Employee Assistance Sarana Peningkatan Mutu SDM

Sebuah perusahaan tidak akan pernah berkembang apabila kurang memanfaatkan employee assistance dengan baik. Program ini bisa menjadi sebuah sarana yang baik untuk meningkatkan mutu setiap karyawan didalam perusahaan tersebut, metode assistance disini berkerja seperti bimbingan konseling tapi dengan memberikan bantuan yang lebih jelas.

Ketika berkerja setiap karyawan pasti memiliki tingkat produktifitas yang beragam, sedangkan perusahaan pasti menginginkan kinerja mereka selalu maksimal. Banyak penyebab penurunan kinerja dari seorang pegawai, bisa berasal dari pribadi, lingkungan kerja sampai upah kerja.

Bagian HRD harus bisa mengatasi masalah ini bagaimanapun caranya, maka dari itu terlahirlah program employee assistance ini. Agar HR bisa mulai mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi karyawan hingga kinerjanya menjadi buruk.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Lalu apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh karyawan apabila mengikuti jaminan dari assistance ini?. Fokus penyelsaian masalahnya memang banyak kami akan menjabarkan apa saja yang akan didapatkan oleh pegawai dari program ini.

Menghadapai Masalah Mental Seperti Stress

Stress merupakan faktor utama yang menyebabkan penurunan kualitas kinerja dari pegawai, untuk itu hal pertama yang harus ditangani dalam employee assistance adalah memberikan obat agar menghilangkan stress. Karena apabila berkepanjangan akan berdampak penyakit yang lebih serius kepada karyawan.

Pilihan terbaik yang bisa dilakukan oleh HR adalah dengan memberikan cuti ataupun libur bagi karyawan dengan tingkat stress tinggi. Dengan memberikan liburan mereka bisa merefresh otaknya kembali dan produktifitas karyawan itu juga akan kembali seperti semula dengan penuh semangat.

Tapi sebenarnya penyebab stress bisa beragam, sesuai dengan karakter setiap individunya. Walaupun pemicu utamanya memang adalah beban kerja yang terlalu banyak dan kurangnya mendapatkan waktu istirahat serta liburan akan menyebabkan cepat terkena stress.

Penyesuaian Dalam Kehidupan

Terkadang masalah pribadi seperti peralihan dalam kehidupan juga mempengaruhi kinerja karyawan, contohnya mereka mengalami perceraian atau orang terdekatnya ada yang meninggal dunia. Tentu ini akan membuat mereka terpukul dan merasa sedih, kesedihan ini tidak bisa tercurah dengan baik ketika karyawan berkerja.

Ada dua pilihan untuk penyelsaian jenis masalah seperti ini, pertama anda bisa menjadi pendengar yang baik dan memberi motivasi untuk menguatkan mereka. Kedua HR bisa memberikan cuti agar mereka bisa menenangkan diri sejenak, selalu follow up kondisi yang bersangkutan agar mereka cepat move on dan pulih dari kondisi yang terpuruk.

Perubahan dalam kehidupan akan selalu terjadi, sebagai HRD yang baik anda harus sangat peka terhadap setiap perubahan itu didalam karyawan. Jangan biarkan kejadian buruk seperti itu tidak tertangani dan menjadi beban karyawan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Keuangan Upah Maupun Hutang

Apabila masih ranah upah HR bisa dengan mudah memberikan solusi seperti peningkatan kinerja agar karyawan mendapatkan kenaikan gaji. Akan sedikit sulit apabila menyangkut hutang yang dimiliki karyawan.

Tapi bukanlah pekerjaan namanya apabila tidak ada tantangannya, hutang karyawan terkadang menjadi milik perusahaan juga. Itu semua agar karyawan tetap berkerja dengan prima dan menghasilkan produk terbaik yang bisa buat.

Solusi terbaik adalah dengan memberikan pinjaman melalui koperasi kerja didalam perusahaan, biaya yang akan dipinjamkan bisa disesuaikan dengan negosiasi bersama karyawan bersangkutan. Tentu jangan memakai bunga kembali usahakan cicilan yang diberikan juga sesuai dengan gaji serta kemampuan pegawai tersebut.

Persiapan Pensiun Dan Penuaan

Perubahan lainnya yang pasti akan dialami setiap orang adalah penuaan, kadang proses ini juga membuat seseorang tidak lagi seproduktif sebelumnya. Sehingga diberbagai instansi pemerintahan mereka sudah memiliki program pensiun.

Selain sebagai apresiasi loyalitas kerjanya, program pensiun merupakan penghargaan tertinggi bagi seorang karyawan. Program seperti ini harus segera diberitahukan kepada karyawan sesaat setelah bergabung agar memicu semangat dalam berkerja.

Tentu mereka tidak akan lagi khawatir tentang hari tua apabila sudah terjamin dengan adanya pensiun. Tinggal memberikan pendekatan bahwa ia memang sudah bukan masa produktif lagi sehingga harus dipensiunkan.

Lingkungan Kerja Yang Lebih baik

Program pembuatan lingkungan kerja yang lebih baik adalah inti dari employee assistance, karena dengan lingkungan kerja yang baik mutu pekerjaan setiap karyawan akan maksimal. Lantas apa yang dimaksud dengan lingkuangan kerja baik?.

Lingkungan kerja yang baik merupakan ekosistem sebuah perusahaan yang didalamnya saling menguntungkan dan setiap individunya berkerjasama untuk tercapainya visi maupun misi perusahaan. Apabila masih banyak berbagai pelanggaran yang terjadi didalam perusahaan maka lingkungan kerja disana bisa disebut buruk.

Rutinkan untuk mengadakan meeting agar terjalin komunikasi dan keterbukaan terhadap masalah yang terjadi di lingkungan kerja agar mudah melakukan perbaikan. Sering cek kondisi pekerjaan para pegawai agar mengetahui kualitas kerja mereka apabila ada penurunan bisa langsung mencari masalah serta solusinya seketika itu juga.

Employee Assistance Bukti Nyata Layanan Perusahaan

Program ini adalah bukti nyata sebuah perusahaan yang sangat menghargai karyawannya, dengan adanya program ini setiap pegawai akan merasa nyaman dan aman saat berkerja. Lalu sebenarnya untuk apa diselenggarakannya program ini?.

Membangun loyalitas dari karyawan adalah target utama kenapa program ini dilaksanakan. Mendapatkan loyalitas seorang karyawan untuk sebuah perusahaan memang tidak mudah, para pegawai apabila sudah tidak nyaman akan cenderung meninggalkan perusahaan dan mencari yang lain.

Berbeda apabila perusahaan cepat bergerak dan mencari permasalahan kenapa karyawan tersebut tidak nyaman berkerja disana. Karena jika merekrut karyawan baru tentu kemampuan yang dimiliki pasti dari awal lagi dan perlunya pelatihan ulang agar menguasai pekerjaan barunya.

employee assistance bisa menjadi pilihan terbaik membuat semua karyawan didalam perusahaan merasa nyaman serta aman. Intinya program ini bisa memenuhi berbagai kebutuhan pegawai dari berbagai sisi, bahkan dari masalah pribadipun bisa diselsaikan melalui program ini.

Selama karyawan itu masih berkerja dan memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan, maka sebuah kewajiban bagi perusahaan untuk membuat karyawan itu merasa nyaman. Karena apabila sudah merasa nyaman jangan heran mereka akan mengeluarkan semua kemampuannya demi kemajuan dari perusahaan.

Bagaimana cara agar HR bisa mengetahui kondisi dan kegiatan dari karyawan?, apakah harus melihat satu persatu?. Tentu apabila seperti itu akan menghabiskan waktu, kenapa tidak gunakan saja software canggih untuk membantu HR yaitu jojotimes.

Ya dengan jojotimes banyak manfaat yang akan didapatkan seperti dapat memonitor karyawan dimanapun dan kapanpun. Kok bisa seperti itu?, teknologi pengenalan wajah dari jojotimes bisa mewujudkannya dan juga dibantu oleh GPS.

Membuat laporan melalui jojotimes akan terasa singkat karena HR cukup memilih opsi didalam software ini lalu akan berkerja otomatis. Atur kebutuhan kerja serta beban bagi setiap karyawan hanya dari satu software jojotimes.

Rasakan perbedaan yang sangat jelas dengan mencoba demo gratis dari jojotimes di jojonomic. Software ini didesain untuk HR agar menjalankan employee assistance lebih baik lagi, sehingga perusahaan mendapatkan progress positif.