Cara Praktis Menghitung Break Even Quantity

Marketer sering harus membuat keputusan pada investasi pemasaran tertentu yang sesuai dengan nilai investasi pada pengembangan pemasaran. Dapatkah kamu membuktikan harga iklan yang ingin kamu garap sesuai dengan hasilnya, atau perencanaan kampanye pemasaran kamu berharap untuk memulai kuartal berikutnya?

Salah satu cara yang paling mudah untuk menjawab pertanyaan ini adalah untuk melakukan analisis dengan metode break even point, dengan metode mudah menghitung break even quantity, kamu dapat mengetahui berapa banyak unit inkremental yang perlu kamu jual untuk mendapatkan kembali laba bagi perusahaan kamu

Sementara konsepnya mungkin langsung, perhitungannya dan asumsi yang mendasari itu jauh dari sederhana. Untuk lebih memahami bagaimana menggunakan perhitungan penting ini, kami akan berbagi cara mendasar untuk menhitungnya melalui cara praktis menghitung break even point.

Artikel ini akan banyak menjelaskan rumus dan contoh cara mudah menghitung break even point.

Apa itu Break even quantity (BEQ)?

Brek even point dapat mengetahui jumlah unit inkremental yang perusahaan butuhkan untuk menjual untuk menutupi biaya program pemasaran atau jenis investasi lainnya.

Jika perusahaan memiliki hasil penjualan setara dengan angka yang dihasilkan BEQ, Maka perusahaan tidak akan mendapatkan keuntngan tetapi juga tidak mengalami kerugian.

Jika perusahaan menjual lebih dari BEQ maka tidak hanya telah mengembelikan modal yang diperlukan tetapi juga sudah memperoleh keuntungan.

Salah satu cara yang lebih populer manajer menghitung ROI pemasaran adalah dengan menunjukkan bahwa yang umum lainnya termasuk menghitung investasi periode Payback, menghitung tingkat pengembalian internal, dan menggunakan analisis nilai sekarang bersih.

Analisis Kuantitas melalui Cara mudah menghitung break even point mudah dimengerti dan seringkali merupakan cara paling sederhana untuk memikirkan pengembalian investasi.

Bentuk lain dari ROI sering membutuhkan pemahaman yang lebih kompleks tentang konsep keuangan seperti biaya modal perusahaan atau nilai waktu uang.

Cara Menghitung BEQ

Untuk mengetahui BEQ, mulailah dengan menyiapkan sebuah persamaan di mana total penghasilan = total biaya, yang akan secara matematis mewakili titik di mana keuntungan sama dengan nol, yaitu, di mana kamu akan mengetahui titik impas:

TOTAL PENGHASILAN = TOTAL BIAYA

Kemudian kamu harus menemukan kuantitas unit BEQ dengan persamaan yang sama. BEQ akan hadir di kedua sisi persamaan ini karena jumlah unit yang terjual mempengaruhi pendapatan perusahaan menghasilkan serta biaya itu harus dikenakan untuk mendapatkannya.

Pendapatan adalah jumlah unit yang dijual dikalikan dengan harga jual per unit. Untuk mengetahui total biaya kita kembali merujuk pada Cara Praktis Menghitung Break Even Point, yang pertama kamu kalikan jumlah unit yang dijual oleh biaya variabel per unit, maka kamu menambahkan biaya tetap. Jadi kelihatannya seperti ini:

BEQ = FC : (P- VC)

FC= Fixed cost atau biaya tetap yang dibutuhkan perusahaan dalam produksinya

P= Biaya per unit (price per unit)

VC= biaya variabel yang dibutuhkan (variable costs)

Perhatikan bahwa harga per unit-biaya variabel per unit sama dengan margin kontribusi (contribution margin) per unit. Jadi untuk menghitung BEQ Anda perlu mengetahui biaya tetap untuk program Anda dan margin kontribusi per unit.

Contoh Analisis (Break Even Analysis)

Perusahaan menjual setiap pasang Flip jepit untuk $24,00. Biaya variabel untuk membuat setiap pasang Flip jepit adalah $14,00. (Catatan: biaya variabel adalah per unit biaya yang bervariasi tergantung pada volume produksi perusahaan.

Mereka bangkit ketika kamu meningkatkan produksi dan jatuh ketika Anda mengurangi itu.) Biaya tetap untuk mengiklankan Flip jepit adalah $2.000. Jadi, berapa banyak Flip jepit Apakah perusahaan harus memperlihatkan pada biaya iklan?

Pertama, lihat biaya tetap. Tidak peduli berapa banyak Flip jepit (flip flop) yang dijual biaya iklan tetap sama: $2.000.

Perhatikan bahwa sebagian besar perusahaan ‘ biaya tetap jauh lebih kompleks dan sering termasuk sewa, iklan, asuransi dan perlengkapan kantor tapi karena kami mencoba untuk mengevaluasi BEQ untuk kampanye iklan $2.000, kami fokus hanya pada nomor ini.

Kemudian kamumengambil harga Flip jepit dan biaya variabel dan memasukkannya ke dalam persamaan seperti ini:

BEQ = $2.000/($24-$ 14)

BEQ = 200 unit

Jadi jika manajer di perusahaan Flip Flop ini percaya bahwa mereka harus mampu menjual lebih dari 200 pasang ekstra Flip jepit karena kampanye iklan, mereka akan menutup biaya mereka dan itu akan menjadi investasi yang berharga.

Jika jumlah penjualan kurang dari 200 pasang sendal jepit, tidak akan menutup biaya produksi yang diperlukan.

Bagaimana perusahaan menggunakan BEQ?

Di atas adalah contoh yang disederhanakan tetapi sebagian besar perusahaan menggunakan BEQ dengan cara yang sama. Hal Ini merupakan alat yang sangat universal.

Hal ini dapat digunakan untuk mengevaluasi investasi apapun dari kampanye pemasaran untuk keputusan tentang apakah untuk membangun pabrik baru.

Namun, itu sangat berguna untuk pemasaran karena berhubungan dengan biaya program pemasaran,  menganalisa kemampuan perusahaan terhadap permintaan konsumen untuk sebuah produk.

Di antara pemasar,  terdapat hal paling sering digunakan untuk melakukan salah satu dari beberapa hal dalam investasi pemasaran:

the-fudgeMenilai kelayakan biaya pemasaran, seperti kampanye iklan (seperti yang kita lakukan di Flip jepit contoh di atas). Ini adalah penggunaan yang paling umum, kata Avery.

Biasanya kampanye lebih mahal maka $2.000 Flip Flop perusahaan sedang mempertimbangkan. Jadi Manajer dapat mempertimbangkan, jika saya akan menghabiskan $10.000.000 pada kampanye pemasaran, berapa banyak unit tambahan dari produk saya yang saya butuhkan untuk menjual ke impas pada investasi?

Rumus akan memberitahu manajer berapa banyak unit akan menghasilkan laba $10.000.000

Manajer juga akan menggunakan BEQ untuk menilai kelayakan perubahan harga yang permanen, baik kenaikan atau penurunan. Perubahan harga rumit karena ketika kamu berencana untuk mengubah harga, dari inheren efek permintaan.

Kamu harus memikirkan apa yang terjadi pada permintaan sebelum kamu dapat menentukan efek dari perubahan harga pada bisnis nya.

Jadi pertanyaan untuk Manajer Pemasaran di sini adalah berapa banyak unit produk lain harus dijual untuk mengimbangi harga yang lebih rendah?

Kamu dapat menggunakan persamaan BEQ yang sama di atas untuk menentukan berapa banyak permintaan tambahan yang perlu kamu hasilkan. Kamu memulai dengan menetapkan persamaan dengan margin kontribusi saat ini sama dengan margin kontribusi dengan harga baru:

Margin Kontribusi (pada harga yang berlaku) = margin kontribusi (pada harga baru)

Sebagai contoh, katakanlah permintaan kamu saat ini adalah 100 unit dengan harga $10,00, tetapi kamu ingin menurunkannya dengan $2,00.

Jika produk memiliki margin kontribusi $5,00 (pada harga $10,00) dan karena itu $3,00 (pada $8,00) harga, maka persamaan akan terlihat seperti ini:

$5.00 * 100 unit = $3.00 * (100 + BEQ)

Kemudian kamu memecahkan untuk BEQ:

3 * BEQ = 500 unit – unit 300

BEQ = 200 unit/3

BEQ = 66,7 unit pesawat

Jadi kamu harus yakin bahwa kamu akan menjual setidaknya 67 unit tambahan pada harga yang lebih rendah (atau 167 unit secara total) untuk membenarkan penurunan harga.

Penghitungan bekerja sama jika kamu mempertimbangkan menaikkan harga tetapi bukannya melihat jumlah unit tambahan yang perlu kamu jual, kamu mempertimbangkan berapa banyak unit yang dapat dikorbankan jika kamu mendapatkan harga yang lebih tinggi. Jadi sekali lagi, kamu mengaturnya sehingga margin kontribusi sama:

Kontribusi margin (pada harga yang ada) = kontribusi margin (pada harga baru)

Kemudian, katakanlah kamu ingin menaikkan harga hingga $2,00 dan karena itu margin kontribusi kamu pada harga $12,00 akan menjadi $7,00.

$5.00 * 100 unit = $7.00 * (100 + BEQ)

Pemecahan untuk BEQ:

7 * BEQ = 500 unit – unit 700

BEQ =-200 unit/7

BEQ =-28,6 unit pesawat

Dalam hal ini, kamu harus yakin bahwa kamu akan kehilangan 29 unit atau lebih sedikit jika kamu menaikkan harga (atau menjual 71 unit Total).

Manajer Pemasaran juga dapat menggunakan BEQ untuk menilai kelayakan biaya pemasaran jangka pendek, seperti kupon promosi, atau kelayakan pengenalan produk baru yang akan mencopoti penjualan produk yang sudah ada.

Beberapa Kesalahan, Ketika menggunakan BEQ?

Pertama, penting untuk diingat bahwa BEQ adalah ukuran unit inkremental yang diperlukan untuk dijual untuk membenarkan investasi. Jadi ini adalah unit tambahan yang harus kamu jual karena penurunan harga atau kampanye pemasaran.

“Beberapa manajer berpikir, tentu, kita dapat melakukan 200.000 unit. Tapi pertanyaan sebenarnya adalah kamu dapat melakukan apa yang kamu lakukan kemarin ditambah 200.000 unit. Dan bagi banyak manajer, menentukan apa yang inkremental dapat menjadi sulit.

Apakah kamu telah menjual jumlah yang sama tanpa kupon atau promosi penjualan? Atau memiliki kupon memaksa orang untuk “pantry”-persediaan pada produk karena lebih murah sekarang?

Jika pisau cukur yang dijual di Costco beberapa konsumen akan membeli semua pisau cukur yang mereka butuhkan untuk tahun depan.

“Kami ingin investasi pemasaran untuk menghasilkan permintaan tambahan dan tidak mencopoti apa yang akan kita Jual pula, beralih besok permintaan untuk permintaan hari ini.

Di sinilah Seni pemasaran masuk diaplikasikan, marketer harus melihat data yang tersedia untuk kamu termasuk tolok ukur internal dan eksternal untuk menilai apakah kamu yakin bahwa kamu dapat menjual lebih banyak unit.

Sebuah refleksi dari apa yang telah kita lakukan sebelumnya dan apa yang telah menghasilkan? Dan apa yang telah dilakukan pesaing dan apa yang telah dilakukan untuk mereka?

Kesalahan lain yang para manajer buat adalah lupa untuk mempertimbangkan lamanya waktu yang diperlukan untuk memukul BEQ: Jika 200.000 unit tambahan mewakili dua bulan penjualan, yang mungkin tampak masuk akal tetapi jika akan memakan waktu dua tahun untuk menjual unit 200.000, itu sering cerita yang berbeda.

Di sinilah periode payback masuk, dan sering dapat membantu untuk menjalankan analisis payback periode bersama dengan BEQ (untuk bantuan tentang cara melakukan analisis periode payback cara mudah menghitung break even point mencoba memudahkan anda untuk melakukan perhitungan waktu yang dibutuhjan untuk memukul BEQ.

Kesalahan terbesar orang adalah tidak memahami cara mudah menghitung break even point, bagaimanapun, terkadang tidak menjalankan analisis impas.

Terlalu sering, anggaran pemasaran hanya dibelanjakan karena itulah cara kami selalu melakukan bisnis dan ada sedikit usaha untuk membenarkan biaya.

Banyak manajer bahkan tidak menjalankan ROI karena biaya program dan permintaan inkremental dapat sulit untuk menentukan depan waktu. Seringkali, ada jeda waktu antara ketika kita menghabiskan dan ketika kita melihat hasil sehingga program dapat sulit untuk diukur.

Jika jumlah yang sulit untuk mendapatkan tepat di muka, dimana hanya manajemen pemasaran yang baik untuk memahami seberapa baik kamu menghabiskan dolar kamu.

Bahkan, jika kamu menjalankan analisis dalam retrospeksi untuk membantu kamu membuat keputusan masa depan krena penting sekali untuk memahami cara mudah menghitung break even point.

Analisis impas menanamkan disiplin ke dalam pembuatan keputusan pemasaran. Oleh karena itu, kamu perlu memahami cara praktis menghitung Break Even Point dengan BEQ dengan itu kamu mencoba untuk mencapai, apa yang akan dikenakan biaya, dan kemudian seberapa besar kemungkinan untuk berhasil.

JojoExpenseAgar kamu tidak lagi pusing mengatur keungan perusahaan coba deh, kamu gunakan JojoExpense. Mengatur dan mengelola keuangan perusahaan kini bisa kamu lakukan dimana saja tidak perlu dari desk kamu. Dilengkapi dengan sistem otomatis yang dapat memangkas waktu yang kamu butuhkan dan fitur verifikasi digital yang dapat meminimalisir fraud dalam mengelola perusahaanmu