Dampak Dan Solusi Karyawan Tanpa NPWP

Apa saja dampak  dari karyawan tanpa NPWP bagi dirinya sendiri serta perusahaan. NPWP berarti nomor pokok wajib pajak, berisikan 15 digit angka sebagai identitas perorangan untuk membayar pajaknya. Setiap orang yang sudah memiliki penghasilan tetap diwajibkan untuk membayar pajak.

Karyawan ataupun perorangan wajib menyerahkan SPT yaitu surat pemberitahuan tahunan pajak mereka. Apabila seorang karyawan memiliki NPWP mereka dikenakan pajak lebih murah daripada yang tidak ini sesuai dengan kententuan Pph 21 dari direktorat pajak.

Perusahaan yang membantu untuk memberi kesadaran setiap karyawannya untuk memiliki NPWP juga akan dianggap lebih profesional dan kredibel. Karena berbagai kemudahan tentu akan dirasakan oleh perusahaan itu beserta seluruh karyawannya.

Sedangkan apabila karyawan tanpa NPWP akan menerima potongan pajak dari penghasilannya lebih besar yaitu 20%. Contohnya saja apabila gaji kotornya adalah Rp 3.500.000,- maka pajaknya kurang lebih sebesar Rp 700.000,-. Besar sekali memang berbeda apabila anda memiliki NPWP.

Bagi karyawan yang memiliki NPWP potongan pajaknya hanya 5% dari penghasilan kotornya, apabila gajinya Rp 3.000.000,- maka pajaknya hanya Rp 150.000,-. Selain itu penggunaan NPWP juga mendapatkan kemudahan dari berbagai fasilitas yang disediakan.

Solusi Bagi Karyawan Tanpa NPWP

Perusahaan adalah tempat utama untuk menumbuhkan kesadaran wajib pajak kepada setiap orang yang berkerja disana. Langkah pertama untuk mengajak setiap karyawan agar bisa lebih sadar membayar pajak tepat waktu serta membuat NPWP.

Adalah dengan mempermudah mereka saat hendak membuat NPWP. Serta sempatkan waktu untuk membuat seminar sadar pajak agar memberikan informasi lebih mendalam. Perusahaan juga bisa membuat NPWP bagi karyawannya secara kolektif lalu diajukan kepada pemerintah yang bersangkutan.

Dokumen untuk mendaftarkan NPWP juga sangat mudah seperti ktp, surat keterangan kerja. Tapi apabila anda ingin lebih cepat untuk membuat kartu NPWP, anda bisa langsung mendatangi kantor perpajakan atau mendaftar secara online di website resminya.

Keuntungan Memiliki NPWP Bagi Perorangan

Banyak sekali manfaat bagi seseorang yang sudah memiliki NPWP, selain sudah menjalankan kewajiban sebagai warga negara yang baik dengan membayar pajak. Diantara banyaknya keuntungan itu adalah mempermudah pengajuan kredit.

Apabila membicarakan keuangan pasti dalam kehidupan tidak bisa lepas dengan yang namanya kredit. Bagi karyawan tanpa NPWP pengajuan kredit akan sangat sulit, bahkan bisa beresiko mengambil kredit di koperasi ilegal dengan suku bunga besar.

Tentu ini akan sangat merugikan bagi anda, hutang bagi karyawan seharusnya tidak lebih dari 30% pemasukan gajinya. Untuk menghindari itu NPWP sangat berperan penting, pengajuan diberbagai bank besar akan lebih mudah karena informasi keuangan anda sudah ada di NPWP.

Selanjutnya adalah tagihan pajak yang dikenakan lebih murah bagi pengguna kartu NPWP. Pajak wajar bagi orang yang telah memiliki NPWP adalah 5% dari penghasilannya, sangat berbeda dengan yang tidak memiliki yaitu 20%.

Perbedaan 15% akan sangat merugikan anda. Lalu NPWP juga berperan penting saat anda ingin berpergian keluar negeri atau mau berinvestasi disebuah perusahaan. Banyak negara yang membutuhkan NPWP sebagai kelengkapan paspor untuk bisa masuk kesana.

Pembuatan atau pengajuan visa juga akan sangat sulit bagi karyawan tanpa NPWP dan bukan tidak mungkin akan ditolak mentah-mentah. Membuat NPWP merupakan hal yang harus dilakukan demi masa depan lebih baik.

Hindari Resiko Dari Karyawan Tanpa NPWP

Jika anda sudah memahami bahaya apa saja yang mungkin mengintai apabila tidak memiliki NPWP berarti sekarang saatnya untuk menghindari. Mulai menjadi warga negara yang baik dengan sadar akan kewajiban untuk membayar pajak.

Membayar pajak juga merupakan salah satu tindakan bijak untuk membantu negara lebih berkembang. Apabila anda belum bisa membantu negara dengan karya maka setidaknya membayar pajak dapat sedikit meringankan beban indonesia ini.

Memberi penjelasan kepada setiap karyawan tanpa NPWP bahwa apabila suatu saat mereka terkena PHK maka biaya potongan pajak akan sangat besar. Karena tidak membayar secara rutin melalui NPWP dan SPT tahunan, wajib pajak mereka akan diakumulasikan sehingga banyak.

Tentu anda tidak inginkan hasil jerih payah terpotong biaya besar seperti itu. Hindari resiko seperti itu sekarang juga dan mendaftar NPWP segera. Tidak membuat NPWP akan memberikan kerugian yang besar bagi diri pribadi anda serta keluarga.

Anda akan selalu dibayangi perasaan tidak tenang karena lari dari kewajiban membayar pajak, belum lagi setiap gajian menerima potongan besar karenanya. Untuk kehidupan yang lebih baik karyawan tanpa NPWP harus diarahkan agar segera membuatnya.

Hal ini demi kebaikan dirinya maupun perusahaan. Hukuman penjara juga bisa mengenai anda apabila sampai tidak membayar pajak, lamanya hukuman itu paling sedikit 6 bulan dan lama hingga mencapai 6 tahun penjara.

Bangun Kesadaran Bagi Karyawan Tanpa NPWP

Setiap orang pasti memiliki kekurangan, entah dari segi fisik, mental maupun skill. Jika masih ada karyawan didalam perusahaan anda yang belum membuat NPWP mulai berikan informasi mengenai keuntungan apa saja bagi mereka saat memilikinya.

Serta berikan edukasi bahaya apabila karyawan tanpa NPWP itu. Edukasi perlahan akan memberikan dampak positif dan membangun kesadaran mereka, hindari memberi teguran ini justru hanya akan membuat mereka semakin malas membuat NPWP.

Apalagi dengan mencemooh karyawan yang  belum memiliki NPWP tentu dampaknya akan lebih buruk. Apabila rekan kerja anda ternyata belum memiliki NPWP ajak mereka agar membuat, lalu berikan nasehat. Informasi dari rekan kerja biasanya lebih memberikan efek yang dalam dibandingkan, saat informasi itu diberikan oleh atasan.

Bangun lingkungan kerja yang saling menguntungkan dengan sadar bayar pajak. Anggaran ekonomi anda juga akan stabil apabila memiliki kartu NPWP. Sebenarnya pajak yang anda keluarkan juga akan menjadi fasilitas publik.

Fasilitas publik ini juga nantinya bisa anda nikmati sendiri. Contohnya anggaran pajak dipakai untuk membangun sebuah taman yang akhirnya anda  juga akan menikmatinya. Jadi jangan merasa rugi saat mengeluarkan uang untuk membayar pajak.

Mungkin fasilitas yang sedang dibangun tidak bisa anda nikmati tapi, selanjutnya bisa dinikmati oleh anak atau cucu anda. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang menganut asas ekonomi self assessment.

Asas ini berati setiap orang yang memiliki wajib pajak harus menyetor, membayar dan melaporkan secara pribadi kepada negara. Secara simplenya orang-orang diharapkan bisa mandiri dalam masalah wajib pajak. Secara tidak langsung negara memiliki kepercayaan terhadap warganya agar membayar pajak dengan sadar dan tepat waktu.

Jangan sampai menjadi salah satu karyawan tanpa NPWP yang dibayangi oleh berbagai mimpi buruk setiap harinya. Jadilah pribadi yang memiliki masa depan cerah dengan memiliki NPWP, bantu bangun bangsa ini lebih besar lagi dan menjadi salah satu sarana pembangunannya. Apabila saat ini anda masih menjadi karyawan tanpa NPWP, mulai mendaftarkan diri dan rubah keadaan sekarang juga.

Pihak perusahaan juga bisa menggunakan JojoPayroll untuk mendaftarkan karyawannya yang belum memiliki NPWP. Dengan menggunakan JojoPayroll ini semua database karyawan Anda bisa dilihat dengan mudah sehingga Anda cukup mencari data karyawan yang belum memiliki NPWP. Ayo, gunakakan JojoPayroll ini agar kinerja perusahaan Anda jauh lebih effisien