Brand Adalah Representatif Bisnis Dan Persepsinya

Brand adalah image atau persepsi yang diberikan oleh seseorang pada bisnis atau perusahaan Anda. Istilah brand ini juga seringkali disebut dengan merek. Memang saat ini merek atau brand dari sebuah produk dan jasa turut menjadi bagian yang penting terutama bagi suatu perusahaan. Brand bahkan menjadi aset yang cukup penting bagi perusahaan karena dapat memukau bagi para konsumen. Di masa sekarang ini memang berbagai macam produk barang dan jasa yang digunakan oleh konsumen juga didasarkan pada merek.

Penggunaan barang dan jasa dengan merek tertentu dinilai menggambarkan citra ekonomi yang pada akhirnya akan turut menentukan sukses atau tidaknya suatu perusahaan. Brand sendiri sebenarnya merupakan nama atau tanda atau simbol atau kombinasi dari seluruhnya yang mengidentifikasi dan membedakan antara produk dan jasa antara yang satu dengan yang lain. Sebuah brand bisa saja memberikan kepribadian atau identitas tersendiri terhadap penggunanya.

Di masa sekarang ini tampaknya semakin banyak orang yang lebih memilih untuk membeli produk dengan brand tertentu. Bahkan tidak sedikit orang yang menyukai produk dengan brand ternama. Menggunakan produk dengan brand ternama bisa saja membuat penggunanya seolah memiliki kualitas kehidupan yang sangat baik. Selain itu menggunakan produk dari brand ternama cenderung membuat orang menjadi tampil dengan penuh percaya diri dan tampil optimal.

Manfaat Branding

Adanya branding tampaknya bisa memberikan manfaat bagi perusahaan. Salah satunya adalah adanya image yang muncul serta citra dari brand itu sendiri di masyarakat. Bahkan suatu brand seringkali menjadi promosi bagi suatu perusahaan oleh karena adanya daya tarik tersendiri dari sebuah brand. Setiap produk dengan brand tertentu akan memiliki ciri khas sendiri yang kemudian diminati oleh para konsumen. Brand pada dasarnya juga menjadi pembeda antara produk yang satu dengan produk lainnya.

Brand juga berfungsi untuk membentuk citra dengan cara memberikan alat pengenalan pertama pada masyarakat luas. Adanya keyakinan dan prestise dari sebuah brand kemudian akan melekat pada masyarakat karena adanya pengalaman dan informasi dari produk bermerek yang digunakan tersebut. Selain itu brand juga akan mengendalikan pasar dengan mudah. Dengan adanya brand maka kompetitor akan lebih berhati-hati dalam mengambil langkah untuk menciptakan produk dan berkompetisi dengan produk bermerek. Tentunya hal ini akan membuat sebuah brand semakin mengembangkan kreatif dan inovasinya sehingga berbagai produk yang dikeluarkan semakin bervarian dan mengalami perkembangan.

Tujuan Branding

Sebuah brand pada suatu perusahaan diciptakan dengan tujuan tertentu. Salah satu tujuan dari brand adalah menyampaikan informasi atau pesan yang jelas kepada konsumen. Ciri khas yang dimiliki oleh suatu brand tentu akan disampaikan kepada konsumen sehingga konsumen semakin tertarik dengan berbagai produk bermerek yang dikeluarkan oleh perusahaan terkait. Produk bermerek sebisa mungkin dihadirkan untuk digunakan oleh Anda sekalian sehingga dapat meningkatkan kredibilitas Anda yang menggunakannya. Tentu saja menggunakan atau memakai produk dengan brand tertentu diharapkan dapat meningkatkan citra penggunanya.

Dengan adanya berbagai hal positif yang diterima oleh konsumen dari sebuah brand maka diharapkan agar para konsumen yang telah menjadi pelanggan dari suatu perusahaan selalu setia untuk menggunakan produknya. Dengan demikian maka konsumen akan selalu menjadi termotivasi untuk membeli produk dengan merek tertentu dan akan terus membeli produk dengan merek yang sama dan telah dibeli sebelumnya. Hal ini selain dapat meningkatkan keuntungan profit bagi perusahaan juga semakin meningkatkan image dari perusahaan terkait.

Unsur-unsur Branding

Beberapa unsur penting yang terdapat pada brand adalah nama dagang atau merek. Selain itu suatu brand harus memiliki logo atau simbol identitas yang hadir secara visual dan hadir secara konsisten serta sistematis. Logo dapat berupa apa saja namun sebaiknya unik dan mudah diingat oleh para konsumen. Selain itu sebuah brand sebaiknya muncul dengan disertai adanya desain kemasan dan desain produk yang menarik. Sebab desain produk bermerek turut menentukan penampilan serta kualitas dari suatu produk.

Hadirnya suatu brand juga sebaiknya disertai dengan adanya icon bunyi atau nada. Atau bisa juga disertai dengan adanya lagu yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga mudah diingat oleh konsumen dan pelanggan. Akan menjadi lebih baik pula bila suatu brand juga disertai dengan slogan tertentu atau mungkin jingle yang membuat konsumen selalu teringat akan brand tersebut. Seluruh unsur pada brand ini sebaiknya turut disertakan agar produk dengan brand tertentu bisa diterima oleh konsumen dengan lebih mudah.

Jenis-jenis Branding

Beberapa jenis branding mungkin belum dikenal sepenuhnya oleh konsumen. Salah satu jenis branding yang paling umum yaitu branding produk. Dalam hal ini rupanya suatu produk disebut memiliki brand jika berhasil mendorong konsumen untuk lebih memilih produk tersebut dibanding dengan produk pesaing lainnya. Selain itu ada pula personal branding yang mengacu pada alat pemasaran yang populer di kalangan public figure seperti selebriti dan musisi. Produk yang digunakan oleh selebriti tentu akan membuat masyarakat semakin mengidolakan brand produk.

Ada pula corporate branding yang semakin meningkat jika semakin banyak orang beranggapan bahwa suatu perusahaan memiliki reputasi yang baik dan unggul. Terakhir ada pula cultural branding yang berkaitan dengan lingkungan dan orang-orang dari suatu lokasi atau kebangsaan tertentu. Berbagai jenis branding pada intinya muncul jika memiliki reputasi terbaik dan semakin dipercaya oleh masyarakat luas. Brand akan menjadi lebih ternama jika disertai dengan kualitas terbaik.

Pada dasarnya brand adalah representatif dari produk yang dipasarkan, sehingga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Oleh sebab itu penataan dan pemikiran dalam memunculkan suatu brand harus dipikirkan dengan baik. Demikian pula dalam hal pengaturan penggajian karyawan perusahaan yang sama pentingnya. Jangan sampai terjadi kesalahan penggajian atau nominal perhitungan tunjangan dan pajak. Gunakan produk yang sesuai seperti misalnya melalui JojoPayroll. Dimana melalui produk tersebut akan didapatkan manfaat berikut ini:

  • Perhitungan payroll yang akurat dan otomatis, sehingga mengurangi beban kerja perhitungan gaji pegawai manual.
  • Penambahan dan pengurangan komponen gaji yang bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga lebih praktis dan dapat disesuaikan kebutuhan dengan mudah.
  • Cetak slip bisa dilakukan kapan saja secara otomatis, sehingga tidak perlu menyiapkan tersendiri.

Beragam manfaat ini bisa dicapai berkat fitur menarik yang ada di dalam JojoPayroll. Fitur-fitur tersebut termasuk berupa yaitu Adjustable Payday & Working Period, Adjustable Tax Configuration, Automatic Prorate for New Joiners, Customized Allowance Component, Allowance by Organization Chart, Customized Deduction Component, dan lain sebagainya. Sehingga dengan melihat kelengkapan tersebut tentu tidak perlu ragu lagi akan kapasitas dan kehebatan produk yang satu ini. Oleh sebab itu segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda. Segera juga miliki sistem payroll terbaik yang membantu Anda secara maksimal, segera gunakan JojoPayroll.