Cloud Computing, Detail Manfaat dan Cara Kerjanya

Cloud computing atau yang seringkali disebut juga degan istilah komputasi awan merupakan suatu teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat dari pengelolaan data dan aplikasi. Tentu saja dalam hal ini pengguna komputer diberikan hak untuk mengakses atau untuk login. Sebenarnya beberapa perusahaan sudah menerapkan penggunaan sistem yang satu ini. Terlebih lagi jika di suatu perusahaan terdapat tim IT yang handal. Bahkan sejumlah perusahaan IT terkemuka untuk saat ini sudah hampir seluruhnya menerapkan sistem cloud computing.

Dengan adanya sistem cloud computing ini maka jumlah komputer di suatu perusahaan dapat dikurangi. Selain itu beberapa perangkat infrastruktur di perusahaan juga dapat dikurangi karena adanya pengelolaan secara terpusat dari internet. Metode sistem tersebut yang diterapkan di suatu perusahaan sebenarnya memang dapat memberikan keuntunganbagi perusahaan terkait. Pengelolaan yang dilakukan dari pusat melalui internet tentu akan lebih mempermudah suatu perusahaan.

Para tenaga kerja bisa bekerja secara lebih efektif sehingga perusahaan bisa memiliki keuntungan secara maksimal.Pekerjaanyang menjadi lebih terkendali oleh media internet ini juga tentunya membuat perusahaan untuk lebih irit dalam hal pengeluaran. Segala tarif dan pembiayaan bisa menjadilebih sedikit dari sebelumnya sehingga perusahaan bisa menjadilebih hemat. Tentu saja hal ini akan menjadipilihan utama bagi sebuah perusahaan karena dinilai lebih menguntungkan.

Manfaat Cloud Computing

Pada dasarnya penggunaan sistem cloud computing berarti menggabungkan semua pemanfaatan teknologikomputer serta seluruh aplikasi yang terkoneksidi saat yang bersamaan. Namun sebenarnya tidak semua aplikasi yang ada pada suatu perusahaan terkoneksi melalui internet dengan menggunakan sistem cloud computing. Cloud computing memang mulai banyak digunakan di beberapa perusahaan karena dinilai memiliki beberapa manfaat yang tentu saja lebih menguntungkan bagi perusahan terkait berikut ini.

  • Salah satu manfaat yang pertama adalah seluruh data dapat disimpan di suatu server secara terpusat. Semua data baik file maupun dokumen dan aplikasi lainnya yang tergabung dalam cloud computing secara otomatis akan tersimpan secara terpusat.
  • Selain itu sistem ini akan menjamin kemanan data dari para penggunanya. Seluruh data mengenai pengguna cloud computing ini akan tersimpan dengan baik sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kebocoran data personal Anda.
  • Manfaat berikutnya termasuk juga menawarkan adanya fleksibilitas dalam mengakses data sehingga akses data bisa dilakukan dengan lebih mudah. Anda juga tidak perlu kerepotan meningkatkan atau mungkin mengurangi kapasitas penyimpanan data sebab seluruh data secara otomoatisakan tersimpan di dalamdatabase cloud computing.
  • Cloud computing juga memberikan manfaat lainnya yaitu adanya jaminan investasi jangka panjang. Artinya penggunaan sistem ini akan mengurangi biaya operasional perusahaan sebab perusahaan tidak lagi membutuhkan penggunaan infrastruktrur dan software lainnya.
    Segala manfaat dari cloud computing bisa Anda dapatkan secara otomatis sehingga cloud computing sangat disarankan untuk bisa selalu digunakan di perusahaan Anda.

Cara Kerja Cloud Computing

Sistem yang satu ini tentunya bekerja dengan menggunakan intenet sebagai server. Internet yang dijadikan sebagai server ini berperan dalam pengolahan data. Sistem cloud computing ini akan memungkinkan pengguna untuk mengakses internet sehingga dapat menjalankan aplikasi yang dibutuhkan. Seperti misalnya kegiatan penyimpanan data dari pengguna yang kemudian disimpan secara virtual. Tentu saja pengguna tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam melakukan pengolahan data. Segala instruksi dari pengguna akan disimpan melalui sistem tersebut sehingga tidak dibutuhkan penggunaan memori.

Kinerja dari cloud computing sebenarnya sangat menguntungkan bagi sebuah perusahaan. Setiap instruksi yang ada dan diberikan oleh pengguna akan dilanjutkan ke server aplikasi melalui jaringan internet. Setelah suatu instruksi diterima oleh server maka selanjutnya data akan diproses. Dengan penggunaan sistem yang satu ini maka semua instruksi yang diberikan oleh pengguna akan terintegrasi secara langsung. Tentu saja proses integrasi ini dilakukan melalui sistem cloud computing. Dalam hal ini proses integrasi dari setiap intruksi terjadi secara langsung dengan menggunakan komputer yang terhubung ke internet. Data yang ada di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa Anda harus download beberapa software. Penggunaan sistem cloud tersebut pada perusahaan akan memberikan kemudihan bagi pengelola perusahaan dalam memberikan instruksi secara serentak dan terintegrasi tanpa memerlukan media lainnya kecuali internet.

Kelebihan dan Kekurangan

Pada dasarnya ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan cloud computing disuatu perusahaan. Salah satu kelebihan dari sistem ini adalah kemudahan pengguna dalam mengakses data dimana saja dan kapan saja. Selain itu penggunaan sistem tersebut juga tidak membutuhkan biaya yang terlalu tinggi sehingga penerapan sistem ini pada suatu perusahaan cenderung membuat biaya menjadi lebih murah. Sebab dengan penggunaan sistem ini maka tidak dibutuhkan lagi maintenance dan pemakaian listrik di suatu perusahaan. Tentu saja perusahaan Anda akan menjadi lebih hemat. Di samping itu data yang tersimpan melalui sistem cloud akan bersifat lebih aman sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan data. Penyimpanan data juga bersifat fleksibel.

Semakin besar data yang harus disimpan maka kapasitas yang diperlukan juga akan bertambah dan menyesuaikan kapasitasnya hanya dalam hitungan beberapa menit saja. Anda tentu tidak perlu menambah jumlah komputer untuk menyimpan data sebab penyimpanan data telah didukung oleh cloud computing. Namun ada pula kelemahan darisistem ini diantaranya adanya ketergantungan perusahaan terhadap jaringan internet. Jadi jika Anda sedang berada di tempat yang tidak dapat mengakses internet maka Anda tidak dapat melakukan pengolahan data. Hal ini akan membuat perusahaan mengalami kewalahan karena sulitnya akses internet.

Penggunaan cloud computing terbukti memiliki banyak manfaat yang penting bagi perusahaan. Demikian pula merencanakan penggajian karyawan yang tepat dan efisien. Diperlukan sistem yang sesuai supaya nantinya data mudah diakses, praktis, efisien dan akurat. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan produk yang mendukung efisiensi data tersebut. Misalnya melalui penggunaan JojoPayroll, dimana produk ini memberikan banyak manfaat pada penggajian karyawan berupa:

  • Perhitungan gaji serta berbagai macam tunjangan yang akurat, sehingga tidak perlu melakukan secara manual dan minim resiko salah perhitungan.
  • Akses yang mudah untuk dilakukan kapan saja dan dimana saja oleh pihak terkait di perusahaan, berkat sistem yang mobile dan mudah didonlot.
  • Aneka fitur bermanfaat yang bisa membantu tim keuangan bekerja secara lebih efektif dan efisien.

Adapun manfaat di atas dapat diperoleh dengan mudah berkat fitur yang tersemat dalam JojoPayroll. Beberapa fitur andalan produk ini antara lain yaitu Government Standard BPJS Calculation, Customized BPJS Calculation, BPJS Ketenagakerjaan with 5-tier Risk Level Calculation, Auto Calculation for Bonuses & THR, Prorate Calculation Bonuses & THR, maupun banyak lagi fitur terkait lainnya. Oleh sebab itu jangan ragu lagi, segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda. Jangan biarkan sistem penggajian masih berjalan manual, yuk segera manfaatkan JojoPayroll saja!