Absensi Online Kiat Permudah Disiplinkan Karyawan

Absensi online bisa membuat proses absen didalam perusahaan semakin mudah. Seperti yang sudah diketahui bahwa barometer kedisiplinan seorang pegawai adalah berdasarkan kepada absennya. Untuk itu perusahaan selalu menetapkan standarnya sendiri dalam hal absen ini. contohnya saja perusahaan menetapkan apabila pegawai 3 kali tidak masuk tanpa keterangan maka akan dikeluarkan.

Atau minimal penerimaan gaji bagi pegawai adalah melakukan absensi selama 20 hari penuh. Hal-hal seperti ini tentu saja didasari oleh keingin tahuan perusahaan mengenai tingkat kedisiplinan para pegawai. Mungkin bagi pegawai tetap yang sudah berkerja cukup lama absensi ini ada sedikit kelonggaran.

Tapi bagi karyawan baru absensi adalah hal mutlak penilaian mereka. Terlebih lagi etos kerja memang memaksa setiap pegawai untuk disiplin. Entah itu dari segi waktu ataupun penyelsaian masalah. Tampaknya dengan absensi online ini perusahaan bisa lebih efisien untuk mendata kehadiran setiap pegawainya. Perubahan absensi ini cukup signifikan, dibawah ini adalah perjalanannya sampai sekarang.

Perjalanan Absensi Online Dari Awal

Perkembangan absensi online dimulai pada tahun 1888 cikal bakal darinya dibuat oleh ahli perhiasan Williard L. Bundy. Ia merupakan seorang yang tinggal di Auburn, New York. Disanalah kemudian mulai dibuat sebuah mesin pencatat waktu pertama yang pernah ada. Setelah wafatnya sang pencipta mesin pencatat waktu ini, usahanya diwariskan kepada adiknya.

Kemudian pada tahun 1916  dengan pensiun pewaris terakhir maka perusahaan tersebut bergabung dengan ITR atau international time recording. Waktu berlalu begitu cepat kemudian pada tahun 1920 kedua perusahaan yang telah bersatu ini berubah nama menjadi IBM atau international business machine.

Dari sinilah mulai dikembangkan sebuah mesin absensi online yang cukup bermanfaat bagi para pengusaha. Penggunaan bahan baku yang lebih solid dari besi menjadi ciri khasnya. Sebelumnya pada masa pertama mesin ini menggunakan kayu karena dinilai lebih ringan dan memiliki nilai seni.

Dengan berkembangnya teknologi computer semakin menunjang kemajuan pembuatan absensi online ini. beberapa basis kalkulasi bisa dimasukkan kedalam mesin dan menjangkau berbagai kemungkinan lainnya. Dimana sebelumnya mesin pencatat waktu hanya bisa difungsi terbatas saja. fungsi yang mulai muncul adalah seperti system admin, sidik jari sampai password protection.

Tentu saja mesin yang dengan keuntungan sangat banyak ini semakin bergembang menjadi beberapa wujud. Bisa dilihat dari perjalananya bahwa mesin pencatat waktu sangat dibutuhkan pada setiap generasinya. Jadi apabila perusahaan anda belum menggunakan absensi online sepertinya akan sangat disayangkan.

Keuntungan Saat Menggunakan Absensi Online

Anda pasti akan bertanya-tanya apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan jenis absensi ini?. kami akan mencoba menjabarkannya dengan ringan dalam beberapa point dibawah ini. jadi simak baik-baik dan pertimbangkan untuk mulai menggunakan absensi dengan system online ini.

Menghilangkan Kecurangan Dalam Absensi

Pada masa penggunaan absensi zaman dahulu. Masih sering terjadi berbagai paraktek kecurangan absensi. Karena otentikasi yang begitu mudah. Istilah mesin pencatat waktu zaman dahulu, adalah mesin ceklok karena anda akan menceklokan kertas absen kedalam mesin. Siapa saja bisa menggunakan mesin ini sehingga walaupun karyawan datang terlambat tidak akan diketahui.

Sedangkan dengan sebuah aplikasi absensi online perusahaan akan mengetahui lebih jelas tentang absen. Hanya karyawan bersangkutan saja yang bisa melakukan absensi melalui akunnya. Sehingga tindak kecurangan seperti ini akan bisa dihilangkan.

Rekapitulasi Yang Efisien

Absensi online memungkinkan pencatatan absen secara otomatis. Begitu terjadi absen maka system akan mencatatnya kedalam sebuah data. Batasan-batasan terlambat juga akan langsung masuk kedalam penyimpanan. Dengan begini perusahaan bisa langsung mengetahui karyawan mana saja yang sering terlambat ketika dilakukan rekapitulasi.

Ini akan menguntungkan karyawan yang bertugas untuk melakukan laporan kehadiran setiap bulannya. Lebih khususnya para HR didalam perusahaan. Mereka cukup menarik data yang telah ada didalam mesin absen secara online ini. tanpa harus mengobrak-abrik data secara fisik.

Dari segi efisiensi inilah absensi online sangat disukai oleh para pemilik perusahaan. Bahkan penggunaannya semakin meningkat tajam setiap tahunnya. Berbanding lurus dengan perkembang di sektor bisnis pada setiap Negara. Tentu saja ini ditunjang oleh para developer system aplikasi absensi secara online sehingga semakin banyak perangkat lunak jenis ini.

Akurat Ketika Menghitung Jam Kerja

System reward and punishment selalu berdasarkan kepada jam kerja setiap karyawan. Maka tidak heran penggunaan absensi online ini menjadi cukup membantu. Beberapa karyawan mungkin akan merasa bahwa mereka tidak pantas mendapatkan punishment karena selalu tepat waktu.

Dengan bukti dari pencatatan absensi inilah perusahaan bisa membuat mereka tidak berkutik dan menuruti perintah. Keuntungan dari segi keakuratan ini sangat membantu bagi perusahaan yang memberikan penggajian berdasarkan kepada jam kerja dan lembur.

Sinkronisasi Dengan Payroll Lebih Mudah

Mungkin sudah sejak lama pembuatan payroll akan sangat sulit. Sebab akuntan atau HR akan melakukan dua kali pekerjaan. Yaitu pertama menghitung jam kerja dan kedua melakukan perhitungan gaji. Untuk satu orang saja mungkin akan memakan waktu minimal 10-20 menit. Jika perusahaan tersebut memiliki banyak sekali pegawai maka waktu yang dihabiskan akan lama.

Untung saja telah lahir perangkat lunak dengan basis absensi online ini. jadi pencatatan waktu kerja karyawan bisa langsung dimanfaatkan kedalam penggajian dalam beberapa perintah saja. ini tentu menajdi sebuah perubahan bagi rutinitas pekerjaan HR dan akuntansi.

Penggunaan Secara Realtime

Kebutuhan perusahaan akan karyawan akan selalu fluktuatif. Kadang kala perusahaan akan secara spontan membutuhkan pengganti pada posisi yang strategis. Untuk itu pemilik perusahaan akan melihat peluang yang dimiliki pada setiap karyawan didalam perusahaan. Informasi awalnya tentu saja dari segi absensi.

Dengan absensi online, perusahaan akan lebih mudah memantau perkembangan dan konsistensi setiap pegawai. Jadi ketika hendak melakukan promosi perusahaan bisa dengan mudah mengambil beberapa kandidat tanpa harus mencari-cari data dan berkas absen mereka. Kenaikan dan penurunan dari kualitas pegawai akan begitu jelas terlihat.

Mulai pergunakan perangkat lunak untuk perusahaan. Salah satu perangkat lunak yang bisa dimanfaatkan dengan baik adalah JojoTimes. Ingin tahu apa saja keuntungan didalam aplikasi ini?. simak saja penjelasan singkat perangkat lunak dari Jojonomic dibawah ini.

Manfaatkan JojoTimes Sebagai Aplikasi Absensi  Online

JojoTimes merupakan aplikasi yang sangat cocok diterapkan pada perusahaan anda.  Dengan keuntungan pertama yaitu mengontrok kebijakan cuti yang  cukup fleksibel. Anda bisa membuat sebuah jam kerja yang adil bagi setiap karyawan yang berkerja didalam perusahaan.

Ingin memonitoring karyawan tanpa repot?. Gunakan saja JojoTimes, sebab didalam perangkat lunak ini sudah terintegrasi GPS sehingga anda bisa mengetahui lokasi dari setiap karyawan. Tidak perlu lagi mengontak karyawan hanya untuk mengetahui lokasinya. Cukup gunakan perangkat lunak ini saja.

Seluruh manfaat dari absensi online ada didalam JojoTimes. Satu hal yang paling menguntungkan adalah efisiensi pembuatan laporan absensi bulanan. Anda tidak perlu lagi repot sebab seluruh data yang dibutuhkan ada didalam perangkat lunak ini.

Rasakan perbedaan sekarang juga. Anda harus mencoba demo dari JojoTimes agar mengetahui sendiri keunggulannya. Download sekarang juga pada website resmi Jojonomic.