Seberapa penting Digital Marketing Automation bagi Perusahaan

wawancara jarak jauhDi era digital ini tentu saja hampir 80% kehidupan kita sudah dibantu oleh teknologi yang canggih. Pemasaran digital sendiri tidak luput dari tekhnologi yang semakin berkembang. Digital marketing sendiri sudah mulai merangkap hingga akun sosial media, daftar pelanggan, email campaign, pengelolaan konten hingga melacak perilaku para pengguna. Tidak hanya itu setelah mereka mencapai terhadap target yang dituju melalui media media tersebut lalu mereka akan mulai menganalisis hasil kinerja yang sudah mereka buat. Sehingga mereka tau apakah usaha yang mereka kerjakan sudah mulai efektif atau tidak. Terdapat banyak sekali usaha dalam kampanye berulang dalam upaya digital marketing.

Namun sebelum mengenal lebih lanjut mengenai digital marketing  apakah kamu sudah mengetahui dengan jelas mengenai hal ini?  

Digital marketing merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempromosikan produk/jasa yang dihasilkan oleh perusahaan yang bertujuan agar produk lebih dikenal dan meningkatkan pemasaran. Lalu digital marketing automation merupakan platform perangkat lunak dan teknologi yang dirancang untuk departemen pemasaran dan organisasi untuk memasarkan secara lebih efektif pada beberapa saluran online (seperti email, media sosial, situs web.

Jenis software ini dapat memudahkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan klien secara otomatis dalam mengelola strategi pemasaran dalam satu alat. Alat Otomasi Pemasaran membantu pemasar digital di berbagai bidang seperti Lead Generation, Segmentation, Lead nurturing dan scoring lead, Relationship marketing, Cross-sell and Upsell, Retensi, pengukuran ROI Pemasaran.

channel digital marketingManfaat dari Digital Marketing Automation :

  1. Mengurangi karyawan perusahaan

Hal ini tentu saja keuntungan bagi perusahaan karena dengan mengurangi jumlah karyawan untuk pemasaran juga mengurangi biaya pengeluaran untuk karyawan. Serta  membantu kegiatan pemasaran jika semuanya dapat dikelola dari satu platform.

   2. ROI yang lebih baik. Alat otomatisasi pemasaran mampu mengotomatiskan cross-sell, upsell dan follow up yang dapat meningkatkan pendapatan dan ukuran kesepakatan.  Setelah semua proses Anda ditata dengan jelas membuatnya lebih mudah bagi tim pemasaran dan penjualan untuk meminta pertanggungjawaban satu sama lain atas tugas-tugas tertentu.

   3. Meningkatkan efektivitas. Otomasi pemasaran tentu saja menghemat banyak waktu karena dapat dilakukan langsung hanya menggunakan 1 platform.

   4. Lebih banyak ruang untuk kreativitas. Karena Anda tidak lagi harus berulang kali untuk  melakukan secara manual. Waktu Anda dapat diluangkan untuk mengerjakan pekerjaan kreatif yang lebih bervariasi. 

Sebenarnya tujuan dari segala platform digital marketing automation adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas di perusahaan. Otomasi dapat bekerja diluar jam pekerjaan kita sehingga kita bisa melakukan hal lain sembari otomasi bekerja. 

Sebelum anda menentukan sistem mana yang anda akan pilih anda harus tahu terlebih dahulu alur kerja nya. Hal ini sangat penting agar mempersiapkan proses baru dan memastikan bahwa otomatisasi menghasilkan hasil terbaik untuk produk Anda. 

  1. Identifikasi Pekerjaan

Identifikasi lah tugas yang biasanya anda lakukan secara berulang dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dari sini lah anda akan melihat keajaiban dari pemasaran digital otomasi

   2. Pilih Software yang tepat

Terdapat banyak sekali jenis software yang tersebar namun anda harus memilih terlebih dahulu jenis software mana yang tepat untuk perusahaan anda. Perluas penelitian Anda untuk memeriksa terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan dalam jangka panjang.  Sebagian besar platform menawarkan uji coba gratis, yang memberi Anda kesempatan untuk menguji perangkat lunak dalam pengaturan unik Anda, dan mengevaluasi mana yang paling cocok.

   3. Evaluasi Efektivitas Perangkat :

Setelah sudah memilih software yang tepat anda jangan lupa mengevaluasi kinerja anda dalam penggunaan otomasi. Semakin hari semakin banyak software digital marketing yang dibuat untuk mempermudah perusahaan. Ada banyak platform otomatisasi di luar sana, dan memilih nya membutuhkan banyak waktu.

digiital marketing lewat media sosialBerikut adalah 5 platform terbaik untuk profesional pemasaran:

  1. Marketo 

platform yang sudah teruji dan dicintai oleh ribuan profesional pemasaran. Ini menawarkan manajemen kampanye, email otomatis, pembuatan lead, alat penganggaran, pelacakan pengunjung, dan pesan pribadi.

   2. HubSpot

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang HubSpot, dan dengan alasan yang bagus. Ini terintegrasi dengan baik dan ramah bagi pengguna, menawarkan sistem manajemen konten, pemasaran email, pemantauan kinerja, peringkat memimpin, dan data analitik waktu-nyata.

   3. LeadSquared

LeadSquared adalah CRM berbasis cloud serta alat otomatisasi pemasaran digital yang dirancang untuk membantu memindahkan lead melalui media yang lebih cepat. Dengan alat ini, pengguna dapat menangkap arahan melalui email masuk, kampanye online, situs web, obrolan, dan lainnya.

Setelah kamu mengetahui platform diatas kamu juga harus mengetahui bagaimana mengoptimalkan penggunaan platform tersebut. Pertama-tama kamu harus mengetahui pesan yang akan kamu sampaikan dalam campaign yang dikirimkan. Hal ini sangatlah penting karena menyangkut mengenai produk yang akan kamu tawarkan. Kedua fokus pada konten anda, hal ini sering kali dilupakan oleh para content creator namun sangat berdampak bagi perusahaan. Ketiga adalah lakukan pengujian hal ini sangat lah penting karena kamu sebagai bagian dari evaluasi kampanye pemasaran Anda, tetapi mengotomatiskan prosesnya sangat bermanfaat. 

Dan yang keempat adalah dengan pengalaman pelanggan. Hal ini dirasa sangat penting karena untuk mengumpulkan data dari semua hasil proses marketing yang dimana dapat memungkinkan perusahaan Anda untuk melakukan perubahan yang lebih baik kedepan nya. 

Ketika perusahaan anda memiliki kebutuhan untuk digital marketing automation tentu saja anda bisa membeli software dengan jenis yang diatas. Software tersebut sebaik nya anda cek terlebih dahulu apakah cocok untuk jenis perusahaan. Karena pada dasar nya software itu sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Agar lebih mudah dalam membeli software untuk keperluan digital marketing anda kami mempunyai solusi nya.

JojoExpense dari Jojonomic memiliki solusi bagi anda yang ingin membeli keperluan perusahaan dengan cepat. JojoExpense memiliki fitur Reimbursemnt yang dimana dapat mempermudah aktivitas pembelian keperluan perusahaan anda. Dengan fitur ini kamu bisa membeli dengan cepat software diigital marketing dan nanti JojoExpense akan secara otomatis terhubung dengan perusahaan anda. Fitur ini dapat mempermudah reimbursement dengan mengirimkan langsung ke rekening anda dengan sejumlah uang yang sudah anda apply sebelum nya. 

Selain itu JojoExpense juga memiliki fitur lain yaitu kontrol budget secara otomatis sehingga tidak perlu lagi secara manual. Hal ini akan juga disertai dengan fitur pendeteksi kecurangan sehingga mengurangi tindak kecurangan keuangan di perusahaan anda. JojoExpense juga akan menyimpan data base anda secara otomatis dan aman sehingga data pribadi karyawan tidak dengan mudah tersebar.