Cara Menawarkan Produk Supaya Laris Manis di Pasaran

marketing

Cara menawarkan produk adalah kunci utama bagi para sales. Diketahui, salah satu indikator keberhasilan seorang sales atau sebuah bisnis adalah seberapa banyak produk yang telah berhasil dijual. Bagi kamu yang sudah berpengalaman pasti tahu bahwa butuh keahlian dan kesabaran dalam melakukan penawaran produk.

Tidak semua calon pelanggan akan merespon positif, serta penolakan adalah hal yang sangat sering terjadi dalam penawararan dan penjualan produk. Salah satu hal terpenting agar kamu berhasil menawarkan produkmu adalah dengan mengetahui bagaimana cara menawarkan produk yang baik dan benar.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas bersama-sama tentang cara menawarkan produk ke pelaggan. Yuk, baca terus agar penjulan dan prospek penjualan kamu semakin meningkat!

Oops! We could not locate your form.

Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menawarkan Produk

cara menawarkan produk

Di awal artikel ini, kita tidak akan langsung membahas cara untuk menawarkan produk, tetapi lebih kepada persiapannya terlebih dahulu. Kamu bisa simak penjelasannya pada bagian berikut ini.

Kenali Produkmu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum kamu menawarkan produk ke orang lain ialah kamu harus semua informasi tentang produkmu. Mengenali produk adalah basic pertama dalam dunia sales dan marketing sebelum melakukan pemasaran. Jadi, bagi kamu yang akan menawarkan produk ke calon pembeli, pelajari semua informasi produkmu terlebih dahulu ya! Jangan sampai jika calon konsumen bertanya, dan kamu tidak dapat memberi jawaban.

Pelajari Produk Serupa dan Kompetitormu

Hampir tidak mungkin, jika produk yang kamu punya tidak memiliki kompetitor dalam pemasarannya. Setelah kamu mempelajari produk, hal selanjutnya adalah dengan mempelajari kompetitor dan produknya yang serupa. Penting untuk kamu lakukan agar mengetahui keunggulan ataupun kelemahan produkmu dibandingkan dengan produk serupa. Jika saat kamu menawarkan produk lalu konsumen kamu membandingkan produkmu dengan produk kompetitor kamu sudah memiliki data perbandingannya.

Lakukan Riset

Pekerjaan rumah terakhir yang kamu bisa lakukan dalam mempersiapkan diri sebelum menawarkan produk adalah melakukan riset. Riset disini tidak hanya sekedar mencari tahu tentang kompetitormu, tetapi juga daeran penjualan yang memiliki potensi penjualan yang tinggi, prilaku calon konsumen yang akan kamu datangi, dsb. Kamu dapat melakukan riset dengan menganalisa data dari internet, ataupun dari laporan penjualan sebelumnya.

Tips dan Cara Menawarkan Produk yang Baik dan Benar

cara menawarkan produk

Setelah kamu mempersiapkan segalanya dengan matang, sekarang kamu sudah siap dengan tips dan cara menawarkan produk yang baik dan benar. Yuk, langsung saja kita bahas tips dan caranya!

Percaya Diri dan Relax

Pertama dalam cara menawarkan produk yang baik adalah kamu harus percaya diri dan dalam keadaan relax atau tenang. Kepercayaan diri akan kamu miliki setelah kamu melakukan persiapan dan melakukan poin-poin diatas. Kamu sudah mengenal seluk beluk produkmu, kamu mengetahui keunggulannya, informasi penting terkari, informasi tentang kompetitor, semua sudah kamu siapkan.

Selanjutnya adalah kamu harus relax dan tenang. Jangan tergesa-gesa dalam menawarkan produkmu. Tidak ada orang yang suka melihat orang yang tergesa-gesa, hal ini dapat mencerminkan ketidak siapan dan ketidak profesionalan dan dapat merusak first impression kamu terhadap calon pembeli. Perkenalkan dirimu dan pastikan adanya kontak mata dalam setiap percakpan yang kamu lakukan.

Fokus Kepada Konsumen dan Produk

Dalam hal penjualan, dua hal yang menjadi fundamental adalah konsumen dan produk. Jadi, saat kamu melakukan penawaran berfokuslah pada kedua hal terpenting tersebut. Artinya, kamu jangan sekali-kali terlambat jika memang sudah diberikan waktu untuk menawarkan produk. Terutama dengan alasan klasik seperti macet atau alasan pribadi lainnya. Waktu yang diberikan calon konsumen sangatlah berharga. Waktu di sini adalah yang diberikan karena ingin mengetahui produkmu secara lebih detail dan mendalam, dan bukan untuk mendengarkan keluh kesahmu.

Sajikan Manfaat dan Keunggulan Produkmu

Saat kamu menawarkan produkmu, berikanlah informasi tentang manfaat dan keunggulan yang akan didapat oleh calon konsumen. Hal ini bisa kamu lakukan secara langsung atau diselipkan dalam obrolan. Semuanya tergantung dari kemana alur pembicaraan mengalir. Seorang sales handal akan selalu mencari cara untuk menyelipkan informasi tentang keunggulan produknya pada setiap alur pembicaraan yang dilakukan dengan calon konsumen.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Kamu dapat memberikan pelayanan terbaik dengan cara memberikan harga terbaik, kemudahan untuk mengakses informasi tambahan, dan juga after service jika konsumen memutuskan untuk membeli produkmu. Kenapa pelayanan menjadi salah satu hal terpenting dalam menawarkan produk? Jawabannya sangat sederhana, karena kamu bukan satu-satunya orang dengan produk yang dapat memberikan manfaat.

Ada penjual lain dan bahkan produk yang memiliki kesamaan baik dari segi penggunaan ataupun manfaat diberikan. Meskipun produknya sama atau memiliki kemiripan, tetapi tidak semua orang bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Bisa jadi konsumen membeli produkmu bukan karena produknya saja, tetapi karena pelayanan yang kamu berikan.

Memberikan Informasi yang Benar

Tips dan cara menawarkan produk yang baik dan benar selanjutnya adalah memberikan informasi yang benar. Tidak jarang saat seseorang menawarkan produk informasi yang diberikan adalah salah, tidak tepat, atau bahkan informasi bohong. Hal ini jangan sekali-kali kamu lakukan, ya! Informasi yang salah ini, selain dapat merusak image produk dan brand, juga dapat menganggu profesionalitas. Sajikanlah informasi selengkap dan sebenar mungkin, jika memang informasinya bisa diungkap kepada calon konsumen. Namun, kamu juga tidak boleh naif dengan mengungkapkan seluruh informasi yang kamu punya. Karena tidak semua informasi yang kamu ketahui relevan dalam cara menawarkan produk. Jadi, kamu harus pintar dalam memilah informasi apa mana yang disimpan dan diberikan kepada konsumen.

Tutup Dengan Kesan yang Baik

Tips terakhir adalah setelah kamu selesai menawarkan produk usahakan kamu meninggalkan kesan yang baik dan profesional. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memberikan kartu nama atau informasi lainnya. Dengan memberikan kartu nama atau informasi ini akan memudahkan calon konsumen untuk menghubungimu. Kesan konsumen terhadap dirimu dapat menjadi pertimbangan seorang calon konsumen dalam membeli produk yang telah kamu tawarkan.

Cara Menawarkan Produk Lewat Sosial Media

cara menawarkan produk

Usaha tambahan yang dapat kamu lakukan dalam usaha kamu menawarkan produk adalah mempromosikannya lewat internet dan sosial media. Berikut penjelasannya.

Facebook

Facebook masih menjadi digital market terbesar di Indonesia dengan dengan 130 Juta jumlah pengguna menurut data statista pada tahun 2019. Kamu dapat menggunakan fitur grup dalam facebook dalam menawarkan produkmu. Fitur yang ada pada Facebook memungkinkan untuk menampilkan gambar produk disertai link perusahaan atau tokomu.

Instagram

Instagram adalah salah satu alternatif lain yang dapat digunakan untuk menawarkan produkmu. Tips mempromosikan instagram adalah dengan memperhatikan tema feeds produk yang akan kamu tampilkan. Namun, karena fitur instagram yang tidak memungkinkan untuk memasukkan link pada setiap post, maka jangan lupa untuk memberikan deskripsi secara singkat dan sederhana mengenai produkmu. Selain itu, jangan lupa juga untuk memberikan kontak informasi yang dapat dihubungi.

Toko Online

Selanjutnya adalah toko online. Terlepas apakah kamu akan menggunakan fitur toko online tersebut atau tidak, toko online masih menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk menawarkan produkmu. Kelebihan toko online adalah para pengunjungnya yang memang bertujuan berbelanja atau mencari informasi barang atau produk tertentu.

Website 

Alternatif lainnya adalah kamu dapat membuat website dalam menawarkan produkmu. Cari ini terbilang susah susah gampang, karena mengelola website cukup menyita waktu sebelum membuahkah hasil.

Tips membuat contoh kalimat sebagai cara menawarkan produk

100+ Digital Marketing Pictures | Download Free Images on Unsplash

Menawarkan suatu produk ke pasaran tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak hal yang perlu disiapkan, termasuk di antaranya adalah kalimat cara menawarkan produk yang tepat. Kalimat semacam ini sangat berguna bagi pemasaran bisnis guna menghasilkan suatu penjualan, baik itu promosi melalui media sosial, media cetak, hingga salinan website.

Lantas, bagaimana caranya?

Mengidentifikasi dan memecahkan masalah

Kamu mungkin bisa saja membuat brosur tentang berbagai kelebihan produk yang kamu tawarkan atau bahkan mengirim mailer yang memuat segudang penawaran berkualitas. Namun ketahuilah, pelanggan hanya akan benar-benar menanggapi jika produk tersebut mampu memecahkan masalah mereka.

Oleh sebab itu, coba jelaskan dengan singkat masalah apa yang bisa dipecahkan oleh produk ataupun layanan tersebut. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk kalimat pendek yang bukan hanya menawarkan produk tapi juga beri tahu pelanggan soal masalahnya. Kemudian, tawarkan sebuah solusi yang paling tepat. Percayalah, cara menawarkan produk semacam ini merupakan strategi terhebat untuk segala jenis materi pemasaran.

Ciptakan suatu rasa urgensi

Pastikan pesan pemasaran yang kamu buat memaksa pelanggan untuk bertindak. Dengan kata lain, kamu harus menggunakan bahasa yang menawarkan produk tersebut secara mendesak. Jika kamu ingin meyakinkan pelanggan untuk melakukan suatu pembelian atau pemesanan, maka ciptakan suatu rasa urgensi dalam tulisan yang kamu buat.

Perhatikan beberapa faktor penting dalam cara menawarkan produk dengan trik satu ini:

Menetapkan tenggat waktu

Jangan ragu untuk menyebutkan tenggat waktu guna menciptakan rasa urgensi yang dimaksud. Apabila pelanggan memiliki waktu sangat terbatas untuk melakukan suatu transaksi, maka niscaya mereka akan cenderung bertindak lebih cepat.

Menyebutkan keterbatasan jumlah

Tak ada salahnya memberi tahu pelanggan, bahwa kamu menjual produk dalam jumlah terbatas yang permintaannya cukup tinggi atau bahkan terjual habis di periode penjualan sebelumnya. Percayalah, para pelanggan tersebut akan semakin ingin mendapatkan produk tersebut sebelum benar-benar habis terjual.

Menggunakan kata yang tepat

Jangan lupa untuk menggunakan frasa yang mendesak, seperti penawaran dengan waktu terbatas, flash sale, atau check out sekarang saat persediaan masih ada. Dengan begitu, kamu telah mendorong pelanggan untuk bertindak secara cepat dalam membeli produk tersebut.

Pemilihan kata-kata yang bersifat persuasif

Cara menawarkan produk yang baik dan benar bukan hanya menggunakan kata atau kalimat yang mendesak saja, tapi juga menggunakan salah satu dari lima kata ini, yaitu gratis, karena, baru, seketika, dan Anda.

Penelitian menunjukkan, kelima kata di atas adalah kata paling persuasif yang bisa dijadikan cara menawarkan produk supaya laku terjual. Dengan menggunakan kata ‘Anda’, maka tulisan kamu akan jauh lebih diterima. Kata ‘gratis’ tentu tidak membutuhkan penjelasan apapun, bukan? Karna semua orang suka dengan barang gratis.

Sementara kata ‘karena’ menunjukkan kebutuhan pelanggan untuk kepentingan penjelasan yang lebih detail. Lalu, ada juga ‘seketika’ yang merupakan kata aksi. Dan yang terakhir adalah kata ‘baru’ yang merujuk pada keinginan setiap orang untuk mendapatkan hal-hal baru.

Hal ini benar-benar dibuktikan oleh pabrikan gawai asal Amerika yang benar-benar mampu menjual produk iPhone terbaru, meski memiliki harga selangit.

Pemilihan kata untuk pemindaian informasi

Tak peduli apapun jenis materi pemasaran yang kamu buat, ketahuilah bahwa setiap pembaca ataupun pelanggan bisa saja menjadi pemindai. Artinya, sebagian besar orang memilih untuk memindai suatu informasi terlebih dulu untuk mengetahui apa yang menarik perhatiannya. Apabila mereka berhasil tertarik, maka mereka sudah pasti akan membacanya dengan lebih detail.

Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk membuat headline terlebih dulu yang pastinya menarik. Apapun jenis materi pemasaran yang kamu buat, jangan lupa untuk memastikan bahwa materi tersebut memiliki judul memikat. Brosur ataupun artikel blog pasti memiliki judul yang bisa langsung memberi tahu para pelanggan mengenai apa yang bisa mereka dapatkan.

Selanjutnya adalah menggunakan subheads atau frasa yang bersifat bold. Misalnya, ketika kamu menulis sebuah artikel di blog, maka sudah pasti kamu harus membuat kata kunci yang menonjol. Pastikan, kata tersebut ada di bagian subheads atau jadi kalimat yang ditulis dalam huruf tebal sehingga pembaca tertarik dengan frasa tersebut.

Ajakan untuk bertindak

setelah kamu selesai melakukan promosi penjualan, jangan lupa giring pelanggan untuk mengambil suatu tindakan. Lebih tepatnya, beri tahu mereka langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan.

Contoh sederhananya, “jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah cantik dengan mengunjungi website kami di www.zzzcompany.com,” atau bisa juga dengan kalimat, “segera redeem kode voucher ini untuk menghemat hingga 50% pada pembelian Anda berikutnya.

Namun pastikan, ajakan tersebut benar-benar jelas dan sederhana. Kamu sangat tidak disarankan menggunakan bahasa yang mengandung banyak kiasan atau mencoba untuk menjadi lucu. Satu-satunya cara menawarkan produk paling tepat dalam kasus ini adalah berpegang teguh pada fakta yang ada.

Jangan lupakan proofread

Jika ditelaah lebih dalam, ada banyak sekali kesalahan interpretasi atau kesalahan ejaan yang bisa membingungkan pelanggan. Apabila kamu tidak yakin kata mana yang paling benar atau nyaris serupa antara satu dan lainnya, maka gunakan kamus untuk memeriksa bagaimana kata tersebut dieja beserta artinya. Jangan sekalipun kamu percaya dengan pemeriksa ejaan otomatis yang terdapat pada Word ataupun program lainnya.

Ketahuilah, tak sedikit orang yang terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk menulis kalimat penawaran produk sehingga kehilangan taste akan arti dari ejaan yang dipilih. Bahkan, ada juga yang kehilangan acuan tata bahasa sehingga semua kalimat tersebut terdengar sempurna padahal memiliki ejaan hingga arti yang menyimpang.

Untuk itu, kamu disarankan untuk beristirahat sementara waktu. Jauhkan diri dari segala jenis penyusunan kata dan kalimat selama beberapa jam atau lebih baik lagi jika sepanjang hari. Setelah itu, coba baca kalimat yang kamu buat dengan keras untuk mengetahui apakah ada kejanggalan dalam isi penawaran tersebut. Tak ada salahnya juga untuk memberikan kalimat tersebut kepada orang lain untuk memeriksa apakah isinya sudah sesuai atau belum.

Mengapa harus ada penawaran pada suatu produk?

Perlu kamu ketahui, tolak ukur keberhasilan produksi suatu barang yaitu penjualan. Tanpa adanya suatu penawaran, bisa dipastikan jika penjualan tersebut tidak akan ada artinya. Pada dasarnya, produksi, penawaran, dan penjualan adalah suatu mata rantai ekonomi bisnis yang tidak bisa dipisahkan begitu saja.

Dalam suatu proses penjualan sekali pun, kamu wajib tahu cara menawarkan produk yang baik seperti yang telah dijelaskan di atas. Berawal dari adanya penawaran itulah, pelanggan atau konsumen bisa mengetahui produksi barang yang kamu hasilkan.

Selain itu, setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan sudah pasti harus segera terjual di pasaran supaya sirkulasi produk yang baru bisa berjalan lancar dan sempurna. Itulah alasannya mengapa kita harus melakukan penawaran supaya sirkulasi dari produksi tersebut bisa terus beregenerasi, selain untuk mendapatkan keuntungan pastinya.

cara menawarkan produk

Salah satu profesi yang bertugas menawarkan produk adalah salesman. Profesi ini memiliki mobilitas yang sangat tinggi, jadi kadang urusan absensi yang konvensional dapat menurunkan produktifitas seorang sales. JojoTimes adalah solusi untukmu yang memiliki karyawan dengan mobilitas tinggi. Kamu dapat memonitor posisi karyawanmu karena JojoTimes dilengkapi dengan fitur GPS. Ada juga fitur yang memungkinkan kamu untuk mengatur kebijakan cuti dan lembur karyawan secara fleksibel. Ditambah dengan sistemnya yang canggih, akan memastikan penyimpanan data karyawan anda tersimpan dengan aman. Selamat mencoba!