Inilah Caption Bijak yang Bisa Memotivasi Karyawanmu

Dalam bekerja dibutuhkan sebuah motivasi untuk meingkatkan produktivitas. Terkadang kita ada di titik jenuh dalam bekerja. Kadang juga kita merasakan bosan dalam bekerja, namun bagaimana mengatasinya? Sebuah caption bijak lah yang akan meningkatkan motivasi kamu dalam bekerja.

Tapi, apa sih caption bijak itu? Dalam artikel ini akan kami jelaskan serba-serbi dari kapsion bijak untuk kamu seorang HR (human resource) agar dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan!

Caption Bijak

Sebelumnya kita mulai bahas dari kata caption, pasti kalian udah sering dengar kan kata caption ini. Jika kalian  menggunakan sosial media Instagram, maka tidak asinglah kamu mendengar kata caption.

Biasanya banyak orang akan bertanya “Bikin caption yang bagus gimana ya” untuk menarik minat like di foto yang kamu post. Tapi apakah kalian mengetahui asli kata  sebenarnya?

Jadi caption adalah penjelasan singkat atau deskripsi yang menyertai ilustrasi atau foto. Di dunia hiburan caption diartikan sebagai serangkaian kata yang ditumpangkan di bagian bawah televisi atau film seperti bingkai.

Caption juga didefinisikan sebagai sepotong teks pendek di bawah gambar dalam sebuah buku, majalah, atau koran. Kedudukannya menggambarkan dan menjelaskan apa yang dikatakan orang di dalamnya.

Namun, dalam dunia HR, caption ini berfungsi untuk memotivasi karyawan. Foto-foto yang ditampilkan juga foto-foto yang membawa aura positif. Biasanyan HR membuat caption bijak untuk memotivasi karyawan. Dengan begitu, hal ini dapat meningkatkan produktivitas pada karyawan.

Tujuan Caption Bijak

Seperti yang sudah dibahas di atas, tujuan dari caption bijak ini adalah memotivasi karyawan. Namun, bukan hanya memberikan motivasi tetapi juga untuk menularkan aura positif.

Karena membentuk aura positif juga akan membuat lingkungan kerja menjadi nyaman. Jika lingkungan kerja nyaman, maka tingkat produktivitas karyawan akan meningkat karena tidak ada hal yang medistraksinya.

Jika suasana kantor tidak membuat nyaman, maka kamu sendiri tidak akan betah dengan suasana itu. Kamu akan cepat stress dan merasa jenuh dengan kondisi seperti itu, dan produktivitas kamu akan terganggu. Maka dari itu tujuannya dibuat caption bijak untuk membuat aura positif di kantor.

Membuat Caption Bijak

Nah, jika kamu sudah mengerti apa itu caption bijak dan juga tujuan dari caption bijak, kamu pasti bertanya-tanya nih bagaimana cara membuatnya. Karena itu disini akan kami jelaskan cara membuatnya.

Singkat Bermakna

Pertama, dalam membuat caption yang kamu butuhkan adalah kalimat singkat dan juga bermakna. Memang terlihat sulit, karena saat membuat kalimat pendek kita harus juga menyampaikan makna sebenarnya.

Tetapi kamu bisa mencoba mulai dari kata-kata mutiara yang pernah dibuat oleh orang-orang penting. Kamu bisa mengutip kata-kata dari Mario Teguh atau juga bisa mengambil kata-kata dari Deddy Corbuzier.

Gunakan Emoji

Dalam caption bijak emoji menjadi sarana yang cukup penting untuk membuat caption yang kamu buat terlihat manis, lucu dan menguatkan pesan yang kamu sampaikan.

Dengan emoji, karyawan yang membaca caption kamu akan merasa benar-benar mendapat pesan yang ditulis. Karyawan juga akan lebih merasakan kehangatan dari pesan itu.

Penggunaan-penggunaan emoji ini juga harus digunakan sewajarnya. Jangan terlalu banyak, nanti karyawan akan menganggap kamu terlalu berlebihan atau mereka bisa merasa “geli” terhadap caption yang kamu buat.

Penggunaan emoji ini harus sewajarnya, dengan penggunaan emoji yang sewajarnya penerima pesan akan melihat ketulusan kamu memberikan caption.

Jangan Typo

Sebagai manusia kita tidak akan luput dari kesalahan, maka dari itu kadang kala kita suka membuat kesalahan. Tetapi dalam membuat caption, kamu harus benar-benar teliti dalam penulisan kamu.

Sebisa mungkin kamu jangan typo karena itu bisa membuat pesan yang ingin kamu sampaikan tidak diterima.

Namun kamu pasti bertanya apa itu typo? Jadi typo adalah orang yang menulis sebuah kata, tetapi tidak sesuai dengan kata aslinya. Hal ini lah yang akan menimbulkan mispresepsi.

Jadi sebisa mungkin saat kamu membuat caption bijak, kamu harus lebih teliti lagi agar caption yang kamu buat tidak ada kata yang salah. Karena hal itu dapat merubah makna pesan.

Contoh Caption Bijak

Sekarang tanpa berlama-lama lagi kami akan memberikan kamu contoh dari caption bijak yang dapat memberikan motivasi pada karyawan. Semoga contoh-contoh ini bisa menjadi acuan kamu dalam membuat caption bijak ya!

“Jangan pernah berhenti untuk memberikan manfaat dan efek positif bagi orang lain”

“Tidak ada mimpi yang terlalu besar dan tidak ada pemimpi yan terlalu kecil”

“Setiap masalah adalah sebuah anugerah karena tanpa masalah kita tidak dapat bertumbuh”

“Pengetahuan bukanlah kekuatan, sebelum diterapkan dalam keseharian”

“Hidup yang kamu keluhkan terkadang adalah hidup yang diinginkan orang lain”

“Orang akan menghargai kamu sebesar kamu menghargai diri kamu sendiri”

“Apabila kamu hanya melakukan apa yang kamu bisa, kamu tidak akan tahu kekuatan terbaik yang kamu miliki”

“Seseorang yang tak pernah melakukan kesalahan, tak pernah mencoba sesuatu yang baru sama sekali”

“Saya yakin bahwa setengah dari seluruh penyebab yang membedakan pengusaha sukses dari pengusaha yang kurang sukses adalah keyakinan yang kuat”

“Kekayaan terbesar sebuah bangsa adalah manusianya bukan sumber daya alamnya”

“Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang bebeda”

“Sikap adalah sebuah perbuatan kecil yang bisa menghasilakan perbedaan yang besar”

“Anda harus lihat keatas untuk memacu diri dan lihat ke bawah untuk bersyukur”

“Sebenarnya bukan kesulitan yang membuat kita takut, namun ketakutan kitalah yang membuat menjadi sulit”

“Pesimis selalu melihat kesulitan disetiap kesempatan, optimis melihat kesempatan disetiap kesulitan”

“Orang yang kita tidak menjatuhkan orang lain, mereka justru mengangkat orang lain”

“Senyum tak selalu berarti seseorang bahagia, kadang seseorang tersenyum hanya karena tak ingin menjelaskan kenapa hatinya terluka”

“Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, jika kau tak melihatnya memohonlah kepada Allah. Dia pasti akan menunjukkan jalannya”

“Jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang telah terjadi, syukurilah karena selalu ada pelajaran di balik setiap kesalahan”

“Semakin kamu membandingkan hidupmu dengan orang lain, semakin kamu akan merasa hidup tidak adil. Belajarlah untuk mengucap syukur”

“Jangan terlena dengan sebuah mimpi, bangunlah dan terus bekerja keras”

“Hidup ini akan semakin indah jika kita tidak lupa bersyukur pada setiap bangun tidur”

“Kadang kita lupa bahwa untuk melihat diri kita, jalan terbaik adalah melalu mata orang lain”

“Tak selamanya manusia tertawa, tak selamanya manusia menangis. jadi tak perlu berlebihan ketika bahagia dan tak perlu berlebihan ketika bersedih”

“Jangan menyalahkan diri ketika berbuat salah, tapi berpikirlah untuk bisa memperbaiki kesalahan itu dengan melakukan yang terbaik”

“Hiduplah dengan penuh kebaikan, maka segala kebaikan pun akan datang memberikan hidup kepadamu”

“Jangalah hidup untuk membesarkan keraguan, hiduplah untuk membesarkan harapan”

“Jangan mengeluh atas cobaan yang datang, karena cobaan adalah cara untuk membuatmu lebih kuat”

“Ketika seseorang cukup kuat untuk membuatmu jatuh, maka kamu juga harus buktikan bahwa kau juga cukup kuat untuk bisa bangkit”

“Belajar adalah proses perbaikan sedikit demi sedikit sepanjang hidup, sabar, nikmati lalu perhatikan apa yang terjadi”

“Bersabarlah, derita hatimu hari ini adalah untuk menguatkanmu bagi masa depan yang lebih besar”

“Semua orang berpikir untuk dapat mengubah dunia, tapi tak setu pun berpikit untuk merubah dirinya sendiri”

“Jangan lewatkan kesempatan yang datang dan jangan menyesal, karena suatu saat semua yang kamu lakukan adalah apa yang kamu inginkan”

“Jangan menyerah betapa pun gelapnya hidupmu sekarang kebahagiaan sendang menunggumu didepan mata”

“Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk setiap kesalahanmu”

“Jangan takut akan perubahan, kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita akan memperoleh sesuatu yang lebih baik lagi”

“Seberat apapun harimu jangan pernah biarkan seseorang membuatmu merasa bahwa kamu tidak pantas mendapatkan apa yang kamu impikan”

“Aku tidak akan menyerah, akan ku jadikan kegagalan dan penolakan sebagai langkah pertama untuk mencapai keberhasilan”

Nah jadi itulah informasi dari serba-serbi caption bijak. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kamu dalam membuat caption bijak.

Supaya nantinya bisa memotivasi karyawan kamu ya. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan produktivitas karyawan dan pekerjaan-pekerjaan akan lebih efisien dan efektif.

Ngomongin soal efisiensi ada aplikasi keren nih untuk meningkatkan efisiensi kamu dalam bekerja di kantor sampai 76%. Mau tau aplikasi apa itu?

Aplikasi itu adalah JojoExpense, dengan menggunakan JojoExpense aplikasi dari Jojonomic kamu bisa memangkas birokrasi kantor, karena kamu hanya tinggal foto-foto struk yang kamu pakai untuk keperluan kantor agar uang kamu di reimburse atau kamu bisa membuat laporan kerja. Jadi coba didownload ya!