Catatan Keuangan Dasar Tapi Sangat Penting

Sebuah perusahaan ataupun bisnis tidak akan bisa lepas dari catatan keuangan. Hal ini sudah seperti dasar dari operasional yang ada didalam finansial perusahaan. Pencatatan dalam keuangan mungkin akan memiliki hubungan yang begitu erat dengan praktek akuntansi. Malah pencatatan ini adalah bagian dari proses akuntansi didalam sebuah perusahaan.

Praktek pencatatan keuangan sendiri sudah sangat lama digunakan oleh manusia. Faktanya pencatatan ini sudah dipraktekan semenjak 1494. Dimana saat itu manusia sudah mulai menggunakan uang sebagai benda pertukaran jual beli. Serta mereka mulai mengubah pertukaran secara barter dengan konsep jual beli.

Alasan utama dipraktekannya catatan keuangan adalah untuk memperjelas arus kas yang terjadi ddialam perusahaan. Manusia tidak bisa selalu mengandalkan ingatannya untuk melakukan hal mendetail seperti ini. Walaupun dalam prosesnya akan memakan waktu. Tapi tindakan ini bisa memberikan bukti kongkrit dari setiap transaksi yang terjadi.

Peran Catatan Keuangan Dalam Sebuah Perusahaan

Catatan keuangan ini sangat universal digunakan oleh berbagai jensi perusahaan. Entah itu perusahaan besar ataupun kecil pasti akan menggunakan metode ini. Berikut ini adalah sedikit penjelasan terkait keuntungan yang akan diberikan saat anda menggunakan pencatatan keuangan.

Sumber Informasi Sebagai Acuan Analisa

Segala bukti didalam pencatatan yang dilakukan akuntan. Sejatinya merupakan sebuah bukti kongkrit yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk sebagai bahan analisa. Tentu stakeholder ataupun petinggi perusahaan tidak akan begitu saja mengabil keputusan tanpa meilihat bukti yang ada.

Kemudian arus kas pada perusahaan hanya bisa terlacak ketika melihat langsung dari catatan ini. Sangat jelas bahwa pencatatan ini memiliki posisi yang sangat penting didalam perusahaan. Apalagi pada zaman yang sangat berkembang seperti ini. Berbagai tindak kecurangan mungkin saja terjadi tanpa adanya bukti kongkrit dari sebuah catatan finansial perusahaan.

Ketelitian perusahaan dalam melakukan pencatatan setiap transaksi yang dilakukannya akan memberikan keuntungan mendasar. Kredibilitas perusahaan akan dipertanyakan apabila tidak menggunakan sebuah pencatatan yang jelas. Serta sangat tidak rasional apabila sekelas perusahaan memberikan landasan berdasarkan ingataan anggotanya saja.

Semakin Terang Benerang Saat Menggunakan Catatan Keuangan

Perusahaan strat up yang masih belum bisa berdiri sendiri. Pasti akan membutuhkan modal yang cukup besar dari pendirinya. Ini akan sangat rancu jika tidak diterapkan sebuah catatan keuangan didalamnya. Uang pribadi yang berbentuk modal mungkin hanya bisa diketahui ketika dilakukan pencatatan.

Tanpa pencatatan akan terjadi miss issue saat penggunaan uang perusahaan. Uang pribadi yang menjadi hak miliki pendiri. Bisa begitu saja lenyap, lalu sebaliknya juga modal yang begitu penting bagi operasional perusahaan bisa terkuras untuk kepentingan pribadi.

Dengan catatan keuangan hal konyol seperti diatas tidak akan pernah terjadi. Karena akuntan bisa dengan mudah mengalakukan pengecekkan ulang pada setiap dana yang dimiliki oleh perusahaan. Semakin besar perusahaan maka pembukuan keuangannya sudah sangat urgent dan harus dilakukan.

Barometer Terjelas

Bagaimana anda bisa mengatakan perkembangan bisnis perusahaan jika tidak ada sebuah data yang jelas?. Inilah pentingnya catatan keuangan, bisnis tidak akan terlacak laju ataupun kemundurannya. Jika pengusaha tidak mau melakukan pencatatan terkait finansial perusahaannya sendiri.

Pengusaha bisa mengetahui dimana letak masalah dan hambatan yang menyebabkan perusahaan tidak berkembang dengan pesat. Arus kas dari sebuah perusahaan akan bisa terlihat jelas dalam catatan ini. Sehingga pengusaha bisa dengan mudah menentukan sikap kedepannya.

Basis Penentuan Tindakan

Penilaian dari tindakan atau keputusan yang diambil oleh manajemen perusahaan akan terlihat hasilnya dari catatan keuangan. Kenapa bisa seperti itu?. Padahal catatan ini hanya berisi arus kas masuk keluar dan lain sebagainya. Tentu saja catatan ini bisa menunjukkan fakta kongkrit bagi para pengambilan keputusan.

Orientasi tindakan atau kegiatan operasional didalam perusahaan tentu saja untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Jika perusahaan malah menderita sebuah kerugian ketika melaksanakan keputusan seperti itu. Maka sudah jelas tindakan tersebut sangatlah salah dan harus segera dirubah.

Bonadifitas Didalam Pembuatan Catatan Keuangan

Tidak ada solusi lain yang bisa dilakukan perusahaan. Untuk mempertanggung jawabkan setiap penggunaan modal dan dana yang telah diberikan. Selain menggunakan catatan keuangan ini. Efek bonadifitas dalam catatan seperti ini sangatlah besar. Samplenya saja seorang stakeholder tidak akan menerima mentah-mentah laporan yang tidak berdasarkan tanpa bukti.

Bukti nyata dari pemakaian modal ini kemudian dimasukkan kedalam catatan. Instansi pemerintahan saja sudah sangat lama menggunakan metode pencatatan keuangan sebagai bukti kongkrit untuk dipertanggung jawabkan nantinya. Jika perusahaan swasta tidak menggunakan metode ini, maka rasanya akan sangat janggal dan aneh.

Kemudi Perusahaan Dalam Catatan Keuangan

Istilah ini sangatlah cocok untuk diterapkan. Catatan keuangan ini bisa dipahami sebagai sebuah kemudi yang bisa membawa perusahaan kejalur sukses. Sebaliknya dengan catatan ini juga perusahaan bisa tenggelam dalam lautan kerugian. Jadi anda tinggal memilih hendak menyetir perusahaan untuk menggapai kesuksesan atau malah ingin terjun kedalam kebangkrutan.

Pasti tidak akan ada perusahaan yang ingin bangkrut. Maka sudah jelas seluruh perusahaan yang ada di dunia pasti memanfaatkan catatan terkait finansial mereka. Pemegang kekuasaan didalam perusahaan bisa memberikan solusi kongkrit mengenai setiap masalah yang terjadi jika catatan finansialnya lengkap.

Sebaliknya akan sangat sulit bagi pengusaha untuk menentukan sikap apabila pembukuan finansialnya berantakan. Bagaiaman anda bisa menentukan tindakan ketika data yang dimiliki saja berantakan dan rancu. Tentu hal seperti ini akan sangat mustahil melahirkan sebuah keputusan.

Adaptasi Kemajuan Zaman

Mungkin istilah catatan keuangan pada zaman ini mulai berubah. Menjadi penginputan keuangan, sebab sekaran seluruh data keuangan perusahaan akan dimasukkan kedalam program-program yang ada didalam komputer. Hampir sudah tidak ada lagi pencatatan melalui buku fisik.

Anda bisa menggunakan perangkat lunak hasil buatan dari Jojonomic untuk membantu pembuatan catatan ini. Yaitu dengan memanfaatkan JojoExpense. Setiap detail pengeluaran dan pemasukan yang dilakukan oleh perusahaan akan tercatat dengan baik didalam sistem aplikasi ini.

JojoExpense memberikan sumber data keuangan yang lebih akurat dan terjamin. Anda tidak perlu lagi mencari berkas keuangan, cukup input saja anda ingin mencari data keuangan pada periode dan waktu kapan. Maka perangkat lunak ini akan menyajikannya untuk anda.

Reimbursement Lebih Mudah Bersama JojoExpense

Paperless low cost, adalah sebuah keuntungan yang cukup besar. Tidak akan ada lagi tumpukan berkas keuangan yang menyesakkan di kantor anda. Semenjak pemanfaatan perangkat lunak JojoExpense ini. Muak dengan ruangan kantor yang dipenuhi berkas?. Maka perangkat ini akan sangat cocok untuk anda.

Detail flow cash yang bisa anda analisis dengan mudah. Serta sistem kecerdasan buatan yang sangat mutakhir memungkinkan penipuan dicegah sedini mungkin. Ingin usaha anda jauh dari berbagai tindak penipuan dan kecurangan finansial lainnya?. Maka JojoExpense adalah solusi satu-satunya.

Download versi demo JojoExpense untuk membuktikan seluruh keuntungan yang telah dijelaskan diatas. Anda tidak akan pernah menyesal ketika memutuskan untuk menggunakan perangkat lunak ini.