6 Hal yang Perlu Dipahami dalam Cara Iklan Instagram

Cara iklan Instagram saat ini banyak dicari untuk dipelajari. Semua perusahaan, baik ukuran mikro, kecil, menengah, hingga besar, mulai melirik instagram sebagai saluran iklan. Setiap hari, setiap pemilik akun instagram rerata menghabiskan waktu 2 – 5 jam untuk berselancar. Ini tentu merupakan potensi yang sangat luar biasa untuk dijadikan media promosi.

Sayangnya, tidak semua perusahaan memiliki tenaga ahli untuk memasag iklan di Instagram. Ini menyebabkan iklan yang dipasang menjadi tidak efisien. Meski secara nominal lebih keci nilainya daripada media lain, tetap saja dapat merugikan perusahaan. Untuk itu, tenaga pengiklan perlu mengerti cara iklan instagram.

Paling tidak, ada 7 hal  yang harus diperhatikan dalam cara iklan Instagram. Hal-hal tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

1.      Iklan Instagam Butuh Akun Bisnis

Untuk memulai iklan di Instagram, perusahaan perlu memiliki akun bisnis di dalamnya. Akun bisnis ini berbeda dengan akun personal yang lebih pribadi. Akun ini akan memiliki banyak kelebihan dibandingkan akun personal biasa.  Ini karena ia sudah dioptimalisasi oleh Instagram untuk penggunaan bisnis.

Untuk mulai membuat akun bisnis, perusahaan dapat membuatnya secara langsung atau merubahnya dari akun personal. Yang paling baik adalah membuat secara langsung sehingga pengelolaannya tidak bergantung pada personal, tapi pada tim. Dengan demikian, kinerja akun bisnis instagram dapat berjalan optimal.

Akun bisnis di  Instagram ini nantinya dapat dihubungkan dengan akun halaman bisnis di Facebook. Dengan demikian, update posting di Instagram dapat secara otomatis mengupdate halaman bisnis di Facebook juga.

cara iklan instagram2.      Iklan Instagram Butuh Konten Unik dan Menarik

Konten utama yang digunakan dalam instagram adalah gambar dan video singkat. Sebagai media sosial, Instagram sangat mementingkan keunikan dari konten. Karena, inilah sumber alasan agar konten tersebut dapat viral di media sosial. Oleh karena itu, perusahaan perlu memahami dan berinvestasi untuk mampu menghasilkan konten yang berpotensi viral itu.

Keunikan konten seringkali datang dari hal-hal yang bersifat teknis. Dalam hal video, misalnya, pencahayaan, sudut, hingga teknik pengambilan dan editing dapat memegang peranan penting. Begitu pula untuk foto, teknik fotografi yang bagus akan membuat gambar tersebut mudah disukai dan memancing viralitas.

Video merupakan konten yang cenderung lebih disukai daripada gambar saja. Oleh karena itu, perusahaan perlu membuat konten video singkat yang lebih banyak dan variatif. Namun, jangan lupa satu unsur yang pasti ada dalam konten unik tersebut, yaitu emosi.

Setiap konten yang mampu membangkitkan dan menyulut emosi, pasti jadi viral dan menyebar. Untuk itu, perusahaan perlu mengemas konten dengan lebih teliti agar mampu menyentuh sisi terdalam emosi pemirsa.

Oops! We could not locate your form.

Dalam cara iklan Instagram agar tidak rugi bandar, konten harus dibuat secara optimal. Jangan takut mengeluarkan biaya lebih untuk memproduksi konten yang unik dan menarik itu. Tentunya, pastikan bahwa creator dan produser konten itu berpengalaman menciptakan konten viral.

3.      Custom Audience untuk Iklan Instagram yang Efektif

Cara iklan Instagram memiliki keunggulan yang sama dengan Facebook. Salah satu keunggulan dari cara iklan Instagram adalah kemampuan targetingnya yang sangat baik. Instagram telah mengumpulkan banyak data personal yang dapat digunakan untuk dasar pengiklanan. Contohnya data gender, lokasi, alamat, usia, domisili, lokasi, pendidikan, pekerjaan, hingga hobi dan ketertarikan.

Berdasarkan data tersebut, Instagram mampu mengarahkan iklan untuk ditayangkan kepada target tertentu. Misalnya, perusahaan menjual produk makanan bayi. Maka, Instagram mampu mengarahkan agar iklan tersebut dilihat hanya oleh: perempuan, usia 25 – 50 tahun, menikah, dan memiliki anak.

Begitu dahsyatnya fitur ini sehingga setiap pengiklan bebas saja membuat custom Audiencenya sendiri. Ini membuat ada banyak variasi iklan yang bisa dibuat. Oleh karena itu, pemahaman mengenai Custom Audience ini harus diterapkan ketika memasang iklan di Instagram

cara iklan instagram4.      Retargetting dan Pixel dalam Iklan Instagram

Instagram telah mencoba untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengiklannya. Salah satunya dengan memperjelas tujuan campaign iklan tersebut dibuat. Apakah untuk meningkatkan penggemar, mendapatkan data, leads, atau kunjungan. Dengan memahami tujuan iklan tersebut, perusahaan dapat menemukan strategi yang tepat untuk mendapatkan hasil optimal.

Untuk itu, perusahaan perlu membuat skema sales funnel yang akan diterapkan beriringan dengan cara iklan Instagram. Skema ini juga memudahkan perusahaan dalam melakukan retargeting terhadap calon pelanggan. Untuk menerapkan sales funnel yang baik, perusahaan perlu memahami juga fasilitas pixel yang disediakan oleh Instagram.

Yang dimaksud pixel adalah serangkaian kode yang dapat merekam aktivitas pengunjung di halaman web tersebut. Ia perlu dipasang di halaman yang dituju dalam iklan yang ditawarkan. Pixel kemudian akan merekam kejadian yang terjadi lalu memberikan laporan ke pengiklan. Dengan demikian, pengiklan dapat tahu keefektifan iklan dan halaman penjualannya.

cara iklan instagram5.      Menguji Performa Iklan Instagram

Karena adanya variasi Custom Audience yang tak terbatas, serta keunikan konten, maka perlu ada testing the water. Alias, setiap iklan harus diuji dulu sebelum mulai diiklankan secara besar-besaran. Jika tidak, budget iklan yang besar dapat saja terbuang percuma karena tidak memberikan hasil yang optimal.

Bagaimana cara mengujinya?

Dalam cara iklan Instagram, perusahaan perlu membuat beberapa konten yang akan diiklankan. Setelah itu, perusahaan juga perlu membuat beberapa seri campaign iklan dengan Custom Audience yang bervariasi. Jangan lupa untuk membuat copywriting yang baik, itupun harus disiapkan beberapa. Setelah itu, pilih 2 atau 3 kombinasi untuk diiklankan.

Untuk  menguji performa iklan, sebelumnya pasang dulu dengan budget yang kecil. Biarkan iklan berjalan selama 5 – 7 hari agar Instagram dapat mempelajar pola yang cocok untuk iklan perusahaan. Jika selama itu, tidak menampakkan hasil memuaskan, seri campaign dapat diganti dengan yang lain. Jika hasil  memuaskan, budget dapat ditingkatkan secara bertahap.

cara iklan instagram6.      Memahami Panel Laporan Iklan Instagram

Sebagai informasi, Facebook dan Instagram merupakan situs yang memiliki induk sama, yaitu Facebook. Karena itu, bentuk dan cara pengiklanan tidak jauh berbeda. Begitu juga dengan panel laporan pengiklanannya.

Laporan ini sangat penting dipelajari untuk membuat pengiklan memahami seberapa efektif budget yang telah ia keluarkan. Mungkin aka nada beberapa istilah teknis, tapi ini tidak akan terlalu sulit dimengerti.

Melalui panel inilah cara iklan Instagram kita dapat dievaluasi. Dari sini kita dapat melihat campaign mana yang perlu dilanjutkan, diperbesar, atau dibuang sama sekali. Untuk itu, pastikan pengiklan selalu memperhatikan laporan hasil pengiklanan tersebut.

Menyiapkan Anggaran Iklan Instagram Perusahaan

Anggaran iklan merupakan salah satu  hal yang penting, mengingat biaya iklan dapat mempenaruhi tingkat penjualan. Oleh karena itu, penyediaan anggaran yang tepat guna dan manfaat harus diperhatikan. Salah satu cara kontrolnya adalah dengan JojoExpense. Aplikasi ini dapat memonitor pengeluaran secara digital, anti penipuan, dan mudah dalam pelaporan.

JojoExpense untuk mengatur anggaran iklanCoba saja demo gratisnya di sini. Dan, pastikan cara iklan Instagram perusahaan Anda dilakukan secara efektif dan efisien.