu dapat berinvestasi lebih banyak di dalamnya. Jika tidak memiliki pertumbuhan maka sebaiknya kamu tidak menginvestasikan apa-apa. Berapa banyak waktu dan perhatian yang kamu berikan kepada pasar tergantung pada tingkat pertumbuhannya.

Tren pasar

Tren pasar juga bagian penting dari analisis pemasaran. Memiliki pengetahuan tentang tren membantu kamu untuk memutuskan jenis produk apa yang sebaiknya kamu jual selanjutnya. Ketika kamu baru memulai bisnis kamu perlu mengetahui apa hal yang sedang nge-hits. Apa hal yang pelanggan inginkan?

Berapa banyak mereka bersedia untuk menghabiskan? Apa ada tren lain yang mungkin menarik perhatian mereka? ini adalah beberapa hal yang kamu pertimbangkan dalam menganalisis pemasaran. Di sisi lain, tren pasar dapat berubah setiap hari. Hal ini dapat berubah menjadi kesempatan atau pun ancaman itu semua bergantung bagaimana anada menghadapinya.

Profitabilitas pasar

Apa tujuan kamu melakukan bisnis? kebanyakan orang akan menjawab untuk mendapatkan keuntungan. Karena itu, sebelum masuk ke bisnis kamu perlu menganalisis profitabilitas pasar. Jika pasar memiliki profitabilitas yang baik maka kamu dapat berinvestasi.

Jika tidak, itu akan membuang-buang waktu dan modal. Untuk menghitung profitabilitas pasar, ada beberapa hal yang harus mempertimbangkan. Hal-hal ini meliputi; kekuatan pembeli, kekuatan pemasok, hambatan masuk dan sebagainya.

Faktor Kunci Sukses

Faktor kunci keberhasilan adalah unsur-unsur yang mempengaruhi untuk mendapatkan keberhasilan dalam pemasaran. Unsur tersebut harus dapat bertahan dalamsetiap persaingan. jika kamu tangani hal ini dengan baik, memungkinkan kamu untuk menghasilkan hasil yang lebih bagus bagus. Faktor kunci keberhasilan meliputi;

  • Kemajuan teknologi
  • Skala ekonomi
  • Pemanfaatan sumber daya yang efisien

Alur Distribusi

Alur distribusi sangat penting untuk bisnis. Tanpa mereka, kamu tidak akan bisa mengantarkan produk kamu ke pelanggan kamu. Hal ini juga harus diperhatikan karena kamu perlu menilai seberapa baik alur tersebut. apakah sudah ada cukup baik atau kamu perlu mengembangkan alur yang baru. Terkadang kamu dapat mencoba alur pemasaran yang baru seperti belanja online.

Industri Biaya Struktur

Struktur biaya industri adalah faktor yang signifikan saat menjalankan bisnis. pada dasaranya faktor ini melihat seberapa banyak biaya yang diperlukan membuat produk kamu terjual. Dengan mengatur hal ini kamu dapat meningkatkan keuntungan tanpa perlu menaikkan harga.

Melakukan analisis pemasaran akan membantu kamu untuk menemukan cara-cara baru untuk mengurangi biaya dan meningkatkan profit. Pada saat yang sama, hal ini membantu untuk menciptakan strategi untuk mengembangkan keunggulan kompetitif dari pesaing kamu.

Itulah dia beberapa informasi terkait marketing analysis. Dengan hasil analisis ini kamu dapat menentukan bagaimana langkah selanjutnya agar keuntungan kamu meningkat. Nah, untuk lebih efisien untuk melihat keuntungan kamu ayo pakai JojoExpense karna bisa mengumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot. Ayo! Tunggu apalagi?