Tujuan Dan Fungsi Budget Management Pada Perusahaan

budget management

Budget management menjadi bagian yang penting untuk dilakukan dan diperhatikan lebih lagi terutama pada sebuah perusahaan. Istilah ini sebenarnya memiliki arti yang sama dengan manajemen anggaran yang tentu dilakukan oleh setiap perusahaan. Budget sendiri lebih mengacu pada suatu perencanaan keuangan yang dilakukan secara berkala dan disusun berdasarkan pada program perusahaan yang telah ditetapkan. Di dalam perencanaan keuangan ini tertulis berbagai perencanaan pengeluaran yang akan dialokasikan untuk kegiatan perusahaan. Kegiatan perusahaan yang dimaksud dalam hal ini adalah kegiatan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Perencanaan kegiatan perusahaan ini dilakukan secara kuantitatif. Artinya segala perencanaan ini akan dikalkulasi dan kemudian dinyatakan dengan menggunakan satuan uang. Biasanya kegiatan yang telah direncanakan ini akan dilakukan dalam suatu periode waktu tertentu. Misalnya saja sebuah perusahaan akan melakukan kegiatan promosi berupa pemasangan baliho di plasa selama setahun. Maka sebelumnya akan dilakukan penghitungan anggaran yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memasang baliho dalam jangka waktu satu tahun saja. Budget management menjadi hal penting karena hal ini berkaitan dengan finansial perusahaan. Penghitungan perkiraan mengenai laba dan rugi nantinya juga akan termasuk di dalamnya sehingga perusahaan bisa selalu siap dalam segala kondisi dan situasi.

Tujuan Budget Management

Ada beberapa tujuan dari aplikasi budget management, pada umumnya meliputi tujuan berikut ini:

1. Memilih sumber dan investasi dana

Dengan adanya manajemen anggaran atau budget management yang dilakukan oleh perusahaan maka perusahaan bisa memilih sumber dana. Sumber dana ini dipilih dan dicari dengan tujuan untuk turut menentukan anggaran yang nantinya akan dialokasikan untuk melakukan suatu kegiatan. Misalnya saja kegiatan promosi atau mungkin kegiatan produksi dan lain sebagainya. Pemilik perusahaan tentu dapat memilih sumber dana yang terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Perusahaan bahkan bisa saja menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan lainnya yang bersedia memberikan investasi dana. Investasi dana memang diperlukan untuk mendukung kelangsungan suatu kegiatan yang telah menjadi rencana program bagi suatu perusahaan.

2. Menyatakan sasaran perusahaan

Melalui manajemen anggaran maka sebuah perusahaan bisa mengalokasikan dana dengan tepat sesuai dengan kebutuhannya. Apa yang ingin dicapai dari anggaran atau rencana pengeluaran dana ini juga bisa tampak dengan lebih jelas. Hal apa yang menjadi target atau sasaran bagi perusahaan memang sebisa mungkin harus dicapai. Pencapaian target atau sasaran perusahaan perlu dilakukan mengingat bahwa eksistensi perusahaan bisa tetap ada jika perusahaan bisa mencapai sasaran. Bahkan segala upaya akan dilakukan agar perusahaan bisa mencapai hasil yang melebihi target atau sasaran. Untuk itu dibutuhkan manajemen anggaran agar proses pencapaian target ini bisa lebih jelas dan tersedia. Budget management perlu dilakukan dalam hal ini untuk turut menghitung besarnya anggaran yang dibutuhkan dalam proses pencapaian tujuan.

3. Mengkoordinasi metode yang akan ditempuh

Besarnya anggaran yang dimiliki oleh sebuah perusahaan baik untuk proses produksi ataupun promosi produk serta proses operasional lainnya haruslah dirinci dengan benar dan teliti. Sebab besarnya anggaran turut menentukan proses operasional perusahaan. Budget management pada dasarnya akan mendorong pimpinan perusahaan untuk lebih memilih kegiatan yang akan dilakukan dalam mempertahankan eksistensi perusahaan. Metode apa yang akan digunakan dalam hal pemasaran produk juga turut menjadi pertimbangan dan disesuaikan pula dengan budget yang tersedia. Oleh karena itu perencanaan anggaran sebaiknya menjadi hal yang pertama dilakukan tentunya setelah menetapkan target atau tujuan. Dengan adanya penghitungan anggara maka perusahaan bisa memperkirakan berbagai tindakan yang sekiranya tepat sasaran tetapi lebih bersifat efektif dan efisien.

Fungsi Budget Management

Melaksanakan budget management tentu berdasarkan pada kepentingan untuk memperoleh beberapa fungsi. Di antaranya yaitu fungsi berikut ini:

1. Fungsi perencanaan

Di dalam suatu proses budget manajemen terdapat perencanaan tertulis mengenai pemikiran atau ide dari tindakan perusahaan selanjutnya. Dalam hal ini akan tampak pula gambaran mengenai keuangan perusahaan dan peluang perusahaan untuk bisa mencapai target atau sasaran. Dalam perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan akan didapatkan penghitungan laba atau mungkin kemungkinan terburuk yang berupa kerugian. Dalam perencanaan ini pula perusahaan bisa memperkirakan berapa besar dana investasi yang dibutuhkan untuk tetap melanjutkan proses operasional perusahaan. Dengan adanya penghitungan anggaran maka perusahaan bisa mencari sumber dana agar perusahaan bisa menjalankan aktivitas pencapaian target atau sasaran dengan lebih mudah.

2. Fungsi pelaksanaan

Suatu anggaran atau budget pada dasarnya menjadi pedoman bagi terlaksananya suatu pekerjaan. Dalam hal ini setiap pekerjaan atau kegiatan yang direncanakan oleh perusahaan diharapkan agar dapat berjalan dengan baik. Jalannya pekerjaan dan kegiatan di suatu perusahaan yang baik dan tepat tentu akan membantu perusahaan untuk bisa mencapai target secara efektif. Oleh karena itu penghitungan anggaran harus dilakukan sehingga setiap kegiatan yang akan dijalankan oleh perusahaan bisa dikoordinasi dengan tepat dan bisa berjalan selaras. Setiap kegiatan juga bisa berjalan dengan lancar demi pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Penghitungan anggaran harus dilakukan dengan tepat pada setiap departemen agar setiap pekerjaan dari masing-masing departemen bisa selaras. Koordinasi dari masing-masing departemen di suatu perusahaan bisa tercapai tentunya dengan dana yang sesuai dengan anggaran.

3. Fungsi pengawasan

Budget management juga bisa berfungsi sebagai kontrol atau pengawasan. Tentunya kontrol atau pengawasan yang dimaksud dalam hal ini mengarah pada proses evaluasi terhadap aktivitas perusahaan. Melalui kegiatan pengawasan atau controlling ini maka perusahaan nantinya bisa melakukan perbandingan antara apa yang telah direncanakan dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan. Apakah setiap perencanaan yang telah disusun bisa berjalan dengan baik dan membuahkan hasil berupa keuntungan bagi perusahaan. Atau apakah perencanaan tidak dapat berjalan karena adanya berbagai kendala dan hambatan yang harus dihadapi oleh perusahaan. Kegiatan evaluasi biasanya memang menjadi tahap akhir dari aktivitas perusahaan. Kegiatan evaluasi ini juga bisa berfungsi sebagai pedoman dalam menyusun anggaran untuk tahap selanjutnya sehingga manajemen anggaran bisa dilakukan secara lebih efektif.

Dengan budget management yang tepat tentu saja hal ini membantu untuk memberikan efektifitas pengeluaran yang optimal. Sama halnya saat menggunakan produk yang tepat untuk keuangan perusahaan. Misalnya dengan menggunakan JojoExpense. Dengan produk ini tentunya perusahaan bisa memperoleh beberapa manfaat berikut ini:

• Sistem keuangan yang lebih mudah untuk dipantau kapan saja dan dimana saja.
• Sistem rembus maupun penyediaan kas perusahaan yang jauh lebih mudah, lebih efektif dan efisien.

Semua manfaat tersebut berkat adanya aneka fitur menarik dari JojoExpense. Di antaranya yaitu fitur berikut ini:

  • Digital Reimbursement.
  • OCR (Auto Read Receipt) on mobile.
  • Multiple Receipts Attachment.
  • Approval Policies by Amount.
  • Multi-stage Approval & Disbursement Flow.

Dengan adanya fitur tersebut, tentu tidak perlu ragu jika ingin beralih menggunakan JojoExpense. Segera saja dapatkan coba gratis dan rasakan manfaatnya lebih dalam sekarang juga.