Beban dan Biaya dalam Pengertian Akuntansi

aplikasi pembukuan akuntansi

Beban adalah suatu istilah yang sudah sering kita dengar dalam akuntansi, tetapi tidak semua orang memahami apa istilah dari beban tersebut. Namun, dalam istilah akuntansi beban selalu dipasangkan oleh istilah dari biaya. Seorang yang sedang belajar akuntansi  harus memahami mengenai perbedaan biaya dan beban. Menyusun laporan keuangan merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh tertinggal. Laporan keuangan suatu perusahaan terdiri dari pengeluarandan pemasukan. Dalam akuntansi unsur pengeluaran ini meliputi biaya (cost) dan beban (expense). Sebenarnya apa pengertian dan perbedaan dari arti biaya dan beban tersebut? Untuk lebih jelasnya ayo kita bahas apa yang dimaksud beban dan biaya tersebut.

Apa Perbedaan Akun Beban dan Biaya Dalam Akuntansi?

Secara garis besar, biaya diartikan sebagai sumber ekonomi yang harus dikeluarkan demi kelangsungan bisnis yang sedang dijalankan. Sedangkan bebam diartikan sebagai penurunan nilai ekonomi yang berupa pengeluaran uang atau penyusutan nilai aktiva. Berikut adalah beberapa perbedaan biaya dan beban dalam akuntansi. Dibaca yuk!

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Letak Dalam Laporan Keuangan

Perbedaan pertama biaya dan beban terletak pada penyusunan laporan keuangannya. Di mana, biaya digunakan dalam penyusunan neraca,  biasanya berupa biaya yang belum terpakai dan dianggap mampu memberi manfaat sehingga dianggap aktiva. Sedangkan, dalam laporan keuangan beban akan masuk ke dalam laporan laba-rugi sebagai pengeluaran yang telah terpakai dan tidak memberi manfaat di masa depan.

Periode Akuntansi

Perbedaan kedua dapat dilihat dari periode akuntansinya. Di mana, biaya memiliki periode akuntansi lebih dari satu tahun karena dianggap sebagai pengeluaran modal. Sedangkan beban memiliki periode akuntansi kurang dari satu tahun karena diambil dari pengeluaran pendapatan.

Jumlah Yang Dikeluarkan

Karena diambil dari pengeluaran modal, akun biaya memiliki jumlah pengeluaran yang lebih besar. Sedangkan, akun beban yang diambil dari pengeluaran pendapatan memiliki jumlah pengeluaran yang relatif lebih kecil.

Seperti yang bisa dilihat diatas adalah sebagian dari perbedaan dari arti biaya dan beban pada umumnya. Namun, kita belum membahas apa sebenarnya pengertian dari biaya dan beban menurut istilah.

biaya vs pengeluaran

Biaya vs Beban dalam Akuntansi

Jenis akuntansi menggunakan istilah “biaya” untuk menggambarkan beberapa contoh berbeda dalam situasi bisnis.

Biaya Tetap dan Variabel. Akuntan biaya menghabiskan waktu di sana untuk melihat biaya yang terkait dengan pembuatan produk atau penyediaan layanan, untuk menyiapkan anggaran dan menganalisis keuntungan.

Harga pokok penjualan. Istilah harga pokok penjualan mengacu pada perhitungan yang dilakukan pada akhir tahun akuntansi untuk bisnis yang menjual produk. Harga pokok penjualan mencakup beberapa jenis biaya:

Biaya langsung untuk membuat dan mengirimkan produk:

  • Produk dibeli untuk dijual kembali
  • Bahan baku untuk membuat produk
  • Pengemasan dan pengiriman produk ke pelanggan
  • Inventaris produk jadi
  • Biaya overhead langsung untuk utilitas dan sewa gudang atau pabrik

Biaya tidak langsung seperti tenaga kerja, biaya penyimpanan, dan gaji supervisor untuk pabrik atau gudang.

Perbedaan utamanya adalah sebagai berikut:

  1. Biaya adalah investasi terhadap pembelian aset untuk keuntungan bisnis di masa depan. Pada saat yang sama, biaya ada pada bisnis yang sedang berjalan untuk menghasilkan pendapatan.
  2. Biaya adalah pembayaran satu kali di alam, sedangkan biaya adalah pembayaran biasa.
  3. Neraca biasanya mencerminkan Biaya, sedangkan biaya merupakan bagian dari laporan laba rugi.
  4. Biaya diakui sebagai beban dalam laporan laba rugi sesuai prinsip pencocokan . Namun, kami tidak pernah dapat mengenali biaya sebagai biaya.

Apa itu Pengertian Beban?

Beban (expense) adalah expired cost yaitu pengorbanan yang diperlukan atau dikeluarkan untuk merealisasi hasil, beban ini dikaitkan dengan revenue pada periode yang berjalan. Beban adalah pengorbanan atau pengeluaran dari sumber-sumber ekonomi yang dapat dinilai dengan nilai uang untuk merealisasikan jumlah pendapatan pada satu periode akuntansi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Business Woman Accountant Financier Working Audit And Calculating.. Stock  Photo, Picture And Royalty Free Image. Image 137697550.

Definisi Beban (Expense)

Sesuatu yang dikeluarkan atau diberikan, ini dengan tujuan untuk mendapatkan pendapatan. Misalnya, akun yang dapat di dalam laporan laba rugi seperti beban sewa, penyusutan, listrik, gaji, dan yang lainnya. Beban (expense) yaitu pengurangan dari pendapatan, akan menghasilkan laba yang bersih, sebelum ada pajak di dalam laporan. Di dalam hal ini beban yang berupa jenislah yang paling banyak jumlahnya. Menurut standar Akuntansi keuangan (1999 : 12), Beban atau sering juga disebut dengan expense merupakan penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk arus kas keluar. Dalam artian berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang kemudian berakibat pada menurunnya ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanaman modal. Dari itu dapat diambil kesimpulan di dalam istilah akuntansi bahwa biaya perolehan yaitu jumlah kas yang digunakan untuk mendapatkan suatu aset penting lain. Lalu untuk beban yaitu jumlah kas yang digunakan untuk mendapatkan laba atau rugi.

Beban Akuntansi

Beban dalam akuntansi digunakan untuk menentukan laba. Perhitungan untung adalah: Penghasilan dikurangi Pengeluaran Sama dengan Laba. Akuntan melihat dua jenis biaya: tetap dan variabel .

  • Biaya tetap harus dibayar setiap bulan meski tidak ada penjualan.
  • Biaya variabel berubah dengan tingkat penjualan.

Contoh Beban

Pengeluaran adalah biaya yang utilitasnya telah digunakan; itu telah dikonsumsi. Misalnya, mobil seharga Rp 40.000 yang Anda beli pada akhirnya akan dibebankan ke biaya melalui penyusutan selama beberapa tahun, dan produk seharga Rp 25 akan dibebankan ke harga pokok penjualan saat akhirnya dijual. Dalam kasus pertama, konversi dari aset menjadi beban dicapai dengan debit ke akun beban penyusutan dan kredit ke akun akumulasi penyusutan (yang merupakan akun kontrayang mengurangi aset tetap). Dalam kasus kedua, konversi dari aset menjadi beban dicapai dengan debit ke harga pokok penjualan dan kredit ke akun persediaan. Jadi, dalam kedua kasus tersebut, kami telah mengubah biaya yang diperlakukan sebagai aset menjadi beban saat aset yang mendasarinya dikonsumsi. Aset mobil dikonsumsi secara bertahap, jadi kami menggunakan depresiasi untuk akhirnya mengubahnya menjadi biaya. Item inventaris dikonsumsi selama satu transaksi penjualan , jadi kami mengonversinya menjadi biaya segera setelah penjualan terjadi.

Cara lain untuk memikirkan suatu pengeluaran adalah pengeluaran apa pun yang dilakukan untuk menghasilkan pendapatan di bawah prinsip pencocokan , yang terutama terlihat dalam kasus terakhir, di mana persediaan diubah menjadi biaya segera setelah penjualan terjadi. Berdasarkan prinsip pencocokan, Anda mengenali aspek pendapatan dan beban dari suatu transaksi pada saat yang sama, sehingga laba atau rugi bersih yang terkait dengan transaksi tersebut segera terlihat. Jadi, biaya diubah menjadi beban segera setelah pendapatan terkait diakui.

Premium Photo | Business woman accountant financier working audit and  calculating expense financial annual report balance sheet statement, doing  finance checking document and making notes on report paper

Pengertian Akun Biaya (Fee Account)

Biaya yaitu suatu hal yang harus dikeluarkan, ini dilakukan dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan. Atau mendapatkan manfaat yang bernilai ekonomis pada masa yang akan datang. Misalnya dalam pembelian aktiva tetap, didalam akuntansi transaksi ini disebut dengan biaya pembelian. Sudah tentu di dalam pembelian aktiva ini mengeluarkan biaya atau uang, hal ini akan terdapat akun kas yang dikeluarkan dalam pembelian aktiva tetap. Ini diharapkan agar bisa mendapatkan manfaat secara ekonomis atas aktiva tersebut di masa yang akan datang. Biaya (cost) yakni jumlah keseluruhan atas belanja yang dicatat sebagai harta, kemungkinan akan menjadi pengeluaran jika dihabiskan di waktu yang akan datang. Jadi di dalam hal ini perkiraan biaya sama dengan perkiraan harta.

Biaya Akuntansi

Akuntan menggunakan biaya untuk merujuk secara khusus ke aset bisnis, dan bahkan lebih khusus lagi untuk aset yang disusutkan (disebut aset yang dapat didepresiasi ). Biaya (kadang-kadang disebut  basis biaya ) suatu aset mencakup setiap biaya untuk membeli, mengirimkan, dan menyiapkan aset, dan untuk melatih karyawan dalam penggunaannya.

Misalnya, jika bisnis manufaktur membeli mesin, biayanya termasuk pengiriman, penyiapan, dan pelatihan. Basis biaya digunakan untuk menetapkan dasar depresiasi dan faktor pajak lainnya. 3

Biaya aset muncul di akuntansi bisnis di neraca.  Biaya awal akan selalu ditampilkan, kemudian akumulasi penyusutan akan dikurangkan, dengan hasil sebagai nilai buku  aset tersebut. Semua aset bisnis digabungkan untuk tujuan neraca.

Contoh Biaya

Harga sebuah mobil mungkin Rp 40.000 (karena itulah yang Anda bayarkan) dan harga produk yang Anda buat adalah Rp 25 (karena itulah jumlah total pengeluaran yang Anda lakukan untuk membuatnya). Biaya mobil kemungkinan besar termasuk pajak penjualan dan biaya pengiriman, sedangkan biaya produk mungkin termasuk biaya bahan , tenaga kerja , dan biaya overhead pabrik . Dalam kedua kasus tersebut, Anda telah mengeluarkan dana untuk membeli mobil dan produk, tetapi belum menggunakan keduanya. Karenanya, pengeluaran pertama diklasifikasikan sebagai aset tetap , sedangkan pengeluaran kedua diklasifikasikan sebagai persediaan. Begitu pula uang muka yang dibayarkan kepada seorang karyawan diklasifikasikan sebagai biaya dibayar dimuka.

Periode dalam Beban dan Biaya Akuntansi

This image has an empty alt attribute; its file name is shutterstock-1104714020-e1565932956655.png
 
 

Perbedaan antara beban dan biaya dapat dilihat dari periode dalam akuntansi. Periode biaya umumnya lebih dari satu tahun karena dianggap sebagai pengeluaran modal. Jumlah yang dikeluarkan dalam satuan rupiah jauh lebih besar daripada beban. Sedangkan beban jumlah rupiah yang harus dikeluarkan tidak begitu besar, bahkan relatif kecil bila dibandingkan biaya.

  • Biaya periodenya lebih dari satu tahun, merupakan pengeluaran modal (capital expenditure)
  • Beban periodenya kurang dari satu tahun, merupakan pengeluaran pendapatan (revenue expenditure).

Jumlah Rupiah Yang Dikeluarkan

  • Biaya jumlah rupiah yang dikeluarkan dalam jumlah yang besar.
  • Beban jumlah rupiah yang dikeluarkan relatif kecil.

Dari kesemua contoh berikut pada saat penjurnalan menggunakan nama akun  Biaya, seperti biaya sewa atau biaya penyusutan kenapa tidak dibedakan dengan beban? karena yang harus digaris bawahi adalah kapan biaya tersebut diakui atau dianggap sebagai expense and fee tersebut memang sebagai pendanaan. Bukan berarti kita membedakan akun dengan expense and fee. Sebagai contoh pada Kiper semua akun biaya menggunakan nama Akun Biaya dan tidak di bedakan menggunakan akun beban karena konteks dari expense and fee hanya pengistilahan atau bagaimana memahami expense and fee itu sendiri.

Two new Xero Expenses features to save you and your team even more time |  Xero Blog

Posisi di Laporan Keuangan Beban dan Biaya 

Posisi perbedaan expense and fee ada pada penyusunan laporan keuangan. Beban akan masuk ke dalam penyusunan laporan laba-rugi, dimana tak memberi manfaat dimasa depan, termasuk pengeluaran yang sudah terpakai, dan periodenya kurang dari satu tahun. Biaya dipakai dalam penyusunan neraca, dianggap mampu memberi manfaat sehingga dianggap aktiva dan biasanya berupa biaya yang belum terpakai.

  • Biaya, (Belum terpakai, berupa aktiva biaya-biaya yang dianggap akan memberi manfaat dimasa yang akan datang) di neraca.
  • Beban, (Pengeluaran/Biaya yang telah terpakai dan tidak dapat memberikan manfaat lagi dimasa yang akan datang) di laporan laba rugi.

WHAT DOES IT COST TO START & OPERATE A PRIVATE LIMITED COMPANY IN INDIA? -  Startups Solicitors LLP Law Firm-Best Law Firm Jaipur, Delhi, Mumbai,  Gurgaon, Dehradun India

Kesimpulan Beban dan Biaya dalam Akuntansi

Untuk menjalankan bisnis, pemahaman tentang biaya vs pengeluaran sangat penting. Saat menjalankan bisnis, Anda harus membeli / memperoleh aset dan harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mempertahankan aset itu untuk menghasilkan pendapatan. Jika Anda tidak menghasilkan pendapatan yang signifikan dari aset yang dibeli dan pengeluaran untuk mempertahankan aset tersebut tinggi, maka hal itu akan berdampak langsung pada pertumbuhan laba perusahaan.

Akuntan menggunakan istilah biaya untuk merujuk secara khusus ke aset berwujud, dan bahkan lebih khusus lagi untuk aset yang disusutkan. Biaya suatu aset termasuk biaya pembelian, perolehan, dan pengaturan aset dan untuk melatih karyawan dalam penggunaannya. Misalnya, jika perusahaan manufaktur membeli sebuah mesin, biayanya sudah termasuk pengiriman, pemasangan, dan pelatihan.

Di sisi lain, dalam pengertian bisnis, pengeluaran adalah item pengeluaran bisnis yang dapat ditagih terhadap pendapatan untuk periode tertentu. Mereka dikurangkan dari pendapatan / Panduan menjadi pendapatan kotor dalam perhitungan laba / rugi. Beban digunakan untuk menghasilkan pendapatan dan merupakan item yang dapat mengurangi pajak yang berarti mengurangi tagihan pajak penghasilan perusahaan. Biaya tidak secara langsung mempengaruhi pajak, tetapi biaya aset digunakan untuk menentukan biaya penyusutan setiap tahun, yang merupakan biaya bisnis yang dapat dikurangkan.

Manfaat Yang Diperoleh Beban dan Biaya dalam Akuntansi

Manfaat yang diperoleh antara biaya dan beban juga berbeda. Untuk klarifikasi biaya mengenai manfaat yang didapatkan adalah pendapatan, sedangkan untuk klarifikasi beban mengenai manfaat yang didapatkan adalah penggunaan sumber daya.

This image has an empty alt attribute; its file name is EXPENSE_IMG_FOR-BLOG-1-1.jpg
 
 

Nah, untuk itu Jojonomic mengeluarkan aplikasi untuk menyusun laporan keuangan kalian, dengan JojoExpense membantu kalian untuk mengelola pengeluaran perusahaan dengan lebih efisien dan hemat waktu. Buruan coba!