5 Channel Digital Marketing Paling Menguntungkan untuk Bisnis

memilih channel digital marketing

Digital marketing adalah sebuah strategi yang pasti akan menjadi andalah di masa mendatang. Ujaran ini bukan sebuah mimpi di siang bolong belaka. Karena, penetrasi internet di Indonesia telah tembus 171 juta pengguna di tengah tahun ini (Data APJII). Dan, tentunya akan semakin bertambah seiring terbangunnya infrastruktur teknologi informasi di Indonesia.

Untuk itu, menggunakan digital marketing sebagai sarana pemasaran dan penjualan produk menjadi sebuah keharusan. Baik perusahaan besar, maupun kecil dan menengah, pada akhirnya aan menggunakan internet sebagai media promosinya. Untuk itu, pengetahuan mengenai digital marketing wajib dimiliki oleh SDM perusahaan tersebut.

Hingga saat ini, paling tidak, ada 5 channel digital marketing paling efektif yang dapat Anda gunakan. Channel-channel tersebut antara lain sebagai berikut.

1.      Email Marketing

Channel ini merupakan saluran yang paling lama dikenal dalam dunia komunikasi via internet. Meskipun sudah sangat lama digunakan, email marketing masih merupakan saluran yang powerfull. Ini karena ia memiliki keunggulan yang tidak dimiliki channel lain. Kelebihan email marketing antara lain sebagai berikut.

  1. Otomatisasinya sangat mudah. Fitur autoresponder dapat dibuat dengan mudah dan cepat.
  2. Cost sangat rendah. Hanya butuh usaha sekali di awal untuk mengumpulkan database pelanggan. Setelahnya, follow up dapat dilakukan kapanpun secara gratis, otomatis, dan mudah.
  3. Dimiliki oleh semua orang. Saat ini, hampir setiap orang yang berselancar di dunia maya memiliki email.
  4. Efektivitas tinggi. Dengan teknik dan strategi tertentu, bounce rate dapat ditekan seminimal mungkin.

digital marketing di ujung jari2.      Media Sosial

Channel ini merupakan alat marketing yang sangat ampuh. Terutama karena kemampuannya dalam menargetkan pelanggan secara spesifik. Selain itu, viralitas melalui media sosial memberikan cost yang sangat menarik. Saat ini, ada banyak media sosial yang ada di internet. Namun, yang paling powerfull dijadikan channel marketing antara lain sebagai berikut.

1.      Facebook

Sebagai media sosial paling banyak digunakan di Indonesia, Facebook menjadi andalan terbaik untuk digital marketing. Kelebihan utama facebook adalah spesifisitas target. Dengan adanya data mengenai usia pengguna, perusahaan dapat menargetkan iklannya untuk usia tertentu.

Selain itu, keberadaan Halaman dan Grup di  Facebook menjadikan target market spesifik dapat dibidik dengan mudah. Orang cenderung akan berkumpul sesuai minat. Jika produk atau jasa yang kita tawarkan sesuai dengan minat mereka, iklan akan berjalan secara efektif dan efisien.

digiital marketing lewat media sosial2.      Instagram

Masih dalam induk perusahaan yang sama, Instagram tak jauh berbeda dengan Facebook soal kemampuan. Fitur-fitur promosi lewat Facebook dan Instagram serupa, jadi tak menyulitkan pengiklan untuk bertukar layanan. Namun, sebagai media sosial yang berfokus pada media visual dan audio visual, karakter pengguna mungkin agak sedikit berbeda.

Instagram lebih menarik golongan muda yang lebih suka foto atau video lalu diberi caption. Sedangkan Facebook masih sangat menarik untuk tulisan yang kemudian diperkuat oleh gambar atau video. Meskipun begitu, keunikan masih menjadi andalan untuk konten di kedua media sosial tersebut. Jadi, pastikan konten kita unik dan mengandung unsur viralitas.

3.      Twitter

Karakter pengguna twitter lebih jauh lagi perbedaannya dengan 2 media sosial sebelumnya. Ini karena twitter melakukan pembatasan bagi karakter tulisan ataupun gambar dan videonya. Oleh karena itu, hal utama yang harus ditonjolkan dalam twitter adalah headline dan meta deskripsinya.

Namun, perlu dipahami bahwa kekuatan utama twitter terletak pada kemudahan viralitasnya. Sebuah twit akan sangat mudah dan cepat viral karena prosesnya begitu  singkat dan mudah. Cukup 2 kali tap dan tak harus memiliki minat yang sama, twitter dapat menembus sekat-sekat sosial atau ekonomi. Ini tentu sangat baik untuk digital marketing.

4.      Pinterest

Channel digital marketing ini sangat unik dan menarik. Keunikan ide ini menjadi poin yang paling ditonjolkan untuk menarik interaksi. Pinterest juga menawarkan kemudahan dalam mengelola ide, lokasi, dan karya konten yang viral. Sebagai salah satu media sosial, Pinterest akan menjadi andalan untuk memasarkan secara digital produk dan jasa perusahaan.

3.      Video Marketing (Youtube)

Saluran digital marketing ini bisa disebut paling populer. Saat ini, hampir setiap orang mengakses youtube, hingga anak kecil sekalipun. Ini karena meskipun tidak boleh membuat akun youtube, orang tua kerap memberikan akses handphonenya ke anak.

Penggunaan media audio visual menjadi alasan kenapa youtube menjadi sangat digemari oleh setiap kalangan. Orang yang tidak suka membaca sekalipun, dapat saja tertarik melihat tayangan melalui video. Banyak pembelajaran yang jauh lebih dipahami jika diterangkan melalui video. Retensi informasi juga bertahan berkali-lipat jika dibandingkan via tulisan saja.

Ini menjadi tantangan dari perusahaan untuk menghadirkan konten yang menarik. Tak hanya berupa promosi produk dan jasa, lebih lagi untuk menunjukkan manfaat produk lewat demonstrasi. Proses audio visual memungkinkan dan memfasilitasi hal tersebut. Oleh karena itu, kemampuan storytelling lewat video juga perlu menjadi andalan.

channel digital marketing4.      Blog Marketing

Saluran marketing ini menarget dengan spesifik pelanggan yang benar-benar membutuhkan produk atau jasa perusahaan. Ini karena blog marketing menyasar orang yang sedang mencari informasi yang berkaitan dengan produk dan jasa perusahaan. Pelanggan tersebut biasanya mencari dengan menggunakan mesin pencari dan kata kunci tertentu.

Keunggulan digital marketing ini adalah tingkat kepercayaan pelanggan yang relatif lebih tinggi dibandingkan terhadap media sosial. Media sosial kerap diwarnai dengan hoax yang mudah menyebar karena viralitasnya yang tinggi. Sedangkan blog atau laman berita biasanya menjadi rujukan dari info yang beredar di  media sosial.

Untuk itu, perusahaan dapat menggunakan channel ini sebagai sarana memperkenalkan produk dan jasa. Perusahaan dapat menggunakan blog mereka sendiri  atau memilih untuk menggunakan blog pihak lain. Dalam artian, perusahaan dapat membayar sejumlah blogger untuk menulis review tentang produk atau jasanya.

digital marketing untuk bisnis5.      Messenger Marketing

Digital marketing ini merupakan salah satu channel terbaik yang dapat digunakan. Ini karena tingkat keterbacaan channel ini sangat tinggi. Dengan messenger marketing, bounce rate dapat ditekan seminimal mungkin. Sebab, setiap pengguna pasti menggunakannya beberapa jam dalam sehari.

Channel messenger ini berupa WhatsApp, Telegram, atau FB Messenger. Aplikasi perpesanan ini dapat digunakan serupa direct selling. Tentu dengan catatan bahwa sebelumnya pelanggan telah bersedia memberikan datanya dengan sukarla. Untuk ini dapat menggunakan cara sales funnel. Dengan sales funnel yang tepat, pelanggan bahkan dapat menjadi partner pemasar juga.

Persiapan Menggunakan Digital Marketing

Untuk mulai menggunakan digital marketing, perusahaan harus terlebih dahulu melakukan digitalisasi terhadap sistemnya. Digitalisasi yang baik menyasar ke semua resources dari barang, hingga sumber daya manusia.

Salah satu cara terbaik melakukan digitalisasi SDM adalah dengan menggunakan JojoTimes. Dengan fitur biometrik dan geolokasi, perusahaan dapat mendata kinerja karyawan, termasuk yang berperan dalam marketing. Dengan demikian, sumber daya perusahaan dapat digunakan secara optimal. Coba demo gratisnya disini.