CMO Adalah Posisi Penting Yang Penuh Tanggung Jawab

CMO adalah

CMO adalah salah satu jabatan yang menjadi bagian dari divisi marketing. CMO merupakan singkatan dari Credit Marketing Officer dan CMO ini paling banyak dijumpai di perusahan finance atau leasing. Perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan umumnya juga memiliki CMO. Selain itu CMO juga banyak dijumpai di lembaga bank. CMO merupakan suatu jenis pekerjaan lapangan sehingga sangat cocok bagi Anda yang suka bekerja di luar kantor. Sedangkan dimasa sekarang ini tampaknya semakin sedikit orang yang mau bekerja di lapangan termasuk sebagai CMO.

Minat masyarakat terhadap pekerjaan yang dilakukan di luar kantor atau di lapangan tampaknya semakin menurun sehingga hal ini bisa berdampak buruk untuk kelangsungan suatu perusahaan. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus dan dibiarkan begitu saja maka hal ini akan membuat perusahaan mengalami kerugian. Sebab bagaimanapun juga orang yang bekerja di lapangan terutama tim marketing merupakan ujung tombak bagi suatu perusahaan.

Melalui kegiatan marketing inilah maka suatu perusahaan dapat memperoleh omset penjualan. Bahkan profit perusahaan bisa semakin meningkat jika tim marketing bisa melakukan tugasnya dan berhasil mencapai target sasaran. Walaupun pekerjaan sebagai CMO membutuhkan banyak waktu bagi Anda untuk bekerja di lapangan namun sebenarnya insentif dan benefit yang diterima oleh seorang CMO bisa saja lebih besar.

Tugas dan Tanggung Jawab CMO

Seorang CMO tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting dalam suatu perusahaan. Salah satunya adalah menjalankan fungsi marketing. CMO harus bisa menarik dan mendapatkan nasabah. Semakin banyak konsumen yang menjadi nasabah bagi CMO maka akan semakin besar pula insentif yang akan diterimaoleh seorang CMO. Selain itu seorang CMO juga memiliki tugas lain yang tak kalah penting yaitu menganalisis data pengajuan kredit oleh konsumen. Pada dasarnya seorang CMO harus menguasai keahlian menghitung DSR atau Debt Service Ratio calon konsumen yang akan diajukan. Melalui penghitungan inilah maka CMO bisa memperkirakan apakah calon konsumen yang didapatkan tersebut bisa diterima ataukah ditolak oleh credit analis.

CMO juga hendaknya melakukan tugas survey seperti halnya seorang surveyor. Sebab seorang CMO haruslah mengerti kondisi rumah calon konsumen. Dengan melakukan survey maka CMO dapat mengetahui kualitas konsumen dan turut menentukan apakah nantinya permohonan kredit konsumen ini akan diterima atau ditolak. Perlu diketahui lebih lanjut beberapa hal yang menjadi aspek dalam suatu survey yaitu pendapatan bulanan konsumen dan jumlah beban atau tanggungan konsumen. Selain itu jenis pekerjaan serta kondisi rumah konsumen juga turut menjadi pertimbangan dalam hal survey. Seorang CMO juga perlu menjaga kelancaran kredit bulanan konsumen yang menjadi tanggungan dari konsumen terkait. Dengan kata lain CMO bukan hanya mementingkan marketing saja tetapi juga kualitas kredit konsumen. Setidaknya konsumen jangan sampai terlambat dalam melakukan pembayaran di tiap bulan. Dalam hal ini seorang CMO sudah seharusnya menjaga kualitas angsuran kredit konsumen di tiap bulan agar pembayaran atau angsuran bisa dibayar sebelum jatuh tempo.

Tugas terakhir dari CMO adalah mempertahankan hubungan yang baik dengan para konsumen. Jika seorang credit analys sudah memberikan persetujuan terhadap calonkonsumen atau nasabah maka CMO perlu tetap mempertahankan kualitas konsumen. Pembayaran yang dilakukan oleh konsumen bagaimanapun juga turut berpengaruh terhadap kinerja CMO. Sebab CMO akan dinilai berhasil jika mendapatkan konsumen yang disiplin dalam membayar angsuran.

Tips Menjadi CMO

Berbagai tips mungkin bisa Anda jalani agar bisa menjadi seorang CMO yang handal. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah dengan membuat strategi marketing. Setidaknya melalui strategi marketing inilah maka Anda bisa mencapai target konsumen. Mungkin saja Anda bisa membuat suatu kegiatan promosi yang dapat menarik konsumen sehingga para konsumen menjadi tertarik dan berminat untuk menjadi nasabah Anda.

Hal lain yang perlu Anda kuasai adalah pengetahuan mengenai produk yang ditawarkan. Sudah seharusnya Anda mengenal betul produk yang ditawarkan sehingga kelebihan dari produk yang ditawarkan bisa Anda sampaikan kepada para konsumen. Di samping itu Anda juga perlu menguasai pasar. Artinya Anda perlu memahami perilaku konsumen agar Anda dapat bertindak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Kemudian yang bisa Anda lakukan sebagai seorang CMO adalah memperluas jaringan bisnis dan hubungan pertemanan dengan siapa saja. relasi yang luas dan hubungan pertemanan yang baik akan memungkinkan bagi Anda untuk bisa mendapatkan banyak nasabah. Kualitas Anda sebagai CMO sudah seharusnya diketahui banyak orang sehingga para konsumen akan mempercayai Anda sebagai seorang CMO. Oleh karena itu Anda harus memiliki sikap selalu optimis dan pantang menyerah. Dengan kegigihan Anda maka sudah tentu Anda dapat menjadi seorang CMO yang handal dan bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan terkait.

CMO Adalah Peranan Penting

Adanya CMO pada suatu perusahaan sangat penting. Peran CMO adalah sebagai poin di perusahaan bahkan mungkin saja menjadi bagian yang terpenting pada suatu perusahaan. Teruatam pada perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan leasing. Seorang CMO memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat pada sebuah perusahaan. CMO setidaknya harus memilikikeahlian dalam hal pemasaran sehingga bisa mendapatkan beberapa nasabah dengan jumlah yang tepat dan sesuai target. Oleh karena itu menjadi CMO haruslah memiliki strategi tersendiriagar dapat memasarkan produk keluaran perusahaan. Dengan kinerja yang optimal maka CMO bisa mendapatkan banyak nasabah yang tentunya akan semakin menguntungkan bagi suatu perusahaan.

Dari penjelasan di atas, tentu secara tidak langsung kita menjadi paham peranan CMO adalah cukup penting. Sama pentingnya dengan peranan pengolahan data keuangan perusahaan yang tepat. Oleh sebab itu sebaiknya pastikan penggunaan produk yang sesuai untuk memastikan keuangan perusahaan tercatat dengan rapi serta mudah untuk diakses. Salah satunya melalui penggunaan JojoExpense yang akan membantu memberikan manfaat berikut ini:

  • Penyimpanan data keuangan baik pengeluaran dan pemasukan yang detail serta akurat. Sehingga mudah untuk ditelusuri termasuk menghitung komponen laba rugi perusahaan.
  • Efektifitas kerja yang dilakukan secara otomatis, sehingga mengurangi pekerjaan manual yang dilakukan oleh tim keuangan perusahaan.
  • Mudah diakses karena fitur mobile yang digunakan. Termasuk kemudahan approval kapan saja dan dimana saja dalam penggunaan keuangan perusahaan.
  • Menghindari resiko terjadi pemalsuan maupun penipuan pada keuangan perusahaan.

Tentunya berbagai manfaat tersebut dapat tercipta berkat fitur menarik yang ditawarkan oleh JojoExpense. Misalnya saja yaitu fitur Mobile Approval, Capture Expenses, Budget Controlling, Reimburse via App & Web, Cash Advanced, dan lain sebagainya. Dengan fitur tersebut tentu tidak perlu lagi terdapat keraguan bagi yang berminat untuk mencoba produk tersebut. Segera dapatkan coba gratis JojoExpense di perusahan Anda sekarang juga. Buktikan segera kemampuan produk ini dalam mengelola keuangan perusahaan lebih baik dan sistematis. Bersama dengan JojoExpense, dijamin keuangan perusahaan jauh lebih efektif dan lebih efisien dalam banyak hal.