Bentuk Surat Yang Tepat Sebagai Penunjang Aktifitas Perusahaan

bentuk surat

Bentuk surat pada dasarnya ada bermacam-macam. Sebelum menulis surat tentunya Anda perlu tahu dan paham bentuk surat seperti apa yang akan dibuat. Jangan sampai surat yang dibuat dan dikirim mengalami kesalahan. Bentuk surat yang salah pada akhirnya bisa memberikan dampak yang buruk baik bagi Anda maupun bagi perusahaan Anda. Berkurangnya kepercayaan terhadap suatu perusahaan juga bisa saja terjadi karena adanya kesalahan dalam hal bentuk surat. Oleh karena itu sudah seharusnya Anda memperhatikan dengan benar bentuk surat yang Anda buat demi kelancaran bisnis di perusahaan Anda. Terlebih lagi jika Anda adalah seorang ahli di bidang manajerial serta bidang sekertariat maka sudah seharusnya anda menguasai beberapa bentuk surat.

Cara penulisan surat tentu harus lebih dikuasai sehingga tidak akan sampai terjadi kesalahan format surat. Tidak hanya bentuk surat saja yang harus dipahami dengan benar namun diksi dan gaya bahasa juga harus lebih diperhatikan dalam penyusunan surat. Surat resmi tentu harus ditulis dengan menggunakan kalimat atau bahasa resmi sehingga lebih terkesan formal. Terlebih lagi jika surat tersebut mengandung isi yang penting dan dapat berpengaruh pada peningkatan bisnis Anda atau peningkatan pada perusahaan Anda.

Surat Resmi

Surat resmi umumnya sering digunakan baik dalam bidang kedinasan maupun bidang keorganisasian. Berbagai lembaga atau instansi di tanah air seringkali menggunakan surat resmi. Tidak hanya itu saja tetapi banyak pula orang yang menulis surat resmi untuk beberapa hal seperti misalnya untuk melamar pekerjaan dan lain sebagainya. Surat resmi merupakan suat paling umum yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi jika Anda harus mengirim surat pada suatu instansi atau suatu lembaga maka Anda haruslah menulis surat dalam bentuk surat resmi.

Surat biasanya mengandung kop surat dan mengandung kalimat baku sehingga gaya bahasa terkesan formal. Di akhir surat juga sudah tentu ada nama terang disertai tanda tangan. Surat resmi mungkin saja menjadi sebuah surat yang banyak dipelajar. Sebab format pada surat resmi merupakan format surat yang paling banyak digunakan pada sebuah perusahaan. Format surat resmi juga seringkali digunakan oleh seseorang yang ingin mengajukan izin atau permohonan atau hal lainnya kepada instansi atau lembaga terkait. Oleh karena itu surat resmi sudah seharusnya dikuasai oleh siapapun.

Full Block Style

Full block style seringkali disebut juga dengan istilah bentuk lurus penuh. Ciri khas dari surat ini adalah bentuk surat yang tidak memiliki leher surat dan tubuh surat atau bahkan kaki surat. Umumnya surat ini tidak membentuk sebuah paragraf namun lebih membentuk sebuah blok yang penuh mulai dari bagian kiri hingga ke bagian kanan. Namun susunan surat yang sama dengan surat resmi masih tetap berlaku pada full block style. Pada surat tetap saja tercantum kop surat yang juga diakhiri dengan adanya tanda tangan pengirim dan disertai nama terang. Surat ini juga bisa saja bersifat resmi dan menggunakan gaya bahasa formal.Block style sebenarnya sudah dikembangkan hingga menjadi beberapa bentuk. Seperti misalnya modified block style dan semi block style yang tentunya memiliki bentuk yang cukup berbeda. Namun tetap saja penulisan surat baik dengan format full block style ataupun modified block style dan semi block style tetap saja seharusnya menggunakan bahasa yang layak dan mudah dipahami.

Bentuk Sederhana

Dari namanya saja maka sudah bisa ditebak bawa susunan surat dengan format ini tentu bersifat sederhana. Sebenarnya bentuk surat untuk jenis yang satu ini tak jauh berbeda dengan bentuk surat yang lainnya. Bahkan jika dilihat secara sekilas maka surat dengan bentuk sederhana ini memiliki format yang hampir sama dengan bentuk full block style. Namun di antara keduanya terdapat perbedaan yang menonjol yaitu pada bagian isi suratnya. Surat yang ditulis dengan bentuk sederhana ini biasanya disusun tanpa adanya salam pembuka dan salam penutup. Jadi di dalam surat ini biasanya terdapat info yang langsung disampaikan tanpa didahului salam pembuka. Umumnya surat dengan bentuk sederhana ini sangatlah simple dan bahkan beberapa surat dengan format ini tidak terlalu memperhatikan kerapian dan keteraturan. Hal ini berkaitan dengan tujuan dari pembuat surat yang biasanya ditujukan untuk sekumpulan orang yang bekerja di suatu perusahaan. Gaya bahasa pada surat ini bisa saja tetap menggunakan bahasa baku atau formal sehingga tetap enak bila dibaca.

Alinea Menggantung

bentuk surat alinea menggantu dalam bahasa asing seringkali disebut dengan istilah hanging paragraph. Sesuai dengan namanya maka bentuk surat ini memiliki bentuk tubuh surat dengan alinea yang menggantung. Maksudnya adalah pada surat ini terdapat alinea yang menggantung setelah adanya alinea baru. Lebih jelasnya dalam surat ini terdapat sebuah alinea yang dibawahnya juga ditulis alinea baru. Setelah alinea pertama maka Anda haruslah membuat alinea berikutnya dengan diberikan spasi sebanyak lima spasi. Biasanya bentuk surat ini dapat dijumpai pada kedinasan tertentu. Gaya bahasa yang ada pada surat dengan bentuk alinea menggantung juga bisa saja bersifat resmi dan formal. Oleh karena itu penggunaan surat ini juga bisa ditujukan kepada lembaga atau instansi dinas terkait. Jangan lupa untuk mencantumkan pula kop surat pada surat dengan bentuk alinea menggantung. Surat juga sudah seharusnya disertai dengan tanda tangan dan nama terang serta hal-hal penting lainnya seperti tembusan dan lampiran atau lainnya.

Bentuk surat memang ada bermacam-macam, demikian halnya bentuk tunjangan pada perusahaan bagi karyawan juga ada beraneka ragam. Setiap pegawai bisa jadi mendapatkan besarnya tunjangan yang tidak sama persis. Sehingga perusahaan harus menghitung dengan akurat besarnya pendapatan serta gaji setiap pegawai setiap bulannya. Tentu hal ini akan lebih mudah bila menggunakan produk atau software yang tepat. Misalnya melalui penggunaan JojoPayroll. Disini produk tersebut dapat memberikan banyak manfaat, termasuk:

  • Perhitungan akurat yang otomatis terhadap besarnya gaji karyawan setiap bulan.
  • Cetak slip gaji otomatis yang dapat dilakukan dengan cepat.
  • Mudah diakses dari mana saja sehingga tidak sulit untuk menambah maupun mengurangkan data karyawan yang berkaitan dengan pendapatan.

Manfaat yang ada di atas dapat dengan mudah diperoleh melalui berbagai macam fitur menarik dari JojoPayroll. Seperti misalnya fitur-fitur berikut ini:

  • Adjustable Tax Configuration
  • Automatic Prorate for New Joiners
  • Customized Allowance Component
  • Allowance by Organization Chart
  • Customized Deduction Component
  • Multiple Deduction Type

Dengan membaca manfaat dan fitur tersebut, tentu menjadi suatu keyakinan positif bagi yang ingin mencoba menggunakan JojoPayroll dalam membantu efisiensi kerja perusahaan. Oleh sebab itu jangan tunda lagi, segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda. Lihat serta rasakan sendiri bagaimana produk ini dapat membantu proses pembayaran gaji pegawai yang lebih efektif serta lebih efisien.