Analisis Laporan Keuangan Perusahaan: Pengertian, Jenis dan Metode

keuangan

Kamu pernah dengar soal laporan keuangan? Atau mungkin kamu adalah orang yang ingin membuat laporan keuangan tersebut. Jika ya, maka kamu perlu mengetahui hal-hal terkait laporan keuangan. Laporan tersebut tidak hanya dibuat untuk mengumpulkan data, tapi juga untuk menyajikan informasi. Namun, untuk bisa membaca dan memahami informasi tersebut, diperlukan analisis terlebih dahulu, atau biasa disebut dengan analisis laporan keuangan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Analisis laporan keuangan ini perlu kamu ketahui, agar laporanmu tidak sekadar menjadi laporan, tapi juga dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk hal lainnya. Untuk itu, kita akan bahas ini dan kamu perlu menyimaknya dengan baik.

Analisis Laporan Keuangan

Kita akan mulai penjelasan ini dengan pengertian terkait analisis laporan keuangan. Memulai dengan pengertian, supaya kita tidak salah persepsi dan menafsirkan masing-masing katanya. Secara garis besar, definisi atau pengertiannya akan terdiri dari dua kelompok kata, pertama analisis, kedua laporan keuangan. Berikut akan kita bahas pengertiannya.

Pengertian Analisis Laporan Keuangan

Sebagaimana yang disebutkan di atas, untuk memahami analisis laporan keuangan, kita akan membahas dasarnya dari susunan katanya. Pertama adalah analisis, kedua adalah laporan keuangan.

Analisis adalah

Pertama kita mulai dari kata analisis. Ada beberapa pengertian yang bisa kita jadikan acuan untuk memahaminya. Pertama adalah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya, dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang sesuai dengan pemahaman arti keseluruhan.

Bagaimana, kamu sudah bisa menangkap maksudnya? Jika belum, kita akan ambil pengertian dari yang lain. Menurut Sofyan Syafri, analisis adalah memecahkan atau menguraikan sesuatu unit menjadi bagian unit terkecil.

Laporan Keuangan adalah

Selanjutnya kita akan bahas soal laporan keuangan. Kali ini juga menurut beberapa ahli di bidangnya. Pertama menurut Munawir dalam buku berjudul Analisa Laporan Keuangan, laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi. Informasi tersebut sesuai dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan.

Pengertian lain datang dari Sutrisno, dalam buku Manajemen Keuangan (Teori, Konsep dan Aplikasi). Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses akuntansi yang meliputi dua laporan utama, yakni neraca dan laporan laba rugi.

Sekarang, kita coba gabungkan maksud dari analisis laporan keuangan. Analisis laporan keuangan merupakan proses penguraian catatan akuntansi perusahaan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan oleh perusahaan.

Untuk lebih jelasnya, kita akan melihat pengertiannya menurut seorang ahli, yaitu Sofyan Syafri, dimana analisis laporan keuangan adalah menguraikan pos-pos laporan keuangan menjadi satu unit informasi yang lebih kecil. Kemudian melihat hubunganya yang bersifat signifikan atau memiliki makna antara satu dengan yang lain.

Baik data kuantitatif ataupun non kuantitatif, dengan tujuan mengetahui suatu kondisi keuangan lebih dalam. Kondisi keuangan tersebut yang menjadi sangat penting dalam proses pengambilan keputusan suatu perusahaan.

Jenis-jenis Laporan Keuangan

analisis laporan keuangan perusahaan

Ketika kamu ingin melakukan analisis terhadap laporan keuangan, kamu juga perlu tahu apa saja elemen atau jenis-jenis dalam laporan keuangan yang nantinya akan kamu analisis. Ada beberapa jenis, diantaranya adalah neraca, laporan laba atau rugi, laporan perubahan posisi keuangan, serta catatan atau laporan lain sebagai penjelasan bagi laporan keuangan.

Neraca

Pernah mendengar kata neraca? Neraca dalam laporan keuangan mungkin berbeda dengan neraca yang kamu pelajari di mata pelajaran Fisika saat sekolah dulu. Neraca yang dimaksud adalah laporan keuangan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan dalam waktu tertentu.

Di dalam neraca, disajikan data historikal aktiva. Data tersebut merupakan sumber operasi perusahaan yang dijalankan. Utang yang merupakan kewajiban perusahaan, serta modal yang bersumber dari pemegang modal.

Laporan Laba Rugi

Sesuai dengan namanya, mungkin kamu sudah paham apa maksudnya. Namun kamu tetap harus tahu pengertian lengkapnya. Laporan laba rugi merupakan laporan yang berisi catatan keuntungan dan kerugian perusahaan. Itu bisa berasal dari penjualan produk atau beban perusahaan.

Laporan Perubahan Posisi Keuangan

Biasa disebut juga dengan daftar sumber dan penggunaan dana. Laporan ini akan menunjukkan asal kas dan kegunaan kas. Laporan ini terdiri dari dua jenis. Pertama laporan perubahan modal kerja, kedua laporan arus kas.

Catatan dan Laporan Lain sebagai Penjelasan bagi Laporan Keuangan

Catatan ini merupakan catatan yang tidak terpisah dari laporan keuangan. Pembuatannya disesuaikan dengan kebijakan akuntansi perusahaan. Jadi, ada atau tidaknya catatan ini, bergantung pada kebutuhan dan kebijakan perusahaanmu. Catatan ini digunakan untuk membantu analisis laporan dan data lainnya. Karena biasanya berisi catatan dan data yang lebih detil.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Setelah mengetahui pengertiannya, kamu perlu tahu juga tujuan dari melakukan analisis laporan keuangan. Jangan sampai kamu memahaminya, lalu mencoba membuat, tapi tidak tahu ditujukan untuk apa. Nantinya kerjaanmu akan menjadi sia-sia. Berikut kita bahas beberapa poin yang merupakan tujuan dari analisis laporan keuangan.

Membantu Menilai Kinerja

Maksud dari membantu dalam menilai kinerja adalah, analisis laporan keuangan dapat dijadikan patokan atau acuan untuk melihat kinerja suatu perusahaan dalam satu periode. Hal tersebut karena laporan keuangan bisa menyajikan informasi terkait penjualan dari laba atas rugi yang didapatkan perusahaan.

Menggali Informasi Keuangan

Melalui analisis laporan keuangan, kamu bisa menggali informasi keuangan perusahaanmu. Hal tersebut karena laporan keuangan mencatat setiap transaksi dan alur keuangan perusahaanmu.

Mengetahui Kesalahan Laporan

Ketika kamu membuat sebuah laporan, kamu akan memasukkan berbagai data dan merekapitulasinya. Saat itu, kamu mungkin belum tahu apakah laporan tersebut sudah baik atau memerlukan perbaikan. Melalui analisis, kamu jadi bisa mengetahui kesalahan yang ada dalam laporan kamu.

Membandingkan Perusahaan

Kamu mungkin bingung dengan kalimat membandingkan perusahaan. Hal yang dibandingkan sebetulnya masih pada ranah keuangan. Melalui analisis laporan keuangan, kamu bisa membandingkan kondisi perusahaanmu, baik dengan perusahaan lain ataupun kondisi perusahanmu lintas periode akuntansi.

Memprediksi Potensi Perusahaan

Analisis laporan keuangan dapat membantumu untuk memprediksi perusahaanmu di masa yang akan datang. Bukan sekadar meramal ya. Maksudnya, melalui analisis ini kamu bisa melihat peluang dan meminimalisir kesalahan di masa yang akan datang.

Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Seperti tujuan dasar dari pembuatan laporan keuangan, yaitu menghimpun data dan menyajikan informasi yang berguna untuk perusahaan. Maka, analisis laporan keuangan ini bisa dijadikan sumber informasi untuk mengambil keputusan strategis sebuah perusahaan.

Metode Analisis Laporan Keuangan

analisis laporan keuangan perusahaan

Sebelum melakukan analisis laporan keuangan, kamu perlu tahu dasarnya, dan kamu sudah mengetahuinya. Sekarang masuk ke ranah yang mendukungmu dalam praktik, yaitu mengetahui metodenya. Ada beberapa metode yang dapat kamu pilih saat akan melakukan analisis laporan keuangan.

Metode Komparatif

Metode komparatif atau metode perbandingan adalah metode analisis dengan membandingkan laporan keuangan tahun ini dengan laporan di tahun sebelumnya. Dalam metode ini kamu akan membandingkan angka-angka di beberapa laporan. Dengan begitu, kamu bisa membandingkan laporan keuangan yang relevan dengan angka yang signifikan.Hal ini disebut juga dengan metode rasio.

Metode Analisis

Analisis merupakan metode membandingkan, hanya saja yang dibandingkan adalah membandingkan laporan keuangan beberapa tahun lalu dan membuat prakiraan tren atau grafiknya. Hal yang dibutuhkan dalam metode ini adalah pengetahuan statistik.

Metode Common Size Financial Statement

Pada metode analisis ini, laporan keuangan dijadikan model presentasi. Presentasi tersebut dibuat dari data yang dianggap penting, seperti neraca atau laba dan rugi.

Metode Index Time Series

Cara menghitung atau menganalisis laporan keuangan ini adalah dengan menggunakan laporan keuangan yang dijadikan indeks. Indeks tersebut dijadikan sebagai acuan tahun dasar, dan tahun dasar tersebut diberi indeks 100.

Cara paling tepat melakukan analisis laporan keuangan perusahaan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan analisis laporan keuangan perusahaan, di antaranya sebagai berikut:

Memahami latar belakang perusahaan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menganalisis laporan keuangan sebuah perusahaan adalah memahami dulu latar belakang perusahaan itu sendiri. Kamu patut mengerti model bisnis, sistem penjualan, produk yang dijual, cara pencatatan pembukuan dan lain sebagainya.

Hal ini dilakukan supaya kamu mengerti operasi perusahaan, aliran uang, dan sebagainya sehingga memudahkan untuk menghitung sekaligus mencari hasil ketika melakukan analisis.

Memperhatikan berbagai faktor yang berpengaruh

Cara melakukan analisis laporan keuangan perusahaan berikutnya adalah memperhatikan berbagai faktor yang memengaruhi kondisi keuangan perusahaan tersebut. Misalnya, faktor pajak, inflasi, tingkat suku bunga, perombakan manajemen, dan lainnya. Termasuk juga faktor kemajuan industri serta teknologi karena dunia usaha saat ini tak bisa lepas begitu saja dari kedua hal tersebut.

Melakukan review laporan keuangan perusahaan

Kamu juga perlu melakukan review laporan keuangan yang telah dibuat. Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam melakukan hal ini di antaranya, apakah laporan tersebut sudah dibuat sesuai Standar Akuntansi Keuangan, bagaimana cara akuntan membuat laporan keuangan, dan apakah angka dalam laporan sudah benar.

Hal lain yang perlu diketahui adalah apakah laporan tersebut dikerjakan oleh karyawan internal perusahaan atau oleh konsultan.

Melakukan berbagai analisis rasio laporan keuangan

Selanjutnya adalah menganalisis rasio keuangan. Kamu bisa menggunakan metode atau teknik analisis seperti yang telah dijabarkan di atas.

Membuat suatu kesimpulan yang utuh

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membuat kesimpulan atas analisis tersebut. Tentu saja, setelah melakukan penghitungan dan analisis risiko keuangan, maka kamu akan mendapatkan hasil yang dimaksud. Jadi, buatlah kesimpulan tersebut sesuai perhitungan dan hasil analisis yang didapatkan.

Dasar-dasar analisis laporan keuangan perusahaan

Ada dua dasar untuk melakukan analisis laporan keuangan yang harus kamu pahami terlebih dulu, di antaranya:

  • Analisis horizontal

Dasar yang pertama adalah analisis horizontal atau analisis laporan keuangan dengan melakukan perbandingan laporan keuangan dalam beberapa periode. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk mengetahui perkembangannya.

  • Analisis vertikal

Dasar yang kedua adalah analisis vertikal yang juga disebut sebagai metode analisis statis. Sebab, kesimpulan yang kamu peroleh nantinya hanya untuk periode itu saja tanpa mengetahui perkembangannya.

Umumnya, dasar analisis ini digunakan jika laporan keuangan tersebut hanya meliputi satu periode saja dengan membandingkan antara pos satu dan pos lainnya. Dengan demikian, kamu akan mengetahui keadaan keuangan atau hasil operasi pada saat itu saja.  

6 Langkah tepat mengembangkan analisis laporan keuangan perusahaan

Hasil gambar untuk unsplash finance

Mengidentifikasi karakteristik ekonomi industri

Hal pertama yang patut kamu kuasai adalah menentukan analisis untuk rantai nilai dalam industri yang bersangkutan. Artinya, setiap kegiatan yang terlibat dalam penciptaan produk, pembuatan hingga distribusinya. Layanan yang diberikan oleh perusahaan pun termasuk ke dalamnya. Biasanya, langkah ini menggunakan teknik lima kekuatan porter atau analisis atribut ekonomi.

Jika kamu menguasai langkah yang pertama, maka kamu pasti bisa melanjutkannya ke tahap selanjutnya. Jadi sebaiknya, kuasai dan lakukan analisis secara teliti berulang-ulang, pastikan tidak ada kesalahan di dalamnya.

Mengidentifikasi strategi perusahaan

Setelah kamu mengetahui apa saja karakteristik ekonomi industri yang terdapat pada perusahaan tersebut, maka kini saatnya untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan. Coba lihat dan pahami semua sifat dari produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Termasuk juga di dalamnya keunikan produk, penciptaan loyalitas merek, tingkat margin laba di tiap produk dan pengendalian biaya yang dilakukan perusahaan.

Bukan itu saja, setiap faktor penting seperti misalnya diversifikasi geografis, integrasi rantai pasokan, hingga diversifikasi industri juga wajib kamu pertimbangkan. Tentu saja, setiap perusahaan memiliki strategi masing-masing di berbagai hal. Salah satunya adalah bagian keuangan.

Jadi, pahami lebih dulu strategi tersebut supaya kamu tidak salah kaprah ketika menganalisis keuangan dalam perusahaan. Hal ini cukup krusial, termasuk juga dalam hal pengetahuan dan dedikasi terhadap perusahaan bersangkutan.

Menilai kualitas laporan keuangan perusahaan

Berikutnya adalah waktu di mana kamu harus meninjau laporan keuangan utama. Artinya, kamu harus meninjau dari segala konteks standar akuntansi yang relevan, khususnya dalam memeriksa akun neraca. Dalam akun neraca ini, beragam masalah mulai dari pengakuan, klarifikasi, hingga penilaian bisa jadi kunci evaluasi yang tepat.

Jadi pertanyaannya, apakah neraca tersebut bisa dijadikan representasi lengkap dari segala posisi ekonomi dalam perusahaan? Kamu pun harus mengevaluasi laporan laba rugi dengan cara menilai secara teliti dari segi kualitas laba sebagai bentuk representasi kinerja ekonomi perusahaan.

Hal ini dianggap penting karena evaluasi laporan arus kas akan membantu kamu dalam memahami dampak dari posisi likuiditas perusahaan yang bisa dilihat dari operasi, investasi, dan aktivitas keuangan perusahaan di periode tersebut.

Analisis profitabilitas dan risiko saat ini

Bukan hanya menilai kualitas dari laporan keuangan perusahaan, menganalisis profitabilitas dan risiko yang terjadi atau akan terjadi bisa jadi nilai tambah kamu untuk mengevaluasi perusahaan beserta seluruh laporan keuangan di dalamnya. Tingkat profesionalitas kamu pun bakal meningkat di mata perusahaan.

Salah satu alat untuk menganalisis yang paling umum adalah rasio keuangan utama yang terkait dengan likuiditas, manajemen aset, profitabilitas, cakupan utang, dan penilaian risiko atau pasar. Mengingat ini terkait dengan profitabilitas, ada dua pertanyaan besar yang perlu kamu atasi.

Pertama adalah seberapa menguntungkan operasi perusahaan yang relatif terhadap aset-asetnya. Terlepas dari itu semua, bagaimana perusahaan bersangkutan membiayai aset dan seberapa menguntungkan perusahaan jika dilihat dari perspektif seorang pemegang saham ekuitas.

Pertanyaan tersebut harus kamu pahami dan pecahkan menurut pemikiran sekaligus sudut pandang yang kamu miliki. Penting artinya untuk belajar cara memisahkan setiap tindakan pengembalian yang jadi dampak utamanya. Penting pula artinya untuk kamu bisa menganalisis rasio laporan keuangan dengan komparatif.

Menyiapkan perkiraan laporan keuangan

Seorang profesional keuangan harus bisa membuat asumsi masuk akal mengenai masa depan suatu perusahaan atau industri yang tengah dikerjakan. Profesional juga patut mengetahui bagaimana asumsi tersebut berdampak pada bagian arus kas dan pendanaan perusahaan.

Kamu bisa mengambil laporan keuangan berbentuk pro-forma menggunakan teknik biasa, seperti persentase pendekatan penjualan. Melalui hal tersebut, strategi keuangan kamu akan tertata rapi sesuai tujuan dan dampak yang dirasakan.

Nilai perusahaan

Setelah mendekati banyak penilaian, kamu tak boleh melewatkan penilaian paling umum dengan jenis metodologi arus kas discounted. Melalui cara ini, kamu bisa membuatnya ke dalam bentuk dividen dan diproyeksikan. Bisa juga dengan teknik arus kas bebas ke pemegang saham atas dasar perusahaan. Pendekatan lainnya bisa dengan penilaian relatif atau tindakan berbasis akuntansi seperti nilai tambah ekonomis.

Setelah kamu melakukan analisis perusahaan dan laporan keuangan yang tertata, maka selesaikan pertanyaan, apakah nilai pada laporan keuangan tersebut sudah akurat dan bisa dipertanggungjawabkan?

Mengapa hal tersebut patut ditanyakan?

Pasalnya saat ini, ada banyak sekali penyimpangan akuntansi yang dilaporkan kepada pihak berwajib, seperti manajemen laba, akuntansi agresif, hingga kecurangan laporan keuangan.

Tak sedikit orang yang berakhir dengan laporan hukum karena ketidakjelasan pertanggungjawaban dalam setiap pelaporan keuangan. Untuk mengatasi hal tersebut, setiap pengusaha ataupun pebisnis wajib memahami segala jenis manipulasi yang dilakukan dan bagaimana cara yang tepat untuk mendeteksinya.

analisis laporan keuangan perusahaan

Sekarang kita sudah mengetahui pengertian dan definisi dari analisis laporan keuangan. Kita juga sudah tahu jenis dan metode yang mungkin kita pakai untuk melakukan analisis ini. Sehingga kita pun bisa mulai melakukannya.

Untuk masalah-masalah atau aktivitas yang terkait dengan keuangan perusahaanmu, kamu bisa meminta bantuan akuntan untuk memegangnya. Namun, untuk alur keuangan, kamu bisa andalkan ke JojoExpense, sebuah aplikasi dari Jojonomic.