Apa yang dimaksud dengan Pemasaran Langsung?

Word Cloud Direct Marketing Stock Illustration - Download Image Now - iStock

Pemasaran langsung atau direct marketing merupakan salah satu metode penjualan yang menggunakan media pemasaran langsung tanpa adanya pihak yang menjadi perantara pemasaran dalam kegiatan transaksi jual-beli dan tawar-menawar suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

Pemasaran langsung akan menghasilkan beberapa respon dari target konsumen yang dibidik, diantaranya adalah:

  • Inquiry; sebuah respon dari target konsumen dengan memberikan informasi yang penting guna melakukan observasi dan atau eksperimen untuk menemukan solusi terhadap sebuah masalah.
  • Dukungan: respon dalam bentuk dukungan yang diberikan oleh target konsumen terhadap produk dan layanan yang ditawarkan. Hal ini bisa juga sebagai apresiasi dari konsumen terhadap proses direct marketing yang kita terapkan.
  • Pembelian; respon dari konsumen yang berminat dengan produk yang ditawarkan dan kemudian melakukan pembelian.

Direct marketing berbeda dengan personal branding, promosi penjualan, dan public relations. Kegiatan pada direct marketing/ pemasaran langsung ini dilakukan tanpa adanya perantara sehingga akan memangkas biaya promosi dan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Reach Potential Customers with Successful Direct Marketing

Pengertian Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang ekonomi dan pemasaran pernah menjelaskan secara ringkas apa itu direct marketing atau pemasaran langsung. Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu direct marketing menurut para ahli:

1. Suyanto (Marketing Strategy)

Menurut Suyanto (2007: 219), pengertian pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang memakai saluran langsung untuk mencapai konsumen dan menyerahkan barang/ jasa kepada konsumen tanpa adanya perantara. Untuk menghasilkan tanggapan dan / atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.

2. Duncan (Principle of Advertising & IMC)

Menurut Duncan (2002: 573), pengertian pemasaran langsung adalah adalah cara pemasaran dimana perusahaan ingin menjalin komunikasi secara langsung dengan konsumen. Strategi komunikasi langsung dianggap lebih efektif karena bisa berinteraksi, medapatkan database yang dapat memicuk komunikasi pemasaran menggunkanan berbagai media guna mendorong respon konsumen.

3. Kotler – Gary Armstrong (Principles of Marketing)

Menurut Kotler – Gary Armstrong (1996: 53), pengertian pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang memakai berbagai media iklan untuk berinteraksi secara langsung dengan target konsumen. Biasanya interaksi ini dilakukan melalui telepon, email, atau bertemu langsung dengan konsumen untuk mendapatkan respon langsung.

Direct marketing mind map, business ... | Stock vector | Colourbox

Faktor yang Mempengaruhi Pemasaran Langsung

Berikut ini adalah beberapa faktor yang harus anda perhatikan ketika menerapkan teknik pemasaran ini

1. Pemasaran Produk

Produk atau jasa yang menggunakan teknologi ini biasanya merupakan pengembangan produk baru. Oleh karena itu, ada kemungkinan produk baru tersebut belum pernah dipromosikan di media manapun.

Konsumen yang ditemui selama pemasaran langsung dapat memberikan tanggapan yang berbeda. Biasanya produk yang sudah ada gambarnya akan mudah dijual.

Keuntungannya adalah tujuan pemasaran dapat tercapai. Namun, jika produknya baru dan tidak memiliki citra khusus, perencana pemasaran harus memahami segmentasi dan tren pasar negara berkembang.

2. Target Pasar

Penjualan langsung biasanya memiliki target pasar tertentu. Produk atau jasa yang dihasilkan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Untuk mendapatkan target pasarnya, Anda bisa melihatnya dengan menganalisa segmen pasar dalam marketing plan. Oleh karena itu, pemasaran produk dapat mencapai tujuan dengan benar.

3. Pasar sasaran harus dekat dengan produk

Oleh karena itu, akan lebih mudah untuk membangun citra produk. Keunikan produk yang bertahan dan menjadi image akan memudahkan konsumen dalam mengingat dan mengulang pembelian.

4. Cara Penyampaian Informasi

Cara penyampaian informasi dalam pemasaran merupakan faktor yang sangat penting. Bahasa dan gerak tubuh yang dapat menyebabkan konsumen mencoba produk dan pada akhirnya melakukan pembelian perlu diperhatikan.

Informasi yang disampaikan harus memenuhi persyaratan produk yang dijual. Selain itu, saat melakukan promosi, Anda harus memahami keunggulan produk yang ditawarkan.

Karena konsumen bisa yakin dan tertarik untuk membeli produk tersebut. Untuk melakukan pemasaran langsung, tujuan pemasaran harus ditentukan terlebih dahulu. Dengan cara ini, pemasaran dapat dilakukan sesuai dengan tujuannya.

Inilah Manfaat Dan Tujuan Serta Bentuk Dari Pemasaran Langsung

Bentuk Pemasaran Langsung yang Umum Dilakukan

Menurut Kotler, Amstrong, Ang, Leong, Tan & Tse, ada beberapa bentuk direct marketing yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah:

  • Personal Selling
  • Telemarketing
  • Direct Mail
  • Catalog Marketing
  • Direct Respinse
  • Online Marketing
  • Television Marketing
  • Kiosk marketing

Pada prakteknya, direct marketing sangat dipengaruhi oleh berbagai media, terutama perkembangan teknologi. Beberapa hal yang mempengaruhi proses direct marketing diantaranya:

  • Produk yang sudah lebih dulu dikenal oleh target konsumen sebelum tayang di media promosi
  • Target market yang spesifik dan memiliki kedekatan dengan produk. Hal ini bisa didapatkan pada saat melakukan segmentasi target konsumen.
  • Cara penyampaian informasi terkait produk yang dipasarkan

Beberapa komponen penting dalam direct marketing yang harus diperhatikan sejak awal adalah:

  • Objective, tujuan dari campaign direct marketing
  • Media, ‘kendaraan’ yang digunakan untuk menjangkau target konsumen
  • Creative, cara yang menarik untuk menyampaikan pesan pemasaran kepada konsumen
  • Database, informasi mengenai target audiens yang dapat digunakan untuk membuat keputusan pemasaran
  • Fulfilment, implementasi campaign yang dilakukan, mulai dari penyusunan hingga pengiriman.

Saatnya Ganti HRD Manager, Jika Anda Temukan 7 Hal ini

Contoh Pemasaran Langsung

  • Personal Selling

Personal selling merupakan contoh pemasaran langsung dimana proses dalam memasarkan produk dilakukan secara langsung dengan cara bertatap muka dengan calon pembeli. Pada umumnya, manajemen pemasaran akan menjajaki tempat yang akan dijadikan target terhadap produk Mereka.

  • Catalog Marketing

Catalog marketing merupakan jenis pemasaran yang dilakukan dengan cara mengirimkan katalog ke beberapa pasar dan target berbeda yang berada di tempat yang berlainan.

  • Telemarketing

Telemarketing merupakan salah satu kegiatan memasarkan produk dengan cara memanfaatkan telepon atau media komunikasi suara lainnya dalam mempromosikan produk Mereka. Setelah memperoleh persetujuan, langkah selanjutnya yaitu melakukan pertemuan.

Jenis pemasaran langsung ini memberikan peluang besar karena menggunakan media komunikasi visual walaupun tidak bertatap muka. Sebelum melakukan strategi ini, Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu agar dapat mengimplementasikannya dengan baik.

  • Online Marketing

Online Marketing termasuk pemasaran secara langsung karena dilakukan dengan cara melakukan promosi menggunakan media sosial dengan langsung menawarkan produk atau promo yang dibuat. Contohnya menggunakan Facebook Ads atau AdWords yang tentunya akan memberikan potensi pemasaran produk yang sangat besar. Kelebihan pemasaran langsung online marketing yaitu dapat memberikan pelayanan penuh dan juga jangkauan luas sampai kepelosok dunia.

  • Kios Marketing

Kios marketing merupakan jenis pemasaran produk yang berbasis online dan juga modern dengan cara melakukan sebuah mesin penerima pelanggan dari toko Mereka. Saat ini, sudah ada beberapa perusahaan yang telah merancang “mesin penerima pesanan pelanggan”.

  • Direct Mail Marketing

Direct mail marketing merupakan jenis promosi produk usaha dengan cara memberikan beberapa pesan, penawaran, informasi produk serta brosur yang menarik kepada seseorang atau pasar yang berada di luar lingkup usaha Anda.

innovation

Pentingnya Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung sangat penting bagi perusahaan atau bisnis karena beberapa alasan. Yang paling menonjol adalah berikut ini:

1. Membantu pemasar menjangkau pelanggan lebih cepat.

Padahal, kegiatan pemasaran langsung pasti akan segera menarik calon konsumen. Misalnya, seorang pemasar dapat segera membuat kampanye pemasaran email, lalu email tersebut hanya akan muncul di kotak masuk pengguna setelah 1 jam.

2. Strategi promosi yang efisien

Tidak seperti strategi lain, pemasaran langsung memungkinkan perusahaan membuat kampanye bertarget untuk menjangkau audiens yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Fokus kegiatan ini adalah untuk memastikan efisiensi maksimal saat mengirimkan informasi promosi. Dengan melakukan hal tersebut, tentunya dengan tidak adanya target audiens yang jelas, para pemasar tidak akan direpotkan dengan mengirimkan iklan secara terus menerus.

3. Dapat disesuaikan

Maksudnya, yakni direct marketing memungkinkan Perusahaan menggunakan data pelanggan untuk membuat pesan pribadi. Misalnya, perusahaan dapat mengakses informasi berguna seperti usia, kisaran pendapatan, kebiasaan membaca dan browsing, dll.

Pemasar kemudian menggunakan data ini untuk membuat konten pemasaran yang disesuaikan untuk prospek dan pelanggan perusahaan yang ada. Tentunya hal ini memudahkan perusahaan dalam menetapkan tujuan berdasarkan tujuan mereka.

4. Dapat diukur efisiensinya

Perusahaan dan bisnis yang menggunakan teknik pemasaran langsung dapat melacak keberhasilan kampanye iklan mereka dengan menganalisis informasi seperti jumlah pelanggan yang menanggapi iklan, pendapatan yang mereka terima, dan laba atas investasi keseluruhan.

Selain itu, ini memungkinkan pemasar untuk mengetahui seberapa banyak Anda bersedia membelanjakan untuk produk atau layanan tertentu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan penjualan langsung memang berdampak positif bagi perusahaan.

Manfaat dan Tujuan Pemasaran Langsung

Secara umum, tujuan pemasaran langsung adalah untuk memasarkan produk/ jasa kepada target konsumen dengan biaya pemasaran yang lebih minim. Direct marketing memberikan manfaat kepada beberap oknum yang terlibat di dalamnya, yaitu pemilik produk, penjual, dan konsumen.

Mengacu pada pengertian pemasaran langsung di atas, berikut adalah manfaat beberapa manfaatnya:

1. Bagi Penjual

  • Memungkinkan pengujian media pemasaran dan pesan alternatif untuk menemukan metode yang paling efektif dan hemat
  • Dapat membuat penawaran dan strategi yang sulit ditiru oleh pesaing
  • Kemudahan dalam mengukur tanggapan atas promosi dan mengetahui jenis promosi yang paling efektif
  • Pemasaran langsung bisa diatur agar menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat
  • Dapat mengkhususkan dan menyesuaikan pesan sesuai kebutuhan kelompok sasaran

2. Bagi Konsumen Produk Eceran

  • Kegiatan belanja menjadi lebih mudah dan hemat waktu karena bisa dilakukan di rumah
  • Konsumen memiliki kebebasan dalam memilih barang sesuai dengan kebutuhan dan dapat melihat harga melalui katalog atau di website
  • Pelanggan dapat melakukan pembelian barang untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain

3. Bagi Konsumen Produk Industri

  • Konsumen dapat mempelajari produk/ jasa yang ditawarkan dengan lebih seksama, sehingga akan lebih menghemat waktu karena tidak perlu bertemu dengan wiraniaga untuk penjelasan mengenai produk yang dijual

Jalankan Kampanye Pemasaran Email Langsung Anda

  • Kembangkan daftar kontak Anda. Langkah pertama dalam mengembangkan  kampanye pemasaran email langsung  adalah mengetahui siapa yang akan Anda targetkan.
  • Buat surat yang ideal. Subjek, teks, ikon, dan ajakan bertindak … Tidak ada dalam kampanye pemasaran email Anda yang acak. Selaraskan kreativitas dan segmentasi.
  • Masukkan kode atau piksel identifikasi. Seperti disebutkan di atas, salah satu kunci  pemasaran langsung  adalah kemampuan untuk mengukur semua hasil secara tepat. Untuk melakukan ini, Anda perlu menyertakan kode piksel di email Anda yang mengidentifikasi pengguna yang datang ke situs Anda melalui kampanye khusus ini.
  • Uji kampanye. Manfaatkan kampanye email Anda untuk menguji pengujian A / B dan temukan apa yang benar-benar berhasil dengan audiens Anda. Subjek, gambar, tombol, waktu pengiriman … coba semua varian yang memungkinkan.
  • Letakkan kampanye yang sedang berlangsung . Kirim email percobaan untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan meluncurkan kampanye Anda. Namun waspadalah! Seperti halnya jejaring sosial dan alat periklanan digital lainnya, Anda harus mengirimkannya pada waktu dan hari yang ideal untuk menghindari waktu idle jika Anda tidak ingin terlupa.
  • Tanggapan konsumen . Siap! Sekarang Anda hanya perlu menunggu untuk melihat reaksi dari target Anda. Tinggalkan jendela waktu yang wajar sebelum menarik kesimpulan, karena tidak semua orang melihat email mereka secara instan.

Dapatkan data yang komprehensif dari semua karyawan Anda yang disimpan dengan aman di perangkat lunak berbasis cloud. Impor dan ekspor dengan mudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda pada waktu tertentu. Atur beban kerja Anda lebih baik dan kelola semua proyek Anda di satu tempat. Ini akan memudahkan Anda untuk melacak jam kerja Anda dan mendistribusikannya di antara rekan-rekan Anda. JojoTimes solusi untuk semua kebutuhan Mobile HR.