Manfaat dan Keuntungan Co-Working Space

Co-working atau coworking atau kerja sama pada dasarnya merupakan cara bekerja di tempat yang saling berbagi dan menjalin hubungan profesional. Di era saat ini, tempat yang biasanya dipergunakan adalah di café. Di tempat ini, baik individu ataupun suatu perusahaan seperti start up bisa bekerja bersama. Namun, tidak semua café atau tempat bisa dipergunakan.

Tempat seperti café harus menyediakan ruangan kecil. Ruangan inilah yang dipergunakan untuk tujuan tertentu. Misalnya untuk rapat, untuk presentasi ataupun untuk urusan kantor tertentu. Sedangkan di bagian luar, selain di ruangan, juga bisa dipergunakan untuk bekerja dengan lebih santai.

Fenomena dan Manfaat Co-Working Space

Bukan hal yang baru jika semakin lama semakin banyak ruang untuk bekerja sama seperti di café, terutama di kota besar. Di tahun 2017 sendiri pertumbuhan industry ruang kerja sama ini naik hingga 15%. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan jika ruang untuk kerja sama ini memberikan suatu alternatif untuk bekerja selain di kantor yang relatif mahal.

Co-workingTempat yang menjadi ruang untuk bekerja sama ini memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Namun, koneksi internet adalah fasilitas yang harus disediakan. Ini disebabkan karena umumnya, yang bekerja di ruang kerja sama ini butuh koneksi untuk bekerja sama dengan pihak lain.

Selain itu, di co-working space seperti café, biasanya juga disediakan tempat rapat yang memungkinkan Anda untuk melakukan diskusi, aneka makanan dan minuman yang bisa dipesan. Selain itu, ada juga yang menyediakan alamat virtual untuk tujuan legalitas. Di beberapa tempat juga disediakan resepsionis professional sehingga bisa membantu untuk menerima surat ataupun paket dan tamu yang masuk (datang).

Ada beberapa keuntungan ketika Anda memutuskan untuk bekerja di ruang atau space yang disediakan secara bebas ini. Diantaranya adalah:

  • Memungkinkan kolaborasi atau kerja sama dengan pihak lainnya. Dengan begitu, bisnis yang dibangun bisa berkembang dengan lebih baik.
  • Bertemu dengan orang yang bisa menjadi mitra bisnis, bahkan konsumen.

Keuntungan Bekerja di Co-working Space

Bekerja tidak di dalam ruangan kantor dan justru di tempat terbuka seperti di co-working space ternyata memiliki keunggulan atau kelebihan tersendiri. Berikut ini merupakan keunggulan bekerja di ruang bersama:

1.     Lingkungan yang Kondusif

Tidak bisa dipungkiri, ada kalanya Anda butuh ruang sendiri yang bervariasi dan tidak ada nuansa atau aura yang mencekam. Di co-working space umumnya mengaplikasikan tema greenplace. Sehingga banyak tanaman yang sengaja ditempatkan di tempat tersebut. Salah satunya adalah untuk memberikan nuansa dan suasana yang lebih sejuk.

Co-working

Karena hal tersebut, atmosfer kerja menjadi lebih positif. Apalagi Anda dapat lebih fleksibel dan bekerja dengan rekan kerja yang lain, walaupun bukan dari 1 perusahaan. dengan begitu, produktivitas juga akan semakin meningkat.

2.     Saling Berbagi Ilmu dan Potensi Membuka Bisnis Lain

Walaupun Anda termasuk tipe penyendiri atau enggan atau merasa gugup kala bertemu dengan orang lain, namun, kemungkinan untuk saling berbagi ilmu lebih tinggi. Ini disebabkan karena ada kalanya saat Anda di co-working space, Anda tidak tahu mengenai hal tertentu, mau tidak mau harus bertanya ke orang. Dari hal tersebut, Anda bisa bertanya-tanya ke orang itu, misalnya mengatasi masalah tersebut jika kedepannya terjadi lagi.

Dari hal sederhana tersebut, Anda lama kelamaan dapat menambah relasi. Bahkan beberapa diantaranya bisa dijadikan rekan bisnis Anda. selain itu, Anda juga bisa saling berbagi ilmu. Misalnya hal yang Anda kurang tahu bisa ditanyakan ataupun Anda bisa memberitahu apa yang orang tersebut tanyakan.

Cara seperti simbiosis mutualisme ini bisa menguntungkan kedua belah pihak. Apalagi jika orang tersebut merupakan salah satu orang potensial yang bisa Anda ajak kerja sama. bisa jadi, bisnis anda justru semakin baik setelah bertemu dan saling berbagi mengenai masalah seperti managemen proyek.

3.     Masuk ke Radar Media

Salah satu cara agar perusahaan mendapatkan perhatian lebih adalah dengan eksposure dari media. Namun, jika Anda hanya ada di kantor tanpa keluar, walaupun Anda menghubungi kantor media tersebut, media juga tidak akan mudah untuk tertarik dengan perusahaan Anda. dengan keluar, misalnya bekerja di ruang bersama, setidaknya orang tahu jika perusahaan tersebut ada, apalagi untuk perusahaan startup.

Co-working

Dengan bekerja di ruang terbuka, kesempatan berkenalan dengan orang baru semakin besar. Sehingga kemungkinan bertemu dengan media juga semakin besar. Apalagi tidak sedikit media yang sengaja untuk berkunjung untuk mengulas ruang terbuka atau apapun yang sedang dilakukan di tempat tersebut. Karena hal tersebut kemungkinan dikenal akan semakin luas.

4.     Mendapatkan yang Diperlukan

Ada banyak hal yang akan Anda bisa dapatkan kala berada di co-working space. Salah satunya adalah relasi dan juga makanan atau minuman yang bervariasi. Misalnya Anda sedang melakukan meeting dengan pihak luar lalu butuh cemilan, anda hanya perlu untuk memesannya.

Butuh untuk tele conference? Anda hanya perlu meminta untuk disambungkan, misalnya dengan menggunakan proyektor. Karena ruang bersama saat ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap, Anda tidak perlu bingung juga membutuhkan hal tertentu, seperti untuk presentasi.

Siapa yang Bisa Menggunakan Ruang Bersama?

Semua orang bisa menggunakan co-working space. Baik Anda yang masih mahasiswa, pelajar, freelance, pebisnis startup ataupun profesional dapat menggunakan ruang bersama tersebut. Namun, akan lebih menguntungkan ketika Anda memiliki bisnis dan bekerja di ruang bersama.

Akan tetapi, biasanya di awal-awal jika suatu usaha banyak yang mengerjakan di ruang terbuka, untuk bekerja sama akan susah. Apalagi, ada file yang disimpan di PC yang ada di kantor seperti data keuangan. Ada banyak cara yang bisa ANda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Misalnya dengan selalu melakukan back up data seperti di flashdisk.

Co-working

Cara tersebut efisien jika datanya sedikit, namun jika besar, akan sangat menyusahkan. Karena itu, butuh cara lain dan salah satunya adalah dengan JojoExpense. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan sistem cloud, sehingga data yang tersimpan bisa langsung disimpan dalam ‘ruang penyimpanan’ tersebut. Jadi, dimanapun Anda bekerja termasuk di co-working space, Anda tidak perlu khawatir jika butuh data tersebut.

Manfaatkan JojoExpense Saat Bekerja di Co-working Space

Ada beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan di JojoExpense. Misalnya reimburse lewat aplikasi ataupun website, control budgeting dan mobile approval. Dengan fitur tersebut, Anda bisa melakukan reimburse dimanapun Anda mau dan mengontrol keuangan menjadi lebih mudah.

Apalagi ada mobile approval yang memungkinkan Anda untuk bisa melakukan acc dimana saja dan kapan saja. Dengan begitu, pengajuan dana yang mendadak dan urgent bisa segera teratasi dengan baik.

Untuk informasi lebih lanjutnya, bisa cek langsung di https://jojonomic.com/produk/jojoexpense-reimburse-online/. Jangan lupa untuk mencoba versi gratisnya JojoExpense untuk tahu seberapa mudah menggunakan aplikasi akuntansi ini. Coba sekarang dan segera nikmati kemudahannya!