Business Plan Awal Mula Perkembangan Perusahaan

business plan

Polemik tentang business plan dan pelaksanaan sering terjadi. Beberapa pengusaha berpikir hal yang terpenting didalam sebuah bisnis adalah pelaksanaannya. Sedangkan sebagian lainnya meyakini bahwa hal yang mendasari kesuksesan sebuah bisnis adalah perencanaan. Maka mereka terbiasa untuk melakukan perencanaan ini secara matang.

Memang masuk akal apabila menyebutkan bahwa perencanaan adalah awal dari perkembangan perusahaan. Tindakan yang dilakukan pengusaha tidak boleh berdasarkan spontanitas. Dalam artian ketika ada peluang begitu saja mengambilnya. Pengusaha harus bisa mempertimbangkan baik ataupun buruknya dari tindakan yang akan diambil.

Maka dari itu pembuatan business plan adalah jalan teraman dan yang paling menjanjikan bagi sebuah perusahaan. Mungkin mengeksekusi peluang memang baik tapi anda harus mempertimbangkan konsekuensi yang akan diterima selam melaksanakan tindakan tersebut. Inilah pembahasan mendalam mengenai rencana bisnis, apakah baik untuk langsung mengeksekusi ataupun merencanakan terlebih dahulu.

Business Plan Berikan Gambaran Jelas

Setiap keputusan yang dilakukan oleh perusahaan akan berdampak kepada seluruh karyawan didalamnya. Jadi konsekuensi baik ataupun buruk akan selalu dirasakan juga oleh karyawan. sehingga pemilik perusahaan tidak bisa begitu saja memutuskan sebuah tindakan tanpa melakukan perencanaan bisnis tersebut.

business planPebisnis senior yang telah lama menjalankan sebuah perusahaan pasti akan selalu melakukan business plan sebelum ia bertindak. Perlahan tapi pasti adalah sebuah tindakan elegan yang harus diambil oleh pengusaha. Rencana bisnis ini sangat luas dan berisi beragam tujuan yang harus dicapai oleh sebuah perusahaan.

Pemutusan sebuah rencana bisnis ada baiknya menyertakan seluruh instrument didalam perusahaan. Dengan begitu seluruh aspirasi yang dimiliki oleh karyawan bisa terserap dengan baik dan tersalurkan. Pembuatan rencana bisnis juga memberikan sejumlah dampak positif bagi perusahaan.

Membangun Kerjasama Dalam Perusahaan

Perusahaan yang terbiasa membuat business plan maka cenderung memiliki karyawan aktif berkontribusi. Karena kehadiran mereka tidak hanya dianggap sebagai sebuah alat. Tapi pemikiran mereka juga dihargai saat pembuatan rencana bisnis ini.

Dengan sangat majemuknya setiap karyawan yang berkerja didalam sebuah perusahaan. Maka sudut pandang pada sebuah masalahpun akan bisa didapatkan. Dengan begitu masalah atau solusi apapun bisa didapatkan jika menyatukan aspirasi saat pembuatan business plan.

Menghindari Perusahaan Dari Kerugian

Tindakan sembrono dengan tidak melakukan perencanaan akan cenderung membawa perusahaan jatuh ke lubang kerugian. Sebab itulah walaupun perencanaan bisnis ini cukup merepotkan tapi hasil yang diberikan akan cukup menguntungkan perusahaan. Tindakan yang tepat apabila pengusaha melakukan perencanaan terlebih dahulu sebelum melakukan eksekusi.

Apalagi jika perusahaan memutuskan untuk melakukan sebuah ekspansi bisnis ataupun marketing. Maka sudah sangat jelas ia memerlukan business plan, dengan begitu perusahaan akan lebih jelas untuk mengetahui setiap kerugian dan keuntungan yang bisa didapatkannya.

Rancangan Jelas Dari Rencana Bisnis

Abstraksi sebelum memulai atau melakukan ekspansi adalah sebuah hal yang dibutuhkan. Istilahnya adalah blue print, dengan abstraksi dari business plan. Perusahaan bisa mendapatkan sejumlah data yang dibutuhkannya untuk melangkah dan menentukan sikap.

Perusahaan yang sudah memiliki nama pasti tidak akan begitu saja mengambil langkah ketika akan melakukan ekspansi. Begitu juga dengan pengusaha yang telah lama terjun pada dunia bisnis. Ia pasti akan memperhitungkan segala hal yang dibutuhkan dan harus dihindari melalui pembuatan rencana bisnis ini. menjalankan bisnis yang berorientasi keuntungan akan sangat berbeda.

Dengan pekerjaan pada umumnya. Untuk apa menjalankan sebuah bisnis jika tidak bisa mendapatkan keuntungan atau memberikan manfaat. Jika anda melakukan hal seperti ini tentu saja berarti pengusaha sudah gagal dalam bisnisnya tersebut. Alasan utamanya sudah jelas, karena tidak melakukan perencanaan bisnis terlebih dahulu sebelum terjun ke pasar.

Dasar Perancangan Rencana Bisnis

Dalam membuat sebuah business plan maka perusahaan harus mengambil beberapa dasar agar rencana yang dibuat nantinya bisa sesuai dengan tujuannya. Dasar pertama adalah ringkasan eksekutif yang berisikan visi dan misi. Pada bagian visi maka perusahaan harus menggambarkan dengan jelas tujuan kedepannya.

Sedangkan untuk misi adalah cara perusahaan untuk mewujudkan visi melalui berbagai kegiatan bisnis. Biasanya untuk beberapa perusahaan start up mereka mematok visinya dengan perkembangan perusahaan. Karena tujuan utama perusahaan start up adalah untuk bisa berkembang lebih besar.

Latar Belakang

Background perusahaan juga harus menjadi dasar pembuatan business plan. Misalkan pengusaha adalah ahli dalam hal pharmacy maka sudah pasti perusahaan yang akan dibuat harus berdasarkan latar belakang tersebut. Focus kepada satu acuan akan memberikan sejumlah kemajuan yang cukup pesat.

Memang jika sudah berkembang perusahaan bisa melakukan ekspansi ke berbagai cabang. Tapi untuk awal alangkah lebih baiknya melakukan perencanaan bisnis dengan hanya berfokus kepada latar belakang saja. perhatikan juga sumber daya manusia yang berkerja didalam perusahaan. Apakah sudah sesuai dengan background perusahaan atau tidak.

Marketing Strategic

Strategi marketing adalah sebuah hal yang tidak boleh terlewat ketika pengusaha merumuskan business plan. Sebab dengan tehnik marketing yang akan dilakukan oleh perusahaan. Inilah kunci utama untuk mendapatkan keuntungan dari pasaran yang akan dituju leh perusahaan.

Menerapkan strategi marketing maka ini berarti perusahaan harus sudah bisa menganalisa pasaran. Serta memanfaatkan apa saja yang dimiliki olehnya. Perencanaan pada bagian marketing harus lebih terperinci dan detail. Karena pemasaran memegang peranan utama untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Analisa SDM

Hal terakhir yang anda perlu lakukan saat melakukan business plan adalah dengan menganalisa seluruh SDM yang berkerja didalam perusahaan. Karena setiap regulasi dan keputusan yang ditentukan akan berdampak kepada mereka. Jadi pastikan memilih dan mengambil tindakan yang tidak akan menyengsarakan pekerja anda.

Payroll Menggunakan Software JojoPayroll

Seluruh  business plan akan berantakan ketika anda tidak bisa memberikan kemudahan dan pembayaran payroll yang sepadan. Solusi terbaiknya adalah dengan JojoPayroll untuk memenuhi setiap keperluan pembayaran payroll anda. perangkat lunak ini telah dimanfaatkan oleh ratusan perusahaan serta ribuan karyawan diseluruh Indonesia.

Tidak perlu lagi kerepotan ketika terjadi perubahan peraturan pemerintah. Karena JojoPayroll sudah mengadaptasi seluruh peraturan yang berlaku di Indonesia. Jadi anda cukup memasukkan jumlah angkanya saja maka otomatis perangkat lunak ini akan memberikan amount payroll bagi setiap karyawan didalam perusahaan.

Pemberkesan dan penyimpanan data dalam satu akun cloud memungkinkan kemudahan ketika hendak melakukan analisis payroll. JojoPayroll memang sangat hebat ketika berbicara mengenai penyimpanan. Karena anda cukup terhubung dengan internet saja untuk mendapatkan data-data tersebut.

Transfer ke 150 lebih akun bank adalah keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan perangkat lunak JojoPayroll ini. rasakan efisiensinya memakai perangkat lunak ini sekarang juga. Hilangkan proses melelahkan dalam pengurusan payroll didalam perusahaan anda.

Mulai dengan mendownload versi demo JojoPayroll yang telah disediakan secara gratis di situs Jojonomic sekarang juga. Ekspresikan kesuksesan bisnis anda dengan business plan dan bersama Jojonomic.