Begini Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan

cek pajak kendaraan

Kewajiban seorang warga negara adalah membayar pajak kendaraan bermotor yang dimiliki, selain merupakan sumber pendapatan pemerintah, juga akan memberikan keuntungan pribadi kepada Anda sendiri sebagai pembayar pajak. Ketika suatu hari Anda membutuhkan pengajuan kredit, maka calon pemberi kredit akan menyelidiki status pembayaran pajak Anda sebelum memastikan apakan Anda layak untuk diberikan kredit atau tidak.

Besaran jumlah pajak kedaraan Anda akan berbeda dengan kendaraan lainnya. Besaran pajak yang ditagihkan ini diatur berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2015. Kendaraan pertama yang dimiliki akan dikenakan pajak 2% per tahun dari harga kendaraan, kendaraan kedua Anda akan dikenakan pajak 2,5%, kendaraan ketiga 3%, dan seterusnya. Lalu bagaimana memastikan besaran kendaraan Anda?

Perkembangan zaman menuju era yang semakin digital membuat segala hal kini menjadi lebih mudah diakses. Pemerintah pun semakin berinovasi demi memberikan pelayanan yang memudahkan masyarakat, termasuk layanan pajak. Anda kini bisa cek pajak kendaraan bermotor Anda melalui ponsel saja. Berikut ini cara yang bisa dipilih untuk mengcek pajak kendaraan bermotor.

Situs Web

Cara cek pajak kendaraan yang mudah pertama adalah melalui situs web resmi samsat. Anda tinggal mengunjungi situs web samsat daerah asal kendaraan bermotor Anda. Jika Anda belum mengetahui alamat situsnya secara persis, Anda bisa mengetik kata kunci (keyword) pada mesin pencarian di ponsel pintar atau gadget Anda lainnya.

Ketika telah sampai pada halaman utama situs web samsat daerah, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kendaraan dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) terlebih dahulu. Kemudian, informasi nominal pajak kendaraan yang dibutuhkan akan muncul.

Pengecekan pajak kendaraan melalui situs web ini bisa dilakukan jika Anda tidak ingin menginstall aplikasi yang mungkin memenuhi memori ponsel Anda, dan praktis karena sekali guna. Selain itu Anda bisa mendapatkan informasi lebih detail dan menyeluruh karena tampilan situs web yang mengakomodasi akses informasi yang lebih banyak.

cek pajak kendaraan

Aplikasi Ponsel

Mengecek informasi pajak kendaran pun bisa semudah belanja online atau membeli tiket perjalanan melalui ponsel pintar. Anda kini juga bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi yang bisa diunduh pada smartphone Anda. Banyak sekali aplikasi untuk mengecek pajak kendaraan yang bisa diunduh lewat Playstore, atau marketplace khusus Android. Beragam aplikasi ini bisa dipilih berdasarkan daerah asal kendaraan hingga aplikasi cek pajak yang umum, mulai dari aplikasi dengan rating 2 hingga yang memiliki rating 5.

Pengecekan pajak kendaraan melalui aplikasi ini memiliki keunggulan kemudahan akses, karena Anda langsung diarahkan pada menu cek pajak kendaraan dengan sekali ketuk. Akses melalui aplikasi smartphone juga lebih fleksibel, selain itu menggunakan aplikasi memiliki resiko loading lama yang lebih rendah dibanding mengakses informasi pajak melalui situs web.

Cek Pajak KendaraanSMS

Bagi Anda yang tinggal di provinsi Jakarta atau Sumatera Utara, Anda bisa memanfaatkan layanan telpon *368# melalui layar ponsel Anda untuk mendapatkan informasi mengenai pajak kendaraan Anda. Kemudian akan muncul menu untuk memilih Polda Metro Jaya atau Polda Sumut. Pilih angka yang Anda butuhkan untuk mengakses informasi dari Polda tersebut, setelah itu akan muncul menu-menu seperti: info ranmor, info pajak ranmor, pajak reminder, info simling, info samling, dan lain-lain. Setelah usai, Anda akan diminta memasukkan nomor plat kendaraan tanpa menggunakan spasi, lalu tinggal tunggu informasi yang Anda butuhkan melalui SMS yang dikirimkan Polda.

Selain menggunakan layanan telpon seperti yang dijelaskan di atas, Anda juga bisa langsung menggunakan layanan SMS yang dikirim ke 8893 dengan mengetik info (spasi) pajak (spasi) nomor kendaraan Anda.

Cara cek pajak kendaraan dengan cara ini memudahkan Anda yang tidak memiliki ponsel pintar atau lebih nyaman menggunakan cara yang manual untuk tetap mendapat informasi mengenai kendaraan Anda.

Cara-cara tersebut di atas bisa memudahkan Anda dalam mengakses informasi mengenai pajak kendaraan bermotor, karena Anda bisa melakukan pengecekan di mana saja, kapan saja, tanpa harus pergi ke samsat setempat. Hal ini menjadi solusi bagi Anda yang sibuk untuk tetap update tentang kendaraan Anda sendiri berikut ini manfaat menggunakan cara-cara praktis di atas untuk mengecek informasi pajak.

cek pajak kendaraan

Lebih Praktis

Melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui ponsel Anda tentu lebih praktis, karena langkah yang dibutuhkan tidak banyak dan Anda tidak perlu pergi kemana-mana. Cukup mengakses ponsel, di sela-sela kesibukan Anda bisa memperbarui informasi pajak kendaraan. Anda bisa melakukan pengecekan besaran pajak melalui ponsel sebelum Anda datang sendiri ke kantor samsat untuk membayar pajak tersebut. Mengecek terlebih dahulu bisa memastikan Anda membawa nominal uang yang lebih pas ketika proses pembayaran.

Hemat Waktu Dalam Cek Pajak Kendaraan

Bayangkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mengurus pajak kendaraan bermotor Anda secara manual. Jika Anda tidak ingin langsung membayar pajaknya dan hanya perlu memastikan besaran jumlah pajak yang harus dibayarkan, Anda harus menempuh perjalanan tertentu ke kantor samsat setempat, belum lagi antre atau diarahkan dengan prosedur-prosedur yang memakan waktu. Maka dengan melakukan pengecekan pajak melalui ponsel, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu. Akses melalui ponsel hanya membutuhkan sekitar 5 menit dibandingkan harus pergi sendiri ke kantor samsat.

cek pajak kendaraan

Meningkatkan Kesadaran Pajak

            Kemudahan akses informasi berimbas pada meningkatnya kesadaran masyarakat akan pajak, karena dengan informasi yang mudah diakses terutama untuk cek pajak kendaraanbermotor memungkinkan masyarakat untuk lebih menyiapkan sejumlah uang untuk membayar pajak dan membayarkannya tepat waktu. Penyesuaian dengan keadaan zaman juga membuat suatu layanan lebih eksis dan efektif.

Kesadaran berpajak yang baik menentukan siklus perekonomian negara, sehingga alokasi dana yang didapat melalui pajak bisa digunakan untuk keperluan negara seperti pembangunan, perbaikan layanan dan kualitas fasilitas umum, dan lain sebagainya.

            Kesadaran pajak juga perlu ditumbuhkan di kalangan anak muda. Maka dengan kemudahan akses informasi pajak melalui ponsel akan meningkatkan interaksi mereka dengan instansi pemerintah di bidang pengadaan pajak sehingga mereka menjadi lebih melek pajak.

Mengikuti Perkembangan Zaman

Di zaman serba digital yang segala hal bisa diakses lebih mudah melalui gadget, membuat pola hidup pun berubah, mulai dari cara mengakses informasi, pola interaksi, pola konsumsi, hingga transportasi berubah. Bisa dikatakan bahwa teknologi  telah menyentuh berbagai aspek kehidupan masyarakat. Saat ini juga akses teknologi semakin meluas, bukan hanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu saja atau kelompok usia tertentu. Oleh karena itu, inovasi yang dilakukan pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat untuk mengakses informasi umum secara digital menjadi lebih relevan dengan kehidupan masyarakat saat ini.

Hal ini patut diapresiasi karena pemerintah menunjukkan kemampuannya untuk berinovasi dan beraktualisasi pada hal yang positif, selain itu adanya inovasi dapat mempermudah kinerja pemerintahan.