Membangun Pemberdayaan Masyarakat untuk Memajukan Perekonomian

Kamu tertarik sebagai pembisnis? Kamu juga tertarik di bidang sosial? Nah, mulailah pemberdayaan masyarakatlah yang cocok untuk kamu yang mau mulai terjun ke dunia bisnis. Emang apa si bisnis pemberdayaan masyarakat itu? Hal itu akan kami jelaskan di artikel ini untuk menambah pengetahuan kamu sebelum kamu memulainya langsung. Yuk cari tahu apa itu bisnis pemberdayaan masyarakat!

Pemberdayaan Masyarakat

Jadi bisnis ini merupakan upaya seseorang untuk memberikan daya atau penguatan pada masyarakat yang derajatnya menengah kebawah. Sehingga bertujuan untuk menemukan alternatif-alternatif baru dalam pembangunan masyarakat. Bisnis ini juga dapat menambahkan skill pada masyarakat yang diperdayakan. Bisa dibilang bisnis ini adalah hasil kolaborasi antara orang yang mempunyai ide bisnis dan orang yang mempunyai tenaga.

Bisnis ini juga mempunyai manfaat yang banyak pada masyarakat yang diperdayakan. Mereka dapat menambah ilmu, skill, pengetahuan, dan dapat memandirikan ekonominya. Bisnis ini berperan penting untuk menaikkan derajat masyarakat yang menengah ke bawah. Jika bisnis ini berhasil berjalan maka masyarakat yang diperdayakan akan mempunyai penghasilan yang tetap. Hal inilah yang membuat kualitas seseorang menjadi semakin baik.

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat ini mempunyai enam tujuan. Enam tujuan itu adalah perbaikan kelembagaan, perbaikan usaha, perbaikan pendapatan, perbaikan lingkungan, perbaikan kehidupan, dan perbaikan masyarakat. Masing-masing dari tujuan ini mempunyai penjelasannya masing-masing, yaitu.

Tujuan Perbaikan Kelambagaan

Tujuan pertama ini bertujuan untuk memperbaiki kegiatan atau tindakan yang dilakukan oleh institusi. Diharapkan tujuan ini dapat menghasilkan penggambaran citra yang baik pada institusi. Selain itu, hal ini juga dapat menambah jaringan kemitraan usaha. Biasanya tujuan ini dilakukan oleh institusi melalui Corporate Social Responsibility atau biasanya orang-orang menyebut CSR.

Tujuan Perbaikan Usaha

Setelah itu ada tujuan kedua ini dilakukan untuk perbaikan pendidikan, perbaikan aksesibisnislitas, kegiatan dan perbaikan kelembagaan, dan akhirnya diharapkan dapat memperbaiki bisnis yang dilakukan.

Tujuan Perbaikan Pendapatan

Dengan memperdayakan masyarakat yang berada di kelas menegah ke bawah, tujuan ini bertujuan untuk meperbaiki pendapatannya. Yang tadinya tidak mempunyai pendapatan tetap karena kerjanya yang serabutan, dengan adanya pemberdayaan masyarakat mereka dapat memperoleh pendapatan yang tetap. Dengan begitu mereka dapat mandiri secara ekonomi.

Tujuan Perbaikan Lingkungan

Sering kali kita mendengar bahwa lingkungan mempunyai pengaruh pada hidup kita. Jika kita tinggal di lingkungan yang baik secara fisik maupun sosial maka kita dapat hidup dengan sehat dan mempunyai sudut pandang yang baik, tapi sebaliknya jika kita kita tinggal di lingkungan yang tidak baik secara fisik maupun sosial kita tidak dapat hidup sehat dan sudut pandang kita akan sempit.

Tujuan Perbaikan Kehidupan

Tujuan ini akan berjalan ketika tujuan perbaikan pendapatan juga berjalan, karena seseorang yang mempunyai pendapatan yang cukup maka mereka dapat hidup dengan baik. Sebaliknya jika mereka hidup tanpa pendapatan, maka mereka akan sulit untuk bertahan hidup dan bisa terlibat dalam hutang.

Tujuan Perbaikan Masyarakat

Sedangkan tujuan ini akan berjalan ketika tujuan perbaikan lingkungan (fisik dan sosial) telah berjalan. Karena lingkungan itu yang menampung masyarakat, ketika lingkungan itu diperbaiki, maka masyarakatnya akan ikut diperbaiki. Ketika masyarakatnya diperbaiki maka kualitas hidup mereka juga akan ikut terbaiki dan mereka akan terhindar dari masalah maupun aksi yang melanggar pelanggaran sosial.

Maka dari itu bisnis ini tidak mengejar sebuah keuntungan saja, tetapi bisnis ini ingin membuat impact yang kongkrit kepada masyarakat agar mereka dapat hidup dengan berkecukupan. Semakin banyak impact yang dibuat semakin banyak juga masyarakat yang merasakannya dan akhirnya mereka mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Jadi kamu jangan ragu untuk memulai bisnis yang dapat memperdayakan masyarakat karena impact yang diberikan pada masyarakat walaupun kecil dapat berdampat besar pada suatu kehidupan seseorang bahkan masyarakat. Negara juga pada akhirnya mendapatkan manfaat dikarenakan orang yang berpendidikan akan meningkat dengan adanya bisnis pemberdayaan masyarakat.

Prinsip Pemberdayaan Masyarakat

Tenang, belum selesai tips dari kami. Kedua, selain kamu memahami tujuannya kamu juga harus mengerti prinsipnya agar kamu dapat memahami dengan detail bisnis pemberdayaan masyarakat. Dalam prinsip mengenai pembedayaan masyarakat ada empat hal yang kamu harus perhatikan. Apa aja si? Yuk lihat prinsip-prinsipnya di bawah.

Prinsip Kesetaraan

Prinsip utama yang harus dipegang dalam proses pemberdayaan masyarakat adalah adanya kesetaraan atau kesejajaran kedudukan antara masyarakat dengan kamu yang melakukan program-program pemberdayaan masyarakat untuk bisnis kamu.

Dinamika yang dibangun adalah hubungan kesetaraan dengan mengembangkan mekanisme berbagai pengetahuan, pengalaman, serta keahlian satu sama lain. Masing-masing saling mengakui kelebihan dan kekurangan, sehingga terjadi proses saling belajar.

Prinsip Partisipasi

Kedua dalam program pemberdayaan yang dapat menstimulasi kemandirian masyarakat adalah program yang sifatnya partisipatif, direncanakan, dilaksanakan, diawasi, dan dievaluasi oleh masyarakat. Namun, untuk sampai pada tingkat tersebut perlu waktu dan proses pendampingan yang melibatkan pendamping yang berkomitmen tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat.

Dengan perlakuan kesetaraan mereka akan mempunyai pastisipatif yang tinggi. Selain masyarakat, kamu juga harus ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat agar masyarakat mempunyai rasa kesetaraan.

Prinsip Kemandirian

Prinsip kemandirian adalah menghargai dan mengedepankan kemampuan masyarakat daripada bantuan pihak lain. Konsep ini tidak boleh memandang orang miskin sebagai objek yang tidak berkemampuan, tetapi sebagai subjek yang memiliki kemampuan yang terbatas.

Mereka memiliki kemampuan untuk memepelajari, pengetahuan yang mendalam tentang kendala-kendala usahanya, mengetahui kondisi lingkungannya, memiliki tenaga kerja dan kemauan, serta memiliki norma-norma bermasyarakat yang sudah lama dipatuhi.

Prinsip Berkelanjutan

Program pemberdayaan perlu dirancang untuk berkelanjutan, sekalipun pada awalnya peran pendamping lebih dominan dibanding masyarakat sendiri. Tapi secara perlahan dan pasti, peran pendamping akan makin berkurang, bahkan akhirnya dihapus, karena masyarakat sudah mampu mengelola kegiatannya sendiri.

Mungkin ketika masyarakat itu sudah dapat mandiri secara pengetahuan atau ekonomi, masyarakat itu bisa melanjutkan hasil dari pemberdayaan itu berupa UMKM, koperasi, atau memulai bisnisnya sendiri.

Prinsip-prinsip ini harus ditanamkan dalam bisnis kalian yang bertujuan memperdayakan masyarakat. Jangan ada satupun yang tidak kalian gunakan, karena keempat prinsip ini saling berhubungan untuk menunjang bisnis anda lebih baik lagi.

Strategi Pemberdayaan Masyarakat

Nah sekarang tips yang paling penting nih, ketika kalian sudah tahu tujuan dan prinsip yang harus dijalankan. Maka tips yang sekarang lebih mengarah ke praktikal, yaitu strategi. Strategi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar mereka ingin terlibat dalam pemberdayaan masyarakat. Strategi ini ada tiga, yaitu strategi tradisional, strategi aksi langsung, dan strategi transformasi.

Strategi Tradisional

Strategi ini menyarankan agar masyarakat mengetahui dan memilih kepentingan terbaik secara bebas dalam berbagai keadaan. Dengan kata lain semua pihak bebas menentukan kepentingan bagi kehidupan mereka sendiri dan tidak ada pihak lain yang mengganggu kebebasan setiap pihak. Jadi masyrakat yang terlibat tidak merasakan paksaan karena mereka memilih untuk diperdayakan dengan dasar apa yang dia ketahui.

Strategi Aksi Langsung

Strategi ini membutuhkan dominasi kepentingan yang dihormati oleh semua pihak yang terlibat, dipandang dari sudut perubahan yang mungkin terjadi. Pada strategi ini, ada pihak yang sangat berpengaruh dalam membuat keputusan. Mereka yang sadar dengan kepentingannya akan mengambil aksi langsung untuk ikut terlibat dalam kegiatan permberdayaan masyarakat.

Strategi Transformatif

Strategi ini menunjukkan bahwa pendidikan massa dalam jangka panjang dibutuhkan sebelum pengindentifikasian kepentingan diri sendiri. Mereka yang merasa dapat ilmu, mereka akan bertahan dan memiliki pengetahuan lebih luas. Tapi mereka yang tidak merasakan ilmu yang didapat akan merasa dia tidak bermanfaat dan akhirnya mengundurkan diri dari kegiatan itu.

Nah itulah tips untuk kalian ingin mencoba bisnis yang memberdayakan masyarakat. Tujuan, prinsip, dan strategi ini bekal wajib yang harus kamu tahu dan dalami untuk memulai bisnis ini. Kamu juga bisa loh coba aplikasi dari jojonomic, yaitu JojoExpense. JojoExpense ini fungsinya adalah mengolah keuangan pada bisnis anda. Jadi jangan lupa ya untuk download aplikasi  JojoExpense saat kamu sudah memulai bisnis yang memberdayakan masyarakat untuk mengolah keuangan yang dihasilkan dari bisnis kamu.