Financial Controller: Fungsi Penting dan Penjelasannya

Financial controller seringkali disebut juga dengan istilah controller. Posisi ini pada dasarnya merupakan suatu jenjang puncak yang tertinggi dari jabatan accounting dan jabatan keuangan. Kehadiran posisi tersebut tentunya sangat penting dalam suatu perusahaan, sebab seorang financial controller bertanggung jawab pada keuangan perusahaan. Tentu saja bidang keuangan merupakan bidang yang paling penting pada suatu perusahaan.

Sebab melalui laporan keuangan yang tepat, maka pemilik perusahaan bisa mlelihat apakah perusahaannya mengalami perolehan laba dan profit atau tidak. Tanpa kontrol dalam sistem keuangan, bisa saja perusahaan mengalami kerugian karena uang yang masuk ternyata lebih kecil dari biaya yang telah dikeluarkan kantor. Oleh sebab itu memastikan seorang pengontrol terhadap keuangan perusahaan akan memberikan kontribusi yang sangat kritis. Adapun berikut ini peranan dan fungsi financial controller secara jelasnya.

Definisi Financial Controller

Pengawas keuangan adalah salah satu eksekutif tingkat senior perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola semua keuangan dan akuntansi, penyusunan dan penerbitan laporan keuangan seperti neraca, laporan arus kas dan laporan laba rugi tepat waktu, audit kepatuhan dan untuk berkoordinasi dalam penyusunan ramalan keuangan perusahaan.

Peran setiap pengontrol keuangan di perusahaan yang berbeda tidak tetap, dan itu bervariasi sesuai dengan ukuran perusahaan dan staf yang bekerja di departemen dan pada kompleksitas operasi perusahaan yang terkait dengan akun dan keuangan. Dia biasanya bertindak sebagai kepala departemen akuntansi dan keuangan perusahaan.

POIN PENTING

  • Peran setiap pengontrol keuangan di perusahaan yang berbeda tidak tetap, dan ini bervariasi sesuai dengan ukuran perusahaan dan staf yang bekerja di departemen tersebut.
  • Selain dari ukuran perusahaan, peran financial controller juga sangat bergantung pada kompleksitas operasional perusahaan terkait dengan akun dan keuangan.
  • Umumnya, orang yang memiliki pengalaman kerja yang baik dan terbukti di perusahaan lain di bidang terkait ditunjuk sebagai Pengawas Keuangan.
  • Mereka bekerja untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan, sehingga meningkatkan kekuatan keuangan perusahaan dalam jangka panjang.
  • Penanggung jawab harus memiliki pengetahuan yang menyeluruh tentang berbagai prinsip akuntansi dan prosedur akuntansi .

Contoh Financial Controller

Ada perusahaan kecil yang menunjuk Tuan X sebagai pengendali keuangan perusahaan, yang bertindak sebagai kepala bagian akun juga, sedangkan perusahaan itu adalah perusahaan kecil. Memiliki pengalaman 10 tahun di bidang akuntansi dan keuangan di berbagai perusahaan di industri yang sama, dan merupakan Certified Public Accountant (CPA) yang berkualitas.

Dia diberi tanggung jawab untuk mengelola semua keuangan dan pekerjaan terkait akuntansi perusahaan seperti persiapan dan penerbitan laporan keuangan seperti neraca , laporan arus kas dan laporan laba rugi tepat waktu, pengembangan dan dokumentasi berbagai proses bisnis dan yang berbeda kebijakan akuntansi perusahaan untuk mempertahankan kontrol internal yang tepat, memastikan kepatuhan audit yang tepat waktu dan koordinasi dalam penyusunan perkiraan keuangan perusahaan. Dia memiliki tim yang terdiri dari 10 orang di bawahnya, kepada siapa dia harus membimbing dan mengalokasikan pekerjaan yang diperlukan.

Tuan X, setelah bergabung dengan perusahaan, melakukan pekerjaan mengawasi penyusunan laporan keuangan perusahaan dan tugas lain yang dialokasikan kepadanya atau yang menjadi bidangnya. Dia menugaskan pekerjaan yang berbeda kepada orang yang berbeda dalam timnya dan meminta pelaporan yang tepat untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut didelegasikan secara tepat kepada orang yang bersangkutan. Bersamaan dengan ini, ia menghabiskan waktu dan bertukar pengetahuan dengan orang-orang dari departemen lain di perusahaan untuk mengumpulkan informasi tentang perusahaan dan memahami cara kerjanya dengan benar. Di departemen akuntansi dan keuangan, berbagai departemen lain juga terkait sehingga, Tuan X memastikan mendapatkan informasi tepat waktu dari departemen tersebut agar pekerjaan departemennya berjalan dengan lancar.

Keuntungan Financial Controller

  1. Mereka melakukan analisis keuangan perusahaan menggunakan parameter yang berbeda dan memberikan pendapat yang sama kepada manajemen perusahaan untuk tindakan lebih lanjut.
  2. Selain manajemen perusahaan, pengendali keuangan memandu manajer keuangan dan orang-orang terkait dalam melakukan berbagai aktivitas keuangan dalam organisasi karena pengendalian keuangan menawarkan dasar untuk aktivitas keuangan di masa depan.
  3. Pengontrol keuangan, dengan bantuan berbagai alat yang tersedia, mengukur perbedaan antara kinerja aktual perusahaan dan kinerja standar yang ditetapkan. Setelah mengetahui penyimpangan, tindakan yang tepat untuk memperbaikinya diambil olehnya.
  4. Mempertahankan tingkat modal yang cukup dalam organisasi merupakan bagian penting dari manajemen perusahaan yang efektif. Mereka memastikan kebutuhan modal yang cukup sehingga baik dana tidak menganggur atau harus ada kekurangan modal dana.
  5. Pekerjaan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan, sehingga menumbuhkan kekuatan keuangan perusahaan dalam jangka panjang;
  6. Pengontrol keuangan melakukan tugas untuk menetapkan kontrol keuangan yang tepat di perusahaan dan melaksanakan hal yang sama dengan tepat.

Kekurangan Financial Controller

  1. Pengontrol keuangan bertanggung jawab untuk mengukur perbedaan antara kinerja aktual perusahaan dan kinerja standar yang ditetapkan. Namun, sulit bagi pengontrol keuangan untuk menentukan kinerja standar. Juga, situasi yang berlaku di dalam perusahaan atau di lingkungan mungkin berbeda ketika standar ditetapkan dan saat ada kinerja aktual. Dalam kasus ini, standar tidak akan tepat, dan kemudian tidak ada gunanya menghitung varians.
  2. Pengawas keuangan melakukan tugas untuk menetapkan pengendalian keuangan yang tepat di perusahaan dan pelaksanaannya. Meskipun menetapkan kontrol keuangan mungkin mudah, tetapi sulit untuk menerapkannya dengan tepat. Selain itu, penerapan alat kontrol keuangan membutuhkan sejumlah besar uang, sehingga menjadi urusan yang mahal.

Kualifikasi Financial Controller

Pengawas keuangan berdiri di antara tim manajemen puncak di Departemen Keuangan termasuk Direktur Keuangan, Manajer Keuangan, dan Kepala Pejabat Keuangan.

Kualifikasi Pengendali Keuangan tergantung pada sifat dan ukuran perusahaan tempat mereka bekerja. Sebagian besar, dalam hal pengalaman, mereka biasanya memiliki setidaknya lima tahun dalam aturan manajemen.

Alasan utamanya adalah pekerjaan ini mengharuskan mereka untuk mengelola orang kadang-kadang di Departemen Keuangan dan kadang-kadang di Departemen Akuntansi dan Keuangan yang mungkin terdiri dari 10 hingga 50 orang berdasarkan ukuran perusahaan.

Itu berarti beberapa keterampilan kepemimpinan seperti manajemen, komunikasi, dan motivasi diperlukan.

Tidak hanya pengalaman lama yang dibutuhkan, bekerja di industri terkait juga sangat penting dan ini cukup potensial jika Anda berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain dengan aturan yang sama di industri yang sama.

Kualifikasi profesional Financial Controller

Nah, baru-baru ini ACCA adalah salah satu kualifikasi profesional Keuangan dan Akuntansi paling terkenal yang paling banyak diterima oleh pengusaha.

ACCA memiliki strategi untuk menjaga kualitas semua orang yang memiliki kualifikasi dan memastikan bahwa pemegang charter memiliki kualifikasi yang cukup untuk memenuhi pekerjaannya.

Namun, berdasarkan pengalaman beberapa Financial Controllers yang saya tahu baru dalam proses mendapatkan ACCA dan mereka belum memenuhi syarat.

CFA terkadang lebih bernilai daripada ACCA atau CA, dan ya itu lebih sulit didapat. Sebagian besar, orang memegang CFA dan bekerja sebagai Analisis Keuangan dan kemudian mengklaim hingga Financial Controller.

Tidak ada keraguan bahwa sebagian besar pengusaha tidak memutuskan untuk menerima pemegang CFA.

CIMA dan CA juga kualifikasi paling populer dan jika Anda mendapatkannya, Anda akan mendapatkan lebih banyak kredit dan yang memegang gelar Magister Akuntansi atau Keuangan.

Tujuan Financial Controller

Menjaga Sistem Akuntansi Perusahaan

Seorang financial controller memiliki pekerjaan yang tentunya berhubungan dengan keuangan perusahaan. Posisi tersebut akan melakukan analisa dan interpretasi data statistik serta data informasi keuangan. Sehingga akan timbul suatu penilaian mengenai perbandingan antara hasil operasi dan kinerja terhadap anggaran serta berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan pajak dan tingkat efektivitas operasional perusahaan. Dengan kata lain tugas dari posisi tersebut akan menjaga sistem akuntansi dan pencatatan setiap transaksi yang terjadi untuk dijadikan data perusahaan.

Pencatatan setiap transaksi yang dilakukan kemudian akan melengkapi laporan internal yang dibuatnya. Melalui laporan keuangan inilah nantinya pimpinan perusahaan akan mengetahui keuangan perusahaan. Melalui laporan tersebut maka pemimpin perusahaan bisa mengerti apakah operasional perusahaan yang dilakukan selama itu memberikan profit bagi perusahaan ataukah tidak. Posisi controller ini juga akan bekerja sama dengan Kepala Bagian Keuangan untuk melengkapi alur pembukuan dan peningkatan prosedur serta prosesnya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dalam melengkapi alur pembukuan ini tentunya seorang controller akan mengawasi proses tutup buku bulanan serta penjadwalannya. Semua jurnal pembukuan serta analisa terhadap beberapa akun yang ada akan dinilai. Tidak hanya tutup bulanan saja, tetapi pada akhirnya nanti akan dilakukan pula koordinasi pemeriksaan terhadap tutup buku tahunan.

Berpartisipasi Dalam Menyusun Anggaran

Financial controller setidaknya memahami betul mengenai keuangan perusahaan. Laporan keuangan akan dibuatnya untuk diserahkan pada pimpinan sehingga pimpinan perusahaan akan mengerti kondisi keuangan perusahaan. Karena peran inilah maka seorang controller akan dilibatkan secara langsung untuk turut berpartisipasi dalam menyusun anggaran perusahaan. Segala perencanaan perusahaan yang berhubungan dengan uang tentu akan melibatkan peran mereka sepenuhnya. Hal ini tidak lain berkaitan dengan adanya pengetahuan khusus mengenai pembukuan perusahaan sehingga financial controller dinilai akan memberikan saran yang paling tepat dalam menyusun anggaran perusahaan.

Namun tentunya penyusunan anggaran perusahaan tidak hanya melibatkan seorang controller saja. Tentunya hal ini berkaitan pula dengan Kepala Bagian keuangan serta beberapa kepala bagian divisi lainnya sehingga anggaran yang disusun bisa berguna bagi keseluruhan operasional perusahaan. Dalam hal ini seorang controller hanyalah bertindak untuk mengontrol anggaran agar tidak sampai melebihi budget perusahaan. Sebab bila anggaran pembelanjaan dilakukan degan melebihi budget perusahaan maka bisa saja perusahaan mengalami kerugian. Bagaimanapun anggaran pembelanjaan perusahaan tidak seharusnya terlalu besar dari pemasukan. Anggaran harus tetap berada dalam pengawasan financial controller agar seimbang dan selalu sesuai.

Evaluasi Kinerja Staff Akunting Atau Keuangan

Peran dan tanggung jawab lain dari seorang controller adalah mengevaluasi kinerja staf bagian akuntansi. Kinerja staf akuntansi perusahaan yang dinilai salah bisa menjadi bahan atau data untuk diberikan tindak lanjut. Tidak hanya untuk staf saja namun mereka juga bertanggung jawab terhadap pimpinan divisi akuntansi perusahaan. Dengan memberikan pelatihan mengenai cara-cara penyusunan pembukuan ataupun hal lainnya, maka hal tersebut bisa tercapai.

Financial controller juga memiliki peran dan tanggung jawab untuk tetap menjaga keahlian atau ketrampilan staf dan manajer akuntansi atau staf dan manajer keuangan sehingga kinerja mereka bisa berjalan secara lebih efektif dan maksimal. Kemampuan staf dan manager keuangan bisa berada di level terbaik sehingga pekerjaan juga dapat dilakukan dengan sangat baik. Seorang controller boleh saja mengangkat dan memberhentikan staf serta manager di bagian akuntansi atau bagian keuangan. Sehingga hal ini membantu memastikan kondisi keuangan perusahaan tetap optimal.

Memastikan Kriteria Keuangan Perusahaan Yang Sehat

Untuk dapat melaksanakan seluruh tugasnya maka seorang financial controller haruslah memiliki kualifikasi tertentu. Misalnya saja pendidikan seorang financial controller haruslah seorang sarjana akuntansi ataupun bidang lainnya yang berkaitan degan keuangan. Hal tersebut sebagai salah satu langkah untuk mendukung fungsinya sebagai pengontrol untuk memastikan keuangan perusahaan yang sehat. Neraca pemasukan dan pengeluaran perusahaan merupakan hal yang perlu diawasi dengan penuh oleh seorang controller. Oleh sebab itu tanpa pendidikan yang memadai tentu akan sulit untuk melakukan pengawasan secara optimal.

Umumnya seorang controller akan berupaya supaya kondisi pemasukan dan pengeluaran cukup stabil. Terutama dalam menjaga keuangan perusahaan yang sehat dan tidak mengalami defisit. Dengan adanya sistem kontrol yang baik dan sesuai, maka tentu akan lebih mudah untuk memastikan jalannya keuangan perusahaan yang sehat dan memiliki profit maksimal.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mencegah Pemalsuan Dan Penipuan Keuangan Perusahaan

Fungsi lain dari seorang controller di dalam suatu perusahaan termasuk untuk memastikan tidak adanya pemalsuan di dalam keuangan. Atau memastikan tidak ada usaha penipuan yang dapat merugikan perusahaan. Ada kalanya sistem yang kurang baik mengakibatkan sulit untuk memantau keuangan perusahaan yang tepat. Sehingga akhirnya banyak mengalami pemalsuan dan penipuan yang berujung pada defisit anggaran ataupun kerugian keuangan. Dengan jasa seorang controller, hal ini akan lebih mudah untuk diawasi sepenuhnya serta dihindari sebisa mungkin. Sehingga pada akhirnya sistem keuangan perusahaan jauh lebih baik dan meningkat.

Dengan adanya fungsi di atas, maka diharapkan keuangan perusahaan bisa berjalan dengan baik. Selain itu diharapkan sistem keuangan perusahaan juga bisa lebih efektif dan efisien. Oleh sebab itu dalam mendukung pekerjaan seorang controller, maka perusahaan juga akan membutuhkan sistem pengaturan keuangan perusahaan yang tepat. Salah satunya yaitu menggunakan JojoExpense. Dimana berkat bantuan software yang satu ini, maka lebih mudah untuk melakukan kontrol yang lebih maksimal. Selain itu lebih praktis karena bisa mengakses sistem kapan saja dan dimana saja.

Semua ini berkat kecanggihan fitur-fitur yang ditawarkan oleh JojoExpense. Mulai dari fitur mobile approval yang bisa dilakukan melalui smartphone. Atau adanya fitur budget controlling untuk memastikan pengeluaran perusahaan yang sehat. Serta adanya fitur fraud detection yang bisa mencegah terjadinya penipuan dalam keuangan perusahaan.

Nah, melihat banyaknya manfaat tersebut, jangan ragu lagi. Segera coba gratis JojoExpense dan lihatlah sendiri bagaimana sistem keuangan perusahaan Anda berjalan lebih baik. Buktikan sendiri beragam keuntungan dengan menggunakan sistem yang jauh lebih efektif dan efisien tersebut. Dijamin hasil akhirnya akan memuaskan dan mengoptimalkan fungsi financial controller Anda.