Debit Jangan Salah Lagi, Ini Perbedaan Debit dan Kredit dalam Akuntansi

corporate credit card

Kali ini kita akan bahas mengenai debit. Apa itu debit, perbedaannya debed dan kredit dalam laporan keuangan dan perbedaan kartu kredit dan kartu debit. Nah, di artikel ini akan kita bahas secara mendalam tentang debit dan seluk-beluknya. Simak yuk bersama-sama artikel ini!

Definisi Debit

Kata debit berasal dari Bahasa Latin “debere” yang berarti ‘berhutang.’ Ini adalah entri yang dibuat di sisi kiri akun buku besar. Ini adalah entri akuntansi yang diposting ketika ada penambahan dalam aset, biaya, dan kerugian atau pengurangan pendapatan, keuntungan, kewajiban, dan ekuitas pemilik.

Jika sisi debed dari akun melebihi sisi kredit, itu dianggap sebagai saldo debed. Untuk individu Non-Akuntansi, debed mengacu pada jumlah yang ditarik atau dikurangkan dari rekening bank tertentu.

Debit adalah entri akuntansi yang menghasilkan peningkatan aset atau penurunan kewajiban pada neraca perusahaan. Dalam akuntansi fundamental, debed diimbangi dengan kredit , yang beroperasi dengan arah yang berlawanan.

Misalnya, jika perusahaan mengambil pinjaman untuk membeli peralatan, ia akan mendebit aset tetap dan pada saat yang sama mengkredit akun kewajiban, tergantung pada sifat pinjaman. Singkatan debet terkadang adalah “dr,” yang merupakan kependekan dari “debitur”.

Bagaimana Debit Bekerja

Debit adalah fitur yang ditemukan di semua sistem akuntansi entri ganda . Dalam jurnal standar , semua debit ditempatkan sebagai baris teratas, sedangkan semua kredit dicantumkan pada baris di bawah debet. Saat menggunakan T-akun, debed adalah sisi kiri grafik sedangkan kredit adalah sisi kanan.

Debit dan kredit digunakan dalam neraca saldo dan saldo percobaan yang disesuaikan untuk memastikan semua saldo entri. Jumlah dolar total dari semua debit harus sama dengan jumlah dolar total semua kredit. Dengan kata lain, keuangan harus seimbang.

Sebuah debed menggantung  adalah saldo debed tanpa saldo kredit offsetting yang akan memungkinkan untuk dihapuskan. Ini terjadi dalam akuntansi keuangan dan mencerminkan perbedaan dalam neraca perusahaan, dan ketika perusahaan membeli goodwill atau jasa untuk membuat debit.

Sebagai contoh cepat, jika Barnes & Noble menjual buku senilai Rp 20.000, ia akan mendebit akun kasnya sebesar Rp 20.000 dan mengkreditkan buku atau akun inventarisnya sebesar Rp 20.000. Sistem entri ganda ini menunjukkan bahwa perusahaan sekarang memiliki uang tunai Rp 20.000 lebih banyak dan pembukuan sebesar Rp 20.000 lebih sedikit.

Saldo Akuntansi Normal

Jenis akun tertentu memiliki saldo alami dalam sistem akuntansi keuangan. Aset dan beban memiliki saldo debed alami. Ini berarti nilai positif untuk aset dan pengeluaran didebit dan saldo negatif dikreditkan.

Misalnya, setelah menerima uang tunai Rp 1.000, entri jurnal akan menyertakan debit Rp 1.000 ke rekening kas di neraca, karena kas meningkat. Jika transaksi lain melibatkan pembayaran tunai Rp 500, entri jurnal akan memiliki kredit ke rekening kas Rp 500 karena uang tunai sedang berkurang. Akibatnya, debit meningkatkan akun pengeluaran dalam laporan laba rugi, dan kredit menguranginya.

Akun liabilitas, pendapatan, dan ekuitas memiliki saldo kredit alami. Jika debed diterapkan ke salah satu akun ini, saldo akun berkurang. Misalnya, debed ke akun hutang dagang di neraca menunjukkan pengurangan kewajiban. Kredit penggantian kerugian kemungkinan besar adalah kredit menjadi uang tunai karena pengurangan kewajiban berarti hutang telah dibayar dan uang tunai adalah arus keluar. Untuk akun pendapatan dalam laporan laba rugi, entri debed menurunkan akun, sementara poin kredit ke peningkatan ke akun.

Catatan debit

Nota debit adalah bentuk bukti bahwa satu bisnis telah membuat entri debed yang sah saat berurusan dengan bisnis lain (B2B). Ini mungkin terjadi ketika pembeli mengembalikan bahan ke pemasok dan perlu memvalidasi jumlah yang diganti. Dalam kasus ini, pembeli mengeluarkan nota debed yang mencerminkan transaksi akuntansi.

Sebuah bisnis mungkin mengeluarkan nota debed sebagai tanggapan atas nota kredit yang diterima. Kesalahan (seringkali biaya dan biaya bunga) dalam penjualan, pembelian, atau faktur pinjaman mungkin mendorong perusahaan untuk mengeluarkan nota debed untuk membantu memperbaiki kesalahan tersebut.

Catatan debit atau tanda terima debed sangat mirip dengan faktur. Perbedaan utamanya adalah bahwa faktur selalu menunjukkan penjualan, di mana nota debed dan tanda terima debit mencerminkan penyesuaian atau pengembalian atas transaksi yang telah terjadi.

POIN PENTING

  • Debit adalah entri akuntansi yang menciptakan penurunan kewajiban atau peningkatan aset.
  • Dalam pembukuan double-entry, semua debit harus diimbangi dengan kredit yang sesuai di T-akun mereka.
  • Di neraca, nilai positif untuk aset dan pengeluaran didebit, dan saldo negatif dikreditkan.

Margin Debit

Saat  membeli dengan margin , investor meminjam dana dari pialang mereka dan kemudian menggabungkan dana tersebut dengan dana mereka sendiri untuk membeli lebih banyak saham daripada yang bisa mereka beli dengan dana mereka sendiri. Jumlah debit yang dicatat oleh pialang di akun investor mewakili biaya tunai transaksi kepada investor.

Saldo debed, di akun margin, adalah jumlah uang yang terhutang oleh pelanggan kepada broker (atau pemberi pinjaman lain) untuk dana yang dimajukan untuk membeli sekuritas. Saldo debit adalah jumlah dana yang harus dimasukkan pelanggan ke akun marginnya, setelah eksekusi order pembelian sekuritas yang berhasil, untuk menyelesaikan transaksi dengan benar.

Adanya saldo debed dapat dikontraskan dengan saldo kredit. Sementara itu posisi margin panjang memiliki saldo debit. Sedangkan akun margin dengan hanya posisi pendek akan menunjukkan saldo kredit. Saldo kredit adalah jumlah dari hasil dari penjualan singkat. Serta jumlah margin yang dibutuhkan di bawah Peraturan.

Terkadang, akun margin trader memiliki posisi margin panjang dan pendek. Saldo debed yang disesuaikan adalah jumlah dalam akun margin yang menjadi hutang perusahaan pialang, dikurangi keuntungan dari penjualan pendek dan saldo di akun lain-lain (SMA) khusus.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Membedakan Debit dan Kredit Dalam Akuntansi

Setiap kali transaksi akuntansi dibuat, setidaknya dua akun selalu terpengaruh yaitu entri debit dicatat pada satu akun dan entri kredit dicatat terhadap akun lainnya. Tidak ada batas atas jumlah akun yang terlibat dalam transaksi namun minimum tidak kurang dari dua akun.

Total dari debed dan kredit untuk setiap transaksi harus selalu sama satu sama lain, sehingga transaksi akuntansi selalu dikatakan “dalam keseimbangan.” Jika suatu transaksi tidak seimbang, maka tidak mungkin membuat laporan keuangan. Dengan demikian, penggunaan debed dan kredit dalam format pencatatan transaksi dua kolom adalah yang paling penting dari semua kontrol atas akurasi akuntansi.

POIN PENTING

  • Kartu debit menghilangkan kebutuhan untuk membawa uang tunai atau cek fisik untuk melakukan pembelian, dan juga dapat digunakan di ATM untuk menarik uang tunai.
  • Kartu debit biasanya memiliki batas pembelian harian, yang berarti tidak mungkin melakukan pembelian yang sangat besar dengan kartu debit.
  • Pembelian dengan kartu debed biasanya dapat dilakukan dengan atau tanpa nomor identifikasi pribadi (PIN).
  • Beberapa kartu debit menawarkan program hadiah, mirip dengan program hadiah kartu kredit, seperti pengembalian 1% untuk semua pembelian.

Bagaimana Kartu Debit Bekerja

Kartu debit memiliki dua tujuan: memungkinkan pengguna untuk menarik uang dari rekening giro mereka baik melalui ATM atau fungsi cash-back yang ditawarkan banyak pedagang di tempat penjualan. Selain itu, mereka juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian.

Kartu ATM, sebaliknya, hanya memungkinkan pengguna untuk menarik uang dari ATM. Dan kartu kredit hanya mengizinkan pembelian bukan penarikan tunai kecuali pemegang kartu kredit memiliki nomor identifikasi pribadi (PIN) mengaktifkan fitur penarikan tunai. Namun, penarikan tunai yang diambil dari kartu kredit akan menimbulkan bunga, tidak seperti penarikan tunai dari rekening koran dengan kartu debed.

Kartu debit tidak selalu memungkinkan Kamu lepas sepenuhnya dari biaya: Jika Kamu menarik uang tunai dari ATM yang tidak berafiliasi dengan bank yang menerbitkan kartu debed Kamu, Kamu mungkin akan dikenakan biaya.

Pembelian dengan kartu debed biasanya dapat dilakukan dengan atau tanpa PIN. Jika kartu tersebut memiliki logo pemroses pembayaran utama, kartu tersebut dapat dijalankan sebagai kartu kredit, dan pemegang kartu tidak perlu mengambil risiko memperlihatkan PIN-nya. Uang tersebut masih akan langsung keluar dari rekening giro pemegang kartu, dan tidak akan ada biaya keuangan saat kartu debed dijalankan sebagai kartu kredit. Beberapa kartu debed menawarkan program hadiah , mirip dengan program hadiah kartu kredit, seperti pengembalian 1% untuk semua pembelian.

Setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu debed atau cek akan muncul di laporan bulanan pemegang rekening, sehingga memudahkan untuk melacak pembelian. Konsumen secara efektif melakukan pembelian secara tunai yaitu, dengan uang yang sebenarnya mereka miliki, sebagai lawan dari uang yang dipinjam secara kredit.

Ringkasan Perbedaan Antara Debit dan Kredit

  • Debit mengacu pada sisi kiri akun buku besar sedangkan kredit berhubungan dengan sisi kanan akun buku besar.
    Dalam rekening pribadi, penerima didebit sedangkan pemberi dikreditkan.
  • Apa pun yang masuk, didebit dalam akun neraca, sementara apa pun yang keluar dikreditkan di dalamnya.
  • Untuk laporan laba rugi semua pengeluaran dan kerugian didebit, namun, semua pendapatan dan keuntungan dikreditkan.
  • Peningkatan debed disebabkan oleh kenaikan cash, inventaris, pabrik dan mesin, tanah dan bangunan, pengeluaran seperti gaji, asuransi, pajak, dividen, dan lain-lain. Peningkatan kredit ini disebabkan oleh kenaikan dana pemegang saham, biaya keanggotaan, pendapatan sewa , laba ditahan, hutang, dan lain-lain.

Pentingnya Pembuatan Laporan Debit dan Kredit dalam Perusahaan

Sebuah bisnis dalam perusahaan tentu sering mengalami transaksi, baik secara internal maupun eksternal. Transaksi-transaksi tersebut mengharuskan perusahaan untuk membuat dokumen transaksi dalam bentuk laporan keuangan.

Salah satunya adalah untuk mengetahui laju keluar masuknya dana perusahaan untuk meminimalisir kemungkinan over budget pada kategori akun tertentu dalam pelaporan. Terdapat lima unsur yang ada dalam transaksi akuntansi, yakni utang, harta, pendapatan, modal dan biaya atau beban.

Suatu transaksi debed sudah pasti disertai dengan transaksi kredit. Perusahaan yang tidak memiliki dokumen pelaporan debed dan kredit tidak bisa mengendalikan aliran keluar masuknya keuangan perusahaan. Selain itu, data-data keuangan perusahaan juga tidak dapat di lacak jika saja terjadi sesuatu terhadap keuangan perusahaan.

Dengan adanya laporan debed dan kredit diharapkan dapat membantu mengawasi keuangan perusahaan dari kemungkinan adanya korupsi dari pegawai. Karena data debed dan kredit yang baik selalui disertai dengan kuitansi atau nota resmi yang dapat dipercaya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Perbedaan Kartu Kredit dan Debit yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan kartu kredit dan debit cukup jelas dari banyak segi. Salah satunya perbedaan menurut fiturnya. Karena fitur yang berbeda, tujuan penggunaannya pun berlainan.

Sayangnya, masih ada yang belum mengetahui perbedaan dua kartu alat transaksi itu. Alhasil, orang itu tak bisa memaksimalkan manfaat kartu kredit dan debit yang dimiliki.

Sebagai alat transaksi, kartu kredit dan debit memiliki fungsi yang sama, yakni untuk melakukan pembayaran secara nontunai. Daripada repot membawa uang tunai ke mana-mana, lebih simpel hanya mengantongi kartu kredit atau debed di dalam dompet.

Validasi transaksinya pun serupa, yaitu menggunakan personal identification number (PIN). Memang, masih ada yang menggunakan tanda tangan. Tapi mekanisme ini tak disarankan karena rawan disalahgunakan.

Namun lebih banyak perbedaan kartu kredit dan debed daripada persamaannya. Berikut ini di antaranya:

Kartu Kredit

– Kartu kredit adalah kartu yang bisa digunakan untuk membayar transaksi dengan cara kredit. Nantinya, tagihan atas transaksi itu datang pada periode tertentu dan harus dilunasi.

– Tidak diperlukan rekening di bank penerbit kartu, karena sumber dana tidak diambil dari rekening. Namun biasanya aplikasi kartu kredit lebih berpeluang dikabulkan jika punya tabungan di bank terkait.

– Bank mematok sejumlah syarat khusus untuk menerbitkan kartu kredit. Satu bank bisa menerbitkan berbagai jenis kartu kredit. Syarat untuk tiap-tiap jenis berbeda.

– Meski tak ada sumber dana, ada ketentuan limit kartu kredit sebagai batas penggunaannya. Jika limit sudah tercapai, kartu tak bisa dipakai untuk transaksi, atau bisa dipakai tapi ada biaya overlimit.

– Pemilik kartu kredit harus membayar iuran tahunan. Biasanya iuran digratiskan untuk satu tahun pertama. Namun ada pula kartu kredit yang gratis iuran tahunan selamanya.

– Kartu kredit bisa digunakan untuk membayar transaksi online dengan menggunakan kode tiga digit angka di belakang kartu. Tidak ada fitur Internet banking atau mobile banking untuk transaksi online.

– Tarik tunai pakai kartu kredit di mesin ATM bisa, tapi ada biaya tambahan. Biaya ini berbeda-beda, tergantung bank penerbit kartu.

– Ada bunga yang harus dibayar jika tidak membayar tagihan tepat waktu atau menggunakannya untuk mencicil pembayaran.

– Ada keuntungan berupa cicilan dengan bunga 0 persen, poin yang bisa ditukar dengan hadiah, hingga cashbackatas setiap transaksi

– Bisa digunakan untuk bertransaksi di luar negeri sesuai dengan jaringan kartu

Kartu Debit

– Kartu debit adalah kartu yang diterbitkan bank sebagai pelengkap rekening tabungan. Setiap tabungan umumnya disertai dengan kartu debit untuk transaksi.

– Sumber dana kartu debit adalah rekening tabungan yang berhubungan dengan kartu tersebut.

– Syarat penerbitan kartu debit hanya memiliki tabungan di bank terkait.

– Limit transaksi memakai kartu debit adalah nominal dana di tabungan. Bila dana habis, kartu tak bisa lagi digunakan.

– Tidak ada iuran tahunan, tapi ada biaya administrasi yang dibebankan tiap bulan atas kepemilikan tabungan.

– Ada beberapa kartu debit yang bisa digunakan untuk belanja online layaknya kartu kredit. Tapi sebagian besar masih belum bisa.

– Keuntungan umumnya hanya berupa diskon atas transaksi menggunakan kartu debit

Kartu Kredit vs Kartu Debit

Melihat perbedaan kartu kredit dan debit di atas, bisa ditemukan kelebihan serta kekurangan masing-masing. Fitur yang berbeda menjadi faktor penentu kelebihan dan kekurangan tersebut.

Tawarkan Transaksi Lebih Mudah

Secara umum, kelebihan kartu kredit adalah bisa digunakan untuk transaksi dengan mudah, terutama buat belanja online. Selain itu, keuntungan atas transaksi, dari cicilan 0 persen hingga cashback, bisa dimanfaatkan untuk perencanaan anggaran.

Namun kekurangannya adalah rentan disalahgunakan oleh pemakai yang tak bertanggung jawab. Penyalahgunaan itu, misalnya asal bertransaksi tanpa memikirkan tagihan atau lalai bayar tagihan, bisa berujung utang yang menumpuk.

Sedangkan kelebihan kartu debit adalah penggunaannya lebih aman dari risiko utang karena sumber dananya adalah rekening tabungan. Selain itu, tidak ada iuran atau biaya bermacam-macam yang bisa menjadi beban. Adapun kekurangan kartu debit adalah transaksinya lebih terbatas sesuai dengan saldo tabungan.

Bicara soal keamanan kartu, keduanya tidak terlalu berbeda. Ada ancaman skimming hingga fraud. Potensi kerugian tergantung saldo tabungan dan limit kartu kredit. Makin banyak saldo dan limit, kerugian bisa makin besar.

Dari situ bisa ditarik kesimpulan bahwa perbedaan kartu kredit dan debit yang paling utama adalah tujuan penggunaannya. Kartu kredit bisa digunakan untuk lebih banyak hal dan menuntut tanggung jawab lebih tinggi untuk membayar tagihan.

Sedangkan penggunaan kartu debit lebih terbatas. Tapi tidak ada tuntutan atau beban untuk membayar tagihan di kemudian hari karena transaksi selesai pada saat itu juga.

JojoPayroll

Bagusnya, itulah kenapa kartu kredit dan debit bisa dimiliki secara bersamaan. Tergantung situasi dan kondisi, kamu bisa menggunakan kartu kredit atau debit untuk tujuan yang berbeda.

PayrollNah, setelah kita mengetahui definisi debit dan kredit juga perbedaannya baik dalam laporan keuangan maupun dalam bentuk kartu. Lalu, ada satu lagi nih info penting buatmu tentang software HR.

Ada aplikasi software HR terbaik di Indonesia loh. Salah satunya adalah produk dari Jojonomic. Yaitu JojoPayroll. JojoPayroll adalah aplikasi software HR yang melakukan penggajian online. Dan karena juga JojoPayroll sudah terintegrasi PPH21, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan jadi sudah tidak perlu lagi menghitung manual dengan excel. Bisa dicoba lho demo gratisnya, kalau mau coba bisa diklik link ini ya JojoPayroll.