CMO Adalah Pusat Pengatur Marketing Perusahaan

CMO adalah

Chief marketing officer atau CMO adalah orang yang bertanggung jawab atas seluruh proses pemasaran dalam perusahaan. Seorang CMO mempunyai tanggung jawab atas para marketing officer dalam perusahaan. Keputusan yang akan dibuat akan berdampak kepada seluruh MO. Sehingga yang harus memiliki pengetahuan yang lebih dalam untuk permasalahan pemasaran ini.

Pemasaran bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Karena pemasaran tidak hanya soal menjual dan memproduksi saja. Tapi juga bagaimana membuat sebuah branding yang dapat menjadikan perusahaan terkenal. Dengan terkenalnya perusahaan maka akan lebih mudah setiap produk yang ditawarkan untuk dibeli oleh konsumen.

Maka sudah jelas CMO adalah sebuah jabatan yang memerlukan ketelitan serta pengetahuan tentang peluang pasar. Sebenarnya apa saja peran penting dari seorang CMO ini?. Inilah beberapa peran penting seorang CMO dalam perusahaan.

CMO Adalah Maestro Brand Image

Pembentukan sebuah brand image oleh CMO adalah fungsi utama yang memegang peran krusial didalam perusahaan. Sebuah produk tidak akan laku keras di pasaran apabila brand image buruk. Untuk itulah CMO harus melakukan riset terlebih dahulu. Sebelum benar-benar memutuskan brand image apa yang akan ditunjukkan oleh produk ini.

Kemudian selanjutnya CMO juga harus melakukan Market Placement. Artinya peletakan produk pada pasaran yang tepat. Contohnya jika perusahaan memproduksi produk makanan maka, pasaran yang disasar adalah para pecinta kuliner. Serta tempat yang dituju adalah beberapa lokasi strategis seperti tempat hiburan dan lain-lain.

Posisi CMO adalah sebuah jabatan yang cukup strategis sekaligus riskan. Ia bisa begitu saja disalahkan ketika terjadi penurunan terhadap omset perusahaan. Jika CMO tidak memiliki dasar keilmuan ataupun kecerdasan dalam memutuskan sebuah keputusan maka ia akan lebih cepat mengalami degradasi oleh pihak manajemen.

Tidak banyak orang yang sanggup untuk menangani sebuah brand image didalam perusahaan. Apalagi ketika sebuah perusahaan baru mengeluarkan produk. Jika sampai pemberian brand image yang dilakukan perusahaan salah. Maka produk itu bisa dikenal sebagai sebuah kegagalan selama-lamanya.

Perencanaan Penjualan Serta Pembiayaan

Sebagai orang yang mengepalai seluruh MO, CMO adalah orang yang paling bertanggung jawab atas perencanaan penjualan serta biaya yang perlu dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk produksinya. Kalkulasi cerdas harus mereka lakukan demi terwujudnya sebuah harga ideal produk.

Tidak sampai disitu saja chief marketing officer juga akan terlibat dengan rencana penjualan yang akan ditetapkan. Ia harus memberikan kejelasan bagaimana cara menjual produk ini agar bisa laku keras dipasaran. Setiap detailnya harus diberikan agar menjadi acuan para MO di perusahaan tersebut.

Rencana yang telah ditentukan juga kemudian harus diawasi oleh CMO dan para MO agar bisa berjalan dengan lancar. Pada bagian ini CMO adalah jabatan yang harus pertama mengetahui jalannya pemasaran produk di pasaran. Sehingga ia dapat memberikan solusi jika terjadi sebuah hal yang tidak diinginkan seperti tidak lakunya produk di pasaran.

Disinilah kreatifias dari seorang chief marketing officer harus diuji. Dengan tugas yang sangat banyak. Ia harus tetap bisa memantau jalannya penjualan agar selalu berdasarkan seperti yang telah disepakati didalam meeting bersama seluruh anggota perusahaan.

Fungsi Ekspansi Dengan Menggunakan Peluang

Ekspansi dalam sebuah perusahaan haruslah terjadi. Jika hal ini tidak terjadi maka perusahaan akan cenderung mengalami keterpurukan. Maka CMO adalah orang yang harus bisa melihat peluang ekspansi dan memanfaatkannya untuk kemajuan perusahaan.

Peluang ini bisa berupa pengembangan produk baru ataupun juga sebagai sarana strategi pemasaran yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas keuntungan perusahaan. Bagaimanapun intinya CMO harus selalu memperhatikan perkembangan dan kemunduran yang dialami oleh perusahaan. Jadi ia tidak pernah bisa lepas dari statistik perkembangan perusahaan.

Pentingnya CMO adalah hal yang begitu wajar. Maka sangatlah normal apabila orang dengan jabatan ini dapat memiliki jumlah gaji yang cukup fenomenal. Karena tanggung jawab dan pekerjaannya yang terbilang besar serta sulit. Hanya orang-orang dengan mental baja saja yang akan mampu bertahan dalam posisi CMO ini.

Seluruh perkembangan pemasaran yang akan dialami oleh perusahaan adalah buah pikiran para CMO. Kemudian buah pikiran ini dikembangkan kembali oleh pihak manajemen. Maka layaklah CMO harus kita apresiasi kehadirannya didalam sebuah perusahaan.

Orientasi Terhadap Konsumen

Karena pekerjaannya berfokus kepada pemasaran. Maka CMO adalah jabatan dimana mereka harus mengerti kebutuhan dan keinginan para konsumen. Tidak saja hanya sebatas minat tapi kebencian mereka terhadap sesuatu juga harus dipahami oleh CMO. Sehingga perusahaan bisa membuat sebuah produk yang sangat cocok untuk seluruh konsumen.

Alternatif yang sudah sering digunakan adalah dengan memanfaatkan pengiklanan yang kreatif serta mengundang minat para konsumen untuk membeli produk. Membangun minat konsumen pada produk adalah tujuan utama dilakukannya pengiklanan ini.

Tugas pertama untuk bisa menarik konsumen adalah dengan memahami mereka secara lebih mendalam. Sehingga diakhir CMO bisa menyediakan konten iklan bermutu yang bisa menarik minat para konsumen untuk membeli setiap produk.

Penyediaan Informasi Yang Detail

Seringkali beberapa perusahaan mencantumkan syarat dan ketentuan dengan sangat kecil. Sehingga ketika iklannya inovatifnya bisa menarik pelanggan. Tapi sayangnya karena syarat dan ketentuan ini tidak begitu jelas. Akhirnya malah memunculkan komplain dari pelanggan karena ketidak puasaannya.

Untuk apa membuat sebuah iklan apabila konsumen akhirnya tidak melakukan pembelian produk anda. Maka CMO adalah orang paling bertanggung jawab untuk menyediakan seluruh syarat dan ketentuan serta informasi lengkap mengenai produk yang diiklankan.

Jangan sampai buat konsumen merasa seperti terjebak ketika membeli produk anda. Karena dampaknya akan sangat buruk untuk perkembangan perusahaan itu sendiri. Jadi pastikan cantumkan setiap syarat dan ketentuan dengan lebih jelas agar bisa dipahami oleh para konsumen yang akan menikmati produk perusahaan anda.

JojoExpense Optimalkan Marketing Perusahaan

Penggunaan JojoExpense akan mempermudah setiap pekerjaan CMO. Karena perangkat lunak ini memiliki fungsi yang cukup bisa diandalkan dalam bidang pemasaran. Hanya dalam beberapa kali memasukkan perintah saja anda sudah bisa mendapatkan informasi akurat terkait pengeluran perusahaan.

CMO adalah bagian sumber daya manusia yang paling diuntungkan ketika perusahaan menggunakan JojoExpense. Perkembangan perusahaan bisa dimonitor dengan mudah oleh JojoExpense. Memanfaatkan perangkat lunak ini maka anda sudah dapat dipastikan untung berkali-kali lipat.

Real time Geo tagging dan intelligence OCR memungkinkan CMO mendeteksi lebih cepat penipuan yang terjadi didalam arus kas perusahaan. Maka tidak akan ada lagi kebocoran dana perusahaan. Lalu profit yang didapatkan oleh perusahaan bisa diketahui dengan lebih efisien lagi.

Manajemen keuangan dengan konsep paperless akan menekan biaya pengeluaran perusahaan dengan cukup signifikan. Ketika perusahaan menggunakan JojoExpense maka manfaat dokumentasi paperless ini akan bisa anda rasakan.

Seluruh keuntungan yang sangat banyak ini bisa anda nikmati dengan segera setelah menginstal perangkat lunak versi demo dari JojoExpense.