Tugas Seorang Business Consultant, dan Tanggung Jawabnya

Di dalam dunia bisnis tentu kamu pernah mendengar istilah business consultant bukan? Business Consultant atau yang sering disebut dengan konsultan bisnis sebenarnya merupakan salah satu bisnis yang dijalankan oleh banyak profesional, dan akhir-akhir ini cukup digemari. Namun, tahukah kamu apa itu konsultan bisnis dan siapa yang bisa menjadi business consultant ini?

Oleh karena itu, di dalam artikel ini kami akan memberikan informasi terkait pengertian yang dimiliki, tugas, manfaat, hingga tanggung jawab seorang konsultan bisnis. Langsung saja, kita bahas bersama yuk!

Apa itu Business Consultant?

Istilah business consultant ini terdiri atas dua kata yang saling melengkapi. Ada business yang berarti bisnis dan consultant yang berarti penasihat. Jadi, secara harfiah Business Consultant ialah bisnis yang dijalankan dengan memberikan nasihat, baik ke perusahaan maupun individu.

Oops! We could not locate your form.

Melihat dari arti yang dimiliki, tentu kamu berpikir bahwa tugas dari konsultan bisnis hanyalah memberi nasihat pada sebuah bisnis, bukan? Ada sedikit kekeliruan di sini, karena tugasnya tidak hanya memberikan nasihat. Seorang konsultan bisnis juga harus mampu memberikan solusi atas problem-problem yang dihadapi.

Biasanya Business Consultant diperlukan oleh sederet pembisnis lainnya yang ingin berkonsultasi mengenai perencanaan dan perkembangan bisnisnya. Business Consultant bisa dikatakan sebuah bisnis yang merangkul bisnis lainnya.

Tugas Pokok Seorang Konsultan Bisnis

Pada bagian sebelumnya sudah sedikit disinggung terkait tugas dari konsultan bisnis, di mana salah satunya adalah memberikan nasihat dan juga solusi terhadap masalah yang dihadapi. Akan tetapi, ternyata tugas seorang business consultant tidak hanya itu saja, lho! Simak poin-poin untuk mendapat informasinya ya!

Memberikan jasa konsultasi kepada suatu organisasi atau lembaga perusahaan

Seorang konsultan harus bisa memberikan jasa konsultasi kepada kliennya. Namun, mereka harus mempelajari bisnis secara menyeluruh dan meneliti secara detail data dari kliennya tersebut. Tujuannya agar tidak terjadi miss pada saat pemberian konsultasi.

Mengidentifikasi masalah-masalah yang ada

Selain memberikan konsultasi, seorang business consultant juga harus mampu mengidentifikasi masalah yang ada di dalam sebuah bisnis. Baik pada perusahaan yang sudah berkembang maupun perusahaan yang baru saja dirintis. Kemudian, mereka harus mampu untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan bisnis si klien

Memberikan solusi atas masalah-masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya

Setelah mengidentifikasi masalah yang ada, seorang konsultan bisnis harus mampu menganlisis dan memberikan solusinya. Seorang konsultan bisnis yang baik adalah mereka yang mampu mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi dengan tepat sasaran.

Membuat perencanaan bisnis dan mampu melihat berbagai peluang yang ada

Ternyata, seorang business consultant juga berkewajiban untuk membuat perencanaan bisnis lho! Hal ini perlu dilakukan agar bisa memenuhi target yang diinginkan klien.

Aktif menjalin komunikasi yang baik pada semua klien

Terakhir, seorang konsultan bisnis harus bisa berkomunikasi secara aktif. Tujuannya agar mampu tetap memberikan informasi yang relevan untuk kemajuan bisnisnya

Setelah melihat tugas yang harus dijalankan ketika kamu memilih profesi menjadi seorang konsultan bisnis, maka bisakah kamu menjabarkan manfaatnya bagi perusahaan?

Keterampilan dan pengetahuan yang perlu dimiliki oleh seorang Business Consultant

  1. Aktif menjalin komunikasi dengan klien, seorang Business Consultant harus bisa aktif berkomunikasi dengan kliennya, agar mampu memberikan informasi yang relevan kepada klien untuk kemajuan bisnisnya.
  2. Mampu dan memahami perangkat lunak manajemen bisnis seperti CRM, ERP, dan juga basis data.
  3. Seorang Business Consultant wajib memiliki pengetahuan bisnis yang luas. Sebab seorang konsultan merupakan sosok yang menyusun strategi dan target untuk bisnis bisa bertahan dalam jangka panjang.
  4. Seorang konsultan bisnis juga perlu memberikan jasa konsultasi untuk para kliennya. Namun, sebelum itu konsultan bisnis perlu meneliti secara detail data-data dari klien agar tidak terjadi miss komunikasi pada saat pemberian konsultasi.
  5. Memahami strategi penjualan dan pemasaran agar mengetahui langkah yang tepat untuk memperoleh laba bagi perusahaan.
  6. Memiliki kemampuan persuasi yang baik agar strategi yang ditawarkan kepada klien dapat dimengerti dan disetujui oleh klien.
  7. Memiliki pengetahuan tentang bisnis, Pemasaran, IT, Sumber daya manusia, dan lain-lain.
  8. Seorang konsultan bisnis juga perlu memiliki manajemen waktu yang baik.

Kepribadian Business Consultant

Dalam memilih Business Consultant, klien perlu mengenali seorang konsultan bisnisnya sebelum memulai bekerja sama. Karena menilai kepribadian Business Consultant juga sangat penting, karena seorang Business Consultant memiliki peran untuk kemajuan perusahaan

Berpikir Kritis

Seorang bisnis konsultan dapat menggunakan penalaran dan logika yang baik untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan dari bisnis. Serta mereka juga mampu memberikan solusi alternatif ataupun pendekatan dari permasalahan yang ditangani.

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Dapat mengidentifikasi masalah yang kompleks serta mampu mengulas informasi dalam rangka mengevaluasi pilihan serta memberikan solusi bagi masalah tersebut.

Ekspresi Lisan

Mampu menginformasikan dan memberikan ide kepada klien ketika berbicara, sehingga klien dapat memahami apa yang disampaikan.

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari pilihan tindakan yang berpotensi agar dapat mengambil tindakan yang tepat.

Negosiasi

Membawa klien bersama-sama dan berusaha mendamaikan perbedaan, kemampuan melakukan analisis sebelum mengambil keputusan, serta berani mengambil keputusan yang tepat.

Cara Menjadi Business Consultant

Jika Anda tertarik dengan profesi Business Consultant ini, maka minimal pendidikan yaitu Sarjana Manajemen Bisnis, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Ilmu Administrasi, Pendidikan Ekonomi Pemasaran, dan jurusan relevan lainnya. Biasanya lulusan manajemen bisnis lebih disukai karena dalam pembelajarannya adalah mempelajari langkah dan mengatur sebuah bisnis perusahaan. Jurusan manajemen bisnis lebih terfokus pada sisi analisis, perencanaan bisnis, dan operasional bisnis.

Prospek Kerja Business Consultant

Peluang mendapatkan pekerjaaan sebagai Business Consultant akan selalu terbuka, berikut ini sebabnya:

Business Consultant berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan, serta menghindari dari kerugian. Konsultan bisnis akan memberikan analisis terhadap kegiatan perusahaan dan membuat rekomendasi untuk perbaikan perusahaan.

Dimana Business Consultant Bekerja?

Business Consultant bertugas untuk memberikan informasi yang relevan kepada kliennya dan menghindari adanya kerugian di perusahaan. Ia juga berperan dalam memberikan jaminan keberlangsungan bisnis kliennya. Dengan menggunakan jasa business consultant perusahaan atau organisasi dapat mengatasi Segala Permasalahan Tanpa Masalah yang Baru. Berikut ini peluang kerja untuk seorang Business Consultant diantaranya:

1. Perusahaan Swasta

Business Consultant di perusahaan swasta berperan dalam mendeteksi permasalahan yang ada maupun masalah-masalah yang mungkin terjadi kedepannya. Business Consultant juga beperan dalam perencanaan bisnis seperti memberikan arahan sampai menyelesaikan masalah. Perencanaan bisnis yang dibuat untuk memberikan nasehat dan arahan kedepannya bagi perusahaan. Perencanaan ini mencakup banyak hal seperti meminimalisir risiko, meningkatkan efisiensi sistem operasional perusahaan, menyusun strategi pemasaran yang efektif, dan mempercepat tujuan perusahaan.

2. Membuka Jasa Konsultasi Sendiri

Setelah mengenal bagaimana Business Consultant di perusahaan swasta. Berikut adalah seorang konsultan bisnis juga dapat membuka jasa konsultan sendiri. berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuka jasa konsultan sendiri:

  1. Pilih pangsa pasar yang sesuai, Pangsa pasar ini akan menjadi industri tempat Anda bekerja, semakin banyak pengalaman yang Anda miliki semakin besar cakupan industri yang dapat dipilih mulai dari penjualan, IT, hubungan masyarakat, pemasaran, akuntansi dan keuangan, sumber daya manusia dan konsultasi manajemen.
  2. Rencanakan Penawaran dan Harga Penawaran, Setelah memilih target industri, selanjutnya Anda dapat mempersempit layanan yang bisa Anda berikan, jenis masalah yang ingin Anda selesaikan dan target yang akan Anda bantu capai, beserta jenis tugas dan proyek yang dapat Anda lakukan untuk klien target

Dapatkan Klien Pertama, berusaha memikirkan kebutuhan semua klien target pada langkah awal akan menjadi cara yang tidak efektif. Karena itu, pada awal karir konsultasi fokuslah hanya untuk mendapatkan maksimal dua klien terlebih dahulu.

Manfaatnya Bagi Kelangsungan Bisnis

Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa dipaparkan dari adanya business consultant bagi kelangsungan bisnis, yakni:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Menghindari kerugian financial

Dengan memperkerjakan seorang konsultan bisnis, perusahaanmu akan bisa terhindar dari kerugian keuangan. Mengapa? Karena business consultant akan menjamin keberlangsungan bisnis yang kamu jalankan ke depannya.

Hal ini terlihat dari konsistensi Business Consultant yang tetap menjalin komunikasi yang baik untuk memberikan informasi relevan terhadap kemajuan bisnis para klien.

Memiliki banyak trik jitu

Seorang konsultan bisnis juga dituntut punya banyak trik untuk mengatasi setiap perubahan yang terjadi pada bisnismu. Business consultant cenderung memanfaatkan setiap peluang yang ada, termasuk peluang-peluang terkecil pun.

Mengatasi masalah tanpa masalah

Business Consultant telah melakukan berbagai observasi yang mendalam tentang seluk beluk perusahaan. Sehingga ia mampu mengidentifikasi setiap masalah yang mungkin akan timbul suatu saat nanti dan telah menyiapkan berbagai solusi untuk mengantisipasi serta mengatasi masalah tersebut.

Meningkatkan profit perusahaan

Seorang konsultan bisnis akan sangat amat prepare dan konsisten dalam membimbing kliennya untuk mencapai target perusahaan. Ia punya andil yang cukup besar dengan segala bentuk pertumbuhan yang terjadi pada perusahaan.

Maka tak heran jika profit perusahaan bisa meningkat seiring dengan tingkat pertumbuhan yang signifikan bagi perusahaan.

Network yang Besar

Manfaat ini sering dilewatkan oleh para pemilik bisnis. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, bisa saja mempercepat pencapaian gol yang dituju.

Dalam menjalankan perencanaan bisnis yang telah diberikan oleh business consultant, sering sekali kita membutuhkan sumber daya yang belum kita miliki. Karena, seorang business consultant yang telah menangani begitu banyak client terkadang bisa mempertemukan klien-kliennya jika bisa membentuk suatu kerjasama yang saling menguntungkan. Win-win solution deh!

Melihat manfaat yang akan sebuah bisnis peroleh dari konsultan bisnis, membuat seorang business consultant tak lepas dari tanggung jawab yang diemban. Apa saja sih tanggung jawab yang dimiliki?

Tanggung Jawab seorang Business Consultant

Untuk mengetahui tanggung jawab apa saja yang diembang oleh seorang konsultan bisnis, bisa kamu lihat pada poin-poin di bawah ini.

  • Atur dan laksanakan proyek bisnis yang ditugaskan atas nama klien (perekrutan, penggajian, kampanye promosi, dll.) Sesuai dengan persyaratan klien
  • Bertemu dengan klien yang ditugaskan ketika dibutuhkan dan melakukan penilaian awal dari situasi yang bermasalah
  • Kumpulkan informasi tentang bisnis klien melalui berbagai metode (membayangi, wawancara, survei, membaca laporan, dll.)
  • Menganalisis dan menafsirkan data untuk menggali kelemahan dan masalah, dan memahami penyebabnya
  • Merumuskan rekomendasi dan solusi dengan memperhatikan keinginan, kemampuan dan keterbatasan klien membentuk laporan singkat
  • Presentasikan temuan dan saran kepada klien dengan justifikasi yang cukup dan saran praktis
  • Kembangkan rencana bisnis terperinci untuk mendorong perubahan kecil atau radikal
  • Membantu klien dalam mengimplementasikan rencana tersebut dan selesaikan perbedaan sesekali
  • Memberikan panduan untuk masalah dan masalah yang terjadi

Pada intinya, seorang konsultan bisnis akan bertanggung jawab atas pertumbuhan dan perkembangan bisnis klien. Karena, tugas utama yang dimilikinya adalah untuk memberikan konsultasi, merumuskan keuangan, dan mencari solusi atas permasalahan yang timbul.

Dampak dari Business Consultant

Memang melalui konsultasi bisnis, kita dapat menyelesaikan sebuah masalah dalam perusahaan dengan lebih cepat. Tapi di balik keuntungan yang besar ini, ada hal-hal lainnya yang perlu kita pertimbangkan juga.

Dengan menggunakan jasa konsultasi bisnis dapat menimbulkan rasa ketergantungan di dalam perusahaan terhadap konsultan bisnis ini. Jika sudah timbul ketergantungan, kamu akan bingung ketika suatu saat mereka pensiun, atau pindah bekerja.

Hal ini tentu akan merepotkan, karena perusahaanmu tidak bisa mandiri dalam menganalisis kinerjanya dan tidak bisa mengambil keputusan dengan tepat. Sebuah perusahaan memang dianjurkan untuk menggunakan jasa konsultan bisnis, namun hanya ketika ada kondisi yang mendesak.

Seperti, ada masalah yang cukup urgent dan membutuhkan pandangan dari pihak eksternal untuk menyelesaikannya. Ataupun untuk mengatasi masalah yang hanya terjadi sekali, atau sangat jarang terjadi. Karena, sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Lalu, Kapan Suatu Perusahaan Butuh Jasa Konsultan?

Banyak hal yang memang perlu dipertimbangkan ketika perusahaan perlu membutuhkan konsultan. Apalagi untuk perusahaan yang masih berskala kecil, masih urung menggunakan jasa konsultan bisnis. Namun, sebenarnya menggunakan konsultan bisnis perlu dilakukan jika bisnis Anda terasa berjalan di tempat atau setidaknya 2 sampai 3 tahun terakhir tidak menunjukkan kemajuan. Konsultan diperlukan apabila perusahaan ingin melakukan ekspansi pasar yang lebih agresif agar bisa memperbesar market value. Atau perusahaan juga perlu konsultan apabila segala sesuatunya, seperti: business process, sistem IT, atau sistem kerja sudah tidak fleksibel.

Oleh karenanya jika perusahaan Anda mengalami beberapa ciri seperti, laju perusahaan melambat, produksi dan penjualan menurun, budaya kerja yang sudah tidak produktif, motivasi sumber daya manusia melemah, perusahaan semakin berat mencari bentuk terbaik, dan akhirnya tidak lagi “kompetitif” di market. Keadaan itu dipastikan, perusahaan Anda butuh bantuan Business Consultant.

Jadi intinya konsultan akan membantu klien dalam menemukan solusi agar sesuai dengan ekspektasi kliennya, bahkan bisa lebih sesuai dengan ekspektasi kliennya. Menjadikan perusahaan lebih cepat bangkit. Itulah yang dilakukan oleh Business Consultant.

Tapi sayangnya, memilih konsultan yang berkualitas dan berpengalaman memang tidaklah mudah. Banyak konsultan yang hanya bisa memberikan nasehat namun tidak bisa menjadi solusi bagi keadaan perusahaan saat ini. Tentu ini sangat merugikan jika perusahaan sudah mengeluarkan biaya namun hanya mendapatkan nasehat bukan solusi dari masalah yang dihadapi. Untuk itu, sangat penting mengetahui cara memilih konsulltan yang berkualitas dan berpengalaman sehingga bisa memberi solusi kepada perusahaan Anda.

Setidaknya ada 7 alasan, kenapa perusahaan Anda butuh Business Consultant.

  1. Agar bisnis perusahaan Anda tetap kompetitif dan mengikuti tren era milenial
  2. Mendapat nasehat dan rekomendasi berkualitas dari “pihak luar”, bukan dari dalam perusahaan Anda.
  3. Mendapatkan objektivitas ide dan memberikan solusi terhadap permasalahan perusahaan.
  4. Tidak tersedianya waktu, sumber daya manusia, dan infrastruktur yang memadai untuk mencari solusi bisnis perusahaan Anda.
  5. Dibutuhkannya ahli yang berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis.

Untuk menyiasati ketergantungan tersebut, perusahaanmu bisa menggunakan JojoExpense lho! Karena aplikasi ini akan membantumu dalam mengelola keuangan perusahaan, terutama untuk pengeluarannya.

Dengan aplikasi ini efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan akan meningkat hingga 76%! Sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan sebuah perusahaan. Ayo coba demonya, dan rasakan sendiri manfaat yang akan kamu dapatkan. Selamat mencoba!