Iklan Produk, Tujuan Serta Manfaatnya Untuk Promosi Produk Anda

Anda tentunya sudah familiar dengan namanya iklan, yaitu sarana promosi yang bisa menaikkan rating produk kita dipasaran atau market. Jika Anda sering menonton tayangan televisi pasti tayangan sebuah produk sering berseliweran setiap beberapa menit.

Bahkan tayangan iklan produk tersebut tidak hanya ada di televisi tetapi juga internet. Iklan produk adalah seni membangun dan memelihara kesadaran produk dengan pembeli potensial. Program dan kampanye periklanan yang baik mendidik pelanggan potensial tentang mengapa mereka membutuhkan produk, bagaimana produk itu digunakan, dan manfaat yang diperoleh dari penggunaannya.

Kampanye yang sukses juga memberi tahu konsumen bagaimana produk tersebut lebih baik daripada penawaran serupa oleh pesaing.

Nah, Ingin mengetahui pembahasan iklan produk secara mendalam, lengkap beserta tips membuatnya? Baca terus artikel ini sampai selesai.

Apa itu Iklan ?

Menurut teori,  iklan adalah jeda, atau dalam bahasa inggris disebut break. Sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut sebagai pariwara yang menandakan waktu rehat untuk program yang sedang tayang. Waktu rehat ini biasanya diisi oleh promosi dari berbagai jenis produk, makanan, minuman, jasa, layanan masyarakat, atau promosi tayangan lainnya.

Iklan adalah suatu bentuk informasi mengenai suatu produk atau jasa yang bertujuan agar dilihat oleh khalayak banyak. Maksudnya adalah agar membujuk atau mendorong khalayak yang melihat menjadi tertarik menggunakan produk atau jasa yang diiklankan. Biasanya dipasang di berbagai macam media, baik itu media offline maupun online, misalnya koran, televisi, majalan, situs berbagi video.

Pesan dalam iklan berbentuk informasi non-formal tentang suatu produk, jasa, perusahaan, merek, dan lainnya dengan kompensasi biaya tertentu. Semua bentuk pesan bertujuan untuk membujuk khalayak yang melihat untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan produk/jasa tersebut.

Tujuan Iklan

Tujuan Iklan

Seperti yang sudah dijelaskan, secara garis besar tujuan dari iklan adalah untuk membujuk atau mendorong khalayak yang melihat menjadi tertarik. Setelah ada rasa tertarik yang muncul, diharapkan khalayak tersebut melakukan pembelian produk atau jasa tersebut. Dengan seperti itu pihak yang memasang akan mendapatkan keuntungan. Adapun tujuannya adalah sebagai berikut:

Memberitahukan

Memberitahukan adalah tujuan yang paling utama dari sebuah iklan, dengan adanya pemberitahuan, maka masyarakat bisa mengetahui bagaimana cara mendapatkan barang/jasa . Sebagai sebuah cara untuk memberi tahu, tentu saja di dalamnya harus ada beberapa hal yang wajib dicantumkan, misalnya informasi terkait dengan produk yang jelas dan valid.

Informasi yang tercantum di dalamnya bisa tidak terbatas, kita bisa memasukkan apapun terkait produk/jasa, misalnya harga produk, kapan produk tersebut mulai dijual, hingga bagaimana cara kerja atau cara menggunakan produk tersebut.

Mengajak

Mengajak atau mengandung pesan yang persuasif adalah salah satu tujuan dalam pembuatan iklan. Dengan konsep, disain, serta eksekusi yang menarik kita dapat mengajak khalayak untuk membeli sebuah produk untuk meningkatkan penjualan. Jika penjualan sudah naik maka dapat dikatakan ajakan tersebut telah berhasil dan memberikan efek persuasif kepada khalayak.

Mengingatkan

Iklan juga dapat digunakan sebagai sebuah alat pengingat kepada khalayak. Artinya sebuah iklan bisa mengingatkan khalayak bahwa sebuah produk masih melakukan promosi dan memberikan potongan harga.

Selain itu iklan yang sering muncul juga dapat memberikan efek psikologis kepada khalayak. Jika khalayak sering terpapar, maka dirinya secara tidak sadar akan mengaitkan sesuatu yang berhubungan dengan produk yang sering dia lihat.

Daya Tarik Rasional, Emosional, dan Moral

Sebuah iklan dibuat dengan tujuan mengajak, tentu saja dalam sebuah iklan harus mengandung unsur yang bisa dijadiakan alasan oleh khalayak untuk memakai/membeli sebuah produk. Biasanya terdapat 3 daya tarik, yaitu daya tarik rasional, emosional, dan moral.

Daya tarik rasional adalah invormasi valid yang berkaitan dengan produk  misalnya manfaat/kegunaan produk. Selanjutnya daya tarik emosional adalah segala sesuatu yang membuat khalayak nyaman dengan hal tersebut, misalnya penggunaan warna, model, atau komposisi. Terakhir adalah daya tarik moral, yaitu nilai-nilai kebaikan yang terdapat dalam sebuah iklan, biasany terdapat dalam pesan layanan masyarakat.

Fungsi Iklan Produk

Iklan produk berfungsi sebagai pengenalan produk dan menyebarkan berita tentang perusahaan. Setelah pelanggan Anda mengetahui produk tersebut, iklan digunakan untuk menginformasikan pelanggan tentang manfaatnya. Ini akan menampilkannya dengan cara terbaik dan menghasilkan percakapan yang akan meningkatkan kesadaran pelanggan.

Cara hebat lainnya untuk mempromosikan adalah beriklan kepada target konsumen atau audiens. Ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih baik antara pelanggan dan perusahaan. Meskipun, ini bisa menjadi salah satu tantangan terbesar untuk menemukan dan menjangkau audiens target secara efektif, mencapai tujuan ini akan membantu meningkatkan penjualan dan konversi.

Jenis Promo Produk

Dalam bentuknya iklan juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tujuan dan media yang digunakan. Berikut ini adalah jenis-jenis yang biasa kita temui sehari-hari

Pengumuman

Iklan Pemberitahuan

Iklan pengumuman berupa pemberitahuan atau informasi kepada masyarakat terkait suatu hal. Tujuannya adalah untuk memberitahukan diadakannya sebuah kegiatan kepada khalayak. Misalnya tentang reuni SMA atau Pengalihan jalan karena suatu sebab. Biasanya di dalamnya terdapat tanggal dan tempat diselenggarakannya sebuah kegiatan/acara.

Penawaran

Promosi ini adalah sebuah bentuk yang jamak kita temukan di pinggir jalan/billboard/televisi/internet. Iklan penawaran ini bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa. Contohnya seperti makanan, minuman, atau jasa.

Layanan Masyarakat

Manfaat iklan layanan masyarakat adalah untuk memberikan penerangan dan pencerahan kepada masyarakat tentang suatu hal. Biasanya dipakai oleh instansi atau lembaga pemerintahan untuk mengingatkan khalayak tentang kewajibannya ataupun mengabarkan program yang harus dilakukan. Misalnya himbauan untuk menjauhi narkoba atau program keluarga berencana.

Radio

Berikutnya adalah sebuah promosi melalui iklan radio. Biasanya ini hanya berbentuk suara tanpa adanya gambar. Iklan ini terkadang juga diselipkan dalam perbincangan atau program talkshow radio dan bisa disebut dengan adlib.

Namun biasanya, perusahaan harus melakukan riset pemasaran terlebih dahulu untuk mengetahui program apa yang paling cocok untuk produk mereka. Di antara pertanyaan-pertanyaan yang dipertimbangkan, perusahaan menentukan usia rata-rata dan pendapatan audiens targetnya.

Televisi

Promosi produk dalam bentuk iklan televisi biasanya berbentuk audio visual yang ditampilkan di televisi saat jeda sebuah acara. Isinya berbagai macam, tetapi biasanya diperuntukan dalam bentuk penawaran. Bentuk audio visual adalah yang paling memiliki dampak dan biasanya bentuknya lebih menarik daripada bentuk lainnya.

Media Cetak

Iklan Cetak

Ini adalah seperti iklan di koran, majalah, majalah, brosur, dan lain-lain. Menempatkan iklan dalam majalah dan koran merupakan jenis periklanan tradisional namun masih efektif sampai saat ini. Promosi produk iklan ini biasanya ada di media cetak, baik koran ataupun majalah. Biasanya berbentuk gambar dan tulisan.

Baris

Iklan baris berbentuk sebuah narasi pendek singkat dan deskriptif. Biasanya ini hanya dua sampai tiga baris saja. Tujuannya biasanya untuk menjual barang atau jasa dengan deskripsi yang pendek.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Promosi Out-of-Hоmе

Ini dapat mencakup papan nama digital, papan reklame,spanduk, poster dll. Ini adalah iklan yang mengambil tempat di luar rumah pelanggan.

Jenis periklanan telah menjadi sangat populer karena memberikan cara baru untuk menarik audiens. Iklan produk ini membantu meningkatkan kesadaran akan layanan perusahaan dalam area perdagangannya.

Kampanye Produk Secara Online

Ketika internet menjadi lebih terjangkau dan lebih banyak orang mulai menggunakannya untuk bekerja dan hiburan, perusahaan mulai beralih ke media online.

Akibatnya, bisnis saat ini memiliki berbagai metode promosi yang berbeda seperti iklan yang lebih mudah dijangkau seperti iklan teks, iklan video, iklan bayar per klik, dan banyak lagi. Internet mencakup semua hal yang paling penting untuk melacak beberapa metrik, yang paling penting adalah:

  1. Jangkauan (berapa banyak orang yang melihat iklan)
  2. Tayangan (berapa kali iklan ditampilkan bahkan ketika orang yang sama melihatnya dua kali atau lebih)
  3. Rasio konversi (berapa banyak orang yang melihat iklan menyelesaikan tujuan yang diinginkan)

Tips Membuat Promo Produk yang Menarik

Pilih Audiens Target Anda

Saat membuat iklan, Anda harus terlebih dahulu memutuskan untuk siapa Anda membuat iklan. Orang-orang melihat hingga 10.000 iklan dalam sehari, jadi iklan Anda mungkin akan berakhir pada kegagalan jika tidak ditargetkan dengan benar.

Salah satu cara untuk membantu iklan Anda menemukan audiens yang tepat adalah dengan mendapatkan rincian tentang siapa yang ingin Anda targetkan dengan pesan Anda, yang akan membantu Anda memasukkan pesan terbaik dan memilih platform periklanan terbaik.

Ini harus didasarkan pada persona pembeli Anda – representasi semi-fiksi dari pelanggan ideal Anda berdasarkan riset pasar dan data nyata tentang pelanggan Anda yang ada.

Melakukan Riset Pemasaran

Riset pasar adalah bagian penting dari promosi kampanye. Dengan memasukkan persona pembeli Anda, riset pasar dapat menjawab pertanyaan kunci tentang pasar sasaran Anda, seperti:

  1. Berapa umur mereka?
  2. Apa yang paling sering mereka lakukan?
  3. Platform media sosial apa yang mereka gunakan, jika ada?
  4. Apakah mereka tinggal di pinggiran kota, perkotaan, atau pedesaan?

Mengetahui informasi di atas tentang target audiens Anda dapat membantu Anda menjawab pertanyaan seperti – TV atau YouTube? Instagram atau LinkedIn? Billboard atau bus? – karena Anda akan lebih memahami tentang cara menarik orang yang tepat.

Pilih Platform Anda

Riset pasar Anda harus memberi Anda wawasan dan kepercayaan diri yang Anda butuhkan untuk memilih platform paling efektif untuk menjangkau audiens target Anda. Anda juga harus melakukan penelitian tambahan tentang biaya, ROI, dan manfaat dari platform dan metode iklan tertentu.

Anda mungkin menyadari bahwa menggunakan berbagai platform dan metode iklan akan menjadi langkah yang tepat untuk kampanye Anda – seperti media sosial dan iklan mesin pencari.

Ini sebenarnya adalah strategi yang bagus, karena memberikan jaring yang lebih luas dan membuka kemungkinan untuk menjangkau lebih banyak prospek di tempat mereka sudah berada.

Tentukan Anggaran

Dalam periklanan, Anda perlu mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang. Membuat dan menyetujui anggaran Anda bisa jadi sulit, jadi buatlah lebih mudah untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dengan menguraikan secara jelas:

  1. Total anggaran yang Anda butuhkan
  2. Bagaimana biayanya digunakan
  3. ROI yang diproyeksikan (atau dampak bisnis)
  4. Pastikan untuk datang ke pertemuan anggaran apa pun yang siap untuk menjawab pertanyaan apa pun yang dapat dilontarkan kepada Anda dan untuk mempertahankan secara spesifik.

Misalnya, mengatakan “Kami membutuhkan 10.000.000 rupiah untuk menjalankan kampanye Google Ads” kedengarannya hampir tidak semenarik “Kami ingin menjalankan serangkaian iklan di Google. Berikut daftar kata kunci dan kata kunci negatif kami, volume pencarian bulanan mereka, dan tawaran awal kami untuk masing-masingnya. Dengan proyeksi ini, kami memperkirakan akan mendatangkan 4000 kontak baru bulan depan dengan total biaya 10.000.000. ”

Buat Pesan

Pada titik ini, Anda sudah mengetahui audiens target dan platform pilihan Anda, tetapi Anda masih belum yakin dengan apa yang Anda katakan. Di sinilah Anda ingin memikirkan tentang tujuan luas kampanye Anda untuk menginspirasi iklan Anda.

Apakah Anda ingin orang datang ke toko Anda, atau mengunjungi situs web Anda? Apakah tujuan langsung Anda adalah mendorong pendaftaran gratis untuk software Anda, atau unduhan ebook? Pikirkan tentang pesan dan bagaimana pesan tersebut dapat dimasukkan ke dalam tujuan akhir kampanye iklan Anda.

Kembangkan Aset Kreatif

Baik itu salinan untuk promo produk Google atau halaman arahan yang mencolok dari desainer internal Anda, semua bentuk promosi membutuhkan aset kreatif. Kemungkinan besar, sebagian besar promo yang Anda jalankan membutuhkan satu atau beberapa hal berikut:

  1. Teks promosi singkat
  2. Salinan bentuk panjang (untuk skrip video)
  3. Foto-foto (untuk kampanye online)
  4. Gambar dan / atau animasi yang dirancang khusus (untuk iklan online dan video)
  5. Video (untuk … iklan video)
  6. GIF (untuk iklan online)
  7. Semua aset ini bisa sangat banyak, dan jika Anda berpikir “Saya bukan videografer / penulis / desainer / fotografer!”, Itu tidak masalah.

Tentukan Pengukuran Keberhasilan dan Atur Pelacakan

Tidak peduli apakah tujuan akhir Anda adalah Suka Halaman, pembelian online, atau penggunaan kode promo, Anda tidak boleh meluncurkan promosi produk tanpa terlebih dahulu menjelaskan dua pertanyaan:

  1. Apa yang ingin kami lihat agar promosi ini berhasil?
  2. Bagaimana kita mengukur kesuksesan?
  3. Anda sudah memikirkan tujuan iklan Anda di Langkah 5, jadi sekarang, buat ekspektasi kampanye Anda diketahui dengan menyiapkan pelacakan iklan yang tepat.

Jika Anda beriklan secara online, ada kemungkinan besar platform yang Anda gunakan – seperti Facebook, Google, atau LinkedIn – memiliki manajemen promosi dan platform pelacakan, memungkinkan Anda untuk melihat berapa banyak interaksi yang dimiliki promo produk Anda dan seberapa banyak harga mereka.

Namun, Anda juga ingin mengambil beberapa langkah tambahan untuk membantu analisis Anda di masa mendatang:

  1. Gunakan platform pelacakan promosi gratis otomatis untuk mengukur ROI kampanye produk dan lihat bagaimana promo produk Anda terkait dengan proyek dan kampanye pemasaran yang lebih besar. Anda juga dapat menggunakan platform ini untuk membandingkan iklan dari berbagai situs, misalnya, jika Anda menjalankan iklan di Instagram dan Twitter.
  2. Siapkan spreadsheet pelacakan ubah suaian secara offline untuk mengukur keterlibatan dengan iklan Anda dan poin data lainnya seperti biaya, konversi, dan ROI kampanye, terutama jika iklan Anda daring.
  3. Gunakan token pelacakan khusus untuk tautan yang dipromosikan di iklan Anda sehingga Anda dapat menganalisis keterlibatan dan konversi di situs web Anda sendiri.

Tentunya dalam membuat sebuah promo dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi dengan managemen keuangan yang baik dan mudah kamu bisa membuat sebuah iklan yang menarik dan informatif. Dalam sebuah produksi biasanya dibutuhkan banyak property dan persiapan, dengan menggunakan sistem reimbursement, disbursement, dan cash in advance secara online Anda akan lebih mudah untuk melakukan pengajuan pencairan dana. Semua kemudahan tersebut dapat kamu lakukan dalam satu aplikasi, yaitu JojoExpense

Kelola Manajemen Keuangan Dengan JojoExpense

iklan

JojoExpense adalah sebuah solusi manajemen keuangan untuk membantu mempermudah pengelolaan keuangan perusahaan. Anda tidak perlu membuang waktu utnuk melakukan penghitunagn terkait dengan cash advance, reimbursment, dan disbursement. Semua tersedia dalam perangkat JojoExpense.

Dengan JojoExpense anda dapat mengelola seluruh anggaran perusahaan melalui ponsel. menyetujui atau menolak reimbursement, disbursement, dan cash advance kapanpun dimanapun. Selain itu anda juga dapat memantau budgeting karyawan.

Sistem dalam JojoExpense memiliki anti-fraud system yang sudah teruji, sehingga dapat mengurangi tindak penipuan dalam menjalankan tugasnya.

Untuk invoice berjumlah kecil yang berkaitan dengan cash advance, reimbursement, dan disbursement anda tidak perlu repot mengumpulkan bukti pembayaran yang terkadang dapat tercecer. JojoExpense hanya membutuhkan foto dari bukti pembayaran tersebut dan anda dapat langsung mengajukan cash advance, reimbursement, atau disbursement.

Tidak perlu lagi repot-repot memindai berkas kecil dan pengawasan yang ketat, cukup terhubung dengan internet maka anda dapat melakukan pengawasan pada keuangan perusahaan anda.

Tunggu apa lagi? Download solusi keuangan JojoExpense versi demo di Jojonomic untuk mencoba. Tingkatkan efisiensi dan produktifitas perusahaan anda dengan JojoExpense.

Solusi kami telah membantu lebih dari 300+ perusahana rekanan kami seperti: PT. Pertamina (Persero), PT. ISS Indonesia, dan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.