Tugas Seorang Business Consultant, dan Tanggung Jawabnya

Di dalam dunia bisnis tentu kamu pernah mendengar istilah business consultant bukan? Business Consultant atau yang sering disebut dengan konsultan bisnis sebenarnya merupakan salah satu bisnis yang dijalankan oleh banyak profesional, dan akhir-akhir ini cukup digemari. Namun, tahukah kamu apa itu konsultan bisnis dan siapa yang bisa menjadi business consultant ini?

Oleh karena itu, di dalam artikel ini kami akan memberikan informasi terkait pengertian yang dimiliki, tugas, manfaat, hingga tanggung jawab seorang konsultan bisnis. Langsung saja, kita bahas bersama yuk!

Apa itu Business Consultant?

Istilah business consultant ini terdiri atas dua kata yang saling melengkapi. Ada business yang berarti bisnis dan consultant yang berarti penasihat. Jadi, secara harfiah Business Consultant ialah bisnis yang dijalankan dengan memberikan nasihat, baik ke perusahaan maupun individu.

Melihat dari arti yang dimiliki, tentu kamu berpikir bahwa tugas dari konsultan bisnis hanyalah memberi nasihat pada sebuah bisnis, bukan? Ada sedikit kekeliruan di sini, karena tugasnya tidak hanya memberikan nasihat. Seorang konsultan bisnis juga harus mampu memberikan solusi atas problem-problem yang dihadapi.

Biasanya Business Consultant diperlukan oleh sederet pembisnis lainnya yang ingin berkonsultasi mengenai perencanaan dan perkembangan bisnisnya. Business Consultant bisa dikatakan sebuah bisnis yang merangkul bisnis lainnya.

Tugas Pokok Seorang Konsultan Bisnis

Pada bagian sebelumnya sudah sedikit disinggung terkait tugas dari konsultan bisnis, di mana salah satunya adalah memberikan nasihat dan juga solusi terhadap masalah yang dihadapi. Akan tetapi, ternyata tugas seorang business consultant tidak hanya itu saja, lho! Simak poin-poin untuk mendapat informasinya ya!

Memberikan jasa konsultasi kepada suatu organisasi atau lembaga perusahaan

Seorang konsultan harus bisa memberikan jasa konsultasi kepada kliennya. Namun, mereka harus mempelajari bisnis secara menyeluruh dan meneliti secara detail data dari kliennya tersebut. Tujuannya agar tidak terjadi miss pada saat pemberian konsultasi.

Mengidentifikasi masalah-masalah yang ada

Selain memberikan konsultasi, seorang business consultant juga harus mampu mengidentifikasi masalah yang ada di dalam sebuah bisnis. Baik pada perusahaan yang sudah berkembang maupun perusahaan yang baru saja dirintis. Kemudian, mereka harus mampu untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan bisnis si klien

Memberikan solusi atas masalah-masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya

Setelah mengidentifikasi masalah yang ada, seorang konsultan bisnis harus mampu menganlisis dan memberikan solusinya. Seorang konsultan bisnis yang baik adalah mereka yang mampu mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi dengan tepat sasaran.

Membuat perencanaan bisnis dan mampu melihat berbagai peluang yang ada

Ternyata, seorang business consultant juga berkewajiban untuk membuat perencanaan bisnis lho! Hal ini perlu dilakukan agar bisa memenuhi target yang diinginkan klien.

Aktif menjalin komunikasi yang baik pada semua klien

Terakhir, seorang konsultan bisnis harus bisa berkomunikasi secara aktif. Tujuannya agar mampu tetap memberikan informasi yang relevan untuk kemajuan bisnisnya

Setelah melihat tugas yang harus dijalankan ketika kamu memilih profesi menjadi seorang konsultan bisnis, maka bisakah kamu menjabarkan manfaatnya bagi perusahaan?

Manfaatnya Bagi Kelangsungan Bisnis

Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa dipaparkan dari adanya business consultant bagi kelangsungan bisnis, yakni:

Menghindari kerugian financial

Dengan memperkerjakan seorang konsultan bisnis, perusahaanmu akan bisa terhindar dari kerugian keuangan. Mengapa? Karena business consultant akan menjamin keberlangsungan bisnis yang kamu jalankan ke depannya.

Hal ini terlihat dari konsistensi Business Consultant yang tetap menjalin komunikasi yang baik untuk memberikan informasi relevan terhadap kemajuan bisnis para klien.

Memiliki banyak trik jitu

Seorang konsultan bisnis juga dituntut punya banyak trik untuk mengatasi setiap perubahan yang terjadi pada bisnismu. Business consultant cenderung memanfaatkan setiap peluang yang ada, termasuk peluang-peluang terkecil pun.

Mengatasi masalah tanpa masalah

Business Consultant telah melakukan berbagai observasi yang mendalam tentang seluk beluk perusahaan. Sehingga ia mampu mengidentifikasi setiap masalah yang mungkin akan timbul suatu saat nanti dan telah menyiapkan berbagai solusi untuk mengantisipasi serta mengatasi masalah tersebut.

Meningkatkan profit perusahaan

Seorang konsultan bisnis akan sangat amat prepare dan konsisten dalam membimbing kliennya untuk mencapai target perusahaan. Ia punya andil yang cukup besar dengan segala bentuk pertumbuhan yang terjadi pada perusahaan.

Maka tak heran jika profit perusahaan bisa meningkat seiring dengan tingkat pertumbuhan yang signifikan bagi perusahaan.

Network yang Besar

Manfaat ini sering dilewatkan oleh para pemilik bisnis. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, bisa saja mempercepat pencapaian gol yang dituju.

Dalam menjalankan perencanaan bisnis yang telah diberikan oleh business consultant, sering sekali kita membutuhkan sumber daya yang belum kita miliki. Karena, seorang business consultant yang telah menangani begitu banyak client terkadang bisa mempertemukan klien-kliennya jika bisa membentuk suatu kerjasama yang saling menguntungkan. Win-win solution deh!

Melihat manfaat yang akan sebuah bisnis peroleh dari konsultan bisnis, membuat seorang business consultant tak lepas dari tanggung jawab yang diemban. Apa saja sih tanggung jawab yang dimiliki?

Tanggung Jawab seorang Business Consultant

Untuk mengetahui tanggung jawab apa saja yang diembang oleh seorang konsultan bisnis, bisa kamu lihat pada poin-poin di bawah ini.

  • Atur dan laksanakan proyek bisnis yang ditugaskan atas nama klien (perekrutan, penggajian, kampanye promosi, dll.) Sesuai dengan persyaratan klien
  • Bertemu dengan klien yang ditugaskan ketika dibutuhkan dan melakukan penilaian awal dari situasi yang bermasalah
  • Kumpulkan informasi tentang bisnis klien melalui berbagai metode (membayangi, wawancara, survei, membaca laporan, dll.)
  • Menganalisis dan menafsirkan data untuk menggali kelemahan dan masalah, dan memahami penyebabnya
  • Merumuskan rekomendasi dan solusi dengan memperhatikan keinginan, kemampuan dan keterbatasan klien membentuk laporan singkat
  • Presentasikan temuan dan saran kepada klien dengan justifikasi yang cukup dan saran praktis
  • Kembangkan rencana bisnis terperinci untuk mendorong perubahan kecil atau radikal
  • Membantu klien dalam mengimplementasikan rencana tersebut dan selesaikan perbedaan sesekali
  • Memberikan panduan untuk masalah dan masalah yang terjadi

Pada intinya, seorang konsultan bisnis akan bertanggung jawab atas pertumbuhan dan perkembangan bisnis klien. Karena, tugas utama yang dimilikinya adalah untuk memberikan konsultasi, merumuskan keuangan, dan mencari solusi atas permasalahan yang timbul.

Dampak dari Business Consultant

Memang melalui konsultasi bisnis, kita dapat menyelesaikan sebuah masalah dalam perusahaan dengan lebih cepat. Tapi di balik keuntungan yang besar ini, ada hal-hal lainnya yang perlu kita pertimbangkan juga.

Dengan menggunakan jasa konsultasi bisnis dapat menimbulkan rasa ketergantungan di dalam perusahaan terhadap konsultan bisnis ini. Jika sudah timbul ketergantungan, kamu akan bingung ketika suatu saat mereka pensiun, atau pindah bekerja.

Hal ini tentu akan merepotkan, karena perusahaanmu tidak bisa mandiri dalam menganalisis kinerjanya dan tidak bisa mengambil keputusan dengan tepat. Sebuah perusahaan memang dianjurkan untuk menggunakan jasa konsultan bisnis, namun hanya ketika ada kondisi yang mendesak.

Seperti, ada masalah yang cukup urgent dan membutuhkan pandangan dari pihak eksternal untuk menyelesaikannya. Ataupun untuk mengatasi masalah yang hanya terjadi sekali, atau sangat jarang terjadi. Karena, sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Untuk menyiasati ketergantungan tersebut, perusahaanmu bisa menggunakan JojoExpense lho! Karena aplikasi ini akan membantumu dalam mengelola keuangan perusahaan, terutama untuk pengeluarannya.

Dengan aplikasi ini efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan akan meningkat hingga 76%! Sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan sebuah perusahaan. Ayo coba demonya, dan rasakan sendiri manfaat yang akan kamu dapatkan. Selamat mencoba!