Analisis Laporan Keuangan Perusahaan: Pengertian, Jenis dan Metode

analisis-keuangan

Kamu pernah dengar soal laporan keuangan? Atau mungkin kamu adalah orang yang ingin membuat laporan keuangan tersebut. Jika ya, maka kamu perlu mengetahui hal-hal terkait laporan keuangan. Laporan tersebut tidak hanya dibuat untuk mengumpulkan data, tapi juga untuk menyajikan informasi. Namun, untuk bisa membaca dan memahami informasi tersebut, diperlukan analisis terlebih dahulu, atau biasa disebut dengan analisis laporan keuangan.

Analisis laporan keuangan ini perlu kamu ketahui, agar laporanmu tidak sekadar menjadi laporan, tapi juga dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk hal lainnya. Untuk itu, kita akan bahas ini dan kamu perlu menyimaknya dengan baik.

Analisis Laporan Keuangan

Kita akan mulai penjelasan ini dengan pengertian terkait analisis laporan keuangan. Memulai dengan pengertian, supaya kita tidak salah persepsi dan menafsirkan masing-masing katanya. Secara garis besar, definisi atau pengertiannya akan terdiri dari dua kelompok kata, pertama analisis, kedua laporan keuangan. Berikut akan kita bahas pengertiannya.

Pengertian Analisis Laporan Keuangan

Sebagaimana yang disebutkan di atas, untuk memahami analisis laporan keuangan, kita akan membahas dasarnya dari susunan katanya. Pertama adalah analisis, kedua adalah laporan keuangan.

Analisis adalah

Pertama kita mulai dari kata analisis. Ada beberapa pengertian yang bisa kita jadikan acuan untuk memahaminya. Pertama adalah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya, dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang sesuai dengan pemahaman arti keseluruhan.

Bagaimana, kamu sudah bisa menangkap maksudnya? Jika belum, kita akan ambil pengertian dari yang lain. Menurut Sofyan Syafri, analisis adalah memecahkan atau menguraikan sesuatu unit menjadi bagian unit terkecil.

Laporan Keuangan adalah

Selanjutnya kita akan bahas soal laporan keuangan. Kali ini juga menurut beberapa ahli di bidangnya. Pertama menurut Munawir dalam buku berjudul Analisa Laporan Keuangan, laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi. Informasi tersebut sesuai dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan.

Pengertian lain datang dari Sutrisno, dalam buku Manajemen Keuangan (Teori, Konsep dan Aplikasi). Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses akuntansi yang meliputi dua laporan utama, yakni neraca dan laporan laba rugi.

Sekarang, kita coba gabungkan maksud dari analisis laporan keuangan. Analisis laporan keuangan merupakan proses penguraian catatan akuntansi perusahaan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan oleh perusahaan.

Untuk lebih jelasnya, kita akan melihat pengertiannya menurut seorang ahli, yaitu Sofyan Syafri, dimana analisis laporan keuangan adalah menguraikan pos-pos laporan keuangan menjadi satu unit informasi yang lebih kecil. Kemudian melihat hubunganya yang bersifat signifikan atau memiliki makna antara satu dengan yang lain.

Baik data kuantitatif ataupun non kuantitatif, dengan tujuan mengetahui suatu kondisi keuangan lebih dalam. Kondisi keuangan tersebut yang menjadi sangat penting dalam proses pengambilan keputusan suatu perusahaan.

Jenis-jenis Laporan Keuangan

laporanKetika kamu ingin melakukan analisis terhadap laporan keuangan, kamu juga perlu tahu apa saja elemen atau jenis-jenis dalam laporan keuangan yang nantinya akan kamu analisis. Ada beberapa jenis, diantaranya adalah neraca, laporan laba atau rugi, laporan perubahan posisi keuangan, serta catatan atau laporan lain sebagai penjelasan bagi laporan keuangan.

Neraca

Pernah mendengar kata neraca? Neraca dalam laporan keuangan mungkin berbeda dengan neraca yang kamu pelajari di mata pelajaran Fisika saat sekolah dulu. Neraca yang dimaksud adalah laporan keuangan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan dalam waktu tertentu.

Di dalam neraca, disajikan data historikal aktiva. Data tersebut merupakan sumber operasi perusahaan yang dijalankan. Utang yang merupakan kewajiban perusahaan, serta modal yang bersumber dari pemegang modal.

Laporan Laba Rugi

Sesuai dengan namanya, mungkin kamu sudah paham apa maksudnya. Namun kamu tetap harus tahu pengertian lengkapnya. Laporan laba rugi merupakan laporan yang berisi catatan keuntungan dan kerugian perusahaan. Itu bisa berasal dari penjualan produk atau beban perusahaan.

Laporan Perubahan Posisi Keuangan

Biasa disebut juga dengan daftar sumber dan penggunaan dana. Laporan ini akan menunjukkan asal kas dan kegunaan kas. Laporan ini terdiri dari dua jenis. Pertama laporan perubahan modal kerja, kedua laporan arus kas.

Catatan dan Laporan Lain sebagai Penjelasan bagi Laporan Keuangan

Catatan ini merupakan catatan yang tidak terpisah dari laporan keuangan. Pembuatannya disesuaikan dengan kebijakan akuntansi perusahaan. Jadi, ada atau tidaknya catatan ini, bergantung pada kebutuhan dan kebijakan perusahaanmu. Catatan ini digunakan untuk membantu analisis laporan dan data lainnya. Karena biasanya berisi catatan dan data yang lebih detil.

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Setelah mengetahui pengertiannya, kamu perlu tahu juga tujuan dari melakukan analisis laporan keuangan. Jangan sampai kamu memahaminya, lalu mencoba membuat, tapi tidak tahu ditujukan untuk apa. Nantinya kerjaanmu akan menjadi sia-sia. Berikut kita bahas beberapa poin yang merupakan tujuan dari analisis laporan keuangan.

Membantu Menilai Kinerja

Maksud dari membantu dalam menilai kinerja adalah, analisis laporan keuangan dapat dijadikan patokan atau acuan untuk melihat kinerja suatu perusahaan dalam satu periode. Hal tersebut karena laporan keuangan bisa menyajikan informasi terkait penjualan dari laba atas rugi yang didapatkan perusahaan.

Menggali Informasi Keuangan

Melalui analisis laporan keuangan, kamu bisa menggali informasi keuangan perusahaanmu. Hal tersebut karena laporan keuangan mencatat setiap transaksi dan alur keuangan perusahaanmu.

Mengetahui Kesalahan Laporan

Ketika kamu membuat sebuah laporan, kamu akan memasukkan berbagai data dan merekapitulasinya. Saat itu, kamu mungkin belum tahu apakah laporan tersebut sudah baik atau memerlukan perbaikan. Melalui analisis, kamu jadi bisa mengetahui kesalahan yang ada dalam laporan kamu.

Membandingkan Perusahaan

Kamu mungkin bingung dengan kalimat membandingkan perusahaan. Hal yang dibandingkan sebetulnya masih pada ranah keuangan. Melalui analisis laporan keuangan, kamu bisa membandingkan kondisi perusahaanmu, baik dengan perusahaan lain ataupun kondisi perusahanmu lintas periode akuntansi.

Memprediksi Potensi Perusahaan

Analisis laporan keuangan dapat membantumu untuk memprediksi perusahaanmu di masa yang akan datang. Bukan sekadar meramal ya. Maksudnya, melalui analisis ini kamu bisa melihat peluang dan meminimalisir kesalahan di masa yang akan datang.

Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Seperti tujuan dasar dari pembuatan laporan keuangan, yaitu menghimpun data dan menyajikan informasi yang berguna untuk perusahaan. Maka, analisis laporan keuangan ini bisa dijadikan sumber informasi untuk mengambil keputusan strategis sebuah perusahaan.

Metode Analisis Laporan Keuangan

Sebelum melakukan analisis laporan keuangan, kamu perlu tahu dasarnya, dan kamu sudah mengetahuinya. Sekarang masuk ke ranah yang mendukungmu dalam praktik, yaitu mengetahui metodenya. Ada beberapa metode yang dapat kamu pilih saat akan melakukan analisis laporan keuangan.

Metode Komparatif

Metode komparatif atau metode perbandingan adalah metode analisis dengan membandingkan laporan keuangan tahun ini dengan laporan di tahun sebelumnya. Dalam metode ini kamu akan membandingkan angka-angka di beberapa laporan. Dengan begitu, kamu bisa membandingkan laporan keuangan yang relevan dengan angka yang signifikan. Metode ini disebut juga dengan metode rasio.

Metode Analisis

Metode ini juga merupakan metode membandingkan, hanya saja yang dibandingkan adalah membandingkan laporan keuangan beberapa tahun lalu dan membuat prakiraan tren atau grafiknya. Hal yang dibutuhkan dalam metode ini adalah pengetahuan statistik.

Metode Common Size Financial Statement

Pada metode analisis ini, laporan keuangan dijadikan model presentasi. Presentasi tersebut dibuat dari data yang dianggap penting, seperti neraca atau laba dan rugi.

Metode Index Time Series

Cara menghitung atau menganalisis laporan keuangan ini adalah dengan menggunakan laporan keuangan yang dijadikan indeks. Indeks tersebut dijadikan sebagai acuan tahun dasar, dan tahun dasar tersebut diberi indeks 100.

Sekarang kita sudah mengetahui pengertian dan definisi dari analisis laporan keuangan. Kita juga sudah tahu jenis dan metode yang mungkin kita pakai untuk melakukan analisis ini. Sehingga kita pun bisa mulai melakukannya.

Untuk masalah-masalah atau aktivitas yang terkait dengan keuangan perusahaanmu, kamu bisa meminta bantuan akuntan untuk memegangnya. Namun, untuk alur keuangan, kamu bisa andalkan ke JojoExpense, sebuah aplikasi dari Jojonomic.