Expensify Vs Concur, Lebih Unggul Mana untuk Bisnismu?

Pernahkah kamu merasa kesulitan dalam mengelola dan mengatur keuangan? Dalam mencatat pengeluaran, baik bisnis maupun pribadi, terkadang kita membutuhkan waktu untuk mencatat dan menghitung pengeluaran secara manual. Seringkali dalam melakukan pencatatan terjadi human error karena salah menghitung atau ada pengeluaran yang terlupakan.

Di era teknologi yang serba cepat seperti saat ini, tentu sangat membutuhkan aplikasi maupun jasa yang mampu membantu untuk mengelola keuangan secara otomatis. Penggunaan manajemen pengeluaran dirasa penting agar pengeluaran lebih terstruktur dan lebih bijak untuk mengelola keuangan. Karena dengan menggunaan aplikasi manajemen keuangan dapat membantu perusahaan menghindari pengeluaran berlebih atau tidak tercatat dengan baik.

Saat ini pun mulai bermunculan aplikasi yang menyediakan jasa manajemen keuangan untuk mencatat dan menghitung pengeluarain sedetail mungkin, hal ini tentu saja semakin memudahkan perusahaan untuk mencatat pengeluaran dan beberapa diantaranya yang sudah cukup terkenal adalah Expensify dan Concur.

Keduanya merupakan perusahaan asal Amerika yang dapat membantu kita untuk mengatur pengeluaran dengan instan. Baik Expensify maupun Concur memiliki fitur serupa namun ada keunggulan dari masing masing aplikasi.

Apa itu Expesify?

Expensify merupakan perusahaan perangkat lunak yang mengembangkan sistem manajemen pengeluaran yang bisa digunakan oleh perusahaan. Produk yang dimiliki oleh Expensify adalah Expensify Card, adalah kartu yang bisa mengatur pengeluaran yang juga bekerjasama dengan Visa. Selain itu, Expensify juga mengoperasikan unit pendanaan ventura yang dikenal sebagai Expensify Ventures.

Dan Expesify melansir perangkat lunak baru untuk mendukung pekerja lepas yang membutuhkan cara yang lebih efisien. Tidak hanya perangkat lunak, Expensify pun memiliki aplikasi untuk Android dan IOS yang dapat membantu perusahaan sangat lebih mudah untuk mengatur keuangan.

Perangkat lunak yang masuk kedalam Top 10 Most Innovative Company oleh Fast Company ini dapat mencatat jarak dan biaya yang dikeluarkan dalam setiap perjalanan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan dan dicatat secara akurat. Lalu perusahaan akan mendapatkan laporan keuangan yang secara otomatis berdasarkan transaksi bisnis yang dilakukan dalam bentuk dokumen yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga, reimbursement online dapat dilakukan secara praktis.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Expensify yaitu SmartScan, yaitu pengguna dapat memasukan foto bukti pembayaran lalu secara otomatis Expensify mengubah foto tersebut menjadi data pengeluaran. Selain itu, pengguna dapat mengirim foto bukti pembayaran tersebut kepada akuntan yang terintegrasi oleh aplikasi tersebut. Expensify dapat mengkategorikan dan membagi setiap tanda terima, bahkan dapat secara otomatis mengirimkan pengeluaran bisnis untuk reimbursement. Expensify juga terafiliasi dengan aplikasi akuntansi seperti QuickBooks, Xero, NetSuite, dan lain lainnya).

Lalu, Apa itu Concur?

Concur atau yang lebih dikenal dengan SAP Concur adalah perusahaan SAP (System Application and Product in Data Processing) Amerika, yang tidak hanya menyediakan jasa manajemen pengeluaran, namun juga manajemen perjalanan bisnis. Concur pun dapat secara otomatis menyesuaikan workflow perusahaan dan membayar vendor perusahaan. Sama seperti Expensify, SAP Concur pun memiliki aplikasi untuk Android dan IOS yang dapat membantu perusahaan sangat lebih mudah untuk mengatur keuangan dan perjalanan bisnis karena bisa dilakukan dimana saja.

Produk produk SAP Concur terbagi atas expense, travel, dan invoice. Concur Expense membantu perusahaan mencatat dan menghitung pengeluaran dan reimbursement secara otomatis dan mencatat rencana perjalanan bisnis yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Concur Travel untuk membantu perusahaan mencatat dan memberikan rekomendasi akomodasi yang sesuai dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.  Concur juga bekerjasama dengan AppZen, aplikasi audit otomatis yang mengandalkan AI untuk menghindari kecurangan dalam penghitungan dan pencatatan pengeluaran perusahaan.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Concur hampir sama menariknya seperti Expensify, seperti scan bukti pembayaran yang langsung diolah menjadi data pengeluaran dan mengelola laporan keuangan dalam waktu singkat dan juga mencatat keuangan dalam waktu realtime sehingga memudahkan perusahaan untuk mengelola dan memanajemen keuangan serta mengatur perjalanan bisnis.

Yang menjadi perbedaan adalah, pada SAP Concur terdapat fitur yang memudahkan pengguna untuk memesan hotel dan penerbangan dan juga mengelola serta merinci rencana perjalanan yang secara langsung dimasukkan dalam laporan pengeluaran oleh SAP Concur.

Selain itu Concur pun dilengkapi dengan fitur pemesanan hotel dan tiket pesawat, sehingga memudahkan penggunanya yang memiliki mobilitas tinggi. Ditambah, Concur berintegrasi dengan perangkat lunak perencanaan perjalanan Triplt.

Expensify vs Concur

Meskipun kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang serupa. Namun bila Expensify dan Concur dibandingkan akan ada poin poin yang membedaka fitur dan kualitas yang dimiliki oleh kedua perangkat lunak penyedia jasa pengelola keuangan. Berikut merupakan perbandingan Expensify dan Concur

Keunggulan Expensify

Kelebihan yang dimiliki oleh Expensify yaitu dapat mengkonversi mata uang secara otomatis yang mampu membantu penggunanya yang sering melakukan transaksi dengan valuta asing untuk mencatat pengeluaran dengan mudah. Selain itu, terdapat juga fitur offline mode sehingga memudahkan pengguna untuk mencatat pengeluaran meskipun gawai sedang dalam kondisi airplane mode. Selain itu juga, aplikasi yang dimiliki oleh Expensify sangat mudah dan nyaman untuk digunakan oleh perusahaan.

Keunggulan Concur

Kelebihan yang dimiliki oleh Concur adalah, aplikasi ini dapat dihubungkan langsung dengan kartu kredit sehingga pencatatan pengeluaran dilakukan secara otomatis sehingga menjadi jauh lebih mudah. Lalu Concur juga dapat melacak dan mengirim jarak tempuh mobil dengan mudah

Selain itu Concur pun dilengkapi dengan fitur pemesanan hotel dan tiket pesawat, sehingga memudahkan penggunanya yang memiliki mobilitas tinggi. Ditambah, Concur berintegrasi dengan perangkat lunak perencanaan perjalanan Triplt. Concur pun memiliki workflow management sehingga memudahkan penggunanya untuk menghitung pengeluaran berdasarkan cara perusahaan tersebut.

Perbandingan antara Expensify dan Concur terletak pada fitur yang dimiliki oleh masing masing aplikasi. Concur memudahkan pengguna untuk mengelola perjalanan bisnis sehingga pengguna dapat lebih focus dengan pekerjaannya. Selain itu, Concur pun memiliki fitur workflow management yang tidak dimiliki oleh Expensify. Namun meskipun Concur memiliki fitur ekstra yaitu fitur travel, namun nyatanya Expensify justru memiliki fitur keuangan yang lebih lengkap dibanding Concur.

Selain perangkat lunak dan aplikasi yang sudah disebutkan di atas, ada satu aplikasi karya Indonesia yang tidak kalah hebat dari inovasi yang ditawarkan. Aplikasi ini juga dapat membantu kamu dalam mengelola dan mencatat pengeluaran perusahaan dengan mudah yaitu JojoExpense. Dengan menggunakan JojoExpense kamu dapat meningkatkan efisiensi hingga 76