Dasar-Dasar Akuntansi: Cara Mudah Memahami Akuntansi

aplikasi pembukuan akuntansi

Untuk bisa memahami bisnis dengan baik, kita harus paham dasar akuntansi. Dengan memahami dasar akuntansi, diharapkan bisa menjadikan informasi akuntansi sebagai dasar pengambilan keputusan untuk mengelola bisnis dengan baik. Akuntansi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mengenai pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintahan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sebagian orang masih merasa kesulitan dalam menguasai akuntansi, karena banyak hal dan poin-poin tentang akuntansi yang harus dihafal dan diterapkan seolah akuntansi adalah ilmu yang memusingkan. Padahal, jika sudah mengetahui kuncinya, dijamin akuntansi bukan lagi ilmu yang sulit. Oleh karena itu, kali ini kita akan temukan kunci dan cara mudah dalam memahami akuntansi dasar bagi pemula.

akuntansi

Apa itu dasar akuntansi?

Untuk bisa mempelajari suatu ilmu, tentu saja kita harus memahami pengertian dan maksud dari ilmu tersebut. Termasuk juga dalam ilmu akuntansi. Sangat penting diketahui dan dipahami apa itu akuntansi. Secara umum, akuntansi berarti suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang berkepentingan dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Jika pengertian tersebut telah benar-benar dipahami dengan baik, maka akan mudah mempelajari poin-poin selanjutnya dari akuntansi.

Akuntansi adalah pencatatan transaksi keuangan secara sistematis dan komprehensif suatu bisnis selama periode tertentu. Akuntansi juga diartikan sebagai suatu proses merangkum, menganalisa dan melaporkan transaksi keuangan bisnis. Yang dimaksud dengan transaksi, yaitu suatu persetujuan antara dua pihak, dimana salah satu pihak menjual barang atau jasa, sedangkan pihak lain membeli barang atau jasa tersebut. Sebuah transaksi binsis harus bisa diukur nilainya dengan uang atau dengan kata lain bisa dinyatakan dalam mata uang.

Singkatnya, akuntansi dapat diartikan sebagai aktivitas pencatatan siklus keuangan. Secara garis besar, akuntansi adalah rangkaian kegiatan yang mencatat, mengukur, mengidentifikasi, menampilkan, dan melaporkan kegiatan transaksi keuangan. Fungsinya menghasilkan informasi keuangan yang dapat dibaca dan dipahami oleh pihak yang berkepentingan. Pihak-pihak yang berkepentingan ini meliputi:

Pengambil Keputusan Perusahaan (Internal)

Manajer, direktur, pemegang saham, dll. Yang tertarik untuk menganalisis situasi keuangan perusahaan. Selain itu, mengambil keputusan yang tepat untuk kelangsungan perusahaan (prinsip akuntansi going concern).

Pihak Lain di Luar Perusahaan (Internal)

Artinya, investor dan pemerintah. Investor tertarik untuk memahami status keuangan perusahaan. Apakah keadaan keuangan perusahaan dalam keadaan stabil dan menguntungkan (yang dapat mendatangkan keuntungan) sehingga dapat memberikan dirinya sendiri pengembalian yang tinggi dan berkelanjutan dalam bentuk dividen. Di saat yang sama, pemerintah juga berkepentingan dengan informasi keuangan perusahaan terkait masalah perpajakan yang harus dilakukan perusahaan.

Akuntansi juga dikenal sebagai seni mencatat aktivitas transaksi keuangan. Disebut “seni” karena dalam akuntansi tidak ada standar baku yang harus digunakan dalam proses pencatatan dan pemrosesan transaksi keuangan. Sekadar untuk mendapatkan informasi keuangan yang baik (mudah dibaca dan dipahami), persamaan dasar dalam akuntansi harus dipenuhi. Agar dapat mempelajari akuntansi dengan mudah, maka perlu dipahami dan dipahami persamaan akuntansi sebagai prinsip dasar akuntansi, yaitu :

Harta = Utang + Modal

Keluaran atau produk yang dihasilkan oleh proses akuntansi berupa laporan keuangan, dimana laporan tersebut harus disiapkan oleh perusahaan dengan menggunakan standar akuntansi. Laporan lain yang mendukung laporan adalah laporan penjualan dan laporan persediaan. Laporan tersebut nantinya akan berperan penting dalam kegiatan operasional perusahaan.

Perlunya Pemisahan Uang Pribadi dan Bisnis

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis adalah memisahkan uang pribadi dengan uang perusahaan. Untuk itu, semua transaksi yang terjadi antara pemilik bisnis dengan bisnis itu sendiri harus diakui dan dicatat dengan jelas. Antara pemilik bisnis dan bisnis, ada dua transaksi yang terjadi, yaitu sebagai berikut:

  • Capital (Modal), yaitu sejumlah uang yang disetor oleh pemilik bisnis kepada bisnis atau usahanya.
  • Drawing (Pirve), yaitu sejumlah uang yang diambil oleh pemilik bisnis dari bisnis atau usahanya.

Arti penting dasar akuntansi

Pengertian Akuntansi Lengkap dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Akuntansi juga bisa dikatakan sebagai cerminan perusahaan. Karena akuntansi digunakan di semua perusahaan, baik perusahaan swasta maupun perusahaan pemerintah, maka penting untuk mempelajari akuntansi. Perusahaan merupakan badan usaha yang melakukan kegiatan usaha untuk memaksimalkan keuntungan.

Oleh karena itu, akuntansi merupakan bahasa bisnis utama bagi perusahaan untuk berpartisipasi dalam dunia ekonomi. Perusahaan jasa, perdagangan, dan manufaktur melakukan transaksi keuangan dan kemudian menggunakan akuntansi untuk mencatat dan memproses transaksi ini. Kegiatan pencatatan dan pemrosesan tidak sembarangan atau sembarangan, tetapi didasarkan pada sertifikat transaksi valid yang sudah ada. Bukti transaksi tersebut dapat berupa nota penjualan, nota pembelian, kuitansi, retur penjualan, retur pembelian, dll.

Akuntansi memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan perekonomian, yaitu:

  1. Indikator untuk mengukur kemajuan perusahaan. Perusahaan dapat diklasifikasikan sebagai perusahaan yang baik melalui struktur yang wajar, proses akuntansi yang rapi dan benar berdasarkan bukti transaksi yang ada. dan sebaliknya.
  2. Sebagai sistem informasi untuk menghasilkan laporan keuangan, berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan status dan kegiatan ekonomi perusahaan. Fungsi ini seperti yang dijelaskan di atas.
  3. Mengenai kegiatan ekonomi negara, akuntansi juga dapat digunakan untuk menghitung pajak perusahaan yang harus dilakukan oleh negara tersebut.
  4. Sebagai pertimbangan penting bagi investor dalam dan luar negeri yang ingin menanamkan modalnya di perusahaan.
  5. Sebagai alat untuk mendeteksi dan mencegah korupsi atau penyalahgunaan dana di perusahaan swasta atau pemerintah.

Komponen dasar akuntansi

Selanjutnya, kita akan membahas tentang komponen akuntansi. Dalam pencatatan akuntansi, suatu transaksi dicatat dan dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu. Berdasarkan kategori pencatatannya, ada 5 komponen utama pada akuntansi yaitu sebagai berikut:

Assets (Harta)

Ini adalah segala sesuatu yang memiliki nilai dan menjadi kepemilikin perusahaan. Jadi, harta adalah semua kekayaan perusahaan, baik yang terlihat wujudnya atau yang tidak terlihat, yang memiliki nilai uang atau bisa dikonversi menjadi uang dan berguna bagi perusahaan di masa depan. Kekayaan perusahaan ini digolongkan lagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

Current Assets (Harta Lancar)

Akuntansi harta apapun yang waktu pencairannya kurang dari satu tahun. Harta lancar dapat disebut juga sebagai harta dengan likuiditas tinggi. Contoh dari harta lancar, yaitu kas, piutang usaha, persediaan barang dagangan, dan perlengkapan. Berikut ini adalah contoh akun yang termasuk harta lancar:

  • Harta lancar perusahaan yang terdiri dari uang kertas, uang logam, dan kertas berharga yang sifatnya sama seperti uang. Kas merupakan salah satu aktiva yang paling cepat dapat dikonversikan menjadi jenis aktiva lain.
  • Stok barang. Ini biasanya merupakan barang yang dibeli dengan tujuan untuk dijual kembali, dengan harapan akan mendapatkan laba.
  • Ini merupakan klaim atau tagihan terhadap pihak ketiga yang timbul karena adanya suatu transaksi.
  • Piutang wesel. Ini merupakan piutang yang berupa perjanjian tertulis yang dikirim dari debitur kepada kreditur untuk membayar sejumlah uang yang tercantum dalam surat perjanjian tersebut pada waktu tertentu di masa yang akan datang.
  • Seluruh perlengkapan yang dipakai demi kelancaran usaha, yang sifatnya habis dipakai, seperti, pulpen, spidol, kertas, dll.
  • Dibayar di muka. Ini merupakan hal yang dibayar secara langsung pada awal periode untuk jangka waktu tertentu.
  • Surat berharga. Surat berharga atau saham merupakan kepemilikan saham atau obligasi perusahaan lain yang bersifat sementara, yang sewaktu-waktu dapat dijual kembali.

Fixed Assets (Harta Tetap)

Harta tetap berarti ada bentuknya untuk kegiatan operasional perusahaan digunakan lebih dari satu tahun dan tidak untuk dijual. Contohnya, gedung, mesin (peralatan), kendaraan operasional perusahaan, tanah, dan lain-lain.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Intangible Assets (Harta Tak Berwujud)

Harta tak berwujud adalah harta yang tidak memiliki wujud tetapi digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan keuntungan, seperti hak cipta dan hak paten.

 

akuntansi

Liabilities (Kewajiban atau Utang)

Tahukah kamu apa itu liabilities? Liabilities adalah kewajiban perusahaan untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada pihak lain. Salah satu sumber kekayaan pada sebuah perusahaan berasal dari orang-orang yang memberi pinjaman (kreditur), berikut akun berupa jenis-jenis utang:

Utang Lancar

Seperti harta lancar, utang lancar wajib dilunasi dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Contoh dari akun lancar, yaitu:

  • Utang usaha adalah utang yang biasanya karena perusahaan membeli barang dengan cara kredit.
  • Beban yang masih harus dibayar. Intinya, perusahaan menggunakan manfaatnya terlebih dahulu sebelum membayar, seperti utang gaji, perusahaan sudah mendapatkan manfaat dari karyawan yang setiap hari bekerja, tetapi perusahaan baru akan bayar saat akhir bulan.
  • Pendapatan diterima di muka. Kalo yang ini, perusahaan menerima uang terlebih dahulu baru dikerjakan. Jadi, perusahaan memiliki utang ke klien untuk mengerjakan kerjaannya.

Utang Jangka Panjang

Utang jangka panjang adalah utang yang pelunasannya lebih dari satu tahun, dan biasanya di atas tiga tahun. Contoh utang jangka panjang, yaitu:

  • Utang obligasi. Ini adalah utang yang dilakukan sebuah perusahaan dalam membeli surat obligasi.
  • Utang hipotek. Ini adalah utang yang dilakukan menggunakan jaminan. Kalau kamu pernah main board game monopoly, ada istilah hipotek, bukan? Jadi, kalau kamu meminjam uang ke bank menggunakan jaminan misalnya, bangunan milik pribadi dan ketika kamu tidak bisa membayar, maka bank berhak untuk menyita jaminan tersebut sebagai ganti utangnya.

Equity (Ekuitas atau Modal)

Kewajiban perusahaan terhadap pemilik modal yang menanamkan modalnya ke perusahaan. Segala sesuatu yang dimiliki sebuah perusahaan untuk menunjang kinerja dan jalannya sebuah perusahaan tersebut tergolong modal. Jadi selain uang tunai dapat berupa tempat usaha, mesin, komputer, dan lain-lain. Sumber modal dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Modal Internal, yaitu modal yang didapatkan sendiri, dan bisa dari hasil keuntungan, atau memang milik pribadi dari awal.
  2. Modal Eksternal, yaitu modal yang didapatkan dari sumber luar, seperti pinjaman bank.

Income (Pendapatan)

Pendapatan itu adalah nominal yang didapatkan oleh sebuah perusahaan dari hasil penjualan barang atau jasa. Pendapatan bisa juga didapat dari sewa atau bunga. Jika perusahaan menyewakan tempatnya, pasti mendapatkan uang, dan itu masuk ke pendapatan (sewa) atau jika perusahaan meminjamkan uang ke pihak lain dan mendapatkan bunga itu disebut juga pendapatan (bunga). Jadi, pendapatan ada yang berasal dari kegiatan usaha, seperti jual-beli barang dagangan, dan pendapatan di luar usaha, seperti yang tadi sudah disebutkan di atas, yaitu pendapatan sewa dan pendapatan bunga.

Expenses (Biaya/Pengeluaran atau Beban)

akuntansi

Uang yang dikeluarkan perusahaan untuk membiayai operasional usaha. Nah, ini kebalikan dari pendapatan. Segala nominal yang dikeluarin sebuah perusahaan untuk menjalankan usaha disebut beban. Contohnya, yaitu :

  1. Adanya Beban gaji, yaitu beban untuk membayar gaji karyawan sebuah perusahaan.
  2. Beban sewa, misalnya untuk bayar sewa gedung atau alat.
  3. Beban bunga, yaitu beban perusahaan untuk bayar bunga, seperti bunga utang bank.

Manfaat dasar akuntansi

Bidang Bidang Akuntansi Dan Penjelasannya - HAD System

Untuk perencanaan, koordinasi, pengawasan dan pengendalian

Manfaat akuntansi yang pertama adalah sebagai pihak internal yang berhubungan langsung dengan perusahaan, manajer perlu merencanakan, mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan status perusahaan dan proses akuntansi keuangan untuk memberikan informasi keuangan.

Merencanakan dan mengatur acara perusahaan

5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Perusahaan - Warta Kota

Laporan keuangan memberikan data tentang aset tunai dan non tunai perusahaan. Untuk keperluan operasional, perusahaan mensyaratkan data ini valid dan akurat untuk status likuiditas perusahaan. Dengan cara ini, Anda dapat dengan jelas merencanakan apakah perusahaan dapat melakukan pembelian, membayar hutang, dan mengalokasikan sumber daya ekonomi lainnya

Sebagai Dasar untuk hitung pajaknya

Bayar Pajak Tak Perlu Datang ke KPP, Begini Caranya - Bisnis Liputan6.com

Perusahaan wajib membayar pajak kepada negara. Besarnya pajak yang harus dipenuhi disesuaikan dengan situasi laba perusahaan. Keuntungan atau laba perusahaan dalam jangka waktu tertentu dapat dihitung melalui akuntansi. Selain itu, kebijakan perpajakan perusahaan juga dapat ditentukan setelah menganalisis laporan keuangan.

Mendapatkan pinjaman dari kreditor

Cara Cerdas dan Aman Untuk Mendapatkan Pinjaman Dana Tunai - ACC

Kreditor pemberi pinjaman biasanya memiliki persyaratan tertentu, misalnya rasio likuiditas perusahaan harus baik. Rasio ini dapat dihitung dari laporan keuangan, yang membandingkan aset dengan hutang perusahaan saat ini. Kuncinya adalah mencari tahu apakah perusahaan dapat memenuhi kewajiban hutang jangka pendeknya. Kreditor ini dapat berupa lembaga perbankan atau lembaga kreditor lainnya.Menyediakan Informasi

Pembiayaan investor

30 local investors want to join North-South Expressway

Semua pihak pasti akan berhati-hati jika ingin berinvestasi. Hal yang sama biasanya berlaku untuk investor yang menginvestasikan uang dalam jumlah besar. Oleh karena itu, diperlukan sikap kehati-hatian dan pertimbangan matang untuk memutuskan apakah investor akan menyerahkan dananya kepada perusahaan.

Dianggap penting bagi mitra bisnis

Lakukan Tips Marketing Berikut dalam Menjalin Kerjasama dengan Mitra Bisnis  Anda | Berita

Semua pihak pasti akan berhati-hati jika ingin berinvestasi. Hal yang sama biasanya berlaku untuk investor yang menginvestasikan uang dalam jumlah besar. Oleh karena itu, diperlukan sikap kehati-hatian dan pertimbangan matang untuk memutuskan apakah investor akan menyerahkan dananya kepada perusahaan.

Apakah alat akuntansi

Akuntabilitas Bisnis Sosial – Social Investment Indonesia

Manfaat akuntansi yang terakhir adalah tugas manajer untuk menentukan kebijakan yang berkaitan dengan aktivitas operasi perusahaan, termasuk kebijakan keuangan. Apakah kebijakan ini berjalan dengan baik dapat dengan mudah ditentukan melalui laporan keuangan perusahaan di akhir periode.

Setelah membaca dan memahami apa itu akuntansi, berikut terdapat beberapa hal penting jika Anda ingin bisa menguasai akuntansi, yaitu :

  • Agar memahami persamaan akuntansi dan prinsip dasar.
  • Memahami istilah-istilah yang berkaitan dengan akuntansi, seperti jurnal, debit dan kredit, dll.
  • Memahami ruang lingkup akuntansi.

Prinsip dasar akuntansi

Standar akuntansi dan akuntansi keuangan telah distandarisasi untuk mencapai standar berikut:

  • Kewajaran: Laporan keuangan tidak boleh bias dan secara ketat mengikuti prinsip objektivitas.
  • Berguna: Pengguna harus menggunakan laporan keuangan untuk membuat keputusan keuangan yang tepat.
  • Penerapan: Semua informasi harus dinyatakan dengan benar, dan tidak ada data yang harus dihilangkan dari laporan keuangan.
  • Konektivitas: Pengguna harus dapat mengaitkan kinerja satu perusahaan dengan kinerja perusahaan lain, dengan kata lain informasinya harus sebanding.

Tujuan dasar akuntansi

Setelah kita membahas komponen akuntansi, sekarang kita akan balik lagi ke dasar-dasar akuntansi, yaitu tujuan akuntansi. Tujuan akuntansi adalah untuk menyediakan informasi keuangan suatu usaha. Informasi keuangan tersebut biasanya meliputi kinerja, posisi keuangan, serta arus kas perusahaan. Informasi keuangan dirangkum dalam bentuk laporan keuangan. Akuntansi keuangan memiliki empat tujuan utama:

  • Menghitung untung dan rugi agar manajemen dapat mengadopsi strategi pemasaran yang tepat
  • Catat transaksi yang terjadi saat menyiapkan laporan keuangan untuk digunakan
  • Tentukan status keuangan perusahaan dengan melacak aset dan kewajibannya dengan benar
  • Memberikan informasi keuangan kepada pemegang saham melalui laporan keuangan sehingga mereka dapat mengambil keputusan investasi yang tepat.

Laporan Keuangan

Karena tujuan akuntansi itu untuk menyediakan laporan keuangan. Jadi, laporan keuangan adalah output dari system akuntansi. Berikut ini adalah empat laporan keuangan utama pada perusahaan:

  • Terdapat Laporan Posisi Keuangan. Laporan ini juga dikenal dengan istilah Laporan Neraca. Laporan ini menyediakan informasi tentang posisi keuangan sebuah entitas pada titik waktu tertentu. Dalam laporan posisi keuangan disajikan aset, liabilitas dan ekuitas sebuah usaha.
  • Laporan Laba/Rugi. Menyajikan laporan laba bersih (rugi bersih) sebuah usaha selama periode tertentu. Dalam laporan ini disajikan pendapatan yang dihasilkan dan biaya yang terjadi selama periode tertentu.
  • Adanya Laporan Perubahan Modal. Merangkum perubahan atau penyesuaian ekuitas selama periode tertentu (periode yang sama dengan Laporan Laba/Rugi). Pada laporan ini disajikan perubahan pada modal dan laba ditahan.
  • Laporan Arus Kas. Menunjukkan jumlah cash yang masuk maupun yang keluar perusahaan selama periode tertentu (periode yang sama pada Laporan Laba/Rugi dan Laporan Perubahan Modal) meliputi aktivitas operasi, investasi dan keuangan.

Itulah beberapa dasar akuntansi. Dengan penjelasan terkait dasar akuntansi tersebut, maka penjelasan terkait hal inipun selesai. Apakah sekarang kamu sudah lebih paham tentang dasar akuntansi?

Sebenarnya, memahami akuntansi dasar bagi pemula tidaklah sulit seperti yang selama ini dibayangkan. Ayo, Pelajari lebih lanjut JojoExpense dapat memudahkan kamu dalam menjalankan proses akuntansi. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan, serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan muda. Kapanpun di manapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Aplikasi ini akan membantu mengelola keuangan organisasi, sehingga bisa meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran hingga 76% lho! Jadi, ayo coba demonya dan rasakan sendiri manfaat yang kamu dapatkan. Selamat mencoba!