CV (Curriculum Vitae): Pengertian, Yang Perlu Dicantumkan dan Contoh

Ada yang menarik nih di artikel ini buat kamu-kamu adik-adik yang baru ingin melamar kerja. Yak betul! Ini tentang CV. Apa pengertiannya, apa yang perlu dicantumkan, kesalahan apa saja yang perlu dihindari, dan sebagainya. Pokoknya artikel ini penting banget buat kamu-kamu para freshgraduate di luar sana yang ingin melamar kerja. Tentunya melamar kerja membutuhkan skill dalam membuat CV menjadi secantik mungkin bukan? Simak yuk artikel di bawah ini!

Pengertian CV (Curriculum Vitae)

Salah satu dokumen yang wajib disiapkan dalam proses melamar kerja adalah Curriculum Vitae atau CV. Dokumen ini berisikan informasi detail mengenai data diri seseorang seperti nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir hingga latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoTimes hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tidak ada batasan panjang yang bisa dibuat, yang terpenting adalah bagaimana dokumen ini bisa memuat semua informasi untuk menggambarkan pengalaman akademis dan profesional Anda.

Untuk mengetahui dengan baik mengenai komponen yang harus dimasukkan dan bagaimana cara membuatnya, perhatikan beberapa penjelasan berikut:

Apa Saja yang Harus Dicantumkan dalam CV?

Data Pribadi

Mulailah dengan memasukkan informasi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon dan alamat email. Anda juga bisa memasukkan penjelasan mengenai bidang pekerjaan yang Anda kuasai atau minati.

Pengalaman Kerja

Beri keterangan tentang apa saja posisi yang pernah Anda tempati dengan masing-masing job description secara singkat. Selain pekerjaan resmi, Anda juga bisa memasukkan informasi mengenai pengalaman magang atau bahkan kegiatan kerelawanan atau pun kegiatan tertentu.

Riwayat Pendidikan

Sedikit berbeda dengan resume yang fokus pada informasi mengenai pengalaman pekerjaan saja, dokumen CV ini juga harus berisikan informasi detail tentang sejarah pendidikan Anda. Misalnya sekolah dan universitas tempat Anda mengenyam pendidikan, serta gelar yang berhasil Anda dapat.

Pengalaman Organisasi

Pengalaman organisasi ini juga penting dicantumkan. Biasanya sebagai pertimbangan apakah kamu memiliki kepemimpinan yang mumpuni. Semakin banyak pengalaman organisasi kamu semakin menarik CV kamu, sebab itu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang terbiasa bekerjasama dengan orang lain dan memiliki kepemimpinan.

Pengalaman Pelatihan/Seminar

Pengalaman pelatihan atau seminar juga penting dicantumkan. Dengan banyaknya pelatihan atau seminar yang dicantumkan membuat kamu terlihat seperti orang yang cukup berkompetensi dan memiliki keahlian yang diperlukan.

Referensi

Terakhir, sertakan daftar atau kontak referensi. Orang-orang ini adalah mereka yang bisa memberikan informasi mengenai pengalaman bekerja dengan Anda.

Kesalahan Membuat CV yang Harus Dihindari

Ada beberapa kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pencari kerja ketika membuat CV. Jika fatal, bahkan beberapa kesalahan ini bisa menjadi penyebab Anda ditolak oleh perusahaan yang dituju:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.
  • Jangan terlalu kreatif, melainkan buatlah secara profesional dengan tampilan sederhana termasuk penggunaan font. Gunakan kertas biasa berwarna putih dan tinta hitam ketika mencetak. Namun poin ini bisa saja tidak berlaku untuk beberapa profesi tertentu yang berkaitan dengan desain dan kreativitas, seperti desainer grafis misalnya.
  • Tidak bertanya lebih dulu mengenai format yang dibutuhkan oleh perekrut. Sebaiknya tanyakan dulu kepada pihak perekrut, format seperti apa yang mereka inginkan. Jika tidak ada ketentuan khusus, gunakan format standar seperti .docx atau .pdf.
  • Berbohong. Data atau informasi palsu yang Anda cantumkan hanya akan merugikan Anda. Pasalnya bisa saja Anda malah ditempatkan pada posisi atau jabatan yang sebenarnya bukan bidang yang dikuasai sehingga karir Anda tidak dapat berkembang.
  • Tidak perlu memasukkan informasi personal seperti hobi atau minat Anda terhadap sesuatu yang tidak berhubungan dengan posisi yang dilamar.
  • Pastikan Anda tidak menggunakan email dengan nama yang tidak profesional. Nama email yang asal-asalan bisa dinilai negatif.
  • Tidak memeriksa kembali CV yang dibuat, seperti typo, kesalahan nama, grammar, keterangan tertentu dan sebagainya. Selalu cek ulang kembali isi dokumen yang telah dibuat, atau minta bantuan orang lain untuk ikut membacanya (proofread). Kesalahan penulisan bisa membuat Anda dinilai tidak teliti dan tidak peduli.

Pentingnya CV yang Bagus

Seberapa penting sih CV yang bagus terhadap pekerjaan yang Anda lamar? Jawabannya, sangat penting. Bayangkan saja, untuk satu posisi pekerjaan di sebuah perusahaan yang akan Anda lamar, ada puluhan bahkan ratusan orang lain yang berminat untuk melamar ke posisi tersebut. Ratusan aplikasi lamaran dan curriculum vitae sudah dipastikan masuk ke email perekrut untuk posisi itu.

Supaya lamaran Anda tidak dianggap sama dengan yang lainnya, buat curriculum vitae yang sebagus mungkin sehingga dapat menarik perhatian perekrut. Anda dapat memanfaatkan template curriculum vitae kreatif yang penuh warna untuk menuliskan curriculum vitae-mu dibandingkan hanya menuliskannya di atas kertas berwarna putih polos.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan supaya curriculum vitae bisa bagus adalah jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Curriculum vitae yang padat namun ringkas memiliki nilai plus tersendiri dibandingkan curriculum vitae yang panjang. Pasalnya, perekrut akan lebih mudah membacanya dalam waktu singkat tanpa menghabiskan banyak waktu.

Korelasi CV dengan Mendapatkan Pekerjaan

Curriculum vitae yang baik bisa membuat Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Meski sebelumnya Anda sudah menyiapkan beberapa CV yang sama untuk melamar beberapa pekerjaan, tidak ada salahnya jika  mulai membuat berdasarkan pekerjaan yang akan Anda lamar.

Misalnya, Anda akan melamar pekerjaan sebagai pekerja di industri kreatif. Buatlah curriculum vitae yang unik dan out of the box untuk menggambarkan bahwa Anda memang sosok yang kreatif. Selain tampilan secara visual, isi juga sebaiknya disesuaikan juga. Tulislah riwayat pekerjaan yang memang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Dengan begini, hanya melalui curriculum vitae, setidaknya kamu sudah dapat meyakinkan perekrut bahwa kamu memang cocok mengisi posisi tersebut berdasarkan pekerjaan atau project yang pernah kamu kerjakan sebelumnya.

5 Cara Membuat CV yang Menarik Bagi Pemula

Banyaknya curriculum vitae yang masuk ke perekrut, membuat Anda harus bersaing dengan pelamar lain agar curriculum vitae Anda dapat dipilih dan diproses ke tahap selanjutnya. Supaya dilirik, perlu trik khusus. Anda harus membuat curriculum vitae yang semenarik mungkin.

Jika ini adalah pekerjaan pertama, Anda harus persiapkan curriculum vitae sebaik mungkin ya! Perhatikan cara membuat CV untuk pemula supaya curriculum vitae Anda dapat menarik perhatian perekrut.

Merangkum berbagai sumber, begini lho cara membuat curriculum vitae yang menarik untuk pemula yang dapat Anda terapkan. Simak yuk!

Perhatikan apa saja yang harus ditulis

Pertama, cara membuat CV yang menarik untuk pemula adalah selalu perhatikan apa saja yang harus ditulis. Kamu bisa mencari terlebih dulu apa saja yang seharusnya ada di dalam CV. Misalnya, di dalam CV yang menarik untuk pemula biasanya harus selalu tertulis pendidikan terakhir, penjelasan tentang keahlian singkat, hingga pengalaman pekerjaan yang relevan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar.

Perhatikan tulisan dan jangan sampai typo

Setelah Anda sudah tahu apa saja yang harus ditulis, cara membuat CV yang menarik untuk pemula selanjutanya adalah menuliskan informasi mengenai Anda dengan jelas. Tulis dengan hati-hati dan jangan sampai ada typo di tulisan tersebut. Kesalahan ejaan yang Anda tuliskan di CV, dapat  terlihat tidak profesional.

Buatlah CV yang menarik dan mudah dibaca

Jika Anda sudah menuliskan semua hal yang dibutuhkan untuk CV, kini saatnya Anda menyusun informasi tersebut menjadi bentuk yang menarik. Jangan terlalu polos karena akan membuat perekrut bosan dan enggan membacanya, namun jangan pula terlalu ramai karena akan membuat pusing perekrut. Perhatikan pula ukuran font yang Anda gunakan, jangan terlalu kecil dan jangan menggunakan jenis font yang rumit sehingga menyulitkan untuk dibaca.

Jangan terlalu panjang

Menuliskan daftar prestasi dan pekerjaan yang pernah kita raih sebelumnya di dalam CV memang dapat memiliki nilai kebanggaan tersendiri. Tapi, yang harus Anda perhatikan saat membuat CV yang menarik untuk pemula adalah jangan terlalu panjang. CV cukuplah satu halaman saja, sebab perekrut hanya punya waktu singkat untuk membacanya.

Manfaatkan template CV

Terakhir, jika kamu bingung bagaimana cara membuat CV yang menarik untuk pemula, Anda dapat memanfaatkan template CV yang bisa didapatkan secara online. Saat ini sudah banyak template gratis yang dapat Anda akses dan manfaatkan. Anda dapat memilih template menarik yang menggambarkan kepribadian atau pekerjaan yang akan dilamar. Jika CV menarik, dijamin Anda akan berhasil menarik perhatian perekrut.

Bagaimana teman-teman setelah membaca artikel di atas? Sudah siapkah Anda membuat CV sendiri? Nah, setelah info penting yang dibagikan di atas mengenai CV ada hal penting lagi nih yang perlu Anda tahu. Buat teman-teman HRD yang masih menghitung gaji karyawan menggunakan excel, yuk, segera berpindah ke aplikasi HRIS (Human Resources Information System) milik jojonomic. Aplikasi yang mempermudah perhitungan penggajian adalah JojoPayroll. JojoPayroll ini sudah melakukan perhitungan otomatis untuk tiap karyawan loh. Termasuk sudah dikonfigurasi dengan PPH21, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, uang lembur, uang bonus, pemotongan cuti, gaji sesuai absensi. Semuanya sudah terhitung secara otomatis, bahkan jika ada komponen yang mau ditambahkan juga bisa loh, misal kita ingin menambahkan pemotongan gaji karena izin sakit. Bisa banget loh. Bisa juga coba demonya secara graatis kalau penasaran loh. Canggih, bukan? Selamat mencoba ya.