Disrupsi Bisnis Harus Segera Dipahami Agar Profit Meningkat

disrupsi bisnis

Perkembangan zaman tentu saja akan menghasilkan disrupsi bisnis. Disrupsi disini berarti perubahan maupun pergantian, jadi bukan makna sebenarnya yang berarti kerancuan. Seluruh elemen bisnis maupun usaha pasti akan mengalami hal ini. Karena ini adalah kebutuhan pasar, semakin dituntutnya keefisienan manajemen maupun produksi yang harus dilakukan oleh perusahaan. 

Lalu apa pengertian asli dari hal ini sebenarnya?, apakah perusahaan yang tidak bisa bertahan dari hal ini malah akan bangkrut?. Untuk pertanyaan pertama dapat dipahami bahwa hal ini bermakna perubahan yang pasti akan didapatkan oleh seluruh pengusaha ataupun pelaku bisnis. Mereka yang belum bisa memanfaatkan perubahan zaman otomatis akan merasakan hambatan. Kemudian untuk pertanyaan kedua adalah tentu saja. 

Tidak bisa bertahannya sebuah bisnis ketika terjadinya disrupsi bisnis. Maka perusahaan tersebut sudah dapat dipastikan secara lambat lahun akan mengalami degradasi dari segi pendapatan. Hal seperti ini malah menjadi sebuah kejadian yang paling dihindari oleh pengusaha. Tapi mau bagaimana lagi itu adalah konsekuensi karena tidak dapat beradaptasi. 

Pada zaman yang serba instan ini, seluruh perusahaan harus bisa menyesuaikan metode manajemen maupun produktifitas didalam perusahaan seperti demikian. Akan sangat berbahaya bagi perusahaan jika mengabaikan hal ini. Contohnya saja sudah banyak perusahaan lama yang kemudian mengalami kebangkrutan karena masih menggunakan metode konvensional. 

Point utama untuk menguasai dan memahami  kondisi disrupsi bisnis adalah dengan mempelajari perkembangan teknologi. Sebenarnya jika anda selalu update informasi tidak akan ada masalah terkait hal ini. Justru malah akan melihat secara langsung dimana letak peluang yang mungkin bisa diciptakan selama menjalani bisnis. Sejatinya memang perkembangan teknologi sendiri memberikan keringanan untuk sebuah bisnis. 

Point Penting Dalam Disrupsi Bisnis 

disrupsi bisnis

Banyak sekali elemen perusahaan yang telah mengalami disrupsi bisnis. Mulai dari office sampai ke transaksi, seakan setelah memasuki era globalisasi maka keseluruhan metode bisnis yang pernah dikenal ini berubah drastis. Jika tidak percaya anda langsung saja tanyakan kepada pengusaha-pengusaha senior. Bahkan saya sendiri pernah mendengar keluh kesah dari seorang pengusaha jasa tenaga kerja. 

Mereka mengalami kesulitan dalam menggaet pegawai. karena metode pembagian informasinya juga masih sangat konvensional yaitu dengan cara pamflet maupun selembaran. Sedangkan saat ini masyarakat pada umumnya sudah beralih fokus memperhatikan media sosial, website dan lain sebagainya. Bayangkan jika hal ini masih terjadi secara terus-menerus. Mungkin keuntungan yang akan mereka dapatkan akan sangat sedikit. 

Mungkin saat pandemic seperti sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan koreksi dari setiap sistem yang telah berlaku dalam perusahaan. Mulai kembali tata ulang seluruh metode yang anda rasa kurang maksimal dan kembali maksimalkan demi mendapatkan profit. Inilah beberapa point penting jika anda ingin memahami ataupun bertahan ketika terjadi disrupsi bisnis. 

  1. Memahami perkembangan zaman adalah hal yang paling mutlak untuk anda lakukan. 
  1. Melakukan evaluasi secara berkala agar terlihat dimana saja kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan anda. 
  1. Rutin melakukan berbagai metting online maupun offline untuk mendengarkan segala keluh kesah pegawai dan mendapatkan asupan ide-ide segar bagi perusahaan. 
  1. Mulai implikasikan ide-ide yang anda rasa akan memberikan dampak baik.  

Bertahan Dalam Masa Sulit Ketika Terjadinya Disrupsi Bisnis 

Tantangan yang dihadapi oleh seorang pebisnis zaman sekarang adalah tentu saja pesatnya perkembangan. Inilah yang menjadi alasan sangat kuat terjadi sebuah disrupsi dalam usaha yang mereka jalani. Bagi sebagian pengusaha mungkin masih sulit untuk memahami hal seperti ini. Apalagi jika mereka memanglah seorang yang telah lama menjalani bisnis dengan cara yang konvensional. 

Justru para pengusaha start uplah yang kemudian sangat cepat dalam penyesuaian perkembangan ini. Mereka justru dari semenjak awal telah memahami pentingnnya memanfaat teknologi ini. Kemudian menerapkan segala sistem yang dibutuhkan untuk menjalankan perusahaannya. Itulah mengapa rata-rata perusahaan start up akan menerima boosting pendapatan pada awal masa berdirinya. 

Karena sudah menjadi rumusan saklek bahwa orang-orang yang berhasil untuk mendayagunakan teknologi pada zaman ini akan menerima berbagai bentuk benefit. Jangankan skala besar seperti perusahaan, tapi skala kecil saja seperti perorangan sudah bisa mendapatkan keuntungan jika dapat menggunakan teknologi dengan baik. 

Luangkan Waktu Untuk Merancang Dan Menerapkan Teknologi 

disrupsi bisnis

Adaptasi yang jelas bagi disrupsi bisnis adalah untuk meluangkan waktu. Waktu untuk menerapkan berbagai keuntungan dari teknologi dan segalanya sangat penting untuk anda perhitungkan. Apalagi jika bisnis konvensional, maka waktu yang dibutuhkannya haruslah banyak. Karena bahaya juga jika langsung menerapkan teknologi secara mentah-mentah. 

Karena secara logis segala elemen didalam perusahaan juga harus terlibat. Jika ada sebuah elemen didalam perusahaan yang tidak bisa menyesuaikan dengan perubahan. Maka akan besar kemungkinannya terjadi miskomunikasi ataupun hal buruk lainnya. Mungkin miskomunikasi masih terbilang kecil. Tapi jika sampai berdampak kepada kerugian perusahaan urusannya akan beda lagi. 

Bijak dalam menyikapi waktu yang dibutuhkan dan dihabiskan agar perusahaan bisa beradaptasi. Tapi keseluruhan manfaat yang akan didapatkannya juga sesuai dengan ekspektasi. Kegagalan penerapan ini mungkin kemungkinan besar diakibatkan kurangnnya informasi dan waktu yang dihabiskan untuk melakukan riset. 

Aplikasi Meningkatkan Adaptasi Perusahaan 

Bentuk awal yang bisa anda lakukan sebagai seorang pengusaha yang professional adalah dengan menerapakan sejumlah aplikasi. Aplikasi office khususnya untuk memberikan keuntungan maksimal bagi perusahaan anda. Karena kebanyakan kewajiban office ini sangat merepotkan dan terkadang membuat pengusaha kesulitan. Tentu saja tidak semua aplikasi kantor ini akan memberikan keuntungan yang sama. 

Disini kami akan sangat menyarankan untuk pengusaha menggunakan seluruh aplikasi yang disediakan oleh Jojonomic. Sebab aplikasi Jojonomic, karena dengan perangkat lunak dari perusahaan ini memang telah teruji secara kualitas maupun kuantitas dapat membantu pengusaha. Terutama aplikasi JojoTimes, ingin tahu apa saja keuntungannya? Simak saja berikut ini. 

JojoTimes Bagi Adaptasi Perkembangan Zaman 

JojoTimes ini adalah perangkat lunak yang telah dikembangkan untuk membantu seluruh absensi perusahaan. Agar lebih mudah dalam segi manajemen ataupun penggunaanya. Disana pengusaha bisa melakukan checking langsung posisi pegawai. Karena telah langsung terintegrasi kepada GPS jadi tidak perlu lagi ada kekhawatiran karyawan melakukan bolos kerja yang merugikan perusahaan. 

Kemudian dalam pembuatan laporan kehadiran pegawai bulanan yang perlu dilakukan oleh pihak manajemen juga. Dalam waktu sekejap saja mungkin banyak laporan absensi yang sangat dibutuhkan perusahaan setiap bulannya akan langsung bisa terselsaikan. Tanpa harus terbuang banyak waktu yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan produktifitas. 

Perangkat JojoTimes juga merupakan software yang telah diakui dapat memperingkas penyimpanan absensi. Dimana tadinya pasti banyak pengusaha yang kerepotan dengan masalah penyimpanan database absensi mereka. Dengan penggunaan cloud storage maka pengusaha akan merasakan keringanan dalam segi ini. 

Itulah beberapa spesifikasi unggulan dari JojoTimes, inilah saatnya anda langsung mengaplikasikan software canggih ini untuk kebutuhan perusahaan. Langsung download versi demonya yang disediakan secara gratis di Jojonomic.