Cara Membuat Drip Email Marketing Agar Tepat Sasaran

drip email marketing

Saat ini diera serba digital strategi marketing terus berkembang dan banyak variasinya. Salah satunya adalah Drip Email Marketing, yaitu strategi pemasaran yang dilakukan dalam jangka panjang serta sesuai dengan jadwal yang ditentukan sebelumnya.

Salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda adalah dengan memanfaatkan email marketing dan memakai konsep Drip Email Marketing dan ternyata, drip marketing merupakan strategi yang bisa meningkatkan keuntungan hingga 18 kali lipat jika dilakukan dengan benar. Selain itu kemampuan email marketing bersamaan dengan dukungan media sosial sangat mempengaruhi dengan cepat dan mudah.

Nah, cara efektif untuk melakukan promosi melalui email dan penerapannya menggunakan cara Drip Email Marketing, selengkapnya akan kita bahas dibawah ini !.

Apa itu Drip Email Marketing ?

Drip Email marketing adalah strategi yang sering dilakukan oleh para direct marketer. Dengan strategi ini, pemasaran dilakukan umumnya menggunakan email yang dikirim pada lead maupun pelanggan yang sudah terdaftar. Para marketer harus menyiapkan berbagai bahan marketing yang dikirim pada orang-orang tersebut dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, strategi ini disebut dengan drip atau tetesan.

Email ini bahkan dapat dipersonalisasi dengan nama kontak Anda, info perusahaan, dan masih banyak lagi. Sederhananya, drip marketing adalah bagaimana caranya memberi orang informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula.

Intinya drip email marketing adalah kumpulan email otomatis yang keluar berdasarkan jadwal atau berdasarkan tindakan dari pengguna. Mungkin satu email akan dikirim segera setelah seseorang mendaftar, atau akan dikirim 3 hari kemudian, atau pada akhir pekan berikutnya.

Email dapat bervariasi berdasarkan pemicunya, atau tindakan yang telah dilakukan pelanggan, seperti mendaftar ke layanan Anda atau melakukan pembelian, itulah sebabnya terkadang juga disebut behavioral email.

Fungsi pemasaran dengan Email Drip

Rutin mengirim kampanye email drip bisa membantu Anda menjangkau dengan konten yang tepat untuk audiens yang tepat pada waktu yang tepat sambil menghindari strategi satu untuk semua, fungsinya adalah antara lain :

1. Tetap Terhubung

Bangun hubungan melalui kampanye email drip agar jaringan Anda terus aktif. Mengirim serangkaian email berdasarkan pemicu dan segmen pengguna yang Anda tetapkan untuk pelanggan Anda memungkinkan Anda untuk meningkatkan pemasaran drip untuk terhubung dengan audiens Anda.

2. Hemat waktu dan tenaga

Email otomatis yang telah ditulis sebelumnya yang dapat dikirim ke kontak Anda pada waktu tertentu atau berdasarkan perilaku tertentu membuat Anda dapat memfokuskan waktu dan upaya pada tugas yang lebih penting.

3. Menginspirasi rasa ingin tahu

Buat konten email yang dikembangkan di kontak Anda dan buat mereka tetap berinteraksi dengan merek Anda. Interaksi mereka dengan jajak pendapat, survei, penawaran, dan kontes dapat digunakan untuk memicu lebih banyak email drip dan membuatnya tertarik secara emosional pada produk atau layanan Anda.

4. Menargetkan perilaku konsumen

Tingkatkan efektivitas kampanye email Anda dengan secara cerdas menggunakan data yang dikumpulkan Campaigns dari kontak Anda. Mengetahui audiens Anda dengan lebih baik memberdayakan Anda untuk menyesuaikan dan mempersonalisasikan email drip dengan cara yang menghasilkan lebih banyak keterlibatan.

drip email marketing

Apa yang dimaksud itu Kampanye Drip Email Marketing?

Kampanye drip adalah pendekatan yang stabil dan metodis untuk pemasaran yang memelihara prospek dengan pesan selama periode waktu tertentu, seringkali sebagai respons terhadap tindakan yang mereka ambil. Pendekatan yang otomatis namun disesuaikan ini membebaskan marketer untuk fokus pada tugas yang lebih penting, menjadikannya alat terbaik dalam pemasaran email saat ini. Kampanye drip memungkinkan untuk tetap berhubungan terus-menerus dengan prospek, menjaga mereka tetap terlibat saat mengarahkan mereka lebih dekat ke merek Anda.

Apa Peran Email Drip Marketing bagi Bisnis?

Kampanye drip marketing dirancang untuk dapat menjangkau dengan pesan yang telah ditargetkan untuk seseorang pada waktu yang tepat. Email ini dibuat secara otomatis seperti misalnya saja pesan selamat datang, ucapan selamat ulang tahun, dan pemberitahuan pesanan—email ini dapat bekerja untuk bisnis Anda, sementara Anda bisa fokus untuk mengerjakan hal lain.

Kampanye drip marketing secara otomatis memudahkan Anda untuk terhubung dengan orang yang tepat pada saat yang tepat—tanpa harus melakukan pekerjaan setiap saat. Dengan dipicu oleh tanggal atau tindakan, ada banyak contoh kampanye drip marketing yang dapat berhasil untuk bisnis Anda.

Drip email ini dapat menemani setiap pelanggan potensial melalui jalur penjualan Anda. Misalnya saja memberikan penawaran sampai pengguna memasukkan item ke keranjang belanja hingga merekomendasikan produk terbaru milik Anda.

Cara Mengatur Kampanye

1. Menentukan target

Seperti yang dikatakan sebelumnya, drip marketing harus dikirim pada orang yang tepat di waktu yang tepat. Nah, oleh karena itu, langkah pertama yang penting adalah menentukan target audiens yang sesuai dengan produk.

Kita tentunya sudah memiliki list dari orang-orang yang mendaftarkan emailnya. Akan tetapi, masih perlu dilakukan pembagian menjadi beberapa sub bagian lagi agar lebih tepat sasaran.

Anda harus menentukan trigger atau aksi yang memicu dikirimkannya email drip. Contoh trigger adalah ketika pengguna melakukan pembelian. Nah, drip email yang dikirimkan adalah bukti pembayaran. Anda bisa melakukannya sekreatif mungkin.

Drip marketing juga bisa dilakukan berdasarkan perilaku tertentu. Misalnya, seorang pengguna sudah lama tidak membuka aplikasimu. Maka, email bisa dikirimkan untuk membuat mereka tergerak dan membuka aplikasi. Isi email tentu berbeda-beda tergantung trigger atau perilaku pengguna. Jadi, pilihlah dengan bijak.

2. Menyusun Konten yang Akan Dikirim

Jika data calon klien sudah terkumpul, dan setelah mengetahui prospek-prospek pengguna yang layak dikirim email drip marketing, maka langkah selanjutnya adalah membuat isi email yang akan dikirimkan. Anda harus tahu apa tujuan yang ingin dicapai dengan email tersebut dan rancanglah kontennya semenarik mungkin dengan copy yang sesuai.

Rencanakan campaign-nya

Rencanakan berapa email yang akan dikirim bagaimana urutannya, sesuaikan dengan trigger, dan tentukan cara mengukur keberhasilan strategimu.

Contoh Workflow Drip Email Marketing

Berikut adalah 7 langkah yang dapat Anda gunakan sebagai dasar untuk membangun Drip email Anda:

1. Identifikasi Target Audiens Anda

Drip marketing adalah tentang memecah daftar pelanggan Anda menjadi subbagian, dan menargetkan informasi ke pelanggan. Jadi bagian terpenting di sini adalah menentukan pemicu dan grup mana yang akan digunakan untuk strategi drip marketing Anda.

Drip biasanya didasarkan pada salah satu dari dua jenis pemicu: tindakan dan bagian tambahan dari informasi demografis pengguna.

Contoh Tindakan

  • Pengguna berlangganan buletin perusahaan Anda, dan Anda mengirimi mereka email selamat datang melalui drip marketing Anda
  • Calon pengguna melakukan pembelian, dan Anda secara otomatis mengirimi mereka tanda terima dengan informasi pengiriman
  • Pengguna mendownload versi uji coba aplikasi Anda, dan Anda mengirimi mereka serangkaian email petunjuk selama uji coba tersebut, dan menawarkan tips-tips dalam mengoptimalkan aplikasi Anda

Contoh Demografis

  1. Pengguna mendaftar ke layanan Anda seminggu yang lalu, tetapi belum kembali sejak itu, jadi Anda mengirimi mereka email otomatis menanyakan apakah mereka memerlukan bantuan
  2. Calon pengguna mulai menggunakan aplikasi Anda, tetapi berhenti di tengah proses, jadi Anda mengirimkan mereka email yang menawarkan panduan dan beberapa tips lainnya
  3. Sekitar liburan tahun lalu, pengguna membeli produk dari kategori tertentu di toko Anda, jadi Anda mengirmkan mereka daftar item baru dalam kategori tersebut pada awal Desember (plus kode kupon)

2. Susun Pesan Anda

Sekarang Anda tahu siapa yang Anda targetkan, Anda perlu membuat pesan yang membantu dan menarik perhatian mereka. Apa yang ingin pengguna lakukan? Atau, apa yang ingin dipelajari pengguna anda?

Berdasarkan jawaban atas pertanyaan tersebut, tulis teks yang jelas, dan menarik. Pertahankan karakter yang anda bangun untuk brand anda, tetapi pastikan pesan anda jelas.

drip email marketing

3. Rencanakan Strategi Marketing

Kemudian Anda perlu mencari tahu logistik drip marketing Anda, seperti alur kerja dari kontak pertama hingga penjualan serta dukungan. Untuk membantu merencanakannya, anda dapat mengikuti langkah berikut ini, menggunakan beberapa pertanyaan:

Berapa banyak email yang akan anda kirim, kapan, dan bagaimana urutannya?

Misalnya saja anda mencari pelanggan baru atau mempertahankan pengguna yang sudah ada, urutan dalam pengiriman adalah peran penting dalam keberhasilan setiap marketing.

Selain itu pertimbangkan berapa banyak informasi yang dibutuhkan target pengguna Anda, kapan dia mungkin membutuhkannya, dan mengapa. Setelah persiapan selesai, drip marketing bisa mulai dilakukan. Drip marketing bisa dilaksanakan secara otomatis menggunakan software khusus email automation atau sejenisnya.

Menyiapkan urutan untuk kampanye email drip memerlukan beberapa upaya dan perencanaan di awal, tetapi akan berbuah hasil dalam jangka panjang. Memetakan rute untuk kampanye email drip akan membantu menargetkan pelanggan Anda dengan lebih baik dan memungkinkan Anda menyesuaikannya kemudian, yang pada akhirnya meningkatkan penjualan.

4. Menetapkan Tujuan Kampanye Agar Tepat Sasaran

Setelah Anda mengidentifikasi serangkaian kontak yang Anda targetkan, sekarang saatnya membuat rencana untuk kampanye email drip Anda. Memutuskan kapan email drip Anda akan keluar, apa yang ada di dalamnya, dan cara mengaturnya akan menetapkan tujuan kampanye Anda.

5. Membuat Konten Kampanye yang menarik

Saatnya menghasilkan email yang menarik perhatian kontak Anda. Tingkatkan efektivitas kampanye Anda dengan mendasarkan konten Anda pada perilaku mereka—yang menambahkan nuansa personalisasi—dan termasuk CTA yang dapat ditindaklanjuti untuk memastikan pesan yang tepat disampaikan kepada pelanggan Anda.

6. Memulai Kampanye

Jika Anda sudah menetapkan sasaran, lalu buat rencana untuk dijalankan, serta kampanye yang dibuat. Selain itu Anda harus siap untuk menyelesaikan berbagai hal dan memicu serangkaian email yang berfokus pada dan menargetkan kontak potensial, semoga mengubahnya menjadi pelanggan setia.

7. Lakukan Evaluasi dan Adjustment

Drip marketing biasanya sudah otomatis, tapi tidak berarti Anda dapat membiarkannya berjalan tanpa pengawasan. Anda perlu meluangkan banyak waktu utuk meriset lagi tentang segmen anda, dan menyesuaikan kembali system dan strategi berdasarkan hasil yang sudah ada. jika jumlah klik tidak sebanyak yang di targetkan, coba tulis ulang ajakan atau pesat tersemat anda.

jika Anda tidak memenuhi target tingkat konversi dengan email penutupan penjualan, cobalah menggunakan komunikasi yang lebih informatif dan menarik sebelum meminta pengguna untuk melakukan pembelian. Kuncinya adalah Evaluasi, sesuaikan, ulangi lagi.

Setelah strategi dilaksanakan, tentunya evaluasi diperlukan. Ukur metrik-metrik yang telah ditentukan dan simpulkan apakah strateginya berhasil. Jika tidak, berarti ada perbaikan yang perlu dilakukan.

Setelah penyesuaian dilaksanakan dan strategi drip dilakukan kembali, lakukanlah evaluasi dan penyesuaian ulang jika perlu.

Kapan saya perlu mengatur kampanye email drip

Ada banyak situasi di mana Anda dapat mengirim email drip, yang membuat pemasaran email drip efektif dan berpengaruh untuk bisnis dengan segala ukuran. Berikut ini adalah beberapa situasi di mana pemasaran email drip bisa sangat berharga

1. Email untuk memelihara prospek

Kirim serangkaian email ke prospek atau kontak yang belum memiliki atau menggunakan produk/layanan Anda tetapi siap untuk itu. Email tersebut akan mengajak mereka, memberi mereka gambaran singkat tentang produk/layanan yang diharapkan dapat mengubah mereka menjadi pelanggan.

2. Email Pembukaan/Opening

Pembukaan email sambutan adalah cara terbaik untuk memberi orang pengantar tentang merek/produk Anda. Anda dapat mengatur kampanye email drip yang secara otomatis akan memicu email sambutan setelah tindakan tertentu, seperti pembelian awal atau pendaftaran.

3. Email Orientasi Pelanggan

Notifikasi email edukasi / orientasi adalah serangkaian email yang mengedukasi pelanggan tentang merek/produk Anda. Membuat mereka terbiasa dengan siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan dapat menjadi cara yang bagus untuk membantu menciptakan pelanggan yang loyal.

4. Reminder Email

Orang terkadang bimbang ketika memilih produk/merek dan dapat dengan mudah teralihkan. Kampanye email drip keterlibatan kembali dapat mengingatkan atau reminder mereka tentang ketersediaan produk yang tersisa di trolinya.

5. Notifikasi Email perpanjangan langganan

Kirim email peringatan tentang perpanjangan langganan pada interval yang telah ditentukan sebelumnya. Ini dapat diatur sehingga ketika mereka memperpanjang langganan, mereka akan menerima email terima kasih, sementara jika mereka tidak memperpanjang, mereka akan terus menerima email pengingat.

drip email

Tipe-Tipe Drip Marketing

Menurut laman Crazy Egg dalam situsnya menyatakan bahwa ada beberapa jenis drip marketing campaign, yaitu sebagai berikut :

1. Top-of-mind drip

Jenis drip marketing ini bertujuan untuk membuat lead lebih tertarik dengan perusahaanmu. Pada akhirnya, lead harus benar-benar memahami dan mengingat brand-mu hingga mencapai tahap pembelian terakhir. Akan lebih baik jika campaign ini dilakukan terus menerus, khususnya jika ada penawaran baru.

2. Educational drip

Educational drip yaitu memberikan informasi tentang produk yang Anda promosikan sehingga mereka bisa tertarik untuk melakukan pembelian.

3. Re-engagement drip

Jika ada cold lead yang terdaftar di antara prospek Anda, re-engagement drip dapat dilakukan. Strategi ini bertujuan untuk membuat mereka menjadi tertarik meski telah lama tidak menunjukkan interaksi atau tanda minat membeli.

4. Competitive drip

Competitive drip adalah strategi marketing yang dilakukan untuk bersaing dengan pelanggan kompetitormu. Pada strategi ini, Anda perlu menawarkan keuntungan menggunakan produkmu dan meyakinkan mereka bahwa yang kamu tawarkan lebih baik sehingga mereka tertarik untuk berpindah berlangganan.

5. Promotional drip

Ketika ada diskon atau harga spesial, tentu para lead-mu perlu tahu. Untuk itu, promotional drip bisa dilakukan. Dengan promotional drip, lead bisa mengetahui penawaran menarik yang ada dan melakukan pembelian.

6. Training drip

Training drip biasanya diberikan pada anggota baru untuk memberi informasi tentang bagaimana menggunakan sebuah produk.

Buat drip email marketing yang sederhana serta mudah diingat terutama ketika anda akan menulis ulang konten sebelumnya. Kemudian, begitu email terakhir terkirim dan pelanggan mengetahui produk anda, anda dapat membuat kesepakatan untuk mengajak menjadi pelanggan premium.

Mulai sekarang, kendali penuh di tangan Anda. Kelola seluruh anggaran perusahaan hanya dengan ponsel Anda. Setujui maupun tolak pengajuan reimbursement dan cash advance kapanpun dimanapun. Pantau pula penggunaan budget karyawan.

Software JojoExpense membantu Anda menyusun data dengan aman sehingga mampu mencegah penyelewengan transaksi keuangan perusahaan serta mengendalikan keamanan keuangan perusahaan dengan mudah kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Kelebihan Aplikasi JojoExpense

Aplikasi JojoExpense mampu mengatasi kebutuhan untuk merekap penerimaan kertas secara manual. Alur persetujuan secara langsung. Mempersingkat waktu pemrosesan hingga 70%. Hemat waktu, hemat biaya, tingkatkan produktivitas!

Memiliki Fitur yang Populer

  1. Rekap Biaya dengan Mobile secara Otomatis dan Arsip Data
  2. Alur Persetujuan yang Disesuaikan dan Kebijakan Anggaran untuk Penggantian & Penarikan Tunai
  3. Deteksi Penipuan Tingkat Lanjut dan Pelaporan Komprehensif Real Time

Anda bisa mencoba kinerja aplikasi JojoExpense dengan mencoba secara gratis melalui tautan berikut ini klik coba gratis sekarang !.