Cloud Storage Sebagai Penyimpanan Data Terbaik Berbasis Internet

cloud storage

Cloud storage merupakan suatu layanan penyimpanan file yang menggunakan media internet. Dengan adanya layanan dari model penyimpanan ini maka setiap file yang tersimpan bisa dikelola dari mana saja. Tentu saja penyimpanan file ini bisa dilakukan selama user atau pengguna masih terhubung dengan cloud storage melalui jaringan internet. Sebenarnya konsep pada hal yang satu ini sama dengan konsep file server pada suatu perusahaan. Namun biasanya perbedaan terdapat pada media storage yang dikelolas oleh provider cloud. Pengelolaan oleh provider cloud ini kemudian dijadikan sebagai suatu layanan penyimpanan file yang bisa diakses dari internet.

Dengan adanya cloud storage ini maka Anda kini bisa melakukan penyimpanan dan pengolahan data secara aman. Anda tak perlu khawatir lagi mengenai data Anda sebab layanan tersebut dapat memberikan jaminan bahwa data Anda akan tersimpan dengan aman. Anda kini hanya membutuhkan layanan internet saja agar bisa terhubung ke layanan ini. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan suatu perusahaan terutama dalam melakukan penyimpanan dan pengolahan data.

Keuntungan Cloud Storage

Sebenarnya layanan cloud storage yang dapat diakses melalui jaringan internet ini bukanlah merupakan hal yang baru. Di masa sebelumnya layanan ini lebih dikenal dengan sebutan virtual drive. Namun setelah berkembang trend cloud computing maka layanan ini lebih dikenal dengan sebutan cloud storage yang dinilai memiliki banyak keunggulan.

Adapun jenis layanan ini pada dasarnya dapat memberikan banyak keuntungan termasuk bagi perusahaan yang menggunakannya. Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh dari adanya layanan jenis ini adalah kemudahan dalam proses penyimpanan file. Jadi Anda tidak perlu membawa file kemana-mana sebab Anda bisa mengakses data yang telah tersimpan melalui cloud storage. Dengan adanya layanan dari s ini maka semua data bisa diakses dari mana saja melalui jaringan internet. Tentu saja hal ini pada akhirnya akan memudahkan user karena pekerjaan user jadi lebih mudah dan juga lebih efektif serta efisien.

Selain itu layanan penyimpanan data melalui cloud storage juga bisa dilakukan secara gratis atau free. Salah satunya adalah layanan yang disediakan oleh Google Drive dan dapat Anda manfaatkan tanpa biaya dengan kapasitas 5 GB. Namun untuk menggunakannya tentu Anda perlu mendownload aplikasinya serta menginstalnya sehingga layanan ini bisa digunakan. Layanan penyimpanan file data dapat dilakukan secara gratis juga tersedia melalui aplikasi lain. Misalnya seperti dropbox dan skydrive serta amazon cloud drive. Kesemuanya ini dapat dinikmati secara gratis sehingga pengeluaran perusahaan bisa semakin irit. Anda tentu kini bisa berhemat dalam melakukan penyimpanan file data karena Anda bisa memanfaatkan layanan cloud storage secara free.

Memilih Cloud Storage

Dalam memilih layanan cloud storage tentu Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah kelengkapan aplikasi yang nantinya akan berhubungan dengan fleksibilitas akses file. Tersedianya berbagai aplikasi kliens ini sebaiknya bisa digunakan untuk berbagai macam platform komputer seperti misalnya smartphone dan laptop serta tablet. Selain itu hal yang juga perlu untuk dipertimbangkan dalam memilih cloud storage adalah fitur sync. Fitur ini pada dasarnya hanya tersedia untuk aplikasi yang ada pada perangkat laptop atau desktop.

Dalam hal ini rupanya Anda bisa memilih salah satu folder untuk kemudian disinkronkan pada layanan cloud storage. Adanya fitur sync ini tentu saja akan mempermudah Anda sebagai user dalam mengakses file yang terdapat pada layanan berbasis internet tersebut. Akses file juga bisa dilakukan tanpa perlu masuk terlebih dahulu ke halaman tersebut sehingga penerapan ini akan semakin mempermudah Anda. Dalam memilih layanan yang tepat sebaiknya Anda menyesuaikan pada kebutuhan Anda.

Manfaat Cloud Storage

Cloud storage yang merupakan layanan penyimpanan file dan dapat diakses melalui internet memiliki beberapa manfaat, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Salah satu manfaat dari layanan cloud storage ini adalah sebagai alat berbagi. Layanan ini dapat digunakan untuk membagi file Anda kepada orang lain.
  • Cloud storage memiliki fungsi sebagai auto-synchronize sehingga Anda tidak perlu repot mengunggah file yang akan disebarkan.
  • Selain itu layanan ini juga bermanfaat untuk memudahkan Anda dalam pengarsipan data. Dengan melakukan hal ini maka Anda bisa mencegah kerusakan data atau mungkin saja kehilangan data. Penyimpanan data memang harus terjamin keamanannya sebab data menjadi bagian penting pada suatu perusahaan.

  • Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah keunggulannya yang membuat Anda dan rekan kerja Anda bisa melakukan kolaborasi di lingkungan perusahaan. Anda dan karyawan lainnya bahkan bisa saling bertukar pikiran dan ide serta pendapat sehingga segala pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan secara efektif. Tentu pekerjaan Anda bisa menjadi lebih cepat selesai. Dalam hal ini yang dimaksud dengan berkolaborasi adalah bekerja secara bersama-sama di lingkungan perusahaan atau kantor. Pada saat berkolaborasi maka Anda bisa melakukan pengontrolan data misalnya mengirim file. Pengiriman file akan tetap sama dan tidak akan berubah bila dilakukan dengan menggunakan layanan berbasis internet ini. Anda bahkan bisa menambahkan beberapa catatan bila ada perubahan.
  • Manfaat lain dari cloud storage adalah memudahkan Anda untuk menyimpan data secara gratis. Di masa sekarang ini tentunya setiap perusahaan ingin mengeluarkan biaya yang sedikit namun mendapatkan fasilitas terbaik bagi bisnisnya. Untuk itu Anda bisa menggunakan layanan tersebut yang bisa membantu Anda dalam bekerja secara hemat.

Dengan melihat pada penjelasan di atas, tentunya layanan cloud storage merupakan jenis layanan terbaru yang memang banyak memberikan manfaat. Sehingga semua penyimpanan data jauh lebih optimal dan jauh lebih efektif. Demikian pula dengan penggunaan software keuangan perusahaan yang tepat. Seperti misalnya menggunakan JojoExpense untuk menyimpan data keuangan perusahaan dengan lebih optimal. Melalui penggunaan produk ini maka dapat membantu menyimpan semua bukti keuangan perusahaan baik yang keluar maupun yang masuk dengan lebih sistematis. Selain itu juga mudah untuk diakses secara mobile dan dimana saja serta kapan saja. Melakukan approval jauh lebih mudah dan lebih cepat. Dengan demikian otomatis produk ini membantu langkah kerja tim keuangan perusahaan yang jauh lebih efektif serta efisien.

Tentunya segala kemudahan tersebut tercipta karena sematan fitur menarik pada JojoExpense. Mulai dari fitur Cash Advanced with Flexible Verification Flow, Cash Advance Partial Reporting., Restriction Policies for Cash Advance Request, Cash Advance Account Receivable Receipt, Direct Bank Transfer (Virtual Account), Multi-Currency Transaction, dan masih banyak lagi. Sehingga tentu saja tidak perlu merasa ragu lagi jika ingin menggunakan produk ini. Jadi, tunggu apa lagi, segera coba gratis produk ini di perusahaan Anda dan buktikan sendiri kemudahannya. Biarkan sistem keuangan perusahaan Anda lebih transparan, lebih sistematis dan lebih mudah untuk diakses kapanpun. Percayakan saja proses keuangan Anda hanya bersama JojoExpense.