Apakah Ada Cuti Melahirkan Bagi Laki-Laki?

cuti melahirkan laki-laki

Tidak hanya perempuan yang memiliki cuti untuk melahirkan namun juga laki-laki. Akan tetapi, peraturan cuti melahirkan bagi laki-laki berbeda dengan perempuan. Biasanya, untuk perempuan, waktu cuti biasanya sekitar 2-3 bulan. Namun untuk laki-laki, rata-rata adalah sekitar 1 bulan saja. Untuk tahu lebih lanjut, berikut penjelasannya.

Apa itu Cuti Melahirkan bagi Laki-Laki?

Cuti melahirkan bagi wanita adalah wajib namun untuk laki-laki, hal ini masih terdengar asing di Indonesia. Padahal, cuti melahirkan bagi laki-laki sudah ditetapkan dalam undang-undang.

Di UU No 12 th 2003 pasal 93 ayat 4 huruf (e) yang mengatur mengenai ketenagakerjaan mengemukakan, jika laki-laki mendapatkan cuti untuk mendampingi istri saat melahirkan selama 2 hari.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoTimes hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

cuti melahirkan bagi laki-lakiPadahal jika dirunut, proses untuk melahirkan bayi biasanya butuh waktu sekitar 2-5 hari. Sehingga, waktu 2 hari untuk cuti bagi karyawan laki-laki sangatlah kurang.

Pemberian cuti untuk karyawan pria saat istrinya sedang melahirkan ini ditunjang dengan beberapa alasan, diantaranya yaitu:

1.      Paternity Leaving

Wujud nyata dari dukungan pemerintah dalam program PUG atau pengarusutamaan gender. Apalagi, posisi atau peran suami saat istri melahirkan sangatlah penting. Adanya suami di sisi istri tidak hanya akan menjadi penyangga saat melahirkan namun juga pendorong semangat.

2.      Mengurangi Resiko Depresi untuk Ibu

Berdasarkan data, hampir 80% perempuan mengalami baby blues dimana terjadi gangguan suasana hati setelah melahirkan. Jika kondisi ini terus diabaikan maka akan membuat ibu menjadi depresi dan bahkan tidak mau menyentuh anaknya sendiri. Akibatnya, anak menjadi tidak terurus.

3.      Bonding

Adanya sosok suami saat istri melahirkan juga bisa membantu meningkatkan ikatan antara ayah dan anak atau yang disebut dengan bonding. Apalagi, setelah melahirkan, dalam Islam, ayah juga bisa mengadzani anak. Selain itu juga bisa membantu untuk menyiapkan kebutuhan untuk ibu dan anak terutama setelah di rumah.

4.      Meningkatkan Kinerja Karyawan Laki-Laki

Saat istri sedang melahirkan, suami tidak akan tenang saat bekerja. Selain itu, adanya cuti ini juga bentuk penyetaraan atau keadilan perusahaan yang diberikan ke karyawan. Diharapkan dengan hal tersebut, akan membantu untuk meningkatkan kinerja dan mendorong semangat.

Aturan Cuti Melahirkan bagi Laki-Laki

Jika berdasarkan pada UU tentang ketenagakerjaan, cuti melahirkan bagi laki-laki hanya 2 hari. Namun, kemudian, ada perusahaan swasta yang mempersilakan untuk cuti maksimal 2 bulan.

cuti melahirkan bagi laki-lakiDi Indonesia sendiri, ada yang memberikan cuti selama 5 hari namun untuk PNS, berdasarkan pada peraturan kepala BKN No 24 th 2017 mengenai cara pemberian cuti PNS, cuti yang diberikan bisa sampai 1 bulan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sebelum PNS mengajukan cuti, harus menyampaikan dan mengajukan terlebih dahulu CAP atau Cuti alasan penting yang sudah ditentukan. Setelah itu, PNS bisa mengambil cuti melahirkan maksimal 30 hari.

Saat pengajuan cuti tersebut, Anda juga harus menyertakan surat keterangan rawat inap. Surat tersebut dipergunakan sebagai bahan pertimbangan, berapa lama waktu cuti yang diberikan. Sayangnya, cuti tersebut, sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan, masih sebatas untuk dirawat di rumah sakit.

cuti melahirkan bagi laki-lakiSaat PNS mengajukan cuti untuk melahirkan, maka pegawai tersebut masih akan mendapatkan tunjangan, gaji dan fasilitas. Namun jika cuti diajukan di luar tanggungan Negara seperti perpanjangan cuti, maka PNS tersebut tidak memperoleh hak seperti gaji, tunjangan dan fasilitas. Lama cuti perpanjangan pun hanya maksimal 1 tahun.

Akan tetapi, cuti tersebut diberlakukan untuk PNS laki-laki. Untuk yang non-PNS, saat ini belum ada peraturan resminya sehingga biasanya lama cuti yang diberikan ke karyawan laki-laki saat istrinya melahirkan, tergantung dari peraturan perusahaan. Belum adanya keseragaman lama cuti untuk karyawan swasta membuat tidak sedikit orang yang merasa kurang adil.

Pengaturan Gaji untuk Cuti Melahirkan Bagi Laki-Laki

Setiap karyawan laki-laki yang mengambil cuti melahirkan sesuai dengan ketentuan perusahaan atau pemerintah, tetap akan mendapatkan gaji atau tidak dipotong. Untuk PNS, gaji sudah diatur oleh pemerintah. Sedangkan untuk perusahaan swasta, gaji yang diterima tergantung dari perusahaan yang menaungi.

cuti melahirkan laki-laki

Data cuti tersebut akan direkap dan kemudian menjadi salah satu pertimbangan untuk pemberian gaji. Jika cuti melebihi ketentuan, maka akan ada potongan dengan besar yang sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Jika dalam penghitungan dan pencatatan aktivitas dan kinerja karyawan tidak dilakukan dengan benar, termasuk dalam input cuti yang diambil karyawan, akan menimbulkan kesenjangan dan akhirnya kondisi keuangan perusahaan tidak akan baik. Untuk itu, Anda perlu software atau aplikasi yang untuk penghitungan absensi atau monitoring aktivitas seperti Jojotimes Absensi Online.

Ada keuntungan yang bisa anda nikmati saat Anda menggunakan Jojotimes Absesni Online, diantaranya adalah:

1.      Membantu untuk Memonitoring Aktivitas Karyawan

Akan ada fitur pengenalan wajah dan uga GPS yang akurat sehingga sebagai HRD, Anda akan dapat mengetahui apa yangs edang karyawan lakukan. Misalnya apakah karyawan tersebut akan pergi ke pertemuan ataupun membolos.

2.      Menghemat Waktu Rekap Laporan

Setiap absensi dari karyawan yang hadir akan terdata dan mempermudah Anda untuk membuat rekapan atau laporan seperti untuk absensi bulanan. Cara ini akan sangat membantu Anda terlebih untuk Anda yang memiliki pekerjaan yang sangat banyak di akhir bulan atau menjelang gajian.

Selain itu, karena sudah menggunakan sistem, akan membantu untuk meminimalisir eror yang biasanya terjadi karena human error. Dengan begitu, hasil laporan akan lebih akurat.

3.      Fleksibel Mengontrol Kebijakan Lembur dan Cuti

Salah satu hal yang agak menyusahkan saat perhitungan gaji adalah cuti dan lembur. Hal ini disebabkan karena saat cuti, karyawan tetap akan mendapatkan haknya menerima gaji sedangkan untuk lembur, biasanya akan diberikan charge tambahan misalnya untuk uang makan.

Dengan Jojotimes, Anda akan lebih mudah untuk mengurus dokumen yang berisi mengenai data karyawan yang cuti dan lembur. Sehingga Anda juga akan lebih banyak waktu untuk mengerakan pekerjaan yang lain.

Absensi Online Jojotimes

Aplikasi seperti Jojotimes Absensi Online memiliki fitur yang bisa Anda pergunakan, yaitu:

  • Accurate GPS location via Geotagging sehingga karyawan tidak akan bisa membohongi letak atau lokasi dimana mereka berada.
  • Fake id detection untuk meminimalisir penyusupan karyawan atau adanya absensi palsu.
  • Mobile check in and check out yang akan memudahkan Anda untuk bisa absensi dimana saja dan kapan saja. Misalnya Anda sedang bertemu klien, maka Anda akan langsung bisa mengajukan atau melakukan absensi sesuai dengan lokasi Anda.

Untuk menikmati fasilitas dan fitur dari Jojotimes Absensi Online, Anda bisa mencoba terlebih dahulu versi gratisnya. Rasakan perbedaan antara menggunakan Jojotimes dengan cara manual. Anda tidak akan kecewa setelah menggunakannya. Apalagi jika menggunakan yang berbayar, Anda akan mendapatkan fitur tambahan yang tidak ada di versi gratis.

Jadi, tunggu apalagi, segera kunjungi Jojotimes dan permudah kegiatan penyusunan laporan cuti karyawan Perusahaan Anda sekarang juga!