Deadline ; Definisi dan Manfaatnya Untuk Target Kerja

Program Kerja Adalah

Perusahaan dengan kesibukan produksi yang padat tentu memiliki target untuk para karyawannya. Target yang ditetapkan tersebut sering disebut dengan Deadline atau tenggat waktu. Makna sebenarnya dari kata ini adalah batas waktu.

Sehingga para karyawan akan mengetahui batasan mereka untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dengan begitu mereka tidak akan terlalu sering menyia-nyiakan waktu dalam pekerjaan. Lebih jelasnya kita akan bahas mengenai deadline didalam artikel berikut ini.

Apa yang dimaksud Deadline ?

Pekerja lepas ataupun kantor pasti akan merasakan dampak dari batas waktu yang telah diberikan oleh pihak perusahaan ini. sudah menjadi sebuah procedural standar perusahaan untuk memberikan batas watu ini. selain sebagai warning atau peringatan, hal ini dapat memacu akselerasi pekerjaan para karyawan.

Tentu saja dibalik deadline selalu saja ada punishment dan reward yang akan diberikan oleh perusahaan. Penggunaan batas waktu ini tidak terpaut hanya kepada pekerja kantoran saja. melainkan bagian produksi dan lapangan juga pasti akan merasakan dikenakan batas waktu pekerjaan oleh pihak manajemen. Inilah beberap kiat ampuh yang bisa anda gunakan ketika diberikan batas waktu.

Apakah Anda termasuk pegawai yang merasa keberatan dengan adanya deadline dan target dalam pekerjaan Anda? Jika iya, sebaiknya mulai sekarang Anda harus berpikir ulang dan berusaha untuk menikmati deadline dan target kerja.

Karena adanya deadline dan target kerja itu justru akan memberikan manfaat yang positif untuk perkembangan diri Anda. Lagipula percuma jika Anda berusaha untuk tidak menyukainya, masalahnya di setiap perusahaan pasti akan memiliki target kerja tapi skalanya berbeda-beda.

Saya sendiri sering mendapati teman yang sedang mencari pekerjaan, tapi dia tidak suka dengan perusahaan yang memberikan target kerja. Seolah-olah adanya target menjadikan beban kerja bagian. Hhm, sesungguhnya orang-orang yang seperti itu adalah orang yang merugikan diri sendiri. Semoga Anda tidak seperti itu.

Banyak manfaat yang tidak Anda sadari tentang adanya deadline dan target kerja ini. Cobalah untuk berpikiran terbuka dan Anda akan mendapatkan banyak hikmah di dalamnya.

1. Membuat Ritme Kerja Lebih Teratur

Dengan adanya target, membuat Anda harus menuntaskan pekerjaan waktu demi waktu. Anda pun jadi punya patokan waktu kapan pekerjaan itu harus dikerjakan dan diselesaikan. Dengan seperti ini Anda akan termudahkan dan ritme kerja menjadi lebih teratur tidak serampangan.

Beda jika tidak ada target maupun deadline, Anda pun pada akhirnya cuma sekedar kerja tanpa ada tujuan yang jelas.

2. Pekerjaan Lebih Efektif dan Cepat Selesai

Seorang pegawai sering lembur salah satunya dikarenakan tidak bisa menuntaskan pekerjaan tepat waktu. Mengapa tidak tepat waktu? Karena ia tidak menjadikan deadline atau target kerja sebagai tujuannya. Dengan adanya target maka Anda tak banyak membuang-buang waktu untuk pekerjaan yang tak perlu. Anda bisa fokus untuk menuntaskan pekerjaan yang sudah ditentukan targetnya tersebut.

Bayangkan saja kalau Anda pergi ke kota tapi tak punya tujuan. Pasti pada akhirnya cuma muter-muter saja dan buang-buang waktu. Pekerjaan tanpa target ya seperti itu.

3. Menjadikan Tolok Ukur Kesuksesan

Ketika Anda sudah menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dan target, Anda pun bisa menilai hasilnya apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau belum. Jika setiap pekerjaan memiliki target maka Anda pun bisa selalu melakukan penilaian dan sebagai tolok ukur kesuksesan Anda dalam menuntaskan pekerjaan.

4. Meningkatkan Tanggung Jawab

Waktu yang telah ditetapkan untuk menyelesaikan pekerjaan dan target yang harus dicapai membuat Anda memiliki tujuan kerja yang jelas. Ini akan berdampak pada tanggung jawab kerja Anda yang meningkat. Karena jika tidak ada target Anda pun hanya sekedar bekerja tanpa punya tujuan.

Manfaat itu semua akan Anda dapatkan jika Anda memang berkeinginan untuk menjadi pegawai yang hebat. Tapi jika Anda hanya ingin menjadi pegawai yang biasa-biasa saja ya yang ada hanya berkeluh kesah karena mendapatkan deadline dan target kerja.

Perlu Anda ketahui, dengan adanya deadline dan target kerja ini maka cara kerja Anda akan berubah ke arah yang lebih baik. Jika progres Anda baik, bisa jadi Anda mendapatkan prestasi yang baik di perusahaan. Jadi mulai sekarang ayo jadikan deadline dan target sesuatu yang harus ada dalam pekerjaan Anda. Bukannya malah meminta ditiadakan.

Deadline Lebih Mudah Dengan Tips Berikut

Terkadang bahkan Mungkin kita sering bercengkerama dengan yang namanya Deadline / Batas Waktu. Pada saat kuliah atau bekerja, kita sering menemui istilah deadline. Apakah deadline itu? Deadline adalah batas terakhir mengumpulkan/mengerjakan tugas atau pekerjaan. Mengapa kita senang mengumpulkan tugas di deadline?

Sebenarnya sih bukan senang, tapi sering melakukan hal-hal seperti itu. Penyebabnya adalah tidak ada perencanaan, ada perencanaan tapi tidak ditepati, ada kesulitan dalam mengerjakan tugas dan memerlukan banyak usaha untuk menyelesaikannya, dan pekerjaan belum selesai juga hingga menjelang detik-detik terakhir.

Deadline menyenangkan karena memberikan batas terakhir, memaksa kita untuk mengerjakan tugas dalam periode tertentu, sehingga pekerjaan cepat selesai, tidak berlarut-larut mengerjakannya.

Deadline menyebalkan, karena memacu adrenalin, membuat otak tidak bisa fokus dalam berpikir yang ada di otak adalah deadline-deadline, dengan segala konsekuensinya. Menghantui dan membuat tidur tidak nyenyak. Apalagi kalau kita sadar kesalahan berada di pihak kita. Kita telah melakukan kesalahan fatal, yaitu menunda pekerjaan, sehingga deadline tinggal menunggu hari atau jam saja.

Menyelesaikan deadline sebenarnya cukup simple, mengingat sudah menjadi kewajiban bagi karyawan untuk menyelsaikan pekerjaannya tepat waktu. Tapi akan selalu ada saja hambatan yang menghalanginya untuk menyelsaikan kewajibannya tersebut. Dengan tips ini anda akan bisa lebih teratur dalam menyelesaikan setiap batas waktu yang diberikan oleh perusahaan.

Berikut ini Tips bagaimana menyelesaikan Deadline :

1. Kerahkan Hati Dan Passion Anda

Jika anda sudah diberikan sebuah pekerjaan terlebih lagi, sudah memiliki tanggung jawab didalam perusahaan. Maka anda harus bisa mengerahkan seisi hati untuk menyelsaikan segala tuntutan perusahaan. Seringkali karayawan salah kaprah mereka selalu berpikir bahwa passion dan hati mereka tidaklah tepat didalam pekerjaan ini.

Padahal ketika anda sudah mendapatkan pekerjaan seharusnya. Anda mulai mencintai apapun pekerjaan anda serta mulai mengembangkan passion dari tanggung jawab yang telah diemban. Jangan membuat berbagai alasan irasional yang akhirnya malah membuahkan rasa malas.

Dengan mengerahkan hati dan juga passion penyelsaian deadline akan lebih cepat. Jalur yang benar untuk mengurangi beban kerja anda adalah dengan menyelsaikan setiap pekerjaan sebelum batas waktu. Anda juga akan memiliki rutinitas kerja yang lebih baik jika selalu menyelsaikan pekerjaan dengan bagus.

2. Buatlah Ritme Kerja Sesuai Nada Deadline

Sebuah kewajiban untuk karyawan adalah menyelsaikan pekerjaan sebelum masa akhir deadline. Ini artinya anda harus bisa membuat ritme kerja yang pas. Sesuaikan ritme pekerjaan dengan setiap batas waktu yang telah diberikan oleh pihak manajemen perusahaan.

Dengan membuat sebuah ritme kerja yang sesuai anda akan merasakan tanggung jawab lebih mudah terselsaikan. Kunci keberhasilan memang sepenuhnya berada di tangan anda pribadi. Bagaimana cara anda membentuk sebuah ritme kerja yang selalu bisa memenuhi tuntutan pekerjaan.

Itu terserah anda, hanya saja satu yang harus diingat adalah patokan utamanya merupakan deadline itu sendiri. Sesuaikan waktu istirahat dan juga pekerjaan anda berdasarkan batas waktu yang telah ditentukan. Jika memang manajemen menginginkan pekerjaan yang diberikan kepada anda lebih cepat selsai. Maka anda jangan keberatan, cukup tambah saja jam kerja anda.

3. Tentukan Skala Prioritas Dan Pencapaian

Jika seluruh hal selalu didikte oleh pihak perusahaan, tampaknya perkembangan dari karyawan akan sangat lambat. Maka dari itu perlu adanya sebuah skala prioritas berdasarkan pemikiran anda sendiri. Sehingga pencapaian deadline lebih mudah terrealisasi. Tanpa ada beban yang anda rasakan.

Dengan penentuan target ini anda akan lebih aware tentang batas waktu yang telah ditentukan. Simplenya skala prioritas ini menjadi sebuah tujuan setiap harinya. Tanpa tujuan yang jelas anda akan cenderung berleha-leha ketika menjalani pekerjaan. Lebih lanjut peran serta karyawan akan terlihat jika mereka menentukan target sesuai dengan batas waktu yang telah diberikan.

Target ini bisa dimulai dengan pemecahan total pencapaian yang harus digapai oleh seorang karyawan. Misalkan saja perusahaan mengharuskan deadline pada hari sabtu dengan pencapaian produksi kain 60 eksemplar Koran. Berarti anda perhari harus menyelsaikan 10 atau 15 eksemplar untuk mengejar batas waktu yang telah ditentukan.

4. Tidak Perlu Lembur Melainkan Berkerja Efektif

Lembur sebenarnya bukanlah sebuah pilihan yang baik. Karena anda harus terus berkerja dalam kondisi tubuh yang kurang fit. Tapi ini adalah akibat jika anda tidak berkerja dengan efektif. Kebutuhan perusahaan harus terpenuhi, maka dibuatlah deadline. Tapi pencapaian setiap karyawan tampaknya sangat beragam dan tidak bisa disamakan begitu saja.

Beberapa karyawan rela melakukan lembur untuk mengejar batas waktu pengerjaan tanggung jawabnya. Padahal seharusnya mereka bisa menyelsaikan seluruh pekerjaannya dengan efektif. Jika tidak berleha-leha. Slogan berkerja dengan cerdas tampaknya adalah sebuah hal yang baik untuk diterapkan pada hal ini.

Jangan mau untuk berkerja ekstra hanya untuk mengejar deadline. Anda cukup berkerja dengan maksimal dan efektif saja. selalu akan ada solusi untuk berbagai pekerjan yang sulit sekalipun. Ini artinya pertimbangan kemungkinan lainnya dalam penyelsaian pekerjaan anda.

5. Gesit Saat Berkerja

Gercep atau gerak cepat adalah singkatan yang harus sering dilakukan ketika anda mendapatkan deadline. Begitu diberitahukan batasan waktu pekerjaan, maka saat itu juga anda harus langsung mengerjakan tugas anda. semakin gesit anda dalam menyelsaikan setiap pekerjaan.

Maka batas waktu ini tidak akan pernah membayang-bayangi anda didalam keseharian. Sebaliknya jika anda tidak bisa berkerja dengan gesit dan cenderung berleha-leha. Maka sudah pasti batas waktu malah akan menghantui anda. akhirnya dalam istirahatpun anda tidak akan bisa bersantai. Karena pikiran selalu terbayang oleh tugas yang belum terselsaikan.

Selalu ambil selangkah didepan deadline setelah ditetapkan. Sehingga anda bisa mengungguli batas waktu yang telah ditentukan. Semakin cepat seluruh tugas anda diselsaikan. Maka akan semakin banyak waktu istirahat anda, itu saja mungkin bisa memacu anda untuk segera menyelsaikan setiap batas waktu yang telah diberikan.

Solusi Menyelesaikan Deadline Tepat Waktu

Berikut tips atau jurus jitu agar pekerjaan yang dikejar deadline dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu:

Menyusun Urutan Pekerjaan

Anda bisa melakukan penyusunan pekerjaan secara runtun menjadi beberapa bagian, gunakan jangka waktu yang cukup dalam melakukan pembagian pekerjaan. Jika anda telah mengorganisir pekerjaan secara teratur, maka anda akan lebih fokus dan lebih ringan dalam mengerjakan semuanya.

Untuk meringankan anda dalam mengorganisir pekerjaan anda saat deadline, gunakanlah 7 aplikasi manajemen waktu yang sudah kami ulas pada artikel sebelumnya.

Jangan Menunda
Jika anda memiliki kebiasaan menunda pekerjaan karena terasa berat atau susah, coba kerjakan pekerjaan yang dirasa susah di awal. Kalau ini berhasil, maka yang lain akan terasa mudah dan cepat selesai. Gunakan manajemen waktu dan kedisiplinan diri secara baik adalah kunci.

Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup memungkinkan anda memanfaatkan waktu lebih produktif, istirahat juga membuat kestabilan untuk berpikir dapat terjaga dan semakin baik. Setelah kita istirahat pikiran akan menjadi lebih tenang dan santai. Sisipkan waktu cukup 30 menit saja disela kesibukan anda, maka rasa gelisah dan cemas yang timbul akan berkurang dengan sendirinya.

Fokus Pada Pekerjaan Sekarang

Sebisa mungkin, fokuslah pada pekerjaan anda saat ini. Jangan lakukan pekerjaan lain sebelum anda menyelesaikan pekerjaan yang anda hadapi saat ini. Hindari juga mengerjakan pekerjaan lebih dari satu dalam satu waktu (multitasking), karena hal tersebut malah akan memperlambat kinerja anda

Cari Tempat yang Tenang
Bekerja dengan tenang merupakan hal yang efektif untuk membantu pekerjaan cepat selesai dengan baik. Anda perlu untuk menjauhkan diri dari berbagai gangguan agar lebih fokus saat bekerja.

Minta Bantuan
Karena setiap orang memiliki keterbatasan dalam melakukan segala hal, ada baiknya jika anda meminta bantuan kepada orang lain yang mampu agar pekerjaan deadline anda cepat terselesaikan. Meminta bantuan bukan berarti anda lepas tangan, beri juga arahan dan saran bila diperlukan.

Berusaha Tenang

Seperti yang dikutip pada artikel kami yang lainnya yang berjudul Buat Harimu Selalu Menyenangkan di Tempat Kerja, Hasil penelitian menyimpulkan bahwa saat kita stres, kita tidak mampu berpikir dan menghasilkan yang terbaik. Saat itu, Otak kita mengalihkan energi mental merespon stres, yang berarti aktivitas di korteks prefrontal otak kita jatuh ke titik terendah ketika kita sedang stres.

Kendalikan perasaan panik anda terhadap pekerjaan yang sedang deadline. Hentikan pekerjaan anda yang masih menumpuk banyak sejenak, lakukan peregangan badan dan tarik nafas dalam-dalam, kemudian hembuskan perlahan. Ulangi tindakan secara berkala hingga anda merasa tenang, lalu kembalikan pikiran secara dingin.

Perkecil Bagian Detail Pekerjaan

Melihat pekerjaan yang besar membuat anda sangat mengeluh. Lakukan pekerjaan yang besar ini dengan satu demi satu, jangan melihat secara keseluruhan, tetapi lihat secara bertahap. Maka, hal itu akan mengurangi beban anda.

Asupan Makanan Bergizi

Agar tubuh tidak menjadi mudah lelah dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, makan yang bergizi sangat penting. Hindari makanan yang kurang sehat seperti junkfood.

Merencanakan Liburan Setelah Deadline Selesai

Agar menjaga tetap semangat dalam bekerja, membuat suatu rencana untuk liburan adalah hal yang menarik. Liburan merupakan alasan tepat untuk membuat tubuh menjadi segar kembali dari tubuh yang lelah. Anda dapat merencanakan liburan singkat dengan jalan-jalan di wisata terdekat, belanja di mall, melakukan piknik, dan lainnya. Tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak hanya cukup untuk membuat anda hilang lelah.

Deadline Tepat Waktu Bisa Menaikan Pendapatan

Melakukan pekerjaan sesuai deadline yang ditentukan oleh perusahaan tentu saja akan memberikan penilaian yang positif dari perusahaan. Apalagi jika prestasi tersebut mampu dipertahankan, bisa-bisa Anda akan mendapatkan kenaikan gaji.

Bagi perusahaan tentunya sistem penggajian karyawan sudah dipersiapkan dengan matang dan melalui pendataan yang akurat dan detail. Apalgi jika dibantu oleh software yang terintegrasi dengan laporan keuangan Anda.

Softaware yang bisa memudahkan pekerjaan Anda dalam membuat laporan keuangan adalah dari Jojonomic, platform penyedia aplikasi keuangan yang berbasis cloud.

Apabila perusahaan memberlakukan deadline maka payroll atau gaji yang diberikan haruslah sebanding dengan kerja keras karyawan tersebut. Perusahaan juga harus menggunakan perangkat lunak untuk mempermudah pengurusan payroll ini. agar tidak menjadi payroll problem baru didalam perusahaan.

Untuk menghandle payroll perusahaan bisa mempercayakan kepada JojoPayroll. Satu software untuk segala kebutuhan penggajian anda. teknologi paperless untuk pemberian slip gaji adalah satu dari sekian banyak keuntungan yang ditawarkan oleh software ini.

Seluruh pengerjaan secara otomatis pasti akan memanjakan HR maupun akuntan yang mengerjakan payroll. Kemudahan yang sangat membantu ini bisa anda nikmati sesudah menggunakan JojoPayroll pada perusahaan.

Mentransfer ke sejumlah akun pasti membuat repot para HR dan akuntan. Tenang, dengan penggunaan perangkat lunak JojoPayroll di perusahaan. Hal ini bisa dilakukan secara online melalui perangkat lunak. Tanpa harus mendatangi ATM terdekat dan melakukan transfer yang memakan waktu.

Lengkap sudah keuntungan yang diberikan oleh JojoPayroll. Anda tinggal mendownload demonya saja di website Jojonomic. Tanpa harus khawatir akan dikenakan biaya, karena demo ini gratis.