5 Apa Fungsi Iklan Dalam Bisnis Dan Pemasaran

apa fungsi iklan

Apa fungsi iklan mungkin secara sekilas telah diketahui oleh masyarakat. Iklan biasanya mengandung kalimat yang bersifat persuasif. Kalimat ajakan ditujukan bagi Anda dan masyarakat lainnya agar berkeinginan dan bersedia membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh media iklan. Pada dasarnya iklan bisa muncul dimana saja baik di media cetak maupun di media elektronik. Bagaimanapun bentuknya tetap saja sebuah iklan memiliki fungsi utama yaitu membantu sebuah perusahaan untuk meningkatkan penghasilan. Tentunya penghasilan bisa dicapai melalui adanya minat konsumen untuk melakukan pembelian produk yang diiklankan.

Iklan Sebagai Pemberi Informasi

Melalui sebuah iklan yang ditayangkan di media manapun tentu Anda akan mendapatkan informasi. Tentu saja informasi tersebut berkaitan dengan sebuah produk barang atau jasa yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Dengan adanya iklan maka produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan bisa diinformasikan ke masyarakat. Ada banyak informasi yang bisa Anda peroleh melalui iklan. Misalnya saja informasi mengenai nama merek dari produk yang ditawarkan. Atau mungkin Anda bisa mendapatkan informasi mengenai komposisi produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Anda bahkan juga bisa mendapatkan informasi mengenai harga produk dan di area mana saja produk itu bisa didapatkan. Masih banyak informasi lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan adanya iklan. Jika suatu iklan menawarkan layanan dari suatu jasa maka Anda juga tetap akan mendapatkan informasi mengenai jasa yang ditawarkan tersebut. Informasi yang dipeoleh dari iklan tentunya akan semakin meningkatkan citra positif dari produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Iklan Sebagai Penyambung Komunikasi

Apa fungsi iklan berikutnya juga dapat dilihat dari segi komunikasi. Dengan banyaknya informasi yang bisa Anda dapatkan melalui iklan maka hal ini cukup mengaskan bahwa iklan berfungsi sebagai penyambung komunikasi. Komunikasi yang dimaksud disini adalah komunikasi antara produsen pembuat produk barang atau jasa dengan konsumen yang merupakan sasaran atau target. Konsumen tentunya diharapkan agar dapat meningkatkan daya belinya melalui iklan. Dengan adanya iklan maka diharapkan agar konsumen bisa mendapatkan banyak informasi pendukung yang tentunya berkaitan dengan produk barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan melalui iklan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoExpense hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dalam sebuah iklan juga tentunya terkandung informasi mengenai cara bagaimana Anda dapat menghubungi pihak pembuat produk. Jadi Anda bisa melakukan komunikasi dengan produsen yang membuat produk. Komunikasi antara konsumen dan produsen di era digital seperti sekarang ini bisa terjalin melalui media teknologi canggih. Misalnya melalui komputer atau telepon seluler yang terhubung pada jaringan internet. Melalui media elektronik inilah Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan pihak produsen pembuat produk. Anda bisa menanyakan informasi mengenai produk secara lebih detail dan sebagainya.

Iklan Sebagai Hiburan

Tidak hanya sebagai jembatan untuk sarana komunikasi dan memberikan informasi mengenai suatu produk saja tetapi sebuah iklan juga berfungsi sebagai hiburan. Siapa saja pasti memiliki penilaian terhadap sebuah iklan. Secara umum sebuah iklan dinilai mengandung konsep dengan nuansa yang menghibur. Memang biasanya sebuah iklan yang hadir berupa gambar dua dimensi pada media cetak memiliki warna yang mencolok dan kata-kata yang menarik.

Terkadang brand ambassador yang ada pada sebuah iklan juga begitu menghibur dan menarik perhatian para konsumen. Demikian pula iklan yang ditayangkan berupa video dan sejenisnya. Iklan tersebut biasanya mengandung konten video yang menarik atau lucu dan seringkali disertai dengan adanya slogan. Terkadang lagu atau jingle produk yang ditawarkan pada iklan juga sangat menarik dan enak untuk didengar serta dilihat. Tentu saja iklan yang seperti ini akan menghibur seluruh lapisan masyarakat. Iklan menjadi tampak sangat menarik dan membuat masyarakat ingin selalu melihatnya atau menontonnya. Hal ini akan membuat produk yang diiklankan selalu timbul dalam benak masyarakat.

Fungsi Pemasaran

Sebuah iklan sudah tentu menjadi bagian dari strategi pemasaran. Oleh karena itu setiap iklan akan selalu dibuat dengan semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya itu saja tetapi melalui iklan yang menarik inilah maka masyarakat diharapkan agar dapat tertarik dan meningkat minatnya terhadap produk yang diiklankan. Meningkatnya minat masyarakat tentu akan membuat permintaan akan suatu produk menjadi naik.

Naiknya permintaan dari masyarakat atau permintaan pasar inilah yang menjadi target dari sebuah iklan. Maka dari itu apa fungsi iklan yang merupakan salah satu bentuk dari strategi pemasaran ini harus dibuat dengan sangat menarik dan bersifat persuasif. Dengan adanya iklan yang menarik maka minat pembeli bisa meningkat sehingga produk semakin laku keras di pasaran. Iklan diharapkan agar dapat merangsang konsumen untuk semakin memperhatikan suatu produk dan kemudian membeli produk. Pada dasarnya inilah tujuan utama dari sebuah iklan yaitu untuk memasarkan produk sehingga semakin laku di pasaran.

Fungsi Ekonomi dan Fungsi Sosial

Secara ekonomi maka sebuah iklan dinilai akan memberikan keuntungan pada berbagai pihak yaitu pihak produsen dan pihak pembuat iklan serta pihak konsumen. Melalui adanya iklan maka produk yang dihasilkan oleh produsen bisa semakin laris. Sedangkan bagi pembuat iklan tentunya iklan yang mengalami kesuksesan akan memberikan keuntungan finansial yang lebih besar pada akhirnya. Bagi konsumen tentunya iklan akan memberikan banyak informasi mengenai suatu produk sehingga konsumen bisa membeli produk dengan penuh pertimbangan.

Tidak hanya dari segi ekonomi tetapi apa fungsi iklan juga bisa berfungsi dipandang dari segi sosial. Seringkali sebuah iklan mengajak Anda dan masyarakat untuk melakukan kegiatan sosial. Misalnya ajakan untuk mengumpulkan donasi agar donasi bisa berguna bagi masyarakat yang sedang tertimpa musibah. Jadi sebuah iklan sebenarnya tidak selalu bertujuan untuk hal-hal yang bersifat komersil. Seringkali iklan juga dijadikan sebagai sarana untuk sosialisasi program pemerintah dan lain sebagainya. Jadi dengan adanya iklan maka Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai kegiatan non-komersil.

Apa fungsi iklan bagi perusahaan dan bisnis memang harus ditentukan sejak awal. Demikian pula halnya dengan sistem keuangan perusahaan sebaiknya ditentukan pengelolaannya dengan baik. Seperti misalnya melalui penggunaan produk seperti JojoExpense. Dimana nantinya penggunaan produk ini dapat memberikan aneka ragam manfaat pada keuangan perusahaan mulai dari sistem pencatatan keuangan yang tepat dan akurat, proses reimburse yang lebih sistematis dan cepat, serta menghindari resiko adanya penipuan keuangan perusahaan atau fraud.

Semua ini bisa didapatkan berkat adanya fitur menarik di dalam JojoExpense. Mulai dari adanya fitur Digital Reimbursement, OCR (Auto Read Receipt) on mobile, Multiple Receipts Attachment, Approval Policies by Amount, Multi-stage Approval & Disbursement Flow, serta berbagai macam fitur lainnya. Karena itu, sebaiknya jangan ragu dan segera dapatkan produk yang satu ini. Dapatkan juga coba gratis di perusahaan Anda. Biarkan sistem keuangan perusahaan Anda berjalan lebih sistematis, efisien dan efektif hanya bersama JojoExpense.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoExpense hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.