Mengenal Annual Report hingga Tahapannya

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu ada beberapa jenis report atau laporan yang harus kamu buat. Salah satunya, yaitu annual report. Jenis laporan ini merupakan laporan yang harus disiapkan dalam rangka melancarkan jalannya sebuah bisnis atau organisasi yang kamu jalani.

Nah, apa kamu pernah mendengar annual report? Dan apa fungsinya? Jika belum mari kita baca informasi berikut ini!

Pengertian Annual Report

Annual report atau laporan tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang diraih oleh sebuah perusahaan dalam satu tahun. Data yang akurat merupakan dasar dalam penyusunan laporan tahunan.

Annual report merangkum laporan keuangan dan prestasi yang dicapai sebuah perusahaan dalam periode satu tahun. Sebagai report tahunan, tentu data yang menjadi dasar haruslah akurat agar penyusunan laporan tahunan ini dapat dipertanggungjawabkan.

Fungsi Annual Report

Annual report memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  • Sebagai informasi pencapaian perusahaan dalam satu tahun
  • Sebagai media pemasaran yang kreatif melalui integritas tulisan dan desain
  • Dapat meningkatkan daya tarik perusahaan di mata konsumen
  • Memiliki dokumen lengkap yang menyajikan neraca laba rugi perusahaan
  • Menjelaskan mengenai deskripsi pekerjaan dan fungsi masing-masing bidang kerja perusahaan.

Syarat Menyusun Annual Report

Menyusun laporan tahunan atau annual report  bukanlah pekerjaan yang mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Biasanya seorang profesional di bidang humas yang menyusun laporan tahunan, sebab mereka lebih memahami detail tentang perusahaan.

Dalam menyusun laporan tahunan harus memperhatikan poin-poin seperti berikut ini:

  1. Laporan dibuat untuk memberikan informasi kepada publik mengenai prestasi perusahaan.
  2. Laporan tahunan ditujukan untuk calon investor, analis keuangan, karyawan, pemerintah, serta media massa.
  3. Menentukan poin-poin penting yang akan disampaikan kepada publik.
  4. Membuat ulasan yang disertai dengan grafik, dan foto dengan desain yang lengkap dan menarik.
  5. Mengelompokan laporan keuangan berdasarkan beberapa bagian seperti ringkasan keuangan, operasi perusahaan, surat kepada investor, perkembangan perusahaan, pernyataan keuangan, hingga informasi mengenai karyawan dan direksi perusahaan.
  6. Menyertakan komentar pimpinan perusahaan dengan tujuan menunjukan bahwa manajemen memiliki komitmen dalam memenuhi visi dan misi perusahaan.

Apa saja yang bisa dipelajari dari Annual Report sebuah Perusahaan?

Annual report adalah dokumentasi tertulis mengenai kinerja sebuah perusahaan pada satu kurun waktu tertentu.

Yang dimaksud dengan kinerja perusahaan ini tidak hanya terbatas pada kinerja keuangan saja tetapi juga mencakup banyak hal, seperti kinerja operasional perusahaan, aspek pengelolaan perusahaan, aspek pemasaran dan lain sebagainya.

Karena, hanya dari annual report saja, kamu bisa mempelajari begitu banyak hal. Apa saja?

Perencanaan Strategis dan Proses Pengambilan Keputusan

Salah satu isi penting dalam annual report adalah laporan dari direksi biasanya direktur utama dan laporan dewan komisaris, biasanya komisaris utama.

Dalam kedua laporan tersebut, seringkali diungkapkan mengenai kondisi makro ekonomi yang dapat mempengaruhi industri, kondisi industri dan bagaimana sebuah perusahaan merespon kondisi tersebut.

Jika kamu bisa mencermati, kamu bisa mempelajari bagaimana manajemen sebuah perusahaan melakukan perencanaan strategis dan bagaimana proses pengambilan keputusan.

Pelaporan dan Analisa Keuangan

Pada bagian analisa dan pembahasan manajemen atas kinerja perusahaan, kamu bisa belajar banyak hal. Kita tahu bahwa perusahaan melakukan banyak hal dan aktivitas seperti penjualan, produksi barang ataupun jasa, dan juga kegiatan operasional.

Tujuan dan muara dari kegiatan tersebut adalah untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, kita bisa melihat keterkaitan dari berbagai aktivitas. Dan itu adalah sebuah proses pembelajaran.

Utamanya memang pada tinjauan keuangan sebuah perusahaan, dimana kita tahu bahwa proses pelaporan keuangan saja sudah demikian rumitnya bagi yang tidak memahami akuntansi dan disiplin ilmu finansial dan ekonomi lainnya.

Tapi jika kita dapat melihat keterkaitannya, utamanya pada pelaporan keuangan berikut dengan analisa, kita juga bisa mempelajari bagaimana sebuah perusahaan dikelola.

Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Risiko dan Etika Bisnis

Dalam annual report, khususnya pada pelaporan tata kelola perusahaan dan manajemen risiko kita bisa jauh lebih dalam mempelajari aspek pengelolaan perusahaan.

Perlu dipahami juga, bahwa tata kelola perusahaan serupa tapi tidak sama dengan manajemen. Tapi satu hal yang pasti kita bisa mempelajari aspek-aspek tata kelola perusahaan, bagaimana kita mempelajari prinsip pengelolaan bisnis yang benar, patuh dan etis.

Dari manajemen risiko yang dilaporkan dalam sebuah annual report kita bisa mempelajari bagaimana sebuah perusahaan dari awal mengidentifikasi risiko, menilai dampak dari risiko dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh manajemen sebuah perusahaan untuk meminimalisir dampak dari risiko tersebut.

Tahap Pembuatan Annual Report

Setiap perusahaan yang terdaftar di pasar saham diwajibkan membuat annual report. Namun demikian tidak semua perusahaan tersebut memahami tahapan-tahapan dalam membuat annual reportnya. Tahapan-tahapan tersebut memerlukan waktu, karena berupa sebuah proses yang saling berkaitan. Berikut tahapannya:

Penjelasan singkat dari Perusahaan

Tahap ini merupakan tahap penting di awal. Dimana keinginan dan pesan utama Perusahaan yang ingin disampaikan di dalam annual report perlu ditentukan. Tanpa tujuan dan sasaran yang jelas akan sulit menentukan kreatifitas di tahap selanjutnya.

Bertukar Ide Kreatif

Merupakan pemuatan pesan utama perusahaan ke dalam tema dan bagian-bagian dari annual report serta dukungan data laporan-laporan kegiatan dan keuangan pendukung.

Pengembangan Desain

Komunikasi efektif memerlukan format desain yang selaras dengan isi (content) dan tujuan pesan yang ingin disampaikan. Akan lebih mudah bagi Perusahaan untuk memilih beberapa ide yang ditawarkan oleh ahli desain dari agen pembuat annual report.

Typesetting dan Tampilan

Meskipun di tahap ini sudah masuk ke tahap teknis penulisan, namun tahap ini juga penting dalam menentukan karakteristik dan ciri perusahaan. Karakteristik perusahaan dapat direfleksikan dari penentuan bentuk huruf yang dipilih, tampilan data berupa angka, tabel maupun infografis.

Apabila banyak kegiatan dan data yang dilakukan Perusahaan di tahun itu maka akan lebih baik bila ditampilkan dalam bentuk info grafis. Perbandingannya akan terlihat indah dalam bentuk infografis.

Namun bila kegiatannya sedikit, kebanyakan Perusahaan akan menyiasati annual reportnya dengan bentuk tulisan yang panjang menceritakan kegiatan-kegiatannya.

Copywriting dan Penerjemahan

Copywriting adalah membuat laporan dan data ke dalam bentuk tulisan yang mudah dikonsumsi oleh khalayak umum (publik). Copywriting sering disebut juga sebagai tahapan pengemasan tulisan. Penerjemahan sangat ditentukan dari bahan tulisan yang sudah dikemas.

Proof Reading

Merupakan pintu terakhir pengecekan terhadap isi (tulisan) annual report sebelum masuk ke tahap pencetakan. Sering juga disebut sebagai jaminan mutu penulisan.

Pihak perusahaan akan dilibatkan agar tidak ada informasi yang keliru atau terdapat informasi yang tidak ditujukan sebagai konsumsi publik. Selama belum masuk tahap pencetakan, isi masih dapat dirubah.

Produksi Pra-cetak

Di tahap ini lebih menekankan kepada desain dan warna yang diinginkan sebelum mencetak dalam jumlah banyak.

Perusahaan akan dikonfirmasi dengan contoh cetakan yang sering disebut sebagai dummy. Setelah desain dan warna yang ditentukan sudah sesuai dengan yang diinginkan maka akan dicetak sesuai jumlah pesanan yang dibutuhkan Perusahaan.

Pencetakan

Ketika masuk ke tahap pencetakan, sudah tidak bisa melakukan revisi terhadap isi annual report. Proses ini cukup memakan waktu lama. Ada kemungkinan percetakan melayani banyak pesanan cetak dan tidak hanya melayani pesanan cetak dari sebuah perusahaan saja.

Penjaminan Mutu Cetakan

Tahap ini merupakan tahap pengecekan terakhir terhadap kualitas cetakan annual report. Kualitas setiap cetakan harus sama dengan kualitas dummy yang sudah disetujui dan disepakati. Kesalahan cetak laporan tahunan yang tidak sesuai dengan dummy menjadi tanggungjawab percetakan.

Pengiriman dan Distribusi

Setelah itu, sebagai tahap terakhir, yaitu penyerahan hasil pekerjaan laporan tahunan secara lengkap ke Perusahaan. Terkadang alamat pengiriman tidak hanya ke satu lokasi, namun ke banyak lokasi.

Pengiriman ini juga memerlukan waktu. Selain itu diperlukan pengemasan (packing) yang baik agar tidak terjadi kerusakan di saat annual report belum diterima.

Dengan menghasilkan annual report, perusahaan bisa mengomunikasikan dengan mudah terhadap pengguna eksternal mengenai segala aktivitas operasionalnya dalam periode satu tahun.

Laporan tersebut juga sering dijadikan acuan utama oleh pengguna eksternal untuk melihat berbagai informasi terkait kondisi keuangan dan kinerja perusahaan.

Serta tidak lupa dengan annual report, perusahaan akan meyakinkan pengguna eksternal dengan proyeksi-proyeksi rencana manajemen dan langkah perusahaan di masa depan.

JojoPayroll

Pastinya, untuk membuat annual report, tentu kamu butuh untuk menghasilkan laporan keuangan secara rinci dan lengkap. Dan mungkin kamu membutuhkan laporan keuangan. JojoExpense dapat membantu kamu mengelola pengeluaran perusahaan dengan lebih efisien dan hemat waktu. Dengan JojoExpense, pengeluaran perusahaan tercatat dengan baik dan terhindar dari penipuan keuangan.