Business Development, Divisi Penting dalam Perusahaan

Sebelumnya kamu tahu ngga apa itu business development? Mengapa divisi ini harus ada di sebuah perusahaan? Dan sepenting apakah business development bagi perusahaan? Daripada kita bertanya-tanya, lebih baik kita bahas aja yuk apa itu business development.

Business Development

Kita mulai mempelajarinya dari definisi terlebih dahulu ya! Jadi business development atau disebut bidi itu adalah penciptaan nilai jangka panjang untuk sebuah perusahaan yang dimulai dari pelanggan, pasar, dan relasi. Nilai jangka panjang yang dimaksud disini adalah pendapatan dan pencitraan perusahaan. Juga termasuk kesetiaan pelanggan, prestise, atau apapun yang menjadi tujuan dari sebuah perusahaan.

Rencana strategis adalah kunci utama posisi ini terus berjalan. Dalam menjalankan perannya, business development akan mengadakan training, workshop, dan review bisnis. Untu lebih jelas, mungkin kita akan menjabarkan satu per satu dari pelanggan, pasar, dan relasi agar lebih jelas tugas dari business development.

Oops! We could not locate your form.

Pelanggan

Kita mulai dari pelanggan, tugas dari business development adalah mencari peluang untuk menemukan hal yang baru dan menyaring nilai-nilai produk yang sudah ada yang dicari oleh pelanggan. Tujuan ini bermaksud untuk menambah fitur baru pada produk.

Seorang pelanggan akan terpaksa membeli sebuah produk karena tidak tahu produk lainnya yang bisa memenuhi. Mungkin seorang pelanggan tahu sebuah produk yang mereka butuhkan tapi tidak tahu di mana membelinya. Mungkin seorang pelanggan lainnya menggunakan produk kamu untuk sesuatu yang sama sekali bukan fungsi sesungguhnya dari produk kamu.

Pasar

Adanya pasar membuat business development mencari tahu di mana bisa menemukan pasar baru baik secara geografis maupun cara belanja pelanggan dan mendapatkan jalan dari hasil analisa yang dilakukan untuk meraih pasar itu. Selain faktor geografi, faktor demografi juga mempengaruhi pasar bagi business development. Gaya hidup yang akan menentukan pengambilan keputusan dari seseorang. Gaya hidup ini dipengaruhi dari geografi dan demografi seseorang.

Relasi

Bagi seseorang business development, sering bertemu dengan banyak orang harus menjaga hubungan relasi yang baik. Dengan begitu business development akan mendapatkan kepercayaan dan terlihat integritasnya.  Semua hal ini dilakukan demi keberlangsungan perusahaan dan segenap produknya.

Business development juga merupakan kombinasi dari analisis strategis, pemasaran, dan penjualan, operasinal, financial analysis. Kombinasi ini dilakukan untuk mencapai hal-hal yang sudah dijelaskan di atas seperti pelanggan, pasar, dan relasi.

Skill Business Development

Jika kamu ingin merekrut seorang business development untuk perusahaan kamu, kamu harus mempunyai standar skill apa saja dari seorang business development. Skill apa sajakah yang harus dimiliki oleh business development? Mari kita bahas!

Negosiasi

Skill pertama yang harus kamu ketahui dari seorang business development adalah negosiasi. Pastikan business development yang akan kamu rekrut mempunyai skill ini. Kenapa? Business development akan sering bertemu dengan banyak orang, banyak klien, bahkan investor. Karena untuk mengembangkan sebuah bisnis dibutuhkan banyak klien, pendanaan dari investor, dan dikenal oleh banyak orang.

Untuk mencapai tujuan yang sudah ditargetkan, business development harus pandai bernegosiasi. Saat bernegosiasi kita harus bisa menjabarkan keuntungan apa yang didapatkan dari kedua belah pihak. Karena tujuan dari negosiasi itu sendiri adalah win-win solution. Dengan begitu kita akan mudah mendapatkan klien, pendanaan dari investor, dan produk akan digunakan banyak orang karena keterkenalan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Manajemen Waktu

Sebagai seorang business development kamu harus mempunyai skill manajemen yang baik. Manajemen yang baik itu kamu dapat tepat waktu, bekerja dengan rapih, dan struktur yang sistematis.

Ketika kamu ingin merekrut seorang business development pastikan ia memiliki skill manajemen yang baik. Karena business development akan bertemu dengan  banyak orang dalam satu hari. Kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik agar tidak terlambat saat bertemu dengan klien untuk menjaga citra perusahaan kamu tetap baik.

Bercerita

Skill ini sama pentingnya dengan ­skill-skill yang kita bahas sebelumnya. Kenapa kemampuan bercerita harus dimiliki oleh seorang business development? Ini dia alasannya!

Saat kamu bertemu dengan klien atau investor kamu tidak hanya pandai bernegosiasi dan manajemen waktu, tapi kamu harus pandai juga bercerita. Skill ini agar klien atau investor tertarik pada cerita kamu. Ketika dalam keadaan yang serius, klien atau investor mungkin akan lelah dan tidak memperhatikan dengan baik pesan yang diberikan oleh business development

Sebaliknya jika seorang bidi memberikan pesan dengan cara bercerita dan seakan-akan mengajak klien atau investor yang ia temui  untuk masuk ke dalam pesan yang ia sampaikan. Mereka akan merasa terhibur dan tidak merasakan kebosanan. Dengan begitu mereka dapat fokus pada pesan bidi dan tertarik untuk berkerjasama dengan perusahaan kamu.

Syarat Menjadi Business Development

Tidak hanya memiliki skill yang sudah dijelaskan di atas, tetapi seorang business development juga mempunyai beberapa syarat. Syarat ini berupa teknis yaitu jika kamu ingin merekrut seorang business development, kamu harus perhatikan pendidikannya. Minimal pendidikan seorang bidi adalah D3. Tapi kebanyakan perusahaan lebih mengincar S1 agar lebih terjamin kualitasnya. Tapi jika kamu mencari seorang leader business development minimal kamu harus mencari seseorang yang sudah memiliki pengalaman di bidang ini selama lima tahun.

Mengapa Penting Business Development?

Dalam Bahasa Indonesia, business development adalah pengembangan bisnis. Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang baik karena bisa bergerak atau melakukan ekspansi untuk membesarkan perusahaan. Nah, perkembangan yang terjadi pada bisnis kamu akan tergantung pada divisi business development di perusahaan kamu.

Bisnis yang berkembang sangat baik untuk di masa yang akan datang. Hal ini juga disebabkan dari pendapatan, banyaknya orang yang tahu, dan apa yang sudah dilakukan oleh bisnis ini. Seorang bidi akan bisa memberikan target-target untuk dicapai agar bisnis dapat berkembang dengan baik bahkan pesat.

Bisnis yang mengalami perkembangan yang pesat berarti memiliki income yang sangat tinggi dari hasil penjualan produknya. Sebaliknya jika produknya tidak laku, maka bisnis itu akan tersendat perkembangannya dan bahkan dapat mengalami kebangkrutan.

Jadi kalian tahukan seberapa pentingnya seorang business development bagi bisnis kalian. Coba bayangkan jika perusahaan kamu tidak memiliki seseorang yang dapat mengembangkan bisnis anda, mungkin perusahaan anda tidak akan dapat bertahan dengan lama.

BD Ujung Tombak Perusahaan

Business development tampaknya menjadi suatu istilah yang sering ditemukan di dunia kerja dan usaha. Siapa saja yang ssaat ini sedang menjalankan bisnis tentu sudah melekat dengan istilah ini. Sebenarnya istilah ini seringkali dikaitkan dengan pemasaran yang tentunya akan selalu dilakukan oleh tiap perusahaan. Sesuai dengan arti dari istilahnya yaitu pengembangan bisnis maka sudah tentu hal ini berkaitan dengan segala hal yang berkaitan dengan proses terciptanya perkembangan pada perusahaan hingga menuju kesuksesan.

Perkembangan perusahaan ini tentu saja berkaitan dengan pendapatan yang diperoleh perusahaan dari hasil penjualan produknya. Bukan hanya mengenai keuangan sajamelainkan juga mengenai nama baik dan citra perusahaan yang juga menjadi bagian dari titik fokus pengembangan bisnis. Keuntungan yang berupa nilai perusahaan ini haruslah bersifat jangka panjang. Bagi Anda yang bekerja sebagai seorang business development seharusnya paham benar mengenai apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab sehingga pelaksanaan pengembangan bisnis nantinya bisa berjalan secara efektif dan efisien serta mencapai target.

Tugas Business Development

Melakukan riset

Salah satu tugas utama dari seorang business development adalah melakukan riset. Yang dimaksud dengan riset disini adalah riset terhadap pasar. Termasuk pula di dalamya adalah konsumen yang bisa terus dicari dan didapatkan. Pencarian pelanggan bisa dilakukan dengan melihat peluang pelanggan abru sehingga akan banyak bermunculan pelanggan perusahaan ke depannya.

Mempertahankan pelanggan

Tidak hanya mencari pelanggan baru saja tetapi pengembangan bisnis juga tetap berkaitan dengan pelanggan lama. Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk bisa tetap mempertahankan hubungan yang baik dengan para pelanggan lama. Terlebih lagi bila pelanggan tersebut merupakan customer loyal perusahaan. Customer loyal ini akan menjadi salah satu aset penting bagi perkembangan perusahaan.

Mengembangkan kerja sama

Kerja sama tim sudah tentu diperlukan oleh siapasaja termasuk pula di dalam suatu perusahaan. Kerja sama yang baik akan membantu perusahaan untuk bisa mencapai perusahaan dengan lancar. Bahkan sekalipun ada beberapa kendala namun sudah pasti kendala bisa diatasi. Oleh karena itu business development perlu meningkatkan kerja sama misalnya dengan berbagai divisi lainnya yang ada di perusahaan.

Menyusun rencana pengembangan bisnis

Rencana bisnis biasanya menjadi tahapan awal yang akan dilalui oleh siapa saja saat sedang mengembangkan bisnis. Termasuk pula bagi seorang business development yang akan mengembangkan bisnisnya. Perencanaan untuk menjalankan bisnis perlu dilakukan secara matang agar penerapannya nanti bisa berjalan dengan baik.

Melihat perkembangan kompetitor

Tugas lain yang perlu dilakukan oleh perencana dan pengembang kegiatan bisnis adalah dengan melihat kondisi persaingan bisnis di pasar. Perhatikan dengan benar apa yang dilakukan oleh para kompetitor dalam mengembangkan bisnnisnya. Mungkin saja kompetitor memiliki ide dan strategi unik dalam mengembangkan bisnisnya sehingga ide tersebut bisa terapkan dengan ditambahi inovasi. Namun tetap saja lakukan persaingan bisnis secara sehat.

Mengevaluasi perkembangan bisnis

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan evaluasi terhadap seluruh kegiatan. Apa saja yang telah dilakukan dalam melakukan pengembangan bisnnis haruslah ditinjau ulang. Maka nantinyabisa ditemukan kekuatan dan kelemahan dari setiap kegiatan yang telah dilakukan. Pada akhirnya perusahaan bisa tetap menjalankan apa yang mejadi kekuatan perusahaan dan menghilangkan apa yang menyebabkan kelemahan.

Fungsi Business Development

Menemukan masalah

Peran business development antara lain untuk mencari permasalahan yang mungkin timbul dalam hal pengembangan bisnis. Identifikasi masalah bisa dilakukan sehingga setiap masalah yang timbul bisa diatasi. Bahkan sebisa mungkin setiap masalah yang mugkin terjadi dihindari agar tidak sampai terjadi dan tidak menghambat proses perkembangan bisnis.

Merencanakan bisnis

Setiap bisnis yang akan dijalankan haruslah diawali dengan perencanaan matang. Maka kehadiran pengembang bisnis diharapkan agar dapat membantu jajaran atasan perusahaan dalam menyusun perencanaan bisnis. Dengan adanya perencanaan bisnis yang tepat maka bisnis akan dijalankan secara tepat pula. Perencanaan bisnis haruslah disesuaikan pula dengan kondisi perusahaan agar bisa semakin efektif dan efisien.

Membentuk network

Poin ini pada dasarnya menjadi bagian penting bagi jalannya bisnis. Network bisa meliputi apa saja termasuk pula pelanggan dan klien atau investor serta pihak lainnya. Network yang dibangun dengan semakin luas pasti akan lebih menguntungkan bagi perusahaan. Sebab dengan adanya network maka aktivitas bisnis bisa dijalankan dengan adanya dukungan dari berbagai pihak.

Strategi Business Development

Memperluas jaringan

Cara tepat dalam melakukan pengembangan bisnis salah satunya adalah dengan melakukan perluasan jaringan. Memperluas jaringan mulai dari jaringan pelanggan hingga klien dan penanam modal bisa dilakukan dalam hal membangun dan mengembangkan bisnis. Perluasan jaringan akan menambah dan meningkatkan adanya dukungan kepada perusahaan sehingga perusahaan bisa berkembang dengan baik.

Meningkatkan komunikasi

Upaya lain yang bisa dijadikan sebagai strategi tepat bagi seorang business development adalah meningkatkan komunikasi. Yang ditingkatkan dalam hal ini meliputi intensitas komunikasi dan juga kualitas komunikasi. Meningkatkan komunikasi akan menjadi suatu upaya tepat untuk bsia membangun jaringan bisnis dan meningkatkan penjualan produk yang diluncurkan oleh perusahaan.

Menyediakan jasa konsultasi

Seorang business development juga sebaiknya menyediakan jasa khusus untuk melayani pelanggan. Misalnya dengan menyediakan jasa layanan konsultasi secara gratis. Selain itu layanan kkonsultasi juga bisa dibuat 24 jam penuh sehingga pelanggan bisa menghubunginya sewaktu-waktu. Melalui jasa konsultasi ini maka pelanggan bisa mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan kapanpun dan dimanapun.

Mengembangkan promosi

Strategi pengambangan bisnis juga bisa dilakukan dengan melakukan pengembangan promosi. Kegiatan promosi juga perlu dikembangkan sebab hal ini juga menjadi bagian dari sistem pemasaran. Promosi bisa dilakukan dengan penuh kreasi dan inovasi yang menarik bagi para konumen. Maka nantinya kegiatan promosi bisa memberikan hasil yang baik bagi sebuah perusahaan.

Membuat konten

Membuat konten bisa menjadi salah satu tips atau strategi dalam menjalankan bisnis. Konten bisa dilakukan dengan cara apa saja. Terlebih lagi dengan menggunakan layanan internet. Perkembangan internet di zaman sekarang ini memang menjadi suatu hal utama sehingga bisa digunakan sebagai alat untuk melakukan produk misalnya dengan membuat berbagai konten yang menarik bagi konsumen.

Implementasi Business Development

Business development sebenarnya memiliki kaitan yang cukup erat dengan berbagai divisi yang ada di suatu perusahaan. Namun biasanya keterkaitannya lebih erat dengan divisi penjualan yang pada dasarnya turut bertanggung jawab terhadap perkembangan perusahaan. Dengan adanya pengembangan bisnis di suatu perusahaan maka nantinya brand awareness akan meningkat sehingga nama perusahaan akan semakin dikenal di khalayak.

Tentu saja hal ini berdampak baik bagi pertumbuhan perusahaan dan bahkan pertumbuhan perusahaan akan menjadi lebih maksimal. Hal inni akan mengiring perusahaan pada suatu perkembangan yang signifikan sehingga pencapaian target bisa lebih mudah dilakukan oleh perusahaan.

Untuk kalian yang ingin menjadi seorang bidi kalian harus siapkan diri kalian dan kalian sudah harus mempunyai skill seorang bidi. Kalian harus mengasah kemampuan kalian agar kalian bisa menjadi seorang bidi yang sukses. Ingatlah bahwa orang yang berperan penting bagi perusahaannya akan mempunyai  gaji yang besar karena dapat memberikan dampak dan manfaat yang sangat besar kepada perusahaan.

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana pentingnya bidi dan skill apa yang harus dimiliki oleh seorang bidi. Jangan sampai kamu salah merekrut ya! Selain itu kamu juga bisa mengelola keuangan bisnis kamu di JojoExpense. Aplikasi dari Jojonomic ini akan memudahkan kamu mengelola keuangan bisnis kamu. Yuk download  JojoExpense agar keuangan dalam bisnis kamu dapat dikelola dengan baik!