Bitcoin Indonesia: Legalitas, Transaksi, dan Cara Kerjanya

Pasti kamu pernah mendengar tentang bitcoin atau bitcoin Indonesia? Baik dari media cetak, televisi, atau dari teman sebayamu yang tertarik untuk mulai berinvestasi dengan uang elektronik atau cryptocurrency satu ini.

Apa sih bitcoin itu? Bitcoin adalah cryptocurrency yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Karena kesusksesannya, cryptocurrency tidak hanya bitcoin saja loh, banyak jenis lainnya juga seperti Litecoin, Ethereum, Zcash, Dash, dan masih banyak lagi.

Di artikel ini kita akan membahas tentang bitcoin secara lebih mendalam. Kamu akan menemukan informasi bagainmana bitcoin bekerja. Disini kamu juga akan mulai mengerti istila-istilah yang sering digunakan di dalamnya seperti blockchain, P2P, dan lain sebagainya. Yuk langsung saja kita mulai!

Bitcoin Indonesia

Salah satu dampak dari teknologi digital dan internet saat ini adalah dampak politik yang ditimbulkan. Dalam hal ini masalah yang ditimbulkan adalah legalitas. Beberapa negara memporbolehkan bitcoin sebagai alat transaksi yang sah, tapi banyak juga yang melarangnya.

Di indonesia sendiri status bitcoin adalah legal dimiliki, tetapi ilegal sebagai alat pembayaran. Hal ini sesuai dengan keputusan bank indonesia yang diambil pada 7 desember 2017 yang melarang penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran dan berlaku pada 1 januari 2018.

Sederhananya adalah bitcoin itu legal di indonesia sebagai sarana investasi. Lalu apakah investasi bitcoin menguntungkan? Tergantung, layaknya investasi pada umumnya ada resiko-resiko yang perlu kamu perhatikan.

Nilai tukar bitcoin per hari ini 13 agustus 2019 berada pada level Rp162,355,676 per bitcoin. Yes, 1 bitcoin harganya lebih dari 150 juta.

Transaksi Bitcoin Indonesia

Lalu bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi dengan bitcoin ini bagaimana caranya? Bagi kamu yang tertarik, kamu bisa membeli bitcoin dari merchant yang melakukan jual beli cryptocurrency di Indonesia.

Merchant-merchant yang ada di Indonesia seperti Indodax, Triv, dan Luno. Para merchant tersebut memang secara aktif melakukan transaksi jual beli cryptocurrency secara global. Ada poin-poin yang perlu kamu perhatikan jika kamu tertarik invenstasi bitcoin indonesia. Berikut poin-poinnya.

Bitcoin rate

Layaknya kurs, pergerakan bitcoin atau jenis cryptocurrency lainnya sangat dinamis. Hal ini memerlukan kamu melakukan pengontrolan setiap waktu. Cari lah merchant yang memiliki rate jual terendah atau rate yang mendekati harga pasaran.

Pentingnya rate yang rendah saat kamu membeli bitcoin di indonesia akan berdampak terhadap margin keuntungan yang akan kamu dapatkan. Meskipun marginnya terlihat kecil, tapi jika dinominalkan dalam rupiah jumlahnya cukup lumayan besar.

Kemudahan

Poin penting selanjutnya adalah kemudahan kamu dalam mengakses informasi baik berupa pergerakan rate, grafik perkembangan, rate jual ke merchant, dan lain sebagainya. Semua informasi ini harus kamu bisa akses dari mana saja, baik dari laptop ataupun dari smartphonemu.

Kecepatan Proses

Selanjutnya adalah kecepatan sebuah merchant dalam memproses transaksi yang kamu lakukan. Seberapa cepat respon merchant, kecepatan jual beli, serta kecepatan deposit penjualan yang kamu lakukan kedalam rupiah. Indodax menjamin proses deposit kedalam rupiah secara instan dan penarikan rupiah memerlukan proses kurang dari 1 hari.

Bank Pendukung

Dalam transiksi bitcoin indonesia yang kamu perlu perhatikan adalah bank yang bekerja sama dengan merchant-merchant tersebut. Selain menambah kridebilitas para merchant, hal ini juga akan memudahkan kamu melakukan penarikan tunai.

Keamanan

Selain poin-poin di atas hal penting terakhir yang perlu kamu perhitungkan adalah sistem keamanan dari merchant tersebut. Karena bitcoin lahir dan prosesnya sepenuhnya menggunakan internet, keamanan penyimpanan data merchant bitcoin dari hacker menjadi sangat penting untuk kamu perhatikan.

Mencari Tahu Cara Kerja Cryptocurrecy Bitcoin

Setelah kamu membaca cara membeli bitcoin indonesia. Mungkin kamu mulai bertanya-tanya, apakah ada merchat official yang memang ditunjung sebagai merchant resmi dalam transaksi bitcoin? Jawabannya adalah tidak. Tidak ada satu pun di dunia ini merupakan “official” merchant bitcoin.

Bitcoin dirancang menggunakan jaringan peer to peer (P2P) dan tidak memiliki penyimpanan terpusat ataupun administrator tunggal. Kamu bisa mengirimkan bitcoin kemana saja, kepada siapapun dengan menggunakan internet selama tujuan memiliki bitcoin address atau alamat bitcoin.

Sistem peer to peer ini tidak memungkinkan otoritas manapun atau pemerintah manapun untuk melakukan manipulasi jumlah bitcoin yang beredar. Masalah seperti inflasi atau pengurangan nilai akibat produksi bitcoin berlebihan bisa dihindari.

Dalam transaksinya cryptocurrency satu ini menggunakan sistem kriptografi (cryptoghraphy). Berupa sistem keamanan kode rahasia sebagai sistem keamanan dasarnya.

Selain itu transaksi bitcoin direkam kedalam sistem rantai blok (blockchain) yang secara otomatis menjalankan prosesnya jika ada transaksi baru. Sistem ini digunakan untuk mencegah dan mengeliminasi pengeluaran ganda dan pemalsuan.

Mengenal Istilah Penting Dalam Cara Kerja Bitcoin

Setelah kamu membaca tentang istilah-istilah yang ada dalam sistem kerja bitcoin, mungkin ada beberapa istilah yang masih sulit kamu mengerti. Jangan khawatir kita akan bersama-sama membahas istilah tersebut secara sederhana. Yuk, langsung saja kita mulai.

Kriptografi (cryptography)

Kriptografi adalah proses merubah data yang berupa teks-teks pada umumnya menjadi kode atau teks/kata acak yang tidak beraturan. Sistem kriptografi dapat memberikan perlindungan privasi terhadap data pribadi ataupun proses pertukaran informasi seseorang.

Data ini tidak akan bisa diurai dan diartikan oleh manusai tanpa bantuan alat dan teknologi yang mendukung. Sebagai contoh sederhana adalah aplikasi Whatsapp. Aplikasi ini menggunakan sistem kriptografi pada pesan-pesan yang dikirim.

Jadi saat kamu mengirim pesan ke orang yang kamu tuju, dalam perjalanannya pesan kamu tidak akan terlihat oleh orang lain atau pihak ketiga. Jika orang tersebut mengambil data pesan yang kamu kirimpun, data yang dimiliki adalah rentetan kode dan kata yang tidak beraturan seperti yang telah disebutkan diatas.

Peer to Peer (P2P)

Istilah selanjutnya adalah Peer to Peer, sistem informasi yang memungkinkan setiap orang bertukar informasi secara langsung, tanpa perlu campur tangan pihak ketiga. Sederhananya P2P adalah disentralisasi jaringan.

Sistem ini memungkin data untuk dikirim secara langsung ke komputer lain tanpa perlu server sentral. Dalam kata lain komputer dengan jaringan peer to peer berfungsi sebagai server sekaligus client.

Rantai Blok (Blockchain)

Terakhir adalah penggunaan teknologi blockchain yang digunakan untuk merekam transaksi bitcoin yang sudah dan sedang terjadi. Untuk mengetahui blockcahain secara definisi memang sulit, tapi sebenarnya blockchain sangat sederhana untuk dipahami.

Blokchain kalau kamu ambil contoh dari akuntasi bisa kamu ibaratkan sebagai buku besar. Sebuah “block” dalam blockcahain menyimpan informasi transaksi seperti tanggal, waktu, dan nilai ekonomi, dan lain sebagainya.

Block tersebut akan menyimpan transaksi yang kamu lakukan. Pada fase awal jaringan komputer akan melakukan verifikasi terhadap detail pembelian, waktu transaksi, besaran transaksi, siapa yang bertransaksi dan informasi lainnya.

Transaksi yang diverifikasi akan diberikan “lampu hijau” untuk melanjutkan ketahap berikutnya. Konfirmasi transaksi biasanya berupa “digital signature“, bisa kamu ibaratkan sebagai username yang kamu miliki saat kamu berbelanja ditoko online.

Setelah transaksi berhasil, block akan diberikan code yang disebut dengan “hashblock yang sudah memiliki “hash” kemudian akan ditambahkan kedalam blockchain dengan block-block lainnya.

Kode hash ini memiliki panjang yang tetap. Panjang kode yang tetap ini berguna sebagai sistem keamanan ekstra dalam blockchain. Hingga kini hampir mustahil seseorang mampu melakukan penguraian kode tersebut.

Bitcoin Mining

Kalau kamu memang tertarik dengan bitcoin atau jenis cryptocurrency lainnya, pasti kamu pernah mendengar istilah mining. Bitcoin mining adalah kegiatan untuk menciptakan atau menemukan bitcoin baru.

Tidak seperti uang kertas yang dapat dicetak jika diperlukan jumlah lebih. Proses bitcoin mining dilakukan secara matematis dengan bantuan komputer. Bitcoin mining sama halnya dengan mining pada umumnya.

Dimana kamu membutuhkan waktu dan proses dan usaha yang panjang. Usaha yang kamu lakukan akan diakumulasikan secara perlahan hingga kamu berhasil menemukan bitcoin baru.

Layaknya bitcoin, terobosan teknologi saat ini sangat berpengaruh pada setiap aspek kehidupan kita. JojoExpense aplikasi digital yang memungkinkan kamu mengelola pengeluaran dan keuagan perusahaanmu dari mana saja.

Sistem perhitungannya yang otomatis membuat efisiensi dan produktifitasmu dalam mengelola keuangan meningkat hingga 76%. Selain itu JojoExpense juga dilengkapi dengan fitur yang mendeteksi dan mencegah potensi kecurangan yang masih dapat terjadi di semua perushaan.