Cara Ampuh Agar Karyawan Memiliki Loyalitas Tinggi!

Loyalitas seorang karyawan biasanya berdasarkan dua aspek, yaitu dari internal maupun eksternal. Faktor eksternal loyalitas karyawan biasanya berasal dari lingkungan kerja, teman sejawat dan pimpinan.

Pimpinan wajib membuat suasana lingkungan kerja yang hangat agar karyawan yang dimilikinya memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perintah dan aspek pekerjaan yang dilakukannya.

Meski pada kenyataannya, banyak karyawan yang keluar dari pekerjaan tanpa meninggalkan kontribusi yang positif terhadap perusahaan. Hal itu pun membuat beberapa HR perusahaan akhirnya melakukan  turnover karena karyawan tidak memberikan efek positif terhadap perusahaan.

Hal ini yang harus diperhatikan oleh pimpinan bahwa telah terjadi kesalahan dalam sistem dan manajemen sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Maka perusahaan sangat perlu untuk memikirkan cara agar karyawan yang ada tetap semangat bekerja dan loyal akan perintah dan pekerjaannya.

Yuk, kita simak beberapa cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk membuat karyawannya loyal terhadap pekerjaan!

Cara Membuat Karyawan Loyal

Meningkatkan Kualitas dalam Memanejemen Sumber Daya Manusia

Tujuan utama dalam sebuah perusahaan adalah menciptakan provit atau keuntungan. Hal ini bisa terlaksana jika karyawan yang dimiliki mempunyai etos kerja dan loyalitas akan pekerjaannya yang tinggi. Manejemen SDM yang baik akan mendorong etos kerja dan loyalitas karyawan pada suatu perusahaan.

Perusahaan yang tidak memiliki manajemen SDM yang baik maka perusahaan dipastikan akan mengalami ketertinggalan terhadap  sosial dan teknologi yang ada. Perusahaan yang melakukan manajemen SDM biasanya memberikan pelatihan khusus, training dan juga motivasi bagi karyawan. Tujuan dari manajemen SDM ini ialah meningkatkan mutu karyawan perusahaan itu sendiri.

Memberikan Hak Karyawan

Untuk memberikan kesan yang baik perusahaan terhadap karyawan, maka perusahaan wajib memberikan hak yang pantas kepada karyawan. Hak -hak karyawan ini menjadi salah satu motif untuk karyawan loyal terhadap perusahaan tempat mereka bekerja.

Banyak dari karyawan yang pada akhirnya “membangkang” pada ketentuan perusahaan karena perusahaan kurang memperhatikan hak-hak yang perlu dipenuhi. Beberapa hak karyawan yang perlu diperhatikan oleh perusahaan adalah gaji yang sesuai, hak untuk cuti, hak untuk mendapatkan training, hak untuk mendapatkan motivasi, tunjangan hari raya, jaminan sosial tenaga kerja.

Adapun beberapa hak umum karyawan dalam perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Gaji
  • Tunjangan kesehatan
  • Pelatihan
  • Fasilitas kerja
  • Kesejahteraan keluarga
  • Jaminan sosial tenaga kerja
  • Keamanan
  • Tunjangan hari raya

Menciptakan Suasana Kerja yang Sehat

Kebanyakan dari karyawan ketika ditanya mengapa betah di perusahaan yang kini tempat dirinya bekerjanya jawabannya adalah karena lingkungan kerja yang mendukung. Lingkungan kerja bukan hanya sekedar kantor yang nyaman atau lokasi yang strategis namun juga didorong oleh rekan dan pimpinan yang bisa diajak kerjasama dengan baik.

Teman sejawat, pimpinan yang pengertian memberikan kesan positif kepada karyawan. Hal ini yang membuat karyawan memiliki loyalitas yang tinggi kepada perusahaan. Ketika karyawan sudah memiliki loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaannya, maka perusahaan akan dianggapnya sebagai rumah yang harus selalu di jaga dan dipertahankan.

Menerapkan Penilaian

Memberikan penilaian atas pekerjaan seorang karyawan ternyata penting. Hal ini yang biasanya terjadi pada karyawan. Mereka merasa ketika mengerjakan suatu pekerjaan secara baik, rajin dan berhasil akan dinilai sama dengan rekan kerjanya yang malas, dan banyak melakukan kesalahan.

Pemberian penghargaan sebagai salah satu karyawan terbaik menjadi salah satu hal yang memotivasi karyawan untuk terus bekerja dengan baik. Rasa dihargai secara adil bagi karyawan itu penting, dan secara langsung berkaitan dengan tingkat loyalitas karyawan terkait. Penilaian terhadap karyawan ini juga harus dilakukan secara objektif agar tidak menjadi bumerang bagi perusahaan.

Memberikan Jenjang Karier yang Jelas

Karyawan mengharapakan adanya prospek yang jelas akan kariernya di perusahaan. Prospek yang jelas akan karier di perusahaan makan akan mendorong loyalitas karyawan kepada perusahaan. Karyawan akan secara otomatis memberikan kinerja yang baik untuk mencapai jenjang karier yang jelas.

Setiap karyawan bekerja dengan harapan adanya karier yang lebih baik, dengan pemasukan yang lebih baik pula. Semuanya semata-mata bekerja demi masa depan yang lebih baik. Sehingga jenjang karier yang jelas tentunya akan memberikan motivasi positif bagi mereka untuk terus loyal pada perusahaan dan tidak mencoba mencari pekerjaan lain.

Memberikan Kebebasan dalam Berkreatifitas

Sebagian perusahaan mempekerjakan karyawan bak seperti robot. Karyawan hanya diperbolehkan melakukan apa yang sudah menjadi ketetapan pimpinan yang bersifat tetap. Semua masukan dan saran kurang di dengar sehingga karyawan bekerja seperti robot yang hanya berjalan mengikuti sistem.

Hal ini akan membuat karyawan mu cepat bosan dengan apa yang ia kerjakan. Ketika karyawan merasa bosan dan tidak dihargai maka ujung-ujungnya mereka akan dengan mudah menteralantarkan pekerjaan dan akhirnya mangajukan pengunduran diri.

Anda tidak akan pernah tahu, kreativitas mereka bisa menjadi sebuah ide baru yang bermanfaat bagi perusahaan. Selain itu, kebebasan ini akan membuat karyawan bekerja dengan lebih baik karena tidak merasa jenuh akan rutinitas dan peraturan yang monoton.

Memberikan Pujian Atas Prestasi yang dikerjakan

Memberikan pujian atas apa yang sudah dicapai oleh karyawan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pimpinan dalam menjaga loyalitas karyawan. Karyawan akan merasa bahwa apa yang ia capai dilihat oleh perusahaan dan akan menambah semangat untuk mencapai keberhasilan yang lebih baik lagi. Hal ini otomatis akan menguntungkan perusahaan dalam sisi hasil dan pencapain perusahaan.

Jika memiliki karyawan yang berprestasi wajib bagin perusahaan untuk senantiasa memberikan penghargaan yang sepadan dengan apa yang sudah mereka capai. Ini juga harus diperhatikan bahwa pemberian pujian harus secara objektif dan tidak meninggalkan karyawan lainnya. Hal ini bisa menjadi masalah baru jika terjadi kecemburuan sosial antar karyawan.

Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Sebuah perusahaan dengan reputasi yang baik biasanya akan memiliki nilai lebih di mata karyawan. Karyawan memiliki gengsi dan kebanggaan bisa bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki reputasi terbaik dengan begitu karyawan akan enggan keluar dari perusahaan.

Seperti yang sudah dibahas bahwa karyawan merupakan aset berharga bagi perusahaan. Karyawan yang memiliki ilmu pengetahuan dan jenjang pendidikkan yang tinggi akan mencari perusahaan yang memiliki reputasi baik di mata publik. Hal ini dilakukan agar dirinya memiliki nilai di masyarakat. Nilai ini yang harus diperhatikan perusahaan agar karyawan tetap memiliki loyalitas akan perusahannya. Pimpinan dan jajarannya seharusnya memiliki misi yang bisa mengembangkan sektor bisnisnya.

Hubungan Sesama Karyawan yang Baik

Lingkungan bekerja di lingkungan yang kondusif dengan hubungan pertemanan yang baik juga sangat penting untuk menjaga  karyawan tetap betah di perusahaan. Hubungan interpersonal di tempat kerja dapat mendorong karir seseorang dan menghasilkan kepuasan kerja.

Hubungan kerja yang baik juga menyebabkan kesejahteraan pribadi yang timbul karena punya hubungan interpersonal yang positif. Dan, ini adalah alasan mengapa survei Robert Half menempatkan faktor ini sebagai salah satu yang penting yang membuat karyawan betah dalam pekerjaan mereka.

JojoTImesSetelah perusahaan melakukan tindakan untuk membuat karyawan tersebut loyal, maka loyalitas karyawan bisa dilihat dari kehidiran dan kedisipilinan. Terkait absensi banyak dari karyawan yang melakukan kecurangan terhadap absensi. Jojonomic sebagai salah satu startup di bidang HR bisa menjadi solusi tersebut. Aplikasi JojoTimes bisa meningkatkan kinerja tim hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time, anti-fraud dan pengelolaan administrasi HR otomatis. JojoTimes solusi untuk semua kebutuhan Mobile HR.