Comp Strategy Untuk  Meningkatkan Retensi Karyawan 

comp strategy

Adakah sebuah strategi yang ampuh untuk membuat karyawan lebih nyaman di perusahaan?. Ada satu strategi untuk meningkatkan kenyamanan pegawai yaitu comp strategy atau strategi kompensasi. Maksud dari strategi ini adalah dengan memberikan kompensasi kepada pegawai untuk meningkatkan kenyamanan mereka dalam berkerja. 

Istilahnya adalah retensi, comp strategy ini adalah salah satu cara dalam retensi didalam perusahaan. Sedangkan  arti dari retensi sendiri adalah segala cara yang akan  dipakai perusahaan untuk mempertahankan  pegawai. Termasuk memberikan kompensasi lebih. 

Seperti yang sudah dipahami bahwa tujuan utama pegawai dalam berkerja bukan hanya soal passion. Tapi juga karena  bayaran atau upahnya. Dengan comp strategy tentu saja akan membuat karyawan berpikir ribuan kali untuk keluar dari sebuah perusahaan. 

comp strategyRetensi Pada Sebuah Perusahaan Dan Kesuksesan 

Kenapa perusahaan harus menerapkan comp strategy sebagai jalan retensi?. Alasan utamanya cukup mudah. Dengan memberikan kompensasi lebih karyawan rela terus berkerja dengan giat. Walaupun setiap pekerjaan yang dilakukannya terasa berat sekalipun. Ini karena pemahaman bahwa dalam hidup manusia harus berkerja keras. 

Sebaliknya karyawan akan dengan mudah meninggalkan pekerjaan jika bayaran atau upah yang didapatkannya tidak sebanding. Apalagi dengan semakin melonjaknya berbagai harga bahan pokok di negara ini. Hal ini mendorong setiap individu untuk mendapatkan uang yang semakin banyak. Nominal pengeluaran perbulannya harus terus bertambah jika ingin mendapatkan kehidupan layak. 

Penggunaan kompensasi dalam comp strategy bisa  beragam. Kompensasi yang diberikan bisa berupa  materiil atau sebuah sarana  dan prasarana. Tentu saja sarana tersebut sebanding jika diperhitungkan secara materiil. 

Tapi kebanyakan perusahaan tidak mau repot dan menggunakan uang sebagai kompensasinya. Sebagian lagi mempertimbangkan  sarana sebagai  sebuah kompensasi  yang bisa bertahan lebih lama dan terjangkau untuk budget pengeluaran perusahaan. Nilai kompensasi didalam comp strategy juga menjadi  ciri khas pembeda dari setiap perusahaan. 

Bagi calon pegawai pasti akan mempertimbangkan kompensasi yang akan didapatkannya jika mendaftarkan diri didalam sebuah perusahaan. Sebab itulah kompensasi juga bisa menjadi sebuah daya tarik untuk mendatangkan berbagai pegawai dengan talenta unggulan. 

Secara umum ada tiga jenis kompensasi didalam comp strategy yang bisa diberikan kepada karyawan oleh perusahaan. Ketiga kompensasi ini bisa diterapkan dan disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan itu sendiri. Berikut adalah beberapa ulasan jenis kompensasi. 

Kompensasi Materiil Secara Langsung 

Jenis inilah yang paling sering digunakan oleh sejumlah perusahaan untuk diberikan kepada pegawai sebagai kompensasi. Pemberian kompensasi materiil berupa uang memang dikenal lebih ampuh dan efisien. Bentuknya bisa melalui THR, bonus bulanan atau tahunan serta bisa juga karena reward kehadiran. 

Lebih jelasnya comp strategy yang menggunakan materiil uang akan disukai oleh karyawan. Banyak perusahaan yang telah mencoba strategi untuk mempertahankan karyawan melalui kompensasi dengan jenis ini. Dampak yang diberikan juga sangat baik bagi perusahaan. 

Bisa dibilang jenis kompensasi ini termasuk pemberian secara langsung oleh perusahaan. Karena manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh karyawan. Jumlah pendapatan dari upah karyawanpun akan bertambah karena mendapatkan kompensasi jenis ini. 

comp strategyPemberian Kompensasi Secara Tidak Langsung 

Untuk jenis kompensasi tidak langsung dalam comp strategy. Pihak pegawai memang tidak langsung menerima kompensasi berupa uang dari perusahaan. Tapi manfaat yang didapatkannya bahkan bisa lebih membuat pegawai tersebut merasa beruntung. Pemberian seperti ini bisa berupa akses internet ataupun rumah dinas. 

Institusi pemerintahan lebih senang untuk memberikan kompensasi jenis ini kepada para pegawai negeri. Para PNS mendapatkan kompensasi seperti rumah dinas dan juga kendaraan. Manfaat yang bisa dirasakan secara berkepanjangan membuat institusi negara selalu menjadi incaran para pencari kerja. 

Beberapa perusahaan ternama sudah menggunakan comp strategy secara tidak langsung. Mereka memberikan fasilitas berupa kendaraan jemputan ataupun mendapatkan keuntungan lainnya. Kompensasi jenis ini lebih bisa bertahan lama dan memiliki keunggulan dibandingkan pemberian secara materiil. 

Kompensasi Berupa Non Fisikal 

Dalam artian kompensasi ini tidak berwujud. Kategori comp strategy yang masuk kedalam jenis ini adalah lingkungan kerja dan juga pelatihan. Seperti pelatihan memang tidak berwujud tapi dampak positif bagi karyawan bisa dirasakan olehnya. Metode pemberian kompensasi  non fisikal lebih menjurus untuk memberikan hal positif kepada karyawan. 

Brand perusahaan atau reputasi baik dari tempat kerja juga bisa termasuk kedalam kompensasi ini. Contohnya adalah jika anda berkerja dalam perusahaan multi nasional seperti Google pasti akan memberikan kebanggan  tersendiri. 

Maka brand dan juga nama baik bisa digolongkan kedalam comp strategy berupa non fisikal. Ternyata meningkatkan nama baik dan brand bagi sebuah perusahaan bisa memberikan kompensasi sebagai nilai plus tambahan.  

Penerapan Comp Strategy Didalam Perusahaan 

Tentu saja penerapaannya akan berbeda-beda setiap perusahaan. Ada yang memang memiliki ketiga kompensasi seperti diatas. Sedangkan yang lainnya hanya menggunakan dua atau satu dari jenis kompensasi tersebut. Pemberian kompensasi ini tergantung dari ukuran perusahaan. Biasanya semakin besar perusahaan maka comp strategy yang digunakan lebih banyak. 

Pemberian kompensasi ini juga menjadi sebuah indikator kesuksesaan sebuah perusahaan. Apalagi jika melihat pengertian pemberian kompensasi berupa non fisikal. Walaupun non fisikal tapi tidak semua perusahaan bisa memberikan kompensasi jenis ini kepada karyawannya. 

Hanya perusahaan dengan branding yang baik bisa memberikan kondisi kompensasi seperti ini kepada pegawainya. Tapi secara keseluruhan maksud utama dari kompensasi ini adalah untuk mempertahankan pegawai agar bisa terus berkerja dengan maksimal didalam sebuah perusahaan. 

Lebih lanjut perusahaanpun harus menambah perhitungan pengupahan jika menerapkan comp strategy. Jika ada pertambahan pendapatan pada setiap karyawan maka pajak yang dikenakan akan berbeda. Untuk mempercepat dan memaksimalkan payroll maka pihak perusahaan harus menggunakan perangkat lunak. 

Jojo Payroll agar manfaat tunjangan harian cepat dibayarkanJojoPayroll Permudah Comp Strategy 

Perangkat lunak yang bisa diaplikasikan untuk strategi kompensasi ini adalah JojoPayrollSoftware yang dibuat oleh Jojonomic ini telah dipasang pada lebih dari 300 perusahaan ternama. Tentu saja seluruh perusahaan tersebut telah semakin maju dari sistem payrollnya semenjak menggunakan perangkat lunak ini. 

Adanya JojoPayroll akan sangat membantu HR maupun akuntan dala memperhitungkan payroll karyawan. Pertama dengan perangkat lunak ini pihak manajemen tidak perlu lagi melakukan transfer payroll secara satu-persatu. Ia bisa mengirim kepada 150 akun bank sekaligus melalui perangkat lunak jojopayroll. 

Pencetakan slip elektronik yang sangat efisien akan memotong biaya pengeluaran perusahaan. Image yang diberikan kepada perusahaanpun akan baik karena telah ikut mengurangi penggunaan kertas. Atau lebih dikenal dengan go green. 

Integrasikan pembayaran payroll dengan absen secara mudah melalui perangkat lunak JojoPayroll. Perhitungan secara otomatis dan akurat karena menggunakan teknologi yang mutakhir akan sangat membantu dalam pembuatan payroll ini. 

Rasakan perbedaan manajemen payroll ketika perusahaan anda menggunakan versi demo dari perangkat lunak ini. Downloadlah perangkat lunak ini secara gratis di Jojonomic sekarang juga.