Face Recognition Dengan Segudang Manfaat Pada Absensi Perusahaan

Face recognition yang seringkali disebut juga dengan istilah facial recognition merupakan satu bentuk nyata dari perkembangan teknologi yang ada. Tentunya dengan adanya produk berteknologi canggih ini maka segala pekerjaan manusia diharapkan agar bisa lebih mudah untuk dilakukan. Namun sebenarnya tidak selalu peralatan berteknologi canggih membawa dampak yang baik bagi masyarakat sekitar. Teknologi baru yang berkembang ini bisa saja dimanfaatkan oleh seseorang untuk melakukan hal buruk.

Teknologi face recognition sendiri merupakan sebuah teknologi pengenal wajah yang sampai sekarang ini masih saja terus dikembangkan. Teknologi ini menggunakan kecerdasan AI dan dapat digunakan untuk mengenali wajah berbagai macam orang yang telah ada di daftar data base. Jadi teknologi ini dapat membantu Anda untuk mengenali orang lain dengan melihat datanya secara lebih jelas. Teknologi ini telah direncanakan untuk semakin dikembangkan sehingga dapat difungsikan dengan lebih baik lagi ke depannya.

Kelebihan Face Recognition

Menggunakan teknologi face recognition ini dapat memberikan berbagai macam kelebihan, termasuk pada perusahaan, di antaranya yaitu kelebihan berikut ini.

1. Membantu pekerjaan manusia.

Face recognition pada dasarnya dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dengan adanya teknologi ini maka pekerjaan yang dilakukan oleh pihak kepolisian bisa menjadi lebih mudah. Misalnya saja pekerjaan pihak kepolisian dalam menangkap napi ataupun menangkap buronan bisa jadi lebih cepat dan mudah. Bahkan dengan adanya penggunaan teknologi ini maka pihak kepolisian bisa mencari napi yang sedang kabur dari penjara. Memang awalnya penggunaan teknologi ini dilakukan untuk membantu pekerjaan polisi dalam menangkap tersangka. Namun rupanya sekarang teknologi ini digunakan pula di beberapa bidang pekerjaan yang lain.

2. Mencegah perilaku menyimpang.

Keberadaan teknologi yang dapat bekerja dengan mengenali wajah orang ini berguna pula untuk mencegah perilaku menyimpang. Karena adanya teknologi canggih ini maka orang akan berpikir dua kali sebelum melakukan perilaku menyimpang atau tindak kejahatan. Sebab orang akan cenderung menghindari kejahatan agar tidak mendapatkan hukuman pidana. Jadi adanya teknologi ini sebenarnya bisa memberikan dampak positif pada seluruh aspek kehidupan masyarakat. Secara lebih jauh teknologi ini diharapkan agar dapat membuat kehidupan menjadi lebih mudah dan bebas dari perilaku menyimpang atau tindakan kriminal.

3. Membuka kunci smartphone.

Untuk hal yang lebih privasi rupanya face recognition juga bisa memberikan kemudahan. Salah satu kemudahan yang diberikan adalah membuka kunci smartphone. Tentu saja hal ini akan sangat membantu smartphone Anda agar terhindar dari masalah. Sebab hanya wajah Anda saja yang bisa dideteksi oleh smartphone milik Anda sehingga smartphone lebih aman. Segala data atau apapun yang disimpan di dalam smartphone akan tersimpan dengan lebih aman. Anda tak perlu takut dan khawatir dengan smartphone Anda sebab hanya Anda saja yang bisa membukanya. Anda kini bisa membuka kunci smartphone hanya dengan melakukan scan wajah saja. Hanya dengan scan wajah inilah maka layar smartphone Anda bisa langsung terbuka.

4. Meningkatkan efisiensi kerja pada perusahaan.

Teknologi canggih yang ada pada face recognition memberikan banyak manfaat pada seluruh aspek kehidupan. Termasuk pula dalam hal pekerjaan dan usaha ataupun bisnis yang sedang dijalani oleh seseorang. Adanya teknologi ini bisa mempermudah segala pekerjaan di dalam sebuah perusahaan. Bahkan sekarang ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan alat atau fitur berteknologi canggih ini untuk beberapa macam alasan dan tujuan. Pada akhirnya teknologi canggih yang digunakan di perusahaan ini akan membantu para tenaga kerja yang bekerja di suatu perusahaan. Tidak hanya itu saja tetapi teknologi canggih ini juga berfungsi secarabaik bagi pengusaha yang mempekerjakan banyak tenaga kerja di perusahaannya.

Kelemahan Face Recognition

Sekalipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti tidak ada sisi kelemahan dari face recognition. Beberapa jenis kelemahan yang umum termasuk yaitu poin-poin berikut ini.

1. Menimbulkan tindak kejahatan baru.

Sekalipun pada awalnya face recognition ini dibuat dengan tujuan baik namun tetap saja hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku tindak kejahatan. Terlebih lagi teknologi canggih yang digunakan pada alat atau fitur ini bisa memudahakan segala hal. Demikian pula dengan tindak kejahatan yang tentunya juga bisa dilakukan secara lebih mudah dengan menggunakan peralatan berteknologi canggih ini. Di masa sekarang ini memang perilaku jahat semakin berkembang. Jika awalnya hal buruk dan perilaku menyimpang dilakukan dengan lebih sederhana namun sekarang tampaknya kriminalitas dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Penipuan dan sejenisnya bisa dilakukan dengan bantuan teknologi canggih. Misalnya pelaku kriminal dapat melihat data orang lain dengan adanya teknologi canggih.

2. Melanggar privasi.

Kejahatan yang terjadi juga bisa saja mengarah pada tindakan yang melanggar privasi orang lain. Misalnya saja seperti penjualan data mengenai orang lain. Tentu saja hal ini dapat melanggar privasi seseorang karena data yang diberikan pada orang lain sudah tentu berkaitan dengan kehidupan privasi seseorang. Sebenarnya tindakan ini tergolong ke dalam jenis suatu tindak kriminal. Tindakan yang buruk ini bisa dilakukan dengan lebih mudah karena adanya perkembangan teknologi seperti misalnya scan wajah. Hal ini sebenarnya sangat disayangkan dan sebisa mungkin diusahakan agar jangan sampai terjadi. Pelanggaran privasi dapat merugikan pihak korban sehingga pelaku tindak kejahatan ini bisa saja dijatuhi hukuman.

3. Membuka peluang terjadinya tindakan ilegal.

Tindakan ilegal yang merupakan bagian dari tindak kejahatan juga bisa saja terjadi termasuk di sebuah perusahaan yang berjalan dengan adanya teknologi canggih di dalamnya. Hal ini bahkan terlihat lebih menyeramkan daripada perilaku kejahatan yang dilakukan secara terang-terangan pada korban. Kenyataannya banyak perusahaan yang ternyata di dalamnya sering terjadi kasus seperti ini. Tindakan ilegal bisa saja terjadi terutama dengan bantuan dari teknologi canggih. Misalnya saja sebuah perusahaan melakukan scanning face recognition pada para pelanggannya secara diam-diam sehingga hal ini bersifat merugikan pelanggan. Tindakan ilegal sendiri mengacu pada perbuatan yang dilakukan oleh seseorang pada orang lain secara diam-diam dan tentunya tanpa izin dari pihak yang bersangkutan.

Menggunakan face recognition pada perusahaan bisa jadi cukup banyak membawa manfaat. Demikian juga jika menggunakan sistem absensi perusahaan yang lebih efektif. Misalnya melalui penggunaan JojoTimes. Dengan produk tersebut maka akan dapat dilakukan pemantauan absensi karyawan yang lebih efisien. Termasuk dengan metode finger print maupun face recognition. Selain itu bisa pula membantu memantau jatah cuti karyawan secara sistematis.

Tentunya manfaat ini bisa didapatkan berkat beberapa fitur andalan dari JojoTimes, misalnya yaitu fitur Fingerprint Feature, Check In & Check Out Monitoring, Multiple clock-in and clock-out, Leave Management, Real Time Leave Approval, dan beberapa fitur menarik lainnya. Oleh karena itu dapatkan segera coba gratis JojoTimes di perusahaan Anda. Sehingga dengan demikian sistem absensi perusahaan dapat lebih sistematis dan optimal.