Apa yang Dimaksud dengan Evaluasi Tahunan?

Evaluasi tahunan sering diadakan oleh perusahaan di tempat yang menyenangkan. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja dari karyawan tersebut.

evaluasi tahunan

Akan tetapi, tidak jarang, evaluasi tersebut tetap dilakukan di perusahaan dan hanya melibatkan para direksi dan manager. Evaluasi yang dilakukan 1 tahun sekali ini memungkinkan perusahaan bisa menilai kinerja karyawan. Proses evaluasi yang biasanya dilakukan adalah dengan metode evaluasi tradisional.

Apa itu Evaluasi Tahunan?

Evaluasi tahunan merupakan evaluasi yang dilakukan per 1 tahun sekali dan umumnya dilakukan saat akhir tahun oleh pihak yang memiliki kewenangan. Hasil evaluasi tersebut menjadi dasar untuk penentuan strategi atau kebijakan di tahun setelahnya.

Oops! We could not locate your form.

Dengan evaluasi tersebut, perusahaan bisa mendapatkan feedback baik positif ataupun negatif berdasarkan pada penilaian orang yang bekerja di Perusahaan tersebut.

Manfaat Evaluasi Tahunan

Ada beberapa manfaat dari dilakukannya evaluasi tahunan, diantaranya yaitu:

  • Mendapatkan feedback yang bisa menjadi dasar kebijakan perusahaan di tahun kedepannya.
  • Meningkatkan produktivitas dari karyawan.
  • Manager dan petinggi bisa lebih memahami apa yang dirasakan atau dialami oleh karyawan.
  • Lebih memahami perbedaan atau bahkan meminimalisir kesalahpahaman perbedaan antara petinggi dan karyawan atau antar pekerja yang berbeda devisi.
  • Meminimalisir kesalahan dan masalah baru yang bisa saja muncul atau bahkan membesar.

 3 Hal Penting Evaluasi Tahunan

Dalam evaluasi tahunan ada beberapa hal yang sebaiknya harus dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan dan juga memajukan perusahaan. 3 hal tersebut yaitu:

1.      Evaluasi Kinerja Perusahaan

Saat sedang evaluasi tersebut, hal yang harus dibahas adalah performa perusahaan secara keseluruhan. Apakah kinerja dari perusahaan sudah sesuai atau belum. Bahkan Anda bisa memeriksa total penjualan dan membandingkannya dengan pencapaian yang pernah dilalui.

evaluasi tahunanJika pencapaian ternyata kurang atau lebih rendah dari tahun sebelumnya, maka Anda bisa mengevaluasi bagian mana yang kurang sehingga di tahun nantinya bisa lebih baik.

2.      Evaluasi Kinerja Karyawan

Tidak hanya evaluasi perusahaan secara keseluruhan namun juga karyawan yang terlibat. Dari hasil evaluasi tersebut, Anda tidak hanya akan bisa mempertimbangkan apakah perlu penambahan orang atau tidak. Namun, juga bisa menjadi pertimbangan untuk tetap mempertahankan ataupun melepaskan karyawan tersebut.

3.      Saran

Dalam evaluasi yang dilakukan per tahun ini, Anda tidak hanya melakukan evaluasi terkait dengan kinerja baik karyawan ataupun perusahaan namun juga meminta saran. Saran atau masukan sangat penting karena dengan masukan tersebut, bisa meningkatkan kinerja perusahaan dan pertimbangan untuk strategi penjualan perusahaan.

evaluasi tahunanSetelah hasil dari evaluasi tersebut dilaporkan atau diterima, Anda bisa mengimplementasikannya untuk jangka waktu pendek ataupun panjang. Pastikan jika Anda sudah mempertimbangkan plus minus atau resiko yang harus dihadapi saat akan mengaplikasikan strategi tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pengaruh Ke Keuangan

Dalam evaluasi tahunan yang dilakukan, pasti akan menyinggung masalah dana yang dimiliki oleh perusahaan. Bagaimana dana atau uang tersebut dipergunakan? Bagaimana caranya agar mendapatkan income yang lebih dari target? Mengapa hasilnya tidak sesuai dengan target? Contoh pertanyaan tersebut akan mengarah ke bagian keuangan.

evaluasi tahunanSadar atau tidak, kondisi keuangan perusahaan akan sangat berpengaruh pada kinerja. Misalnya kinerja karyawan yang ternyata tidak bisa maksimal karena harusnya untuk strategi tertentu perlu dana 5 juta namun hanya ada 1 juta. Walaupun bisa menggunakan opsi atau pilihan lain, namun, hasil yang diperoleh tidak akan bisa maksimal. Akibatnya, juga akan berpengaruh pada kondisi perusahaan secara keseluruhan.

Karena hal tersebut, tidak sedikit yang akhirnya melakukan pengetatan pengeluaran di perusahaan, apalagi jika setelah evaluasi tersebut, didapati jika kondisi perusahaan sedang dalam tidak baik. Untuk pengontrolan keuangan perusahaan bisa menggunakan beberapa cara, diantaranya adalah:

  • Penghematan biaya untuk listrik dan air.
  • Mengurangi acara-acara kantor yang dirasa kurang perlu.
  • Rapat yang sebaiknya dilakukan di kantor atau di tempat yang memiliki harga yang terjangkau untuk menghemat biaya.
  • Pengurangan tenaga outsourcing dan peningkatan kinerja dari karyawan yang dimiliki.

Pemantauan Keuangan dengan JojoExpense

Untuk pemantaian atau controlling kondisi keuangan perusahaan Anda bisa menggunakan cara manual misalnya dengan mengecek per hari atau per minggu. Akan tetapi, ada cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan JojoExpense. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran untuk perusahaan hingga 76%.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan keuntungan seperti berikut ini:

1.      Mencegah Penipuan

Kebutuhan manusia tidak ada yang tahu kapan akan mencapai titik maksimal karena pasti akan ada keinginan-keinginan lain setelah keinginan yang satu terpenuhi. Karena hal tersebut, tidak menutup kemungkinan setiap orang termasuk yang memiliki gaji yang besar untuk melakukan penipuan terutama saat reimburse dengan memanipulasi data.

Untuk pencegahan penipuan tersebut, JojoExpense dilengkapi dengan Intelligence OCR, cash advance dan fitur lain untuk mempermudah Anda mengontrol keuangan yang masuk ataupun yang keluar.

2.      Mengolah dan Mengontrol Anggaran Di Mana Saja

Data yang tersimpan yang sudah dimasukkan dalam JojoExpense sudah dilengkapi dengan cloud. Karena hal tersebut jika sewaktu-waktu Anda sedang tidak dikantor padahal Anda butuh data tersebut, Anda tinggal mencari dan mendapatkannya dari cloud.

Selain itu JojoExpense juga mempermudah Anda untuk mengontrol kondisi anggaran perusahaan Anda. Anda bisa lebih mudah untuk menyetujui atau bahkan menolah pengajuan dana karena kurang sesuai dengan anggaran perusahaan. Dengan cara ini, Anda ataupun karyawan yang mengajukan anggaran tersebut tidak akan menunggu terlalu lama untuk tahu apakah pengajuan yang dilakukan tersebut diterima atau tidak.

3.      Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi

Dengan akses yang lebih mudah, ditambah pengelolaan yang lebih mudah akan membantu Anda tidak hanya untuk menghemat waktu bekerja namun juga meningkatkan produktivitas. Anda bisa mengerjakan perkerjaan yang lainnya sehingga tidak ada penumpukan pekerjaan yang akan menyusahkan Anda.

Penggunaan JojoExpense juga dapat membantu untuk mengurangi biaya operasional untuk membeli kertas. Anda tidak perlu lagi mencetak setiap transaksi untuk dimasukkan ke dalam buku, namun Anda hanya perlu menyimpannya secara teratur. Jika diperlukan, Anda tinggal mencetaknya sehingga penggunaan kertas akan berkurang.

Fitur JojoExpense

Di JojoExpense terdapat fitur yang memungkinkan Anda untuk bisa menikmati keunggulan yang ada di atas. Fitur tersebut yaitu:

  • Reimburse lewat aplikasi ataupun webste

Proses reimburse dengan JojoExpense membuat Anda tidak harus datang ke bagian keuangan karena ANda bisa melakukan scanning. Data hasil scanning tersebut akan masuk ke database yang kemudian bisa diolah oleh orang keuangan. Dengan begitu, Anda lebih hemat waktu dan tenaga serta orang keuangan juga tidak perlu lagi secara manual memasukkan data.

  • Mobile approval

Fitur ini memungkinkan orang keuangan untuk bisa langsung menyetujui atau menolak pengajuan keuangan yang dilakukan oleh karyawan.

Mau mendapatkan keuntungan dan menikmati fitur di atas? Kunjungi saja https://jojonomic.com/produk/jojoexpense-reimburse-online/ dan cobalah versi trial untuk merasakan efektivitas dibandingkan penghitungan dan pengontrolan secara manual. Dengan cara ini, Anda bisa lebih mudah untuk menuliskan laporan untuk evaluasi tahunan lho. Selamat mencoba!